badge Bocah Renyah: Jalan-jalan ke Museum Kereta Api Ambarawa

Friday, August 26, 2016

Jalan-jalan ke Museum Kereta Api Ambarawa



Lagi kangen ama Kakak nih... sudah satu purnama lebih Ibu belum peluk-peluk dan cium Kakak semenjak Kakak mondok. Soon ya honey, mom will hold you tight and kiss you :*

Iya, Ibu merindukan benar-benar kita bisa jalan-jalan lagi rame-rame seperti biasanya. Duo Grombyang alias Kakak dan Adek yang super heboh memang ngangenin berisiknya. Kalau pas kumpul gitu adaaaaaa saja yang bisa dipertengkarkan. Justru karena saat ini Kakak tidak setiap saat di rumah, Adek jadi merindukan keisengan dan kegalakan Kakak ;)  Ya gitu deh, kalau dekat berantem, kalau jauhan mabuk kepayang oleh rindu.



Inget nggak Kak keseruan kita waktu jalan-jalan ke Ambarawa? Ambarawa terletak tak jauh dari Kota Semarang. Perjalanan paling sekitar satu jam sudah sampai di sana. Ada beberapa tempat wisata menarik yang terdapat di Ambarawa seperti Rawapening, Kampoeng Rawa, Benteng Willem I, Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api, dan lain-lain.

Kakak dan Adek penasaran sekali dengan kereta api tua yang ada di Museum Kereta Api. Di Semarang mereka sering lihat lokomotif yang berada di Lawang Sewu. Tapi kan lokomotif tersebut hanya diam tak bergerak, tidak dioperasikan lagi. Lokomotif nan gagah tersebut ditempatkan di bagian depan Lawang Sewu sebagai simbol bahwa tempat tersebut dulunya merupakan kantor perkeretaapian.

Jadilah akhirnya Kakak dan Adek ingin melihat lokomotif beneran yang masih bergerak. Ya hayuklah kita kemon ya Nak, mari kita jalan-jalan ke Ambarawa dan mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa agar tertuntaskan rasa penasaran kalian tersebut.




Bukan Ibu dan Kakak kalau di sepanjang perjalanan enggak narsis sana-sini hihiiiii.... Ibu dan Kakak memang hobi banget selfi-an. Bawaannya udah pengin aja jepret dan pasang status sesegera mungkin di sosmed dan nulisin semacam ini : Haiiii... lagi otewe nih ke Ambarawa. Mangstaaaabbb... udah keren banget kan ya. Hayooo.... siapa om, tante, pakdhe, budhe dan oma-opa yang begini juga? ;)

Update sosmed memang penting banget ya bagi pra ABG macam Kakak (kalau Ibunya sih sekedar meramaikan saja), tak terhalang dengan pulsa yang kian mendekati limit. Bocah sekarang nggak takut kehilangan sinyal akibat fakir pulsa, lha wong pilihan berbagai pulsa online bisa diakses kapan saja dan kondisi pulsa bisa tetap berada di zone aman. Canggih ya bocah sekarang?




Ada apa saja sih di Museum Kereta Api Ambarawa?

Selain kereta tua berlokomotif yang menjadi daya tarik utama wisatawan, di museum ini juga terpampang sejarah perkerataapian di Indonesia. Sepanjang dinding selasar masuk menuju museum, kita bisa mempelajari semua hal tentang kereta api di Indonesia, mulai dari gagasan kereta api pertama di Indonesia hingga perkembangannya sampai sekarang.




Saat Kakak lebih tertarik untuk selfie di sana-sini dan update sosmednya, lain cerita nih dengan Adek. Adek lebih tertarik dengan segala hal baru yang ia temui di Museum Kereta Api Ambarawa ini. Beberapa kali Adek minta dijelaskan tentang kisah-kisah yang terjajar rapi sepanjang dinding museum tersebut. Adek memang punya ketertarikan yang tinggi pada berbagai macam moda transportasi. Di rumah sampai mengkoleksi aneka die cast Chuggington dan berbagai macam truk dan mobil.

Sayang sekali nih Kakak dan Adek sampai di museum sudah kesiangan. Kereta berlokomotifnya sudah fully booked hari itu. Yaaahh... kecewa banget tentunya ya. Tak apalah Nak, masih ada kesempatan lain kita bisa kesana lagi ya. Ntar kita bisa ceritain di blog ini bagaimana rasanya naik kereta tersebut jika sudah memungkinkan.




Yuuukk papa dan mama semua, yang lagi liburan di seputar Semarang bisa loh kunjungi Museum Kereta Api Ambarawa. Banyak hal menarik di sana, salah satunya stasiun tua yang masih terawat dengan rapi. Kok nggak dibahas di blog ini? Iya, biar pada penasaran dan segera mencari tau sendiri ;)

Berlibur yoooookkkk....

14 comments:

  1. InsyaAllah nek ke Semarang sasarannya ke Ambarawa ngajakin si Kecil.
    Huaaaa Adik kakak mesti gitu ya mbak, kayak tom and Jerry. bertemu, ada aja yang diributin. kalau berjauhan, kangen. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu rawuhnya ke Semarang, Mak Mbolang.

      Delete
  2. Sekarang kayanya makin apik ya mbak museumnya. Aku suka bangunan stasiunnya tu lo terutama yg bagian depan lgs kebayang stasiun di Harry potter hehehhe...

    ReplyDelete
  3. sudah lama banget enggak ke ambarawa...tambah cakep ya mbak sekarang.

    ReplyDelete
  4. Ya Allah, lama banget aku kesana mbak. Jaman milzam masih anak TK, wkwkwk. Tapi waktu itu kami sempat naik keretanya, karena udah booking sebelumnya. Asik deh naik kereta ini, menyibak pematang sawah, rumah penduduk :)

    ReplyDelete
  5. Kereta yang ada di sana jadul-jadul semua apa ada yang modern ya bund? kayak kereta cepat gitu misalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di museum hanya ada kereta tua utk bahan belajar sejarah perkeretaapian.

      Delete
  6. Memang jalan-jalan bareng keluarga itu merupakan hal paling seru dalam hidup...

    ReplyDelete
  7. Asyik sekali melihatnya, jadi kepingin cobaik kesana sama keluarga deh kapan-kapan

    ReplyDelete
  8. Seru ya kakak ama adek, sama serunya kek Faiz dan Fira

    ReplyDelete
  9. di Jepang juga ada mueseum kereta tp lebih lengkap n canggih, hihi

    ReplyDelete
  10. Oalah ini blognya mbak uniek tho si bocah renyah, anak ku juga seneng kalau melihat kereta api mbak. Ambarawa dekat dengan tempat mbah ku di rawa pening eh apa jauh ya

    ReplyDelete