Wednesday, October 16, 2019

Sudah Tahu Komponen Penting Dalam Menyusun Manajemen Bisnis? Yuk Cermati Lagi!


Komponen penting dalam bisnis
sumber gambar : pixabay

Halo Moms & Dads, punya rencana untuk mengarahkan anak kuliah di jurusan apa jika sudah besar nanti?

Manajemen bisnis merupakan salah satu jurusan favorit anak manajemen. Gimana enggak jadi favorit ya, saat ini Bisnis merupakan ladang pekerjaan dengan penghasilan tidak terbatas. Selain itu, jenis bisnis yang dapat dikelola atau dikembangkan pun sangat beragam berkat perkembangan dunia digital yang semakin memudahkan kegiatan yang dilakukan masyarakat. 


Agar manajemen bisnis dapat berjalan dengan baik, mahasiswa jurusan Manajemen contoh harus memahami dengan benar berbagai komponen penting dalam penyusunan manajemen bisnis seperti: 


Deskripsikan bisnis dengan jelas 


Di dunia perkuliahan, termasuk binus online learning S1, tentu mahasiswa sudah diajarkan perihal deskripsi bisnis. Jenis bisnis apapun yang akan dijalankan, sebaiknya sebelum melakukannya deskripsikan secara jelas bisnis tersebut secara matang. 

Sebisa mungkin deskripsi bisnis yang akan dijalankan, gambarkan secara jelas dan mampu dipahami oleh semua orang. Deskripsi dimaksud berupa bentuk dan produk yang akan ditawarkan, keuntungan dan kerugian yang akan didapatkan, biaya operasional yang dibutuhkan, patokan harga, sehingga sistem kerja bisnis tersebut. 

Dalam deskripsi yang dibuat, alangkah baiknya jika kita juga mencantumkan visi misi serta tujuan perusahaan yang ingin dicapai. Perihal manajemen inti, seperti lokasi, konsep, target pasar, hingga keunggulan juga harus dicantumkan. Kegiatan yang satu ini tentu akan mudah dilakukan mahasiswa yang kuliah blended learning jurusan Manajemen. 



Lakukan analisis pesaing 


Kegiatan analisis pesaing wajib dilakukan ketika akan membuat sebuah bisnis, hal ini dilakukan untuk menentukan strategi terbaik yang akan dilaksanakan. Selain itu, kegiatan analisis juga sangat membantu untuk mengetahui kelemahan serta kekuatan pesaing. Dengan begitu, hasil dari analisis dapat digunakan untuk menentukan strategi serta keunggulan dari produk atau jasa yang akan diluncurkan. 

Setiap perusahaan, pasti melakukan analisis ketika akan membuka sebuah bisnis. Kegiatan analisis bisa dilakukan dari pihak intern atau perusahaan, atau juga bisa menyewa jasa dari luar. 

Ada banyak universitas yang menawarkan program analisis untuk kegiatan manajemen, bahkan beberapa diantaranya menawarkan sistem kuliah online seperti binus online



Miliki strategi pemasaran yang tepat 


Strategi pemasaran yang tepat sangat diperlukan ketika memulai sebuah bisnis, dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan lebih besar. Lakukan kegiatan strategi pemasaran dengan tepat, mulai dari kegiatan analisis, biaya, promosi produk, media promosi, strategi keunggulan, strategi pemasaran, dan lainnya. 

Dan yang tidak kalah penting yaitu dalam hal anggaran atau pembiayaan. Menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk mahasiswa jurusan Manajemen adalah hal yang lumrah, khususnya bagi mereka yang memilih Manajemen Pemasaran untuk konsentrasi jurusannya. 



Laporan keuangan 


Jika nantinya putra-putri kita bekerja di sebuah perusahaan atau institusi manapun, laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting. Biasanya setiap perusahaan memiliki sistem atau format tersendiri untuk pembuatan laporan keuangan. Jadi wajib pelajari dengan baik laporan keuangan yang digunakan oleh perusahaan. Terkadang laporan keuangan memang terlihat rumit dan kompleks, namun tidak semuanya benar. 

Hal terpenting dalam laporan keuangan adalah mencakup seluruh jenis keuangan yang digunakan, oleh karenanya pengelolaan anggaran menjadi faktor utama agar laporan keuangan senantiasa baik. Mahasiswa binus online learning S1 atau lainnya tentu sudah banyak diajari perihal pembuatan laporan keuangan. 

Rencanakan seluruh anggaran dengan sebaik mungkin, dengan begitu akan lebih mudah membuat laporan keuangan dengan baik. Pastikan transparan dan jujur ketika membuat laporan keuangan, hal ini juga menjadi faktor perkembangan bisnis berjalan dengan baik. 



Kualitas produk dan pelayanan 


Mahasiswa yang kuliah blended learning jurusan Manajemen tentu paham betul bahwa kualitas menentukan segalanya, baik produk maupun layanan. Jika ingin bisnis berjalan dengan lancar, kualitas serta pelayanan menjadi faktor utama agar pelanggan setia terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Jika produk dan layanan dapat memuaskan pelanggan dan selalu terjaga dengan baik, bisa dipastikan pelanggan akan selalu setia dan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. 

Namun jangan terlena dengan loyalitas konsumen, sehingga semakin lama kualitas serta produk serta layanan yang diberikan semakin lama semakin berkurang. Karena bukan tidak mungkin, jika kualitas dan layanan yang semakin turun akan membuat konsumen kecewa dan tidak lagi loyal terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Pastikan bahwa pihak perusahaan dapat dipercaya, baik dalam masalah kualitas maupun pelayanan terhadap konsumen. 

Selain binus online, ada banyak Universitas menawarkan kuliah online untuk jurusan Manajemen tentunya dengan biaya yang lebih murah seperti beberapa universitas di pintaria.com. 

Dapat mengelola bisnis dengan baik, biasanya pihak manajemen menggunakan teknologi pemutakhiran sebagai bentuk layanan kepada konsumen. Saat ini ada banyak jenis teknologi yang sangat membantu dalam memasarkan sebuah produk, termasuk di dalamnya untuk melayani pelanggan dengan baik.

Bagi yang ingin masuk dunia manajemen bisnis, bisa memilih jurusan Manajemen dengan konsentrasi bisnis yang saat ini tersedia di hampir semua universitas yang ada di Indonesia.

52 comments:

  1. Mendeskripsikan bisnis dengan jelas ini memang harus dilakukan, agar orang lain tahu mengenai bisnis kita.

    ReplyDelete
  2. Memang bisnis sekarang merupakan ladang pekerjaan dengan penghasilan tidak terbatas nih ya Mbak.

    ReplyDelete
  3. Wah Mbak setiap perusahaan, pasti melakukan analisis ketika akan membuka sebuah bisnis.

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak banget nih ya Mbak, komponen penting dalam penyusunan manajemen bisnis.

    ReplyDelete
  5. Setuju Mbak memang sekarang banyak universitas yang menawarkan program analisis untuk kegiatan manajemen.

    ReplyDelete
  6. kegiatan analisis juga sangat membantu nih ya Mbak untuk mengetahui kelemahan serta kekuatan bisnis pesaing.

    ReplyDelete
  7. Manajemen bisnis ini termasuk jurusan bagus loh, ada saudara saya yang masuk di jurusan ini dan memang banyak sekali keuntungan yang diperoleh saat lulus kuliah katanya. Banyak perusahaan yang membutuhkan dan dia bingung mau pilih perusahaan yang mana karena perusahaan tersebut sama2 bagus.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, mbaaak. Aku saved linknyaa. Butuh banget ini. Kebetulan banget lagi belajar untuk jualan online lagi setelah sekian lama vakum. Penting ini buat bahan ku belajar

    ReplyDelete
  9. Di era digital kayak sekarang, peran teknologi memang luar biasa ya Mak.
    Bisa berkontribusi banget untuk melayani konsumen dgn baik
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  10. Kayanya seru ya kuliah di jurusan manajemen... Apalagi sekarang udah bisa online, cocok buat emak2 :D

    ReplyDelete
  11. Oooh di Pintaria.com Kita bisa ceki-ceki tempat kuliah online ya. Hm, zaman now asyik ya bisa kuliah online yang penting ada budget-nya.

    ReplyDelete
  12. Pak suami dulu angkatan pertama binus online tapi bkn manajemen mbaa..😁 awalnya d3, lalu lanjut online bisa sambil kerja. Memang enak bisa sambil online, tugasnya lumayan jg..

    ReplyDelete
  13. Cara membaca laporan keuangan yang tidak bisa. Harus latihanbya. Dan mau diapakan setelah mrmbacanya.
    kebanyakan perusahaan lambat laun mengurangi kwalitas produknya. Mungkin untuk mendapat keuntungan tetap soalnya tidak dipungkiri bahan baku juga naik harganya

    ReplyDelete
  14. Seringkali orang tua berkata seperti ini: “Ambil jurusan bisnis dan manajemen aja, biar aman. Biar nanti setelah lulus gampang nyari kerja”. Ya, memang ada benarnya. Usaha mana yang tidak perlu tenaga kerja lulusan bisnis dan manajemen?

    Kadang usil tanya, "Kenapa harus kuliah manajemen kalau itu sudah menjadi naluri manusia? Buktinya manusia purba yang tidak kuliah saja bisa mengatur dan mengorganisir kelompoknya dengan baik."

    Eh dijawab dengan sangat memuaskan ama si bocah renyah (awaaasss.. komen ini termasuk dalam jalur komen perez penuh penjilatan awokawokawok)

    ReplyDelete
  15. Milih jurusan apalagi manajemen bisnis itu memang minimal tahu dasar-dasarnya ya Mbak. Kan gak lucu udah masuk jurusan itu tapi bingung gimana-gimananya. Bikin anggaran saja belum bisa

    ReplyDelete
  16. Saya belum ada rencana bisnis. Tapi boleh dicatat juga ini siapa tahu mulai tertarik. Paling bagus ya kalau mau profesi apa ambil jurusan yang masih berhubungan juga

    ReplyDelete
  17. metode ini bisa gk yah kita terapkan biar sukses ngeblog.. kan perlu liat pesaing dan pangsa pasar juga

    ReplyDelete
  18. Berarti kita perlu memperhatikan kurikulumnya juga ya untuk memilih mau kuliah di mana. Noted.

    ReplyDelete
  19. Jurusan manajemen ini menurutku jurusan yang peluang paling besar untuk mendapatkan pekerjaan. Soalnya banyak perusahaan yang butuh dan satu sisi juga akan sangat membantu pekerjaan :)

    ReplyDelete
  20. Binus ini terkenal bagus kuliah untuk jurusan bisnis, sekarang ada kelas kuliah onlinenya juga ya ? Makin memudahkan calon pebisnis maupun pebisnis yang ingin lebih mendalami dunia manajemen bisnis.

    ReplyDelete
  21. maunya jurusan manajemen walau banyak yg nyinyir katanya banyak pengangguran. itu mah yg malas bikin usaha sendiri. jaman sekarang kan enak jd bos atas usaha sendiri. aamiin

    ReplyDelete
  22. Jurusan Management Bisnis ini menarik yo Mbak. Aku mulai merasa perlu sinau iki.

    ReplyDelete
  23. Di era UKM dipermudah dalam pemasarannya dengan memanfaatkan internet, belajar manajemen bisnis tetap penting ya mbak. Jadi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasinya bisa benar-benar tertata dengan baik

    ReplyDelete
  24. Untuk memulai bisnis memang membutuhkan kemampuan untuk memanajemen yang baik, agar tujuan bisnis bisa tercapai, tapi menurutku ilmu manajemen ngak hanya penting nih buat bisnis tapi juga untuk aktivitas sehari-hari, terutama freelance seperti saya, yang harus memiliki setidaknya kemampuan manajemen agar aktivitas bisa lancar. Terima kasih mbak atas referensinya.

    ReplyDelete
  25. Jurusan manajemen bisnis ini memang idola, dulu saya hampir saja masuk ke manajemen bisnis tapi ternyata akuntansi lebih menggoda, hihi. THanks sharingnya.

    ReplyDelete
  26. Langkah ini juga bisa digunakan buat yang mau belajar bisnis secara otodidak, ya. Tapi tentu saja, akan lebih bagus hasilnya jika belajar dalam bimbingan ahli dan kurikulum yang bagus seperti di universitas

    ReplyDelete
  27. Sekarang makin banyak ya yang tertarik dengan jurusan manajemen bisnis
    mungkin karena banyak bisnis sekarang yang makin berkembang
    menurut aku juga laporan keuangan memang penting banget dalam bisnis supaya bisa lihat kemajuan bisnis kita

    ReplyDelete
  28. Bener mba dulu awal aku buka bisnis pun melaku step by step sperti itu,,hrs banget Juga belajar manajemen bisnis biar lancar walaupun bbrp Kali jatuh trs bangun bisnis lg

    ReplyDelete
  29. Sebenernya jurusan manajemen bisnis ini akan kepake di tiap fase kehidupan ya, manfaatnya jug kita bisa memanage wkt dgn baik, salah satunya dalam berbisnis. Aku dulu gak kepikiran utk ambil jurusan ini dulu wkt kuliah. Skrg kerasa bgt penting.

    ReplyDelete
  30. Bangun bisnis emang ga gamoang sih. Hrs byk belajar lalu trial and error. Selama kita mau belajar dan berusaha, pasti bisa!

    ReplyDelete
  31. bacaan menarik mbak, buat saya yang ibu rumah tangga agar bisa mengelola keuangan dengan lebih baik lagi

    ReplyDelete
  32. enta mengapaku menurut yang paling penting itu komponen yang terakir mba yaitu kualitas produk dan pelayanan yang pasti membuat konsumen balik lagi dan lagi

    ReplyDelete
  33. Aku tertarik nih dengan binus online. Pengen rasanya lanjut kuliah lagi, mau intip juga nih jurusan yang tersedia apa aja.

    ReplyDelete
  34. kayaknya hampir kampus selalu ada ya mba jurusan manajemen dulu juga teman banyak dari jurusan manajemen katanya kuliahnya gampil

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngomongin kuliah lagi juga pengen banget aku ambil magister manajemen SDM soalna lanjutin s1 dari prodiku ga bisa sambi kerja hahaha

      Delete
  35. kalau kampus ngaruh gak sih kak untuk kuliah jurusan Manajemen? Rasanya aku pengen membimbing adik aku ke jurusan tersebut XD

    ReplyDelete
  36. Skrg jurusan management ini juga laris banget ya, saya liat temen temen saya juga memilih jurusan management dan lebih gampang masuk kerjanya

    ReplyDelete
  37. Pelayanan sangat penting. Ini yg kdng org kita msh lupa ya mbak. Tdk sabaran melayani dsn kadang gk paham produk knowledge. Keuangan jg menurutku penting krn supaya kita tau bisnis kita udah bagus atau belum dlm menghasilkan keuntungan

    ReplyDelete
  38. Jurusan management biasanya paling diminati . Kebanyakan teman teman ku ambil jurusan management bisnis . Karena apply di kehidupan nyata katanya lebih bisa dipakai ilmunya

    ReplyDelete
  39. Merencanakan bisnis bagus juga nih dibaca sama emak emak kayak saya, kadang bingung gimana nanti mau bisnis dan pengelolAannya. Jadi ikutan belajar nih saya hihi

    ReplyDelete
  40. Dengan melakukan secara runut seperti ini, bisnis bisa dan akan mudah untuk d jalankan ya

    ReplyDelete
  41. Meskipun udah kuliah menejemen bisnis tapi kalau gak dipraktekin juga akan beda ama teorinya mbak, Makasih ya infonya guna banget

    ReplyDelete
  42. Aku harus belajar managemen bisnis nih, biar bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik ya

    ReplyDelete
  43. Baru tau Binus menyediakan kuliah online, tapi khusus jurusan manajemen aja ya? Buat yang sambilan kerja enak nih bisa kuliah online.

    ReplyDelete
  44. Aku butuh banget nih web seperti Pintaria, supaya dapat kuliah online,
    Sepertinya belajar berbisnis ini cocok buat aku terapkan untuk pemasaran toko online aku nih mbak, TFS ya mbak

    ReplyDelete
  45. Jadi teringat dulu waktu pertama kali bikin usaha, gak ad survey sdkt modal, hanya nekad aja, pd akhirnya down, memang bener hrus melakukan analisa terlebih dulu

    ReplyDelete
  46. xixixi, belum tahu mau mengarahkan ke mana, anaknya masih 5th. Teman-teman saya yang anak manajemen juga pilihannya manajemen bisnis. Sekarang saya yang kepengen belajar manajemen bisnis ini.

    ReplyDelete
  47. Kalau bisnis ini perlu banget analisis pesaing ya mba. Jadi paling enggak kt bs ninggalin kualitas diri n branding dg lebih baik. Bahkan biar harga kita diatas pasti bakal maju kalau beberapa hal diatas sukses ya.

    ReplyDelete
  48. Melhat siapa pesaing kita ternyata juga bisa jadi strategi dalam manajemen bisnis yaaa. Jd inget ttg ilmu manajemen SWOT, bagian weakness, kita lihat kekurangan kita, kelebihan "musuh" apa jd bisa kita perbaiki yg kurang2 :D

    ReplyDelete
  49. Thanks banget untuk sharingnya mbak, kebetulan aku dan pak suami lagi mau merintis usaha nih. Kayanya kami harus benar-benar bisa mendeskripsikan bisnis sejelas-jelasnya sebelum eksekusi.

    Aku baru tahu nih kalau jurusan managemen ada konsentrasinya lagi kaya managemen bisnis. Selama ini aku mikirnya ya jurusan managemen sama aja semuanya.

    ReplyDelete
  50. Anak Manajemen ini bisa masuk ke mana-mana ya kerjanya. Semua pasti membutuhkan ilmu manajemen. Seorang wirausahawan apalagi, butuh banget kuliah di Binus online hehe.

    ReplyDelete
  51. Ok ini list kebetulan berguna untuk saya sekarang ini. Terima kasih mba

    ReplyDelete