badge Bocah Renyah: Mengolah Kue Keranjang

Tuesday, April 5, 2016

Mengolah Kue Keranjang

"Duuuhh... kue manis sebanyak ini gimana caranya ngabisin ya?"

Itulah yang kerap terlintas di benak Ibu manakala musim hantaran kue keranjang tiba. Iya nih, setiap kali pas Imlek, ada saja tetangga maupun teman yang memberi Ibu beberapa buah kue tersebut. Pada tau kan ya seperti apa kue kranjang itu?




Nah, seperti foto di atas itu ya yang namanya kue keranjang. Terbuat dari tepung ketan dan gula, bila masih 'fresh from the oven' teksturnya jauh lebih empuk dibandingkan bila telah lama disimpan. Di Semarang sendiri populasi warga keturunan Cina cukup banyak, jadi bisa dipastikan ibu kota Jawa Tengah ini akan dibanjiri oleh kue keranjang saat perayaan Imlek.

Setiap tahun Ibu mendapat kiriman kue keranjang ini dari tetangga satu RT. Begitu juga saat di kantor, ada saja teman yang merayakan Imlek memberikan bingkisan berisi kue keranjang ini.

Lalu mau dimakan dengan cara gimana nih ya?

"Manis banget Bu kalau dimakan gitu aja."

Iya, benar kata Kakak dan Adek nih, kue keranjang yang tampilannya menggoda selera ini memang kalau dimakan begitu saja terasa manis luar biasa. Rata-rata orang mengolahnya dengan cara digoreng dengan telur. Tapi Kakak dan Adek enggak suka nih.

Akhirnya pakai jurus andalan setiap mendapat hantaran kue keranjang nih. Dipotong-potong, diberi kuah santan, dibungkus daun pisang, lalu dikukus.




Super duper gampang kan yaaaa... Bagi yang tinggal di kota besar mungkin butuh perjuangan untuk mendapatkan daun pisang sebagai pembungkus. Tapi hidup tanpa perjuangan apalah nikmatnya, ya kan ya kaaaan.... :)  Kalau di desa seperti di sini sih gampang, di halaman belakang rumah saja tinggal petik daunnya.

Nah, ingin tau jadinya seperti apa kue keranjang a la Ibu tadi?



Huhuuuyy.... keren kan ya olahan kue keranjang ini. Kakak dan Adek jadi doyan deh kalau sudah diolah begini. Jadi kayak Mendut ya, itu tuh jajajan pasar yang terbuat dari tepung ketan yang di dalamnya ada kelapa parut manisnya dan diberi sedikit kuah santan. Mirip banget rasanya.

Ada yang sudah pernah nyobain juga mengolah kue keranjang dengan cara seperti ini?

Bagi yang belum, step-step memasaknya pernah Ibu tulis di postingan ini : Bugis Kranjang. Silakan aja kalau mau dicontek :)  Selamat menikmati.

5 comments:

  1. Bisa iki buat acara arisan keluarga, aku keep resepnya yo mbak

    ReplyDelete
  2. tahun ini gak ada kiriman kue keranjang ke rumahku

    ReplyDelete
  3. Bisa juga nih idenya. Boleh lah ditiru di rumah.

    ReplyDelete
  4. yummmyyyy laper nih liatnya :)

    ReplyDelete