badge Bocah Renyah: Sehat, Pintar dan Cerianya Bocah On The Go!

Friday, December 4, 2015

Sehat, Pintar dan Cerianya Bocah On The Go!


Memiliki dua anak yang Alhamdulillah diberi kadar keaktifan lumayan tinggi itu anugerah yang luar biasa. Bocah on the go ini mereka berdua :)  On the go itu sendiri memiliki makna aktif dan sibuk. Yup... persis begitulah kondisi kedua bocah tercintaku ini.

Si sulung (yang biasa kupanggil Kakak) terlahir 5,5 tahun lebih dahulu dibandingkan si Adek. Rata-rata orang tua, khususnya si ibu, mengharapkan kakak perempuan bisa 'ngemong' adeknya, apalagi dengan rentang usia seperti tersebut di atas. Akhirnya bertumpuklah harapan model begini yang kadang membuat si kakak merasa diperlakukan tidak adil. Mosok bocah kok disuruh momong bocah :)

Ya...ya... maafkan Ibu ya, Nak... Ibu terlalu membebanimu dengan segala macam tuntutan. Mestinya Ibu memperlakukan kalian dengan adil. Meski adil itu tak selalu harus sama, namun dalam hal mengawal pertumbuhan fisik kalian, Ibu terus berusaha memberikan yang terbaik.

Kalau dulu saat Adek masih bayi, Ibu suka bingung nih menyiapkan makanan dan minuman yang bisa sekaligus dikonsumsi oleh Kakak dan Adek. Jelas saja tidak bisa ya Nak, tahapan perkembangan organ pencernaan kalian kan masih berbeda. Selain harus mengolah jenis masakan yang berbeda, asupan nutrisi dari susu pun harus Ibu pikirkan dengan benar-benar.

Nah, soal 'nyusu' ini sampai sekarang masih sering ribet banget deh di rumah. Adek dan Kakak jadwal bikin susunya sendiri-sendiri. Padahal setelah anak-anak tumbuh besar gini, di rumah sudah tidak tersedia lagi dispenser air panas maupun termos. Jadi ya gitu deh, bolak-balik menjerang air karena jadwal minum susu hangat dari para bos kecil ini beda-beda.

Dukungan Terbaik untuk Bocah On The Go!


Untungnya nih saat ini Ibu sangat terbantu dengan hadirnya susu cair pertumbuhan yang mudah dan praktis untuk dinikmati di mana saja dan kapan saja. Produk inovasi baru dari Kalbe dan Morinaga ini ternyata sangat disuka oleh anak-anak.

Bila menyebut Kalbe tentu memori kita sudah tak asing lagi kan ya. PT, Kalbe Farma Tbk. merupakan perusahaan farmasi yang sangat terkemuka di Indonesia. Health Foods Division dari perusahaan tersebut lebih dikenal sebagai Kalbe Nutritionals yang sudah dirintis sejak 1982 dengan nama PT. Sanghiang Perkasa.

Kalbe Nutritionals didirikan sebagai komitmen atas kepedulian, tanggung jawab keilmuan dan antusiasme dalam bidang farmasi dan nutrisi. Dengan latar belakang keahlian dan reputasi tinggi di bidang farmasi, yang menjunjung tinggi kaidah-kaidah keilmuan, Kalbe Nutritional mengembangkan produk-produk makanan kesehatan berkualitas. Salah satu produknya saat ini menjadi andalan ibu-praktis-pencinta-ketercukupan-nutrisi-anak seperti diriku ini ;)

Sudah tau produk terbaru dari Kalbe Nutritional yang kumaksud di atas?


Morinaga Chil-Go! dengan pilihan rasanya yang bervariasi (vanila, stroberi dan cokelat) membuat Kakak dan Adek jadi kompak saat minum susu. Setiap Kakak minum sebotol Morinaga Chil-Go! rasa apa saja, Adek langsung tak mau kalah minta minum susu dengan rasa yang sama dengan Kakak. Uhuks....jadi seia sekata ya Dek sekarang :)

yeaayyy... Morinaga Chil-Go! cokelat dulu dong sebelum berangkat sekolah

Saat berangkat sekolah pun sekarang jadwal minum susu Adek jadi terasa lebih menyenangkan. Bos kecil ini sekarang tinggal pilih, mau minum yang rasa apa. Biasanya sih Adek lebih memilih yang rasa cokelat meskipun rasa yang lain dia pun suka. Saat sarapan Morinaga Chil-Go! nya cukup diminum langsung ataupun dituang ke mangkok kecil sebagai campuran coco crunch.

