badge Bocah Renyah: 5 Pantai yang Wajib Dikunjungi di Banyuwangi

Friday, June 3, 2016

5 Pantai yang Wajib Dikunjungi di Banyuwangi


"Ibuuuu... ini siapa sih kok ngeri amat ya di foto?"

Lah, album foto jadul Ibu lagi dilihat-lihat nih rupanya. Dan di dalam foto memang ada salah seorang lelaki dengan jambang lebat dan sedang memegang belati. Serem sih emang :)

Itu dulu Nak, udah tahun berapa yaaa... udah lebih dari 20 tahun yang lalu kalau gak salah waktu Ibu pergi barengan teman-teman ke Pantai Sukamade di Banyuwangi. Waktu itu Ibu ikutan pelatihan konservasi di sana.

"Apa sih pelatihan konservasi itu, Bu?"

Enggg.... apa yaaaa.... *lalu buru-buru ajak Kakak dan Adek ke warung sebelah beli es krim

Ingat keindahan Sukamade di masa lalu jadi ingin ajak anak-anak ke Banyuwangi deh. Sama dengan Semarang yang memiliki bentangan pantai luas, Banyuwangi memiliki banyak pantai yang bisa dinikmati bersama keluarga saat liburan. Ntar dari Banyuwangi tinggal lanjut dikit loh udah nyampe Bali.

Apa saja sih pantai yang wajib dikunjungi di Banyuwangi?

PANTAI PLENGKUNG


sumber gambar : initempatwisata.com

Pantai Plengkung terkenal sekali dengan level ombaknya yang menjadi surga dunia para surfer / peselancar. Ombaknya tinggi dan memanjang sepanjang pantai sehingga para surfer bisa maksimal dalam melakukan aktivitas surfing mereka. Bahkan ombak di Pantai Plengkung ini diakui sebagai salah satu ombak terbesar di dunia, nomer 2 di bawah Hawaii. Wiiyyy kereeenn...

Kalau di Semarang sendiri sih ombaknya tidak sampai setinggi ini ya. Karakteristik pantai di sepanjang Laut Jawa memang berbeda dengan pantai-pantai yang terbentang sepanjang Samudera Hindia. Tentunya asyik nih mengajak Kakak dan Adek ke sana sekitaran April - Agustus dimana pada saat itu ombak sedang tinggi-tingginya. Beberapa kali Pantai Plengkung digunakan sebagai tempat kejuaraan selancar berskala internasional.

PANTAI SUKAMADE


Apa sih yang istimewa dari pantai yang satu ini?

Di Pantai Sukamade Kakak dan Adek bisa melihat penangkaran penyu. Dulu waktu Ibu ke sana juga ikutan mengamati proses penangkaran penyu ini. Sukamade menjadi tempat favorit bagi para penyu untuk singgah dan bertelur. Oleh karena itu telur-telur tersebut perlu dilindungi agar bisa selamat hingga saat menetas nanti. Setelah menetas, tukik (anak penyu) akan dilepas ke laut bebas agar dapat terus hidup dan berkembang biak.

sumber gambar :  triptrus.com


Bila Pantai Plengkung bisa dicapai via gerbang masuk Taman Nasional Alas Purwo, untuk Pantai Sukamade ini jalur masuknya melalui Taman Nasional Meru Betiri. Jalan masuk menuju ke taman nasional ini sungguh bikin encok hehehee... Dulu Ibu sampai tergoncang-goncang di dalam bak truk terbuka barengan puluhan peserta pelatihan lainnya waktu menuju ke sana. Semoga baru-baru ini sudah lebih baik kondisi perjalanannya.


Pantai Pulau Merah


sumber foto : indonesia.travel

Ada satu lagi pantai di Banyuwangi yang wajib kunjung bila berlibur di sana. Pantai Pulau Merah dinamakan seperti itu karena di salah satu sisi pantainya terdapat pulau kecil dimana batu-batu karang di sekelilingnya saat terkena cahaya matahari akan memancarkan warna jingga kemerahan.

Wah, penasaran banget deh kalau begitu. Nih Kakak dan Adek pasti juga suka kalau diajak ke sini. Mereka berdua senang sekali main air. Tentunya kalau jelajah pantai hingga ke Pantai Pulau Merah bakalan excited banget ya.

Pantai Pulau Merah memiliki karakteristik ombak yang bergulung-gulung. Banyak peselancar kelas dunia yang tertarik menaklukkan pantai ini dengan teknik berselancar tertentu.


Pantai Boom


sumber foto : wego.co.id


Berbeda dengan pantai-pantai yang lain, Pantai Boom dulunya berfungsi sebagai pelabuhan. Melalui berbagai pembenahan akhirnya Pantai Boom tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai yang lain di Banyuwangi.

Komplit loh fasilitas di Pantai Boom, ada dermaga sandar yacht, restoran, pusat hiburan, bahkan kawasan perikanan pun ada. Selain pengunjung yang bisa menikmati keindahan pantai, para nelayan tetap bisa beraktivitas. Malah asyik kan ya turis-turis yang datang bisa melihat langsung kesibukan para nelayan sehari-hari. Kesannya malah alami dan menyatu dengan alam.

Kursi payung yang berjajar cantik sepanjang Pantai Boom juga mengundang hasrat ingin selfie aja nih hihiiii... Keren... instagramable... stellerable ;) Beneran looohh... buktinya pantai ini sudah beberapa kali dijadikan tempat berlangsungnya event-event besar seperti Tarian Kolosal Gandrung yang diikuti 1000an penari dan Banyuwangi Beach Jazz Festival.


Pantai Parang Kursi


Ada salah satu pantai yang cukup membutuhkan ketabahan untuk mencapainya di Banyuwangi. Pantai tersebut bernama Parang Kursi. Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung harus menempuh jalur yang cukup extreme seperti semak belukar, hutan dan bukit yang terjal. Woww... mantep nih buat melatih kekuatan Kakak dan Adek saat jalan-jalan ;)

sumber foto : asliindonesia.net

Nama parang kursi sendiri tidak lepas dari bentuk salah satu karang yang ada di pantai tersebut. Ada karang besar yang berbentuk seperti kursi. Maka dinamailah pantai tersebut dengan nama Parang Kursi.

Parang Kursi indah dengan air lautnya yang sangat jernih, pasirnya yang berwarna putih kemerah-merahan, juga berbagai karang yang berjejer tersusun rapi di sepanjang pantai. Apalagi suasana pantai ini masih cukup perawan sehingga pengunjung belum begitu banyak. Jadi ntar Kakak dan Adek bisa menikmati keindahan Pantai Parang Kursi dengan tenang tanpa harus uyel-uyelan dengan pengunjung lain.


Yeaaayy... itu tadi 5 pantai yang wajib dikunjungi di Banyuwangi. Bakalan nggak cukup ya kalau cuma sehari saja di sana. Perlu nih atur jadwal cuti untuk mengajak Kakak dan Adek jalan-jalan ke Banyuwangi. Segala itenerary termasuk dimana saja mau menginap juga perlu direncanakan mulai dari sekarang. Ntar pas waktunya liburan tinggal capcuz deeehh jalan-jalan ke pantai-pantai cantik di Banyuwangi.

Horeeeee... mupeng mau liburan :))

13 comments:

  1. Sekarang makin banyak destinasi pantai di Banyuwangi mbak.

    ReplyDelete
  2. Itu di foto paling atas, Mbak Uniek yang pakai topi ungu kah?

    ReplyDelete
  3. Duh.. jadi kangen Banyuwangi. Dulu ke Banyuwangi gak ada potonya.. jadi pengen balik lagi ke pantai-pantai cantik ituuuh..

    ReplyDelete
  4. Cantik-cantik bangeeet ya mba pantai di Banyuwangi :). Jadi pengen main ke sana jugaaa

    ReplyDelete
  5. Wiiih pantainya gak kalah ma yang di Malang

    ReplyDelete
  6. di Banyuwangi banyak juga pantainya ya. jadi arti konservasi itu apa bu?

    ReplyDelete
  7. Ya ampun keceh-keceh banget pantainya, nggak kalah deh sama yang di luar negeri..

    ReplyDelete
  8. Aku juga pengen ngobati rindu main air di pantai yang ada di Banyuwangi. Dulu anak-anak masih kecil, naufal malah masih 16 bulanan kalo gak salah. Jadi waktu ditunjukkan fotonya main air, dia lupa mbaak, hahaha

    ReplyDelete
  9. Aku kapan ya bisa ke Banyuwangi hehe. Pantai2nya keren gitu mbak Un.

    ReplyDelete
  10. ada penyu unyu-unyu di pantainya. itu yang bewokan siapa mbak? hehehehe

    ReplyDelete
  11. pantai pulau merah nya keren banget deh, gokill....

    ReplyDelete