badge Bocah Renyah: Tips Efektif Mengatur Pola Tidur Bayi

Wednesday, October 19, 2016

Tips Efektif Mengatur Pola Tidur Bayi




Nggak tau kenapa deh sampe sekarang Ibu masih seneeeenggg aja mbau-mbauin aroma tubuh Adek setelah selesai mandi. Meskipun Adek sudah bukan bayi, Ibu masih suka aja ngolesin minyak telon ke tubuhnya. Selain agar badannya hangat, aroma telon itu sungguh sedap. Hihiii... maunya sih mbayangin lagi nyiumin bayi melulu, tapi kayaknya sudah nggak masanya punya bayi sendiri lagi.

Bagi ibu-ibu yang putra-putrinya sudah besar suka seperti itukah? Merindukan masa-masa bayi anak-anak kita tersebut? Suka kebayang kan perjuangan kita sejak hamil, melahirkan dan kemudian merawat mereka semenjak bayi. Meski mata panda menjadi simbol perjuangan semasa anak-anak masih bayi, tapi curahan kasih sayang kepada anak-anak kita itu amazing banget rasanya.



Orang tua baru pasti sedang senang-senangnya mempelajari banyak hal tentang tumbuh kembang anak. Mulai dari berburu perlengkapan bayi sampai menyiapkan makanan pendamping ASI, semuanya akan berusaha dilakukan semaksimal mungkin. Untuk urusan perlengkapan bayi, tentu kita terbiasa berburu di toko perlengkapan bayi murah seperti MatahariMall. Karena MatahariMall selalu menyiapkan varian perlengkapan bayi yang murah namun berkualitas.

Namun selain menyiapkan perlengkapan bayi, ada urusan lain yang tidak boleh luput dari perhatian kita. Urusan tersebut tak lain adalah cara mengatur pola tidur bayi. Beberapa cara cerdas ini akan membantu kita mengatur pola tidur bayi secara mudah :


Tidak Perlu Membiarkan Bayi Tidur Lama di Siang Hari 


Tidur terlalu lama di siang hari akan membuat bayi jadi tidak mengantuk di malam hari. Untuk menghindari hal ini, kita bisa mencoba mengatur pola tidur bayi di siang hari. Bangunkan bayi bila sudah tertidur lebih dari 2 jam. Setelah dibangunkan, bayi bisa diberi ASI atau makanan pendamping ASI agar tidak rewel.


Menyusui Bayi di Malam Hari 




Jika bayi berada dalam keadaan kenyang di malam hari, kemungkinan besar bayi akan lebih mudah mengantuk dan tertidur. Jadi, jangan ragu untuk menyusui bayi menjelang malam hari. Kemudian biarkan bayi bermain sendiri sampai tertidur.


Meletakkan Bayi di Atas Tempat Tidurnya 


Membiarkan bayi tertidur dengan sendirinya juga menjadi pola asuh yang baik untuk menciptakan kebiasaan tidur bayi. Ketika bayi sudah dalam keadaan bersih dan kenyang, biarkan bayi berasa di tempat tidurnya. Lama-kelamaan hal ini akan menjadi kebiasaan bagi bayi sehingga bayi bisa lekas tertidur saat berada di tempat tidurnya.


Mematikan Lampu Kamar di Malam Hari 


Mematikan lampu kamar akan membantu bayi mengenali perbedaan siang dan malam. Ketika hari sudah menjelang malam dan sudah waktunya tidur, jangan ragu untuk mematikan lampu kamar. Suasana kamar yang gelap sangat efektif untuk membuat bayi lekas mengantuk.



Jangan merasa putus asa dulu jika bayi kita mengalami pola tidur terbalik hingga sering terjaga di malam hari. Kita bisa segera mengatasinya dengan melakukan 4 tips efektif mengatur pola tidur bayi tadi. Niscaya nanti bayi kita akan segera memiliki pola tidur yang benar sehingga kita pun tidak perlu begadang sepanjang malam.

Happy parenting ya moms and dads... 

6 comments:

  1. kalo mematikan lampu kadang si bayi suka nangis itu kenapa ya mbak...
    jadi klw malem suka di nyalain terus lampunya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dicoba ganti lampu tidur yg redup dulu ya.

      Delete
  2. paling sedih kalau udah capek2 menidurkan anak terus ada yang berisik hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, apa lagi kalau tinggal di ruko pinggir jalan. Rasanya kesel bener.

      Delete
  3. dua anakku memiliki pola tidur yang berbeda sewaktu bayi. Fira lebih banyak ebrnyanyi pada malam hari Mbak, dibandingkan Faiz. Pdahal mah, menanganinya sama.

    ReplyDelete
  4. Paling menyebalkan kalau ada gangguan tiba tiba, alhasil dedek bayi menangis meraung raung...

    ReplyDelete