badge Bocah Renyah: Bangun Tidur Kuterus Baca

Monday, December 14, 2015

Bangun Tidur Kuterus Baca

Bangun tidur kuterus mandi
tidak lupa menggosok gigi.....

Penggalan lagu anak tersebut tentunya sudah familiar sekali ya bagi kita. Ada gitu yang kira-kira tidak tau? Tentu masa kecilnya kurang bahagia hehehee.... 

Ibu dan Kakak
Masih teringat sekali dulu waktu kecil susaaaaahhh sekali dibangunkan. Nah, sekarang setelah memiliki dua orang anak baru deh mengalami sendiri, betapa peliknya hidup saat harus membangunkan anak-anak di pagi hari. 

Saat ini Kakak sudah kelas enam SD, sudah lumayan gampang untuk dibangunkan saat pagi hari. Yaaahh, meskipun subuhannya tidak on time, paling tidak sudah tidak harus 'duel' dengan ibunya lah saat bangun di pagi hari :)  Dulu jaman Kakak masih agak kecilan, hadeeewww.... perasaan tiap pagi hawanya udah gerah ajah, tak cukup 5 menit untuk membangunkan putri kesayanganku ini. Sekarang sih sudah aman sejahtera ya Sayang?
Setelah mengalami suka duka membangunkan tidur si Kakak, saat ini untuk mengantisipasi 'duel yang tak berkesudahan' perlu dong dicari trik yang tepat untuk membangunkan Adek.

Adek yang bulan lalu baru saja berumur 6 tahun sebenarnya 11 12 dengan Kakak dalam hal bangun pagi. Bilang iya iya saat dibangunkan, tetapi tetap mata tertutup rapat dan pelukan ke guling makin erat. Duh duuuhh....Nah, harus ketemu nih triknya agar kondisi negara tetap aman dan damai :)

Sejak kecil kedua buah hatiku sudah akrab sekali dengan yang namanya buku. Kebanyakan sih buku cerita sesuai perkembangan umurnya. Kalau untuk Kakak dulu sering kubacakan cerita-cerita princess selain kisah nabi dan dongeng fabel. Jadinya ya sekarang rada-rada kemayu kayak princess gitu deh :)

Kalau untuk Adek kebanyakan cerita yang mengandung unsur gambar mobil, kereta, kapal, pesawat terbang, dan berbagai alat transportasi lainnya. Jaman Lightning McQueen berjaya dulu waaahhh... apa-apa mintanya yang ada mobil merahnya :)

Adek sering ikutan Ibu dan Kakak pergi ke perpustakaan saat libur hari Minggu. Meskipun membaca belum begitu lancar, udah gaya aja dia ambil buku di rak dan dibaca sendiri dengan asyik. Alhamdulillah, suka baca juga nih Adek.

Bermodalkan kesukaan membaca itu maka trik untuk membangunkannya di pagi hari lumayan gampang. Sebelum tidur kujanjikan untuk membacakan buku cerita favoritnya asalkan mau bangun pagi hari. Eh bener loh, langsung deh Adek buru-buru tidur di malam hari agar paginya bisa bangun lebih awal. Adek tau banget kalau sudah kesiangan ibunya bakalan keluar taringnya dan tak mau membacakan cerita. Ih, ngeri banget sih ibumu Dek hahahaaa...

muka masih kucel yang penting udah baca buku :)

Ada 2 buah pictorial book karya Clara Ng yang menjadi favorit Adek untuk dibaca saat bangun tidur. Padahal buku ini boleh pinjem loh, tetap saja nggak boleh dikembaliin oleh Adek. Dan terus terang Ibu puyeng juga nih Dek kalau buku ini dikembalikan ntar gimana mbangunin Adek :)  Semoga pemilik bukunya mendapatkan pahala setiap kali bukunya kita baca ya Dek.

Jadi begitu deh, setiap pagi selain puyeng menyiapkan sarapan untuk kedua bocah itu, masih harus diselingi membacakan buku cerita untuk anak lanang kesayangan. Belum lagi harus siap-siap pergi ke kantor, mempersiapkan kebutuhan sendiri padahal ya sama riweuhnya. Punya anak 2 saja sudah berasa keteteran gini ya, jadi membayangkan gimana jungkir baliknya teman blogger dari Yogyakarta, si emak Siti Hairul Dayah  (Mak Irul) yang memiliki 6 buah hati dan mendidik mereka sendiri di rumah. Luar biasaaaaa... teman-teman bisa mengintip blog emak keren itu ya bila butuh informasi tentang homeschooling. Ibu beranak dua ini perlu belajar banyak soal manajemen waktu nih ke Mak Irul :)

Bangun tidur kuterus mandi

Waaahh...lagu itu sudah nggak valid sepertinya ya Dek? :)

Kalau ibu-ibu yang lain punya tips apa nih untuk membangunkan buah hati? Boleh dong di-share di sini, siapa tau bisa dijadikan referensi juga saat mood membaca Adek mulai menurun. 

18 comments:

  1. wah kak vivi dan kak faris jadi melek yaa begitu dibilang mau dibacain, beneran pencinta buku kayak emaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihii klo emaknya sih cuma penimbun buku :)

      Delete
  2. Hihihihi baca bukunya anti mainstream banget, Budhe, malah abis bangun tidur ya. Kalau anak2ku sebelum tidur malem. Jadi kalau tidur malemnya kemaleman ya nggak bisa baca buku. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ini gara2 susah bangun sih Deksul, makanya diiming2i dibacain cerita klo bisa bangun pagi ;)

      Delete
  3. Bangun tidur baca buku? kan masih ngantuk dek? heheee,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung makjenggirat klo mau dibacain buku, Tante :)

      Delete
  4. bukunya menarik ya?
    eh tapi ga ngantuk ya? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mula2 ya ngantuk, lama kelamaan ga mau berhenti, minta dibacain terus ;)

      Delete
  5. bangaun tidur ku terus makan, itu Alvin :) Fariz keren nih

    ReplyDelete
  6. aku suka ciumiiiin anak-anak sampai banguuun hehehe..ini Kakak samaa dong ama tante Indah hehehehe ..bangun tidur langsung baca WA hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangun tidur baca WA?? ini sih gw bangeeeettt :))

      Delete
  7. Aku jdi inget pas kecil dulu, mirip banget Faris. Iya iya, tapi bangunnya setengah jam kemudian.
    Keluar taringnya! Ngerii ih. . . :D

    ReplyDelete
  8. hooo aku malah predikat kebluk kalo dirumah.xixixixixi..patut dicoba deh inii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa baru tau klo Tante Cheila kebluk

      Delete
  9. biasanya kan baca dongennya sebelum tidur, Fariz malah bangun tidur bacanya. antimainstream. patut dicoba nih buat anak2ku

    ReplyDelete