Wednesday, January 16, 2019

Pulsa Cepat Habis? Ini 6 Alasannya




Ibuuu... kok hapenya ndak bisa dipake untuk nelpon? Kan baru aja diisi pulsa ya?

Begitulah deramah yang sering terjadi di rumah ketika Kakak lagi liburan. Masa-masa liburan dan pulang ke rumah berarti satu : mainan hape tak berujung. πŸ˜€

Iya sih, soalnya kan kalau pas di asrama dia nggak boleh pegang gadget sama sekali. Jadinya ya gitu deh, begitu di rumah udah deh kayak perangko nempelnya sama hapenya.


Nah, ganti deh giliran Ibu yang puyeng. Sering merasa baru beli pulsa tapi tahu-tahu habis begitu saja. Kenapaaaa... kenapa ini harus terjadi?? *drama sepuluh babak

Ada banyak alasan hal seperti ini bakal ktia alami. Pastinya ada dong ya cara untuk mengatasinya dengan mudah.

Sebelum mencari solusi paling tepat, yuukk temukan dulu masalahnya ada di mana. Mungkin salah satu dari tujuh alasan pulsa cepat habis berikut ini kejadian juga pada mom dan dad semua.



1. Sering Streaming Video 


Ini adalah penyebab paling sering terjadi mengapa pulsa dan kuota internet cepat menipis. Terlebih ketika anak-anak lebih sering memilih resolusi besar ketika streaming. Gambar dengan resolusi besar memang memuaskan mata, tapi ini adalah mesin penyedot kuota yang menghabiskan banyak data dalam waktu singkat.

Coba cek pengaturan resolusi video di smartphone yang sering digunakan untuk nonton. Iya nih Si Kakak, doi seneng banget nonton video selain chat dengan teman-temannya.

Intensitas Kakak untuk streaming video kayaknya sering banget deh, jadi sebaiknya Ibu mulai atur setting-an smartphonenya di resolusi terendah. Nggak perlu khawatir kalau gambarnya bakal jadi jelek banget, karena dengan layar ponsel yang kecil, resolusi paling rendah pun nggak akan tampak pecah.


pic source : androitpit.com


2. Sering Tethering Buat Gadget Lain 


Jarang streaming video tapi pulsa cepat habis juga??

Kezzeeelll banget nggak sih... Tapi ya, bisa jadi masalahnya adalah sering menggunakan ponsel untuk tethering gadget lain. Nah naahh.. bisa jadi nih kayak begini kejadiannya ketika Kakak main keluar rumah dan diminta 'sumbangan' kuota. πŸ˜‰

Ketika nggak ada WiFi yang memadai di sebuah tempat, emang sih tethering hotspot adalah solusi paling mudah untuk terkoneksi dengan internet. Yang perlu untuk terus diingatkan : jangan lupa untuk mematikan settingannya setelah selesai ya. Biar pulsa nggak cepat habis.



3. Suka Main Game Online 


Game online juga jadi mesin penyedot kuota paling cepat selain streaming video. Dengan grafis yang beraneka rupa, kecepatan nge-game ditentukan oleh seberapa cepat koneksi yang dimiliki.

Semakin cepat kita bermain, makin cepat pula pulsa akan habis. Rasanya baru cek daftar harga pulsa online termurah 2019 beberapa hari yang lalu, tahu-tahu kok sudah habis setelah main game.

Buat yang satu ini, solusinya adalah dengan mengurangi jam bermain. Hey Kakak... baca ya postingan Ibu ini ya. DICATAT. πŸ˜‰

Biar lebih ngirit, bisa manfaatkan WiFi aja buat main game, jadi kuota utama tetap utuh.



source : @erik_lucatero

4. Sering Main Media Sosial 


Rasanya baru scroll-scroll sebentar, tapi kuota kok sudah habis ya?

Media sosial memang sering bikin lupa waktu. Rasanya baru cek timeline sebentar, tapi kuota cepat habis. Penyebabnya adalah ketika kita scroll timeline dan terdapat video atau foto di dalamnya yang otomatis terbuka, maka kuota  pun langsung tersedot.

Biar nggak cepat habis, atur pemutaran video dan foto di pengaturan masing-masing media sosial. Izinkan membuka hanya ketika kita menginginkannya.

Selain itu, atur timeline agar hanya update ketika kita membukanya. Jika aplikasi terus menerus auto update, maka ia akan menghabiskan kuota dalam sekejap.




5. Cek Langganan SMS Premium 


Sudah tak banyak lagi SMS premium yang beredar luas. Namun bisa jadi gara-gara keisengan nyobain ini itu, nomor yang kita pakai masih terdaftar dengan SMS premium tanpa disadari.

Cek lah apakah masih ada konten SMS premium yang ada di ponsel. Jika masih ada, langsung hubungi customer service dari masing-masing operator ya.






6. Tidak Mematikan Auto Sync 


Penyebab cepat habisnya pulsa yang sering tidak disadari adalah tidak mematikan auto sync pada semua akun yang terdaftar di ponsel. Cek masing-masing akun, apakah auto sync masih menyala. Jika iya, maka sebaiknya segera matikan untuk menghemat kuota dan juga menghemat baterai.



Kalau semua sudah dicek, sekarang waktunya isi ulang pulsa. Cek daftar harga pulsa online termurah 2019 di Traveloka dan pilih mana yang paling ekonomis untuk kegiatan kita sehari-hari.

Coba dong yang udah praktekin tips-tips di atas boleh komen. Gimana, udah lebih ngirit kah pulsanya?

36 comments:

  1. Isi kuotanya yang unlimited kalau gitu ya mbak bias gak tiba2 habis pulsa. Soalnya aku sering banget nonton fillm streaming :-D Belinya teteo dong di Traveloka yang serba praktis

    ReplyDelete
  2. Nah, itu kuota anak-anakku sering cepat habis gara2 nonton youtube, apalagi kalo saat liburan, cepet banget habisnya. Beli pulsa dan paket internet aku biasanya di Traveloka, praktis dan murah juga :D

    ReplyDelete
  3. Nah iya, auto sync itu sering banget bikin kuota dan baterai abis, tapi kalau disuruh synchronize manual satu-satu yha pegel juga :)) Bener yang dibilang Mba Lidya, pakai paket unlimited aja, beli pulsanya di Traveloka :)

    ReplyDelete
  4. Dulu pernah punya teman kantor yang hobinya minta sumbangan kuota, udah dikasih muka datar tetap aja colek-colek minta teethering, dan itu hampir tiap hari loh. Sampe gak ada teman yg mau deket-deket dia di jam istirahat, takut dicolek dimintain sumbangan kuota :))

    ReplyDelete
  5. MBa, gimana ya untuk tahu mana sms premium yang bisa menghabiskan kuota ? Selama ini ada sms tapi aku ya mengira promo biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asalkan kita nggak jawab YA saat dia menawarkan langganan konten sih aman2 aja kayaknya mba.

      Delete
  6. Nomor hp saya pakai pasca bayar, jadinya gak mengalami pulsa habis. Lagipula setiap bulan jumlah tagihannya cenderung sama. Tetapi, yang sering mengalami begitu tuh nomor anak-anak saya. Kalah cepat habis biasanya karena mereka lagi banyak streaming

    ReplyDelete
  7. Aku bangeet nih mba hehehe.. asyik main games dan ngga maksimal memanfaatkan wifi hehe

    ReplyDelete
  8. saya lebih suka memakai wifi, pulsa dipakainya kalau lagi keluar rumah aja hihihi *ngirit. Eh bisa ya beli pulsa di Traveloka, makin keren aja ini aplikasi.

    ReplyDelete
  9. Gimana cara kita tahu kalau sms yang masuk ke ponsel kita itu premium atau bukan? Saya lumayan sering dapat pesan masuk dari indosat. Sebelumnya sih nggak pernah langganan apa-apa, nggak gampang juga saya ngasih nomer ponsel.

    ReplyDelete
  10. Kalau dulu pulsa cepat habis karena tiba-tiba kesedot langganan sms premium atau langganan nada dering, padahal nggak merasa langganan, mesti rajin cek pulsa, kalau video streaming sama tethering sih aman karena pakai paket kuota

    ReplyDelete
  11. Nah aku pernah mbak ngalamin kayak gini tiba-tiba hp nggak bisa nelfon keluar setelah 3x restart baru deh berhasil,kemungkinan karena ngambek dipake internetan melulu :)

    ReplyDelete
  12. Aku kayak kak Vivi nih, suka nonton film streaming. Nggak sadar tahu-tahu pulsa abis, mending kalo filmnya udah selesai Pernah loh belum selesai kuota keburu abis, hiksss nyesek

    ReplyDelete
  13. Sekarang udah banyak tawaran paket internet murah jadi bisa unlimited gitu Mba. Jadi gak makan pulsa. Btw kalo sms premium nih, aku pernah ngalamin. Gak ngerasa langganan kok tiba-tiba nungul. Untuk segera bisa distop sebelum pulsaku disedot semua ��

    ReplyDelete
  14. Sekarang kayaknya SMS premium.sdh ga kepake ya, saya sms jarang ditengok hehe...sekarang ada WA yg jauh lbh praktis

    ReplyDelete
  15. Iya nih pulsaku cepet habis. Ternyata karena aku suka streamingn hahaha.
    Mbak btw aku juga kalo ngisi pulsa di traveloka loh, kok bisa samaan gitu ya. Soale gampilll banget isi pulsa di traveloka.

    ReplyDelete
  16. Mamaku sering tuh pulsa nya tiba tiba habis, biasanya suka terpasang nada sambung padahal gak merasa pernah daftar. Aneh kan. Btw SMS premium itu isinya kayak gimana ya? Kayaknya baru denger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang model nawarkan langganan konten tertentu itu lhooo...

      Delete
  17. Kalo aku nomor empat sama nomor enam. Soalnya kalau ada job-joban urusan blog dan buzzer biar cepet ngertinya e Mbak. Hehehe... Sekarang kalau nggak cepet update, ketinggalan gerbong deh.

    ReplyDelete
  18. SMS Premium sekaranh harus hati-hati. Kadang cara regisnya dalam bentuk pop up. Jadi mungkin nggak kerasa subscribe tapi nggak sengaja ke-tap.

    ReplyDelete
  19. SMS Premium itu yang bikin jengkel sama otomatis nyambung. Ini buat hp yg bukan android sih. Kalau aku habis kuota biasanya buat yutuban, hahaha

    ReplyDelete
  20. Wahh auto sync ini yang aku baru tahu mba Uniek, harus tak cek ah ntar pantes pulsaku gampang ludes selain juga nonton streamingan nih hehehhe. Ah pengen beli yang unlimted jadinya.

    ReplyDelete
  21. Waduh, bener banget deh mba soalnya anakku suka minta tetring buat WA aja sih dia, kalau yang kecil kadang minta buat nonton kartun kesukaannya

    ReplyDelete
  22. Wah, ini nih kayaknya yang terjadi sama aku. Video streaming dan Youtube nih yang sering. Ihiks... btw, baru tahu kalo Traveloka bisa beli paket internet. Ceki-ceki aaah...

    ReplyDelete
  23. Paling sering habisnya gara2 buat streaming video. Biasanya sih sama Kenzie tuh dipakai buat nonton mobil balap di Youtube. Sm aku tak akali kualitas videonya tak turunin.

    ReplyDelete
  24. Aku alhamdulillah sekarang semenjak beli paket datanya bulanan yang udah all in (gratis nelpon ke sesama operator unlimited & gratis nelpon ke beda operartor limited), jarang kehabisan pulsa. Jadi kalau dulu aku kehabisan pulsa biasanya karena sering pake nelpon. Nelpon sekarang kan agak mahal ya, apalagi kalau beda operator. Nah kadang aku suka tuh nelpon-nelpon ke CS bank, atau CS tv kabel, itu kan lama bangeeeettt kalao nelpon. Tau2 tengah jalan lagi ngobrol, putus. Rupanya habis pulsanya. Sekarang sih alhamdulillaah udah nggak kehabisan pulsa lagi. :)

    ReplyDelete
  25. Aku nih suka tetring ke HP lain dan barh tau juga nih fungsi dari Aunto sync ternya bikin hemat ya, sek lah nanti tak cek di HP.

    ReplyDelete
  26. Saya suka streaming drama Korea ha ha
    Soalnya u sesekali hiburan di rumah walau memang resiko kuota lbh cepat habis

    ReplyDelete
  27. Pernah aku gak kerasa lagi asyik YouTubean kok moro2 dapet notif paketanku udah abis.. lah ternyata gak pake wifi wkwk tekor deeh..syukurlah aku juga pakai traveloka agar bisa mudah isi ulangnya :)

    ReplyDelete
  28. Iya, kalau asyik youtube-an memang gak kerasa. Tau-tau kuota udah habis aja hihihi.. makanya pasang yang unlimited aja, bisa puas ngapa-ngapain

    ReplyDelete
  29. Saya habisin pulsa itu kalau pas lagi berjauhan sama suami. Telpon telponan terus. Ada Whatsapp Call tapi suka putus putus hehe.

    ReplyDelete
  30. Aku selalu habis buat nonton drakor secara online, nontonnya di web langsung gitu sih jadi pasti resolusinya gede banget biar mantap jelas nonton wajah-wajah oppa dengan jelaaaas :D

    ReplyDelete
  31. Punyaku boros kalo dipake nonton Yutub sama Miqdad. Meskipun dijatah cuman sejam nonton Tayo atao Poli tetep aja boros hahahahaha. Salhin Miqdad nih yg doyan banget sama Tayo :D

    ReplyDelete
  32. Ya ampun nomor 2 aku banget mba. Punya gadget dua itu boros yaa. Aku jadi selalu thetering dari hp lain. Oh iya kadang sms premium juga nyedot pulsa hiks padahal ga pernah sengaja langgana n

    ReplyDelete
  33. Wah makasih banyak atas pengetahuannya mbak, aku baru tahu nih infonya!

    ReplyDelete
  34. Terimakasih infonya, sukses terus..

    ReplyDelete