Kenapa sih sebagai ibu aku mempercayakan pertumbuhan anak-anakku pada 'pengawalan' nutrisi dari Morinaga Chil-Go! ini?

Sebelumnya mari kita perhatikan grafik tumbuh kembang anak di masa keemasan dulu ya...

sumber grafik : Morinaga Chil-Go!


Dari grafik di atas terlihat bahwa pada periode emas perkembangan otak anak, laju pertumbuhan fungsi kognitif masih terus berlangsung hingga usianya mencapai 12 tahun. Oleh karena itu untuk Kakak dan Adek tercinta Ibu memberikan nutrisi terbaik dong tentunya.

Nutrisi bermanfaat yang terkandung di dalam Morinaga Chil-Go! adalah :
  • Kolin dan Inotisol yang berperan penting dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara dan gerakan sadar.
  • Vitamin B Kompleks, zat besi dan yodium sebagai vitamin dan mineral yang berperan penting pada sistem saraf dan konsentrasi anak. 

Hanya soal kecerdasan saja kah yang menjadi perhatian utama dari susu cair pertumbuhan ini?

Eheeemm... nggak lah, Morinaga Chil-Go! juga memperhatikan soal pertahanan tubuh ganda bagi anak. Nutrisi penunjang daya tahan tubuh yang terkandung di dalam Morinaga Chil-Go! adalah  :
  • Prebiotik Inulin 1000 MG : merupakan prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  •  Zinc, membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Tinggi kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitami A, C dan E yang melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. 
Jadi bisa disimpulkan bahwa keistimewaan susu cair siap minum ini adalah :
Tak hanya kecerdasan saja yang berusaha 'diamankan' oleh Morinaga Chil-Go!, pertahanan tubuh anak yang maksimal juga menjadi perhatian utamanya. Duh, jadi berasa ada yang benar-benar bantuin Ibu dalam mengawal pertumbuhan Kakak dan Adek nih.

Keceriaan Bocah On The Go! bersama Morinaga Chil-Go!


Berlainan dengan Adek yang hobi minum susu cair begitu saja ataupun dicampur coco crunch, Kakak yang usianya kini telah 11 tahun sudah lebih fasih dalam mengajukan ide cara menikmati susu yang asyik.

"Pulang sekolah tuh paling asyik minum yang seger-seger. Bikin es krim sendiri pakai Morinaga Chil-Go! kayaknya top banget deh, Bu. Iya kan?"

Glek.... Ibu terpana oleh ide cemerlangmu, Sayang, tapiii... tapiiii... Ibu kan nggak pintar memasak, gimana caranya ini bikin es krim dari susu cair?

Tentu saja aku tak ingin mengecewakan harapan putri sulungku ini. Meskipun harus bolak-balik gugling resep es krim (dan bolak-balik tanya teman-teman yang jago masak), akhirnya project membuat es krim non-instant ini terlaksana juga.

bahan-bahan pembuatan es krim dung-dung ala Bocah Renyah ;)

Untuk percobaan pertama ini sementara menggunakan 1 botol Morinaga Chil-Go! masing-masing rasa. Jadi 1 botol yang rasa Vanila, 1 botol rasa Stroberi dan 1 botol rasa Cokelat. Bahan lainnya ada tepung maizena, santan kental (menggunakan santan siap pakai), sedikit garam dan gula sesuai selera. Santan sengaja ditambahkan dengan harapan rasa es krimnya nanti bisa seperti es dung-dung kesukaan anak-anak ;)

Trus... perbandingan bahan-bahannya seperti apa? Sebenarnya ini yang kupraktekkan menggunakan ilmu kira-kira saja, soalnya dari berbagai resep yang kutemukan via google beda-beda juga sih.




Deg-degan banget loh saat pertama kali mengeksekusi bahan-bahan es krim seperti terlihat pada gambar di atas itu. Ya kalau ntar beneran jadi, kalau nggak jadi bagaimana? Duh, galaunya ibu gagap dapur rupanya seperti ini ya, takut hasil masakannya mengecewakan.

Langkah-langkah pembuatan es krim dung-dung ala BocahRenyah

saat memasak adonan cokelat
Untungnya Kakak dan Adek ikut membantu selama proses pembuatan es krim dung-dung ini. Kakak dan Adek membuat suasana pembuatan es krim menjadi ceria. Celotehan mereka yang seru lumayan lah bisa meredam kegalauan hati Ibu :)

Khusus untuk langkah pertama, yaitu memasak adonan awal seperti di gambar sebelumnya, Ibu mengerjakan sendiri. Ya kan harus memasak di atas kompor, takutnya kalau diselingi dengan becandaan bareng Kakak dan Adek nanti malah bahaya. Lagipula bahan-bahan pembuat es krim pada langkah awal ini harus dimasak di atas api sedang sambil terus diaduk-aduk. Kakak masih tampak sedikit ngeri melihat adonan yang dimasak itu meletup-letup di atas api.

Masing-masing adonan dengan rasa yang berbeda dimasak terpisah. Ibu memasak adonan rasa Vanila, Stroberi dan Cokelat dalam wadah yang berbeda.

Nah baru deh setelah adonan yang dimasak tadi mengental Kakak dan Adek bisa ikut berpartisipasi. Jadi ya, setelah adonan tadi mengental, matikan kompor dan biarkan adonan menjadi dingin dahulu di dalam suhu ruang. Bila telah dingin maka adonan tadi telah siap untuk diproses selanjutnya.


adonan rasa stroberi yang telah mengental dan dalam kondisi dingin, siap untuk diaduk-aduk :)

Yeaaayy... mengaduk adonan menggunakan mixer ini favoritnya Kakak nih. Meskipun menggunakan mixer duduk, tetap saja Kakak kepengin nungguin dan memegang gagang mixernya ;) Kakak suka sekali saat memulai proses mixer ini dengan menekan tombol kecepatan rendah. Setelah itu lanjut dengan kecepatan tinggi untuk mengocok adonan es krim selama 15 menit.

Apa yang terjadi setelah 15 menit asyik berkutat dengan mixer?

"Bu, rasanya kok tanganku masih getar-getar yaaaa... ndreetndreeettt....."

Hahahaha...lucu banget sih Kakak, kayak dapet mainan baru saja. Kakak memang terpaksa memegang mixer karena rupanya dudukannya sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Wadahnya tidak bisa memutar sendiri, sehingga mau tak mau Kakak yang puter-puterin wadah tersebut. Sabar banget loh Kakak nge-mixer adonan selama 15 menit. 15 menit kali 3 adonan looohhh.... warbiyasaaaahh :))

ayo mixer lagi adonan Vanila yang beku di 3 jam pertama

Setelah adonan selesai dimixer, masukkan ke dalam freezer selama 3 jam. Adonan es krim yang semuala masih cair tampak sudah mulai agak beku di 3 jam pertama ini. Tuuuhh seperti foto di atas.

Selanjutnya, keluarkan adonan yang sudah mulai beku tadi dan mixer kembali dengan kecepatan tinggi selama 15 menit. Semakin sering proses pembekuan dan mixer ulang dilakukan, maka tekstur es krim dung-dungnya akan semakin lembut. Maunya sih ya es krim dung-dungnya jadi lembuuuuttt sekali biar maksimal dinikmati. Namun apa daya, si bocah udah rewel aja merengek untuk segera bisa menyantap es krimnya. Adek udah rewel ajah gigit sendok gitu :))



Namanya juga bocah on the go ya, aktivitasnya kan padat sekali nih, makanya tak mau menunggu lama-lama untuk bisa menyantap es krim dung-dung pertama hasil karya bersama ini. Oya, Adek bantuin juga loh pas proses pembuatan es krim tadi. Bantuin membersihkan wadah mixer yang belepotan adonan hehehee... Disendok-sendok dan dicolek-colek jari sampai bersih sih siiiihhh....

Kali ini Ibu terpaksa merelakan es krim dung-dungnya belum sempurna kelembutan teksturnya karena Kakak dan Adek sudah tak sabar ingin menikmati es krim berbahan dasar Morinaga Chil-Go! yang sudah mereka tunggu-tunggu.

horeee... es krim dung-dung Morinaga Chil-Go! nya siap untuk dinikmati

Adek yang penggemar berat coco crunch tetap saja minta es krimnya diberi taburan coco crunch. Sedangkan untuk Kakak sih coba diberi butiran permen coklat kacang bersalur gula warna-warni. Masing-masing mangkok ini mendapatkan jatah hiasan stik berlumur coklat, hmmm... syedapnyaaaa.... Ibu sampai ngiler banget kepengin juga nih Kak / Dek :)

Yuuukk mari kita nikmati es krim yang penuh nutrisi ini. Senangnya ya melihat anak-anak sehat, pintar dan ceria berkat dukungan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan kecerdasan dan menjaga daya tahan tubuh. Yang jelas ibu gagap dapur ini bangga sekali karena anak-anak menikmati sekali es krim dung-dung ala kadarnya ini.

