Thursday, July 18, 2019

Liburan Berdua, Mungkinkah?

Liburan ke Malang naik kereta
Dulu saat Ibu masih kerja kantoran, hari Sabtu dan Minggu merupakan hari-hari istimewa. Setelah lima hari berkutat dengan pekerjaan yang terus terang sangat membosankan, bertemu dengan weekend adalah surga tersendiri.



Lalu sekarang setelah enggak ngantor lagi, apakah weekend tak terasa istimewa lagi, Bu?

Enggak gitu juga sih. Sekarang sih setiap waktu jadi terasa istimewa. Ada Ayah dan Adek yang setiap hari setiap saat dipeluk-peluk dan dicium-cium. *eeehh...

Intensitas duduk bersama, ngobrol bareng-bareng, saling bercanda, mengolok-olok, akhirnya memang jadi makin intensif karena kan dari pagi sampai malam ketemu terus. Itu kalau pas Ibu enggak pergi-pergi siiiyy... πŸ˜„πŸ˜…

Beberapa saat yang lalu Ibu sempat loh mengikuti famtrip ke Jember. Banyak sekali tempat yang bagus untuk dikunjungi. Nggak cuma tempat wisata dengan daya tarik alam semata, namun yang berkaitan dengan sejarah dan pengetahuan pun ada.

Dari situlah lalu Ibu kepikiran, bisa nggak sih liburan bareng keluarga ke sana?

Harusnya sih bisa ya, asalkan masing-masing anggota keluarga menyesuaikan alokasi waktunya. Namun pekerjaan Ayah memang tidak memungkinkan untuk dipastikan kapan ada waktu luangnya. Bisa saja kadang seminggu Ayah sibuk, namun tiba-tiba ada hal urgent yang harus segera dikerjakan.

Yaaaahhh... nggak jadi liburan bin jalan-jalan dong. Jadwalnya enggak pasti banget si Ayah. Kalau misal liburan berdua dengan Adek gitu mungkin nggak ya?


Pengin Liburan Berdua dengan Anak Lanang


Berhubung banyak ketidakpastian kalau nungguin jadwal Ayah kosong, Ibu jadi berandai-andai untuk liburan berdua aja dengan Adek


Liburan anak


Udah pernah sih tahun berapa itu liburan berdua dengan Adek saja. Tapi ya cuma staycation di dalam kota saja. Mumpung Ayah pas ada rejeki dan mau traktir Adek dan Ibu, ahseeeggg..

Selain staycation, Ibu dan Adek juga menelusuri beberapa tempat yang asyik di Semarang. Salah satunya adalah yang selama ini dianggap horor oleh banyak orang.


kereta traveloka


Betuuulll... Apalagi kalau bukan Lawang Sewu yang udah sering wara-wiri di tayangan televisi maupun media online. Pamornya sebagai tempat horor udah melayang terlalu jauh dimana sebenarnya tak ada apa-apa.

Ketika menjelajahi Lawang Sewu, Ibu dan Adek justru mendapatkan informasi sejarah yang sangat bermanfaat. Mulai dari sejarah terbentuknya gedung yang sangat cantik ini, hingga fungsi Lawang Sewu sebagai kantor jawatan kereta api di masa lalu.

Hal-hal teknis tentang struktur bangunan pun tak lupa dijelaskan oleh pemandu yang saat itu menyampaikan informasi dengan gaya kocaknya. Aaahh... Ibu lupa deh waktu itu namanya pak siapa ya.

Nah, kalau liburan dan jalan-jalan di dalam kota aja sudah, pengin juga dong ya ke luar kota gitu. Adek sampe pernah bilang lho, kapan dong Bu kita pergi naik kereta atau pesawat.

Hahahaa... sabar ya Dek, akan tiba masanya ntar Adek nyobain semua sarana transportasi yang ada. Asalkan menikmatinya pasti bakalan seneng deh bepergian naik apapun.



Jawa Tengah dan Yogyakarta udah pernah ya Dek. Sindu Kusuma Edupark sudah pernah kita nikmati waktu Ibu diajak piknik oleh kantor. Terus mencoba staycation plus jalan-jalan menelusuri sejarah Yogyakarta di sepanjang Malioboro juga pernah.

Tahun kemarin Ibu dan Adek pernah mencoba naik kereta api ke Purwokerto. Selain staycation di hotel kece yang ada di Purwokerto, Adek menikmati petualangan di The Small World. Berbagai miniatur bangunan ngetop dunia ada di sana. Pengetahuan baru tuh bagi Adek, jadi tau banyak bangunan menarik di dunia yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Terus jadi pengin ke Jawa Timur nih berdua dengan Adek. Enaknya kemana ya?



Ngalam Kipa : Kota Apel, Kota Bunga, Kota Wisata 


Saat Ibu bepergian sendiri ke arah Jawa Timur, Adek pernah menanyakan kapan gilirannya diajak ke sana. Sebetulnya Ibu juga pengin banget mengajak Adek untuk jalan-jalan berdua ke Jawa Timur. Kemana ya Dek?


liburan ke Malang
Museum Angkut Malang, sumber : pegipegi.com


Ngalam Kipa adalah kebalikan dari ucapan Malang Apik, yang menandai kota ini berusaha tampil baik dalam segala bidang. Hal ini terlihat dari banyaknya potensi wisata yang disajikan oleh kota Malang. Nggak heran kan jika Malang dijuluki Kota Wisata.

Malang terkenal dengan sebutan Kota Apel, saking banyaknya buah apel yang dihasilkan dari daerah ini. Aneka macam bunga juga tumbuh subur di Malang berkat hawanya yang sejuk, cocok untuk bertanam bunga.

Salah satu yang menjadi bucket list BocahRenyah adalah Museum Angkut Malang. Adek nih bakalan nggak mau pulang deh misal nanti sudah sampai di tempat ini. Berbagai mobil dari banyak negara akan ditemukannya di sana. Padahal melihat satu jenis mobil saja Adek bakalan lama banget nongkrongin dan mencari tau detail mobil tersebut. Nah, di Museum Angkut Malang ada berapa banyak mobil coba.

Tidak hanya mobil saja sih yang ada di Museum Angkut. Segala jenis alat transportasi, baik darat, laut dan udara ada semua. Mulai dari yang original, modifikasi hingga replika dipajang agar para pengunjung bisa memperoleh berbagai informasi tentang aneka jenis alat angkut di dunia.

Eh, tapi ternyata tidak hanya alat transportasi dari luar negeri saja loh. Aneka jenis alat transportasi lokal juga dipamerkan di sana. Ada sepeda onthel, becak, dokar, pedati dan sejenisnya bisa dilihat oleh para pengunjung.

Museum Angkut ini dibagi-bagi ke dalam beberapa zona yang semuanya menarik untuk ditelusuri. Ibu sudah mencoba membaca beberapa referensi tentang museum ini, tampaknya bakalan seharian nih untuk menjelajahi lokasi yang luasnya sekitar 3,7 hektar secara keseluruhan.

Zona-zona tersebut antara lain :

  1. Zona Hall Utama, menampilkan aneka koleksi alat transportasi dari berbagai penjuru dunia yang populer pada masanya.
  2. Zona Edukasi, menyajikan kisah sejarah alat angkut jaman dulu, baik itu berupa motor maupun mobil.
  3. Zona Gangster Town dan Broadway Street, menyajikan setting tempat ala gangter sesuai setting film-film Hollywood.
  4. Zona Las Vegas, suasana kehidupan malam khas Amerika ditampilkan di zona ini.
  5. Zona Hollywood, menunjukkan berbagai jenis mobil yang digunakan ketika syuting film Hollywood.
  6. Zona Sunda Kelapa dan Batavia, memamerkan suasana tempo doeloe ketika Jakarta masih bernama Batavia dan setting pelabuhan Sunda Kelapa di masa itu. 
  7. Zona Jepang, berisi aneka alat angkut buatan Negara Matahari Terbit dengan berbagai brand seperti Honda, Suzuki, Kawasaki, dan lainnya.
  8. Zona Istana Buckingham, berbagai mobil yang digunakan oleh keluarga kerajaan Inggris tampil dengan memukau di zona ini.
  9. Zona Eropa, cocok sekali bagi para penggemar mobil buatan benua Eropa, ada berbagai macam mobil yang dipamerkan di sana.
  10. Zona Pasar Apung, menampilkan nuansa khas pasar apung di Kalimantan, pengunjung bisa berbelanja dan membeli aneka jajanan.

Asyik-asyik kan ya berbagai zona di Museum Angkut ini. Jadi nggak sabar ngebayangin mau ke sana barengan dengan anak lanang tersayang. Jika menggunakan angkutan umum, dari Malang bisa naik angkutan umum turun di Terminal Landung Sari. Lanjut menggunakan bus menuju Jombang, ntar rutenya melewati Museum Angkut.

Trus ke Malang naik apa ya enaknya kalau dari Semarang?



Naik Kereta Api ke Malang


Setelah bertanya kesana kemari, Ibu nemu dong jawaban tentang harus naik apa ke Malang tadi. Paling nyaman tuh naik kereta api. Hanya saja harus ke Yogyakarta dulu, daripada naik kereta dari Semarang malah jauh banget dan melelahkan.

Gapapa lah ya Dek, ke Yogya dulu kita jalan-jalan di sepanjang Malioboro. Ada berbagai tempat menarik untuk anak-anak di sekitar situ. Sekalian jalan kaaaann...


Naik kereta api tut tut tuuutt... siapa hendak turut? 😊


Untuk memesan tiket kereta api sekarang udah enggak serempong jaman dulu yang harus cek langsung harga ke stasiun. Duh, udah so old banget lah yang jaman-jaman seperti itu.


Tampilan halaman muka aplikasi pegipegi


Saat ini hendak pergi kemanapun naik kereta bisa buka aplikasi pegipegi, ada berbagai layanan yang disediakan di sana. Cobain deh instal aplikasinya di smartphone, ntar tinggal klak klik dan kita udah tau kereta api apa saja yang melayani jalur perjalanan yang hendak kita tuju, lengkap dengan harga tiket kereta yang akan kita pilih tersebut.

Nah, untuk rencana liburan ke Malang bareng Adek, Ibu udah pesan tiket kereta melalui pegipegi dengan detail sebagai berikut :


1. Tentukan terlebih dahulu tanggal keberangkatan dan masing-masing stasiun darimana kita berangkat dan stasiun tujuannya.




Setiap kota memiliki beberapa stasiun, ada semua di aplikasi. Kita tinggal klik stasiun mana yang paling tepat digunakan sebagai awal keberangkatan dan stasiun tujuan yang terdekat dengan lokasi liburan.

Untuk tanggalnya Ibu pilih pas ada liburan panjang di weekend bulan Agustus nanti. Biar puas nih jalan-jalannya dan tidak buru-buru.


2. Memilih kereta dengan jadwal yang paling sesuai dengan kebutuhan.




Dengan pertimbangan masih harus menggunakan jalur transportasi darat dari Semarang ke Yogyakarta sekitar 3 jam, maka Ibu memutuskan untuk memilih kereta yang berangkat malam hari dari Kota Gudeg tersebut. Biar nggak terlalu buru-buru gituh.

Ada beberapa pilihan jadwal kereta api dari Yogyakarta menuju Malang, mulai dari perjalanan dini hari sampai dengan malam seperti yang Ibu pilih tadi. Klik aja salah satu yang menjadi pilihan terbaik.

Setelah klik kereta mana yang hendak kita tumpangi, maka data penumpang pun harus dimasukkan. Data tersebut meliputi nama lengkap dan nomor identitas kependudukan. Bagi anak di bawah umur 17 tahun yang belum punya kartu identitas, bisa diisi dengan tanggal lahir dengan format yyyymmdd.

Beres mengisi data, maka tampilannya akan seperti di atas itu. Diteliti dulu ya sudah benar apa belum nama kereta, tanggal keberangkatan dan nama penumpang. Jika sudah benar baru klik Lanjut.  Berikutnya akan terlihat total harga tiket yang harus kita bayar. Apabila sudah benar kembali klik Lanjut untuk menuju proses berikutnya.


3. Membayar tiket kereta dengan metode pembayaran sesuai pilihan kita.

Nah, proses terakhir saat pesan tiket kereta api melalui pegipegi ini adalah terkait dengan pembayaran. Ada banyak pilihan cara pembayaran, tinggal pilih mana yang paling kita sukai.





Untuk beli tiket kereta api via pegipegi ini Ibu pilih metode transfer bank karena Ibu punya mobile bankingnya. Lebih praktis dan cepet. Tapi kadang-kadang Ibu juga suka pakai yang bayar di minimarket. Sekalian belanja bulanan.

Detail seperti nomor rekening tujuan dan deadline pembayaran tercantum. Memudahkan kita untuk mengingat-ingat dan mencocokkan sudah benar detail harga yang harus kita bayar. Praktis deh pesan tiket kereta api online gini.

Gimana, gampang banget kan merencanakan jalan-jalan meskipun hanya berdua dengan anak. Yuk aah kita semangat jalan-jalan agar sepulang dari piknik bisa lebih segar dan makin penuh gairah hidup. πŸ˜‰


41 comments:

  1. kalau sudah sebesar ini enak diajak jalan ya mbak, lebih bisa mengatur emosi dan mood, kalau mau sesuatu juga sudha bisa ngomong, yang repot kalau liburan berdua sama bayi hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau bayi yang masih teratur ritme bobok dan makannya juga enak aja mba. Setiap periode umur ada tantangan tersendiri kan ;)

      Delete
  2. Mak Uniek, kapan2 plesir ke Surabaya kuyyy.
    Bisa cek di Pegi2, buanyaaak banget tempat menginap yg recommended di kota pahlawan
    Harganya jg cucok meong
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Wah moms zaman now. Kalau dipikir2 jauh lebih effective ya bu. Bisa jalan2 berdua dengan anak tanpa ribet2 club. Rasanya pengen hehe

    ReplyDelete
  4. Asyiik jalan-jalan sama anak lanang mbak. schedulenya juga mudah yah mbk tanpa perlu ribet, auto install deh pegi pegi

    ReplyDelete
  5. Seru bgt sih. Kapan kapan harus cobain jalan kesana.. btw pake pegi pegi lebih praktis yaa.

    ReplyDelete
  6. Wow senangnya bisa pergi berdua dengan anak lanang.
    Aku pernah pergi berdua dengan anak ke luar kota, asyik juga sih, meski cuma untuk cari kost doang :)
    Btw naik kereta memang nyaman sekarang, bersih, nggak kayak zaman dahulu kala.

    ReplyDelete
  7. Semoga terlaksana liburannya ya.
    Alhamdulillah saya anak dan suami justru tahun ini banyak liburannya daripada rencananya. Semoga kesempatannya terus ada juga. Amin...

    ReplyDelete
  8. Waaah ada Museum Angkut salah satu yang ada di wishlist aku pengen kesana
    Untung sekarang ada PegiPegi yaa yang bikin praktis kalo mau traveling

    ReplyDelete
  9. Super seru banget liburan sama anak gini.
    Aku jg pengen lho sebenernya liburan sama anak2 gantian gt πŸ˜†

    ReplyDelete
  10. Siapin fisik aja kalo mau ke Museum Angkut mbak, kemarin kami seharian di sana. Saking capeknya sampe ndlosor istirahat. Tapi bener sih kalo udah di museum enggak mau pulang. Cowok sih diajak kesana, bakal betah deh. Siap2 duit buat makan dua kali selama di sana, hahahahaa

    ReplyDelete
  11. Seru yah bisa liburan bareng berdua sma anaknya 😊 aku jg biasanya pake pegi pegi klo beli tiket kereta/ pesawat hehe

    ReplyDelete
  12. Kalau sudah sebesar itu, kayak sama temen aja ya, Mbak. Pastinya seru bisa liburan berdua, apalagi bisa naik kereta api.

    ReplyDelete
  13. waah asik banget nih jalan jalan berdua ajaaa, aku pengen banget nih ke museum angkut deh, dari dulu pengen ke sanaaa, aaah jadi pengen jalan jalan deh hehehe

    ReplyDelete
  14. Aku pernah pergi liburan berdua dengan anakku, walau pada hari ketiga ayahnya nyusul sih. Tapikan kesuksesan untuk saat berangkat menentukan berhasil tidaknya pergi berdua.

    ReplyDelete
  15. ah aku jadi gak sabar nunggu qonita gede, seru kali ya jalan jalan berdha gitu quality time sama anak hihi

    ReplyDelete
  16. saya udah biasa jalan2 berdua sama anak lanang, yg msh 1.5 tahun. tapi naik angkot, belum pernah naik kereta. iyah di museum angkot tuh kudu siap2 memori yg banyak, jeprat jepret sepuasnya

    ReplyDelete
  17. Mbaa, aku pengen nih bisa ke Malang lagi dan ke museum angkut. Selama ini belum sempat ke museum angkut walaupun udah ke Malang. Asik pergi ntar pakai pegi pegi ah pesan tiket pesawatnya :)

    ReplyDelete
  18. Kok ya pas banget bulan depan aku mau ke Malang, Mbak. Prefer naik kereta sih memang. Entahlah bagi aku kereta itu angkutan paling nyaman dan aman meski waktu tempuhnya lebih lama. Ah gak sabar nunggu bulan depan

    ReplyDelete
  19. Wahh asyiknya bisa liburan berdua pasti seru banget ya. Aku kadang ga tega euy cuma bawa anak satu. Btw waktu ke Semarang nyesel banget ga sempat ke lawang sewu huhu semiga bisa kesana lagi.

