badge Bocah Renyah: Istirahat dan bersenang-senang di Pesona Jogja Homestay

Monday, February 6, 2017

Istirahat dan bersenang-senang di Pesona Jogja Homestay


Liburan kemana nih kita, Bu?

Iya, Ibu jadi kepikiran ngajak Adek pergi berdua nih manakala ingat kalau jarang banget bisa menikmati waktu berdua dengan si kecil di luar rumah. Ibu selalu dalam kondisi lelah dan betean begitu tiba di rumah sepulang ngantor. Bawaannya segera pengin menyelesaikan tugas dinas menemani Adek mengerjakan PR dan makan malam. Lalu istirahat.

Pas banget loh di penghujung Januari 2017 ada long week end dan Ibu ada rencana menghadiri ulang tahun ke-5 Kumpulan Emak Blogger (KEB) di Yogyakarta. Bisa banget nih kalau diagendain pergi dengan Adek dan bersenang-senang berduaan saja.

"Ke Jogja yuk Dek... ntar Sabtu kan libur. Kita Sabtu dan Minggu liburan di Jogja ya."

"Asyiiiikk...."

Begitu rencana itu terucap, udah deh nggak usah ditanya lagi berapa puluh kali dalam sehari Adek menanyakan segala hal yang berkaitan dengan liburan ini.

"Ke Jogja ntar naik apa Bu?"

"Kita nginep dimana Bu? Cari hotel yuk di ********* " usul Adek yang udah tau aja situs booking hotel online. Ini pasti gara-gara suka ngintipin Ibu yang hobi banget searching harga-harga tiket dan penginapan yang ekonomis, yang ujung-ujungnya nggak pergi kemana-mana. Ibu memang terlalu ya Dek 👯




Dari Semarang, Ibu dan Adek santai-santai saja berangkat menggunakan shuttle car pukul 10.00 dengan perkiraan maksimal 4 jam tiba di Kota Gudeg. Biasanya juga paling-paling 3 jam udah nyampe. Selama di perjalanan Adek sama sekali enggak rewel. Udah asyik aja ngobrol ngalor-ngidul sama Ibu. Yang bahas ntar di Jogja acaranya apaan aja. Yang sesampainya di penginepan mau bobokan mulu dan nonton tipi. Yang soal asyiknya nggak perlu ngerjain PR. Woww... kamu bener-bener anak Ibu deh Dek. Mommy really hate homework since first grade of elementary school 😂😎

Namun rupanya gara-gara kebanyakan ngakak berdua akhirnya Ibu dan Adek diuji soal ketabahan. Sejak lepas dari kota Magelang, tepatnya mulai di area Muntilan lalu-lintas sudah kayak antrian paket saat jelang lebaran. Berjubel alang-kepalang.

"Kok nggak nyampe-nyampe sih Bu?" Begitu deh, berulang-ulang Adek menanyakan hal ini. Udah kayak pita kaset yang di-rewind bolak-balik sampai kusut. Duh Dek, Ibu juga udah pengin banget segera sampai di Jogja, tapi ya gimana lagi ya. Sepertinya seluruh makhluk di muka bumi pengin liburan ke Yogyakarta dan membuat rute-rute menuju kota cantik ini menjadi penuh sesak. Sabar ya Dek.

Yak... akhirnya Ibu dan Adek sampai di Yogyakarta pukul 15.00. Rekor dunia niiihh.. bisa masuk Guinnes world record sebagai rentang waktu perjalanan terasyik di saat liburan yang bukan lebaran 😁. Horeeee.... 5 jam loh Semarang-Jogja, udah kayak mau ke Purwokerto aja.

Alhamdulillah, rasa penat dan bosan yang dialami Adek segera sirna begitu tiba di penginapan yang sangat homey.

Pesona Jogja Homestay tampak dari balkon lantai 2


Pesona Jogja Homestay - Your Soothing Home in Jogja


Melihat rumah yang bersih dan kasur empuk kontan saja bikin Adek kembali ceria. Ya, Adek bisa segera istirahat nih setelah melalui perjalanan darat yang lumayan lama.

Tunggu... kok rumah sih? Bukannya tadi berencana tinggal di penginapan?

Iya betul, memang Ibu dan Adek bakalan bermalam di sebuah penginapan. Tapi yang ini konsepnya homey banget. Dalam satu lokasi terdiri dari 6 rumah, yang masing-masing terdiri dari 3 atau 4 kamar. Jadi bila butuh menginap bersama keluarga besar di Jogja, tak perlu pusing lagi harus booking kamar di hotel. Udah nginep aja bareng rame-rame di sini.