"Besok-besok bikin lagi yang buanyaaakkkk ya Bu...."  seru Kakak dan Adek barengan setelah isi mangkok licin tandas.

Hokesiiipp... yuk kita bersuka ria lagi bersama Morinaga Chil-Go!

51 comments:

  1. asyik tiap hari bikin es krim buat Faris ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tiap hari ya bonyok donk emaknya, Te :D

      Delete
  2. Wah ternyata buat es krim dari Chil-Go! ya...
    Bunda kreatif, anaknya so pasti juga bakalan lebih kreatif...

    Semangat!

    ReplyDelete
  3. Contek ah resep eskrim dungdung nyaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo nyontek berarti wajib setor hasil contekannya ;)

      Delete
  4. Replies
    1. aku suka, kamu sukaa aaaa.... *yg tau lagu ini berarti orang keren ;)

      Delete
  5. Loohh tante Taro kok nggak dibagi? Nanti kalau main ke rumah mau yaa bikin es krim dung-dugnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Tante Taro nginep sini ajah bantuin bikin es krim yg buaaanyaakkk :D

      Delete
  6. contek resepnya dung, anak2ku penggemar es dung2 juga soalnya :) klo pake chil go lebih sehat kan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, es dung2 sehat ini Mak Irul, yuuukk bikin

      Delete
  7. Aku dulu pernah bikin Mak, tapi gagal. Di freezer gak bisa beku. Ternyata prosesnya gitu, ya. Habis mixer di freezer, di mixer lagi. Baiklaah terima kasih infonya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Freezernya udah maksimal bekunya Mba Yun? Klo sudah sih sekali masuk freezer udah beku. Semakin sering proses keluar masuk freezer dan dimixer, tekstur es krim makin lembut Mba.

      Delete
  8. Mak Uniek, saya ijin contek resepnya, yaa.. pengen bikin eskrim sendiri dari susu Morinaga Chilgo :D

    ReplyDelete
  9. Hmmm....enaaak, nyoba bikin ah...mesthi anak-anak seneng nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo Mba Ika dicoba, ntar sharing di blog juga ya

      Delete
  10. wah asyik tuch bikin es krim dengan susu sehat. Coba ahhhh

    ReplyDelete
  11. Pinter mbak un bikin es krim. Pasti lembut bAnget itu...selembut cinta mbak ke anak anak. Ehem...bagi dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, aku memang lembut Astin, makasiy yaaa... :*

      Delete
  12. Enaaaak. Aku mau coba ah bikin es krim dung-dungnya! Gampang ya, bisa bikin bareng2 sama anak2. :)))

    ReplyDelete
  13. Mbak vivi...dek faris enak.banget tuh es krimnya nadia juga mau doong... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamanya dek nadia buruan bikin ndiri yaaaa ;)

      Delete
  14. Waaah, milzam sama naufal pasti suka juga kalo dibuatkan es krim dung dung. Nyontek resep ya, mbaaak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah mosok sih nyonto aq mba, pasti es krim Mba Wati lebih sip :)

      Delete
  15. Mau dong es krimnyaa....Sungguh menggoda.

    ReplyDelete
  16. Wah enak bangeet eakrim dungdungnyaa.. tante mau ding dibikinin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini udah dibikinin lho tanteeee...yuk merapat ;)

      Delete
  17. Nggak nyangka...mbak Uniek pinter bikin es krim. Pantesannnn selalu ceria....

    ReplyDelete
  18. Mau dong kakak es krimnya untuk adik Athar ^^

    ReplyDelete
  19. seger nih es dung dung nya, mau di coba praktik akh

    ReplyDelete
  20. Glek! Enak bgt itu es dung dung chilgo nyaaa. Mau bikin juga aah

    ReplyDelete
  21. Waaa
    ..resep ice cream nih..ini yg aku cari cari...resep ice cream tanpa gelatin.

    ReplyDelete
  22. waa jadi pengen cobaaa.. syg abin masih kecil ya
    yo wis deh, bikin buat emakny gpp kali yaa

    ReplyDelete
  23. Mau mau mau mbak yang rasa strawberry, dikirim aja ya.. keburu ngiler nih. hehe

    ReplyDelete
  24. ndreetndreeettt :D jadi ngiler liat es krim dungdungnya,, kirim dong mba heheh

    ReplyDelete
  25. wow enak jadi pengen bikin di rumah :v

    ReplyDelete