    ReplyDelete
  20. It must be fun to go traveling around using the train. I would like to do that with my kids as well, I sincerely hope I have time to do so

    ReplyDelete
  21. pasti menyenangkan banget nih ya mba, walaupun mungkin akan sedikit ribet tapi worth untuk bisa jalan berdua

    ReplyDelete
  22. Nagalam emang kipa sanget yo mbaa. Duh kangen banget aku sama kera ngalam, kangen ngomong embong, tempe levis sama kangen main2 k daerah Batu

    ReplyDelete
  23. Aku baru tahu di pegi pegi bisa pesan tiket kereta api. Kayaknya aku mau ah naik kereta api lagi ama anak. Pasti menyenangka sekali :)

    ReplyDelete
  24. Malah enak nih liburan berdua anak. Kayak aku sering jalan berdua anak. Anaknya dirolling karena ada 3 wkwk

    ReplyDelete
  25. Sempet kepikiran tapi belum dieksekusikan, harusnya mah bisa kalo anak udah bujang ya mba

    ReplyDelete
  26. Anakku pengen banget main ke Museum Angkut ini mb Uniek. Kapan itu abangnya udah piknik ke sana nah adeknya pada pengen

    ReplyDelete
  27. Saya belum pernah kalau sama anak laki-laki. Paling sama yang perempuan. Itupun belum pernah sampai nginep. Seru juga kalau sesekali bisa jalan sama salah satu anak. Sensasinya pasti beda

    ReplyDelete
  28. Asyiknya jalan berdua dengan anak lanang nih..aku palingan sama anak2 yg cewek berduaan jalan sempat beberapa kali asyik emang...quality time banget yak..

    ReplyDelete
  29. Kereta api Aman buat ibu dan anak. Apalagi pesan juga mudah dan kenyaman selama perjalanan.

    Nama juga anak-anak kadang bikin badmood Naik turun. Tapi nikmati saja

    ReplyDelete
  30. Wah asik ikutan family trip .Makin dekat hubungan sama anak nih . Jalan berdua aja.

    Pemesana kereta sekarang lebih mudah dengan online dan pembayaran juga

    ReplyDelete
  31. Saya belum pernah melakukan family trip, kayanya seru juga ya mbak, apalagi kl dgn anak, pasti akan berkesan banget. Jadi pengen nge-trip juga

    ReplyDelete
  32. Aku jadi kangen sama Malang, sudah lama banget ya gak naik kereta di pulau Jawa nih, apalagi pesan tiket KA sekarang via online ya

    ReplyDelete
  33. Setelah kupikir-pikir, pernah gak ya, saya liburan bareng salah satu orang tua. Kayanya sih nggak pernah. Tapi kalau menghabiskan waktu kedua orang tua dan saya sendiri tanpa adek dan kakak, sering. Serasa anak tunggal hehe...

    Anyway, saya ke museum angkut itu tahun 2016. Kebetulan ada acara kantor di Batu, trus mampir ke situ.

    ReplyDelete
  34. SERU juga ya liburan berdua aja gini
    kalau meskipun was was ya tinggal buka aplikasi ya mantap sekarang mah apa-apa lengkap, ga bakalan hilang atau kesasar ya hehe

    ReplyDelete
  35. Huwooo asiknya liburan berdua, teryata jadi juga ya Mbak
    kirain bakalan nggak jadi kalo hanya berdua. Aihhh ada pegi-pegi pula yang menyamaknkan bisa langsung pesen dengan mudah kereta apinya.

    ReplyDelete
  36. Jadi anaknya mba Uniek seru, bisa jalan-jalan terus hahaha
    soalnya ibuknya hobi jalan-jalan. Alhamdulillah ya Mba liburan berdua aja tapi tetep menyenangkan. AKu ke Malang sekali tok, belum sempat explore. Semoga lain kali bisa aamiin

    ReplyDelete
  37. Sekarang aku gitu mba, daripada nunggu jadwal
    Kosong paksu mending atur jadwal sendiri aja. Tapi ya ngga jauh-jauh juga sih hehehe.

    ReplyDelete
  38. Aku pengin coba ke Malang naik kereta. Tapi, kalau dari Jakarta, lama banget. Mungkin sebaiknya sekalian mampir ke Yogya atau Semarang dulu, ya.

    ReplyDelete
  39. Wah asik banget! dulu aku klo liburan selalu ke pantai sama mama, sekarang sama teman teman

    ReplyDelete