Sini loh di Pesona Jogja Homestay. Saat berada di sini, kita bakalan berasa kayak orang Jogja asli. Melihat sekeliling penginapan yang berada di tengah-tengah pemukiman masyarakat nan ramah, bisa jajan asyik di dekat-dekat penginapan (yang bakalan susah kita lakukan saat menginap di hotel yang berlokasi di area khusus). Coba aja mau beli gorengan pas nginep di hotel berbintang, pernah nyobain? 😉

Saat menginap di Pesona Jogja Homestay, bisa pilih kok mau menempati 1 unit rumah secara keseluruhan atau hanya menggunakan 1 kamar secara terpisah. Bebas. Nginep saja dengan penuh riang gembira sesuai kebutuhan. Mana lokasi homestay ini dekat dengan Malioboro. Nginep dan belanja-belanji? Wooohooo...untuk Ibu sungguh ini surga duniawi. *rekening Ayah menangis tersedu-sedu


Unit-unit rumah yang ada di Pesona Jogja Homestay ini diberi nama yang khas Jogja banget. Ada Kaliurang, Prambanan, Borobudur dan sebagainya. Ibu dan Adek menginap di rumah Borobudur dan menempati kamar deluxe di lantai 1 yang ada kamar mandi dalamnya. Di lantai 2 ada 3 kamar lagi dengan kamar mandi luar.


Sejak masuk ke dalam penginapan, tak ada henti-hentinya rasa penasaran Adek. Tanya ini itu dan mengamati seluruh penjuru ruangan. Meski bakalan tidur di lantai 1, Adek tetap ngotot ingin melihat lantai 2 juga.

Ya udah, silakan aja sih Dek. Seneng sekali ya ngerasain rumah ada lantai 2 dan lengkap dengan balkon. Sayang sekali waktu itu kita tiba di penginapan udah malam dan habis hujan, jadi balkonnya basah banget. Meja dan kursinya jadi nggak bisa buat duduk-duduk. Besok pagi aja lah ya Dek kita nongkrong-nongkrong di balkon.



Di bagian depan penginapan tersedia beranda dengan seperangkat meja dan kursi yang memungkinkan para penghuni homestay untuk bercengkerama. Asyik loh bila menginap di sini seseruan bareng keluarga besar maupun para sahabat, sebelum beristirahat di peraduan bisa ngobrol cantik dulu dan gegosipan 😉



Baik hanya menginap di 1 kamar saja maupun menempati 1 unit rumah secara keseluruhan, kita dapat menikmati fasilitas yang telah disediakan. Pantry-nya komplit banget loh. Ada kompor gas, rice cooker, lemari es, bak cuci piring lengkap dengan sabun cuci piringnya, dan tentu saja perangkat makan standar seperti gelas dan piring. Air galon serta dispenser pun tersedia.

Nah, kalau pergi ramai-ramai sekeluarga bisa banget nih seseruan di dapur, sreng-sreng gorengan kesukaan anak-anak maupun membuat minuman hangat kapan pun kita mau. Menyenangkan sekaliiii.... Pesona Jogja benar-benar memanjakan para penghuninya 😍😗



Berkat perjalanan panjang yang menguji ketabahan dan penjelajahan unit rumah Borobudur yang membutuhkan energi tinggi (iya, bolak-balik naik turun tangga bikin Adek lelah), maka dengan segera Adek sudah merajai kasur berseprai putih bersih dan wangi itu. Tuuuhh... udah pewe aja dia gegoleran sambil nonton televisi setelah badannya bersih. Meski tiba di penginapan sudah dalam kondisi lelah, Adek cepat kembali pulih kegembiraannya dan segar kayak habis diganti baterainya pakai alkaline.

Iya aja, dia bisa relax gitu badannya karena di Pesona Jogja Homestay tersedia kamar mandi yang amat memadai. Adek bisa mandi air panas dengan riang gembira.

"Mandinya pake air hujan yang anget, Buuuu...."

Ish... ojo ndesit-ndesit lah Dek hahahaa... mentang-mentang di rumah mandi pakai gayung langsung norak gitu deh 😅  Santai aja Dek, santai....


Kamar mandi di Pesona Jogja Homestay ini bersih dan dilengkapi dengan toiletris layaknya di hotel-hotel berbintang. Ada sikat gigi, pasta gigi, handuk bersih, sabun dan shampoo. Kondisi toiletnya pun bersih, Ibu dan Adek jadi berasa nyaman saat berada di dalamnya.


Selain kamar yang menyenangkan, kasur yang bersih dan wangi, kamar mandi yang nyaman, satu hal yang Ibu suka di sini. Ibu bisa meletakkan baju-baju yang besoknya mau dipakai untuk beraktivitas ke dalam lemari bersusun tiga yang lapang. Kebanyakan penginapan hanya menyediakan rak seadanya saja untuk meletakkan barang-barang bawaan. Tapi kalau di sini, isi koper mau ditumpahin semua ke lemari juga bisa.

Oke, sebelum beristirahat Ibu memilih pakaian apa saja yang bakalan dikenakan besok. Ya pakaian untuk Ibu maupun Adek. Jadi besok paginya udah tak perlu pusing mempersiapkan baju yang akan digunakan. Tinggal bangun, mandi dan sarapan 😍


Pesona Jogja Homestay - Tempat Istirahat dan Bersenang-senang bagi Keluarga



Salah satu hal yang membahagiakan Ibu saat menginap di tempat tertentu adalah pada saat menikmati sarapan. Dan kebahagiaan ini Ibu dapatkan karena di Pesona Jogja Homestay sarapannya amatlah menggugah selera.

Ada satu pojok rumah yang ada di ujung yang digunakan untuk sarapan. Mau sarapan di sana ataupun dibawa masuk ke unit rumah yang kita tempati tak masalah.


Sebelum mulai sarapan dengan nasi gudeg yang lezat, yang komplit dengan sambel goreng krecek endeuznya itu, Ibu dan Adek menikmati jajan pasar yang disiapkan oleh Mba Widi dan staf Pesona Jogja Homestay lainnya. Mba Widi ini staf yang super, segala macam dikerjakannya untuk membuat penghuni homestay nyaman. Thanks Mba Widi, berkat dirimu liburan dua sejoli ibu anak dari Semarang ini terasa nikmat.

Jajan pasar itu terdiri dari lopis, ketan dengan taburan bubuk kedelai, juga getuk yang lembut. Balutan kelapa parutnya membuat jajan pasar ini kian nikmat saat disantap barengan dengan teh maupun kopi panas yang telah disediakan.

Udah Bu cukup makan jajanan aja?

Duh, ya enggak dong. Ituuu... gudeg yang ada di gerobak vintage itu melambai-lambai untuk segera dinikmati. Untuk Adek yang belum kuat makan pedas, Ibu ambilin telur bulat yang gurihnya luar biasa ini. Ditambah tahu dan gudegnya, lalu diguyur areh. Areh merupakan olahan dari santan super kental yang dimasak sedemikian rupa hingga berwarna coklat dan guriiiiihhh sekali.




Di setiap rumah yang ada di Pesona Jogja sebenarnya sudah disediakan meja makan lengkap dengan beberapa kursi makannya. Tapi Adek keukeuh aja maunya maem di sofa ruang tamu. Berhubung ini lagi dalam rangka liburan dan bersenang-senang, ya udah deh Ibu biarin aja. Mau duduk dimana saja boleh ya Dek.

Sambil menunggu agenda acara selanjutnya, selepas sarapan ini Adek dan Ibu nongkrong-nongkrong asyik saja di ruang tamu yang bisa juga difungsikan sebagai ruang keluarga apabila bepergian serombongan dengan sanak saudara.


Heran banget deh sama anak-anak ya. Meski tadi waktu sarapan bilangnya udah kenyang dan nasinya enggak habis, kok ya habis itu masih bisa nyemiiiilll melulu 😄 Benar-benar santai ya Dek. Kebetulan ya pas lagi banyaaakk banget jajanan. Udah kayak raja minyak aja Adek diladeni ini itu, makan melulu, dan lengkeeett sama ibu suri.

<<<IBU SURI>>>

Ayo, om/tante/pakdhe/budhe/eyang/kakak... siapa yang dalam waktu dekat mau liburan ke Yogyakarta. Bisa banget loh kalau mau menginap di Pesona Jogja Homestay. Ntar kalau jadi nginep di sini, jangan lupa salamin buat Mba Widi yang super ramah dan helpful tadi yaaaa....


Pesona Jogja Homestay
website : http://www.pesonajogja-homestay.com/
Twitter : @pesonajogja484


29 comments:

  1. cakep mbak tempatnya..kubelum pernah kesini

    ReplyDelete
  2. Nyaman banget ya penginapanya,,itu menun sarapan menggoda banget hehe.

    ReplyDelete
  3. Waaah asik ya suasananya. Aku malah belum pernah nginap sana tapi bolak-balik aja ada acara. Makasih sudah datang ya. Mohon maaf kalau ada yg kurang & gak bisa nememin ngobrol di penginapan :)

    ReplyDelete
  4. Wah asik jg liburan berdua anak bisa menambah quality time. Hotelnya nyaman banget ya mbak

    ReplyDelete
  5. Waah...asyik yaa... Ngintip2 di web nya aah..kali2 bs ke sana juga kpn2..

    ReplyDelete
  6. waaaah... bisa jadi tempat menginap klo pas balapan di jogja nih

    ReplyDelete
  7. Seru bgt, nyaman pula penginapannya. Jadi mau kesana, apalagi gudegnya terlihat melambai di kamera

    ReplyDelete
  8. aku belum pernah ke sini, tapi apik ya tempate mba.
    Pengen dadi anakmu mba, ben diajak jalan-jalan terus wkkwkw

    ReplyDelete
  9. Mbak uniek berapa ya buat semalamnya, ada rencana bawa keluarga nginep di jogja, homestaynya nyaman ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kontak langsung ke Pesona Jogja Homestay aja ya Vit, jadi biar lebih detail untuk harga per kamar atau per unitnya.

      Delete
  10. Wah apik n homy bgt tempatnya.. masalahnya kpn yak bisa plesiran kyk mbak niek?
    *lirik2 bayi

    ReplyDelete
  11. wah mank tempatnya asyik mbak, harganya juga asyik hehehehe..... jadi kangen Yk deh kalau baca teman punya artikel jalan-jalan. Soale YK itu ngangenin tuk di peluk eh di telusuri maksudnya

    ReplyDelete
  12. Tempatnya nyaman banget kelihatannya, mbak :) Semoga ada rejeki buat main-main ke Jogja. Penasaran lihat foto-foto di sana. Amiiin..

    ReplyDelete
  13. Homey banget tempatnya ya mbak. Catet dulu ah kapan2 kalo ke jogja nyobain nginep sini

    ReplyDelete
  14. Cakep juga yaaa mbakbro pesona jogja, aku prngen coba booking buat minggu, ada ndak yaa hihi sukanya dadakan..

    ReplyDelete
  15. Ya ampun, asiknya berdua ma jagoan ya Mbak. Memang Smg Yk tu macet Mbak. Sabtu Minggu udah kayak jalan Bandungan Ambarawa aja, macet :)
    Tempatnya bagus ya :) Yang pasti berdua ma jagoan itu yg bikin sesuatu banget. Ah, Yogya memang sesuatu Mbak Uniek :)

    ReplyDelete
  16. Makin inovatif banget ya Mbak demi mendapatkan konsumen. Kalau nginep berasa rumah sendiri lah wegah pulang kalau gitu.

    Adek, gimana rasanya hujan di dalam rumah? Minta buatin ibu di rumah ya.

    ReplyDelete
  17. dari beberapa review tentang penginapan ini, baru sekarang saya lihat fotonya dari atas. Bagus juga, ya. Semoga saya bisa ngerasain nginep di sana :)

    ReplyDelete
  18. wah asikk... mau ah kapan2 ajak boyz nginep di situ kalo liburan ke jogja

    ReplyDelete
  19. Faris ih liburan gakk ngajak-ngajak. Mbak itu menuju lokasi gampang ga aksesnya?

    ReplyDelete
  20. duh Jogja. . .Jogja. lain kali lah klo ke Jogja kayaknya recommended ini tempat.

    ReplyDelete














  21. wiih... Jogaja, tempatnya bagus dan memadahi. Pasti nyaman untuk bersantai dan beristirahat.

    ReplyDelete
  22. Keren banget tempatnya .. jadi pingin kesana bareng keluarga. InsyaAllah

    ReplyDelete
  23. Tempat nyaman dan bersih. Cocok tu, untuk istirahat bersama keluarga, ketika lagi liburan di jogja yuhuu.

    ReplyDelete
  24. Duhh, seneng banget deh mbak.. Nanti liburan pengen ngajak keluarga kesana.
    Makasih ceritanya :)

    ReplyDelete
  25. emang dah jogaja,
    kota sejuta kesenangan jdi pngen balik ksana lagi

    ReplyDelete
  26. Bisa banget nih liburan ke YOgyakarta trus nginep sama keluarga di pesona Jogja homestay yaaa...

    ReplyDelete
  27. Bisa jadi alternatif nginhep waktu lburan ke jogja nih .. penjelasannya lengkap bgt .. mendetail.. kapan kapan bisa nginep disini sama keluarga.. makasih ya mbak infonya..

    ReplyDelete