Tuesday, September 24, 2019

5 Tips Agar Anak Nyaman Saat Perjalanan Menggunakan Kereta Api


Entah sudah berapa lama ya tidak melakukan perjalanan menggunakan kereta api lagi bersama Kakak dan Adek. Padahal Ibu kangen berat lho bisa traveling seru rame-rame lagi dengan duo BocahRenyah ini. 




Apalagi sekarang semua jenis kereta api sudah dalam kondisi bersih dan berpendingin AC yang memadai. Dulu pernah waktu pergi bersama teman-teman kuliah untuk ketemuan di Jakarta, Ibu pesan tiket kereta Majapahit ekonomi yang melayani rute Stasiun Malang Kotabaru hingga ke Stasiun Jakarta Pasar Senen. Kereta ini melewati Semarang sehingga Ibu bisa ikut naik menuju ibukota. 

Kondisi keretanya oke banget lah untuk harga yang masih seratusan ribu gitu. Palingan tempat duduknya ya agak tegak gitu. Tapi bersih banget dan ACnya sangat sejuk sehingga penumpang tidak kegerahan. 

Penting banget loh kondisi yang nyaman ini karena jarak yang ditempuh sangat jauh, dari bagian timur Pulau Jawa hingga sampai ke Jakarta yang ada di ujung barat. 

Apalagi jika kita bepergian bersama anak ya, terutama masih membawa anak-anak yang usia balita hingga usia-usia SD gitu. Anak-anak usia segini masih gampang bete ketika merasa tidak nyaman saat perjalanan jauh. 

Nggak mau kan ya acara liburan jadi berantakan gara-gara anak kita cranky alias rewel di kereta api. Penginnya kan liburan dan jalan-jalan tuh hepi. Kalau bocah merasa tidak nyaman, alamat ancur minah deeehh kisah perjalanan keluarga. 

Berikut 5 tips yang bisa dilakukan agar anak merasa nyaman ketika melakukan perjalanan dengan kereta api: 


1. Bawa Perbekalan dan Cemilan Kesukaan 


Bagi orang dewasa yang bisa mengontrol perasaan, tentu gampang saja ya melalui perjalanan sekian belas jam hanya dengan duduk diam dan mendengarkan song playlist di podcast ataupun tidur untuk membunuh waktu. Namun tidak begitu halnya dengan anak-anak. 

Mereka akan mudah merasa bosan ketika tidak ada hal yang mengasyikkan yang mereka temui di dalam kereta api. Salah satu cara untuk mempertahankan mood anak agar tetap bagus adalah dengan menyiapkan makanan kesukaannya. Entah itu puding, keripik, biskuit, apa saja deh yang mereka sukai, bawa aja untuk persediaan. 



2. Bawalah Mainan Favorit Anak 


Banyak yang bilang kalau membaca buku itu bikin pusing ketika dilakukan di dalam moda transportasi yang bergerak. Disarankan untuk melakukan aktivitas lain selain membaca bagi mereka yang mudah mengalami mabuk dalam perjalanan. 

Bagi anak, tentu saja kita perlu menyiasati benda apa yang bisa dibawa agar mereka merasa terhibur dan tidak bosan di dalam kereta api. Bawa aja mainan favoritnya. Kalik aja si bocah demen sama mainan kereta api, kan cocok tuh bisa jug-ijag-ijug selaras dengan kereta yang ditumpangi, iya kaaann… 



3. Jangan Lupa Membawa Jaket 


Kondisi kereta api lokal di Jawa, baik itu yang bisnis, eksekutif maupun yang ekonomi, semuanya sudah dilengkapi dengan AC yang memadai. Sering loh Ibu bepergian menggunakan kereta api ekonomi dan kedinginan di dalam gerbongnya. ACnya sungguh cihuuuyy suhunya, brrrr… 

Oleh karena itu ketika mengajak anak bepergian menggunakan kereta, jangan lupa bawakan jaket untuk melindunginya dari hawa dingin. Bisa juga sih menyewa selimut di dalam kereta. Namun alangkah baiknya untuk langkah pencegahan, bawa saja jaket untuk anak. 





4. Mengajak Anak Menikmati Perjalanan 


Banyak orang menghabiskan waktu perjalanan dengan tidur di dalam kereta. Namun ketika membawa anak kecil, tentu saja kita harus mengubah pola ini. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela dan ajak anak menikmati perjalanan. 

Kita bisa mengajak anak untuk memperhatikan apa saja yang dilihat di luar kereta, khususnya jika melakukan perjalanan di siang hari. Akan banyak pemandangan yang berbeda-beda yang bisa dilihat ketika melintasi berbagai tempat. 

Biasanya anak memiliki rasa penasaran yang tinggi, ingin tahu segala sesuatu yang tidak biasa dilihatnya. Maka orangtua pun sebaiknya mendampingi dan menjawab aneka pertanyaan anak itu agar dia merasakan asyiknya bepergian naik kereta api bersama orangtuanya. 



5. Bawa Baju Ganti dan Toiletris Standar 


Di dalam kereta api sudah tersedia toilet yang akan memudahkan orangtua ketika anak-anaknya ingin ke belakang. Namun tak jarang baju atau celana yang dikenakan anak akan terciprat air karena ada goyangan dari gerakan kereta api. 

Sebaiknya siap-siap baju ganti dan membawa sabun yang biasa digunakan oleh anak, agar sewaktu-waktu badannya kena cipratan, kita bisa membersihkannya dengan segera. Anak pun akan merasa nyaman karena badannya tak lagi basah dan beraroma sabun seperti yang biasa dialaminya di rumah. 


-------

Ribet nggak sih persiapan yang Ibu sebutkan di atas, Moms

Nggak lah ya. Kayaknya semua persiapan di atas sudah standar dilakukan oleh para orangtua yang hendak melakukan perjalanan membawa anak-anak. 

Atau kira-kira Moms & Dads ada yang mau menambahkan tips yang lain? Jangan sungkan-sungkan share di kolom komen yaaaa…

36 comments:

  1. tahun lalu saya ajak anak ke Yogyakarta pakai kereta mbak, total 8 jam di perjalanan, semua di bawa donk biar nggak ngadat wkwwkk sampai bantal dan selimut kesayangan juga di boyong

    ReplyDelete
  2. Majapahit ini emang bisa dibilang ekonomi premium. Jadi lebih nyaman dibanding yang ekonomi kebanyakan. Great tips!

    ReplyDelete
  3. Emang kadang butuh banyak cara supaya anak betah dan nyaman selama berada di kereta, karena kejadian sama anakku dia bosan. Padahal waktu itu kita berangkat dari Gambir dan akan berakhir di stasiun Tugu, Yogyakarta. Baru sampai Bekasi anakku sudah minta turun, katanya naik pesawat aja.

    ReplyDelete
  4. Salah satu hal yang menyenangkan ketika melakukan perjalanan bareng anak kecil adalah kita bisa bercerita banyak tentang apa saja yang ditemui selama perjalanan. Sehingga perjalanan itu bisa sangat menyenangkan untuk mereka

    ReplyDelete
  5. Persiapannya memang luar biasa ya mba kalau bawa anak naik kereta api, apalagi perjalanan yang berjam-jam. Aku sering lihat yang bawa anak di kereta dan anaknya nangis-nangis bikin penumpang lain keganggu. Tapi salut sama perjuangan ortunya buat bikin anaknya tenang.

    ReplyDelete
  6. Tipsnya bermanfaat banget, mbak. Poin bawa cemilan, makanan, dan minuman itu penting banget sih. Ngga cuma buat anak-anak, buat orang yang gampang laper kayak aku ini adanya cemilan tuh super penting mbak untuk bekal perjalanan wkwkwkk

    ReplyDelete
  7. Enggak ribet itu mba, memang bawa anak perjalanan jauh harus bawa peralatan tempur yang lengkap :D jadi pengen ajak anak-anak naik kereta

    ReplyDelete
  8. Aku mau ajak jalan2 anak ke jogja naik kereta, thank you info nya ya mba, bermanfaat sekali info ini

    ReplyDelete
  9. Aku juga pernah melakukan perjalanan dengan transportasi umum beserta keluarga dan kebetulan saat itu adik ku masih kecil banget, jadi persiapannya cukup banyak tapi wajarlah untuk jaga-jaga supaya adikku nyaman & ga rewel hihi

    ReplyDelete
  10. Wah makasih tipsnya, walaupun aku belum punya anak, ini bisa dipraktekkin sma aku dan suamiku biar nyaman naik kereta hehe

    ReplyDelete
  11. Anakku baru 2 taun. Blom berani ajak naik kereta. Mungkin kalo udah masuk TK baru berani tak bawa naik kereta πŸ™ˆ

    ReplyDelete
  12. Notes banget. Aku lagi kepikirn mau bawa anak naik kereta. Untung baca ini dulu sebelum pergi. Hehe

    ReplyDelete
  13. Aku sering banget liat anak-anak yang nangis dan rewel di kereta api apalagi perjalanan yang berjam-jam dan bikin mereka bete tapi sebagai ortu ga kehabisan akal yaa bisa diakalin sama makanan favorit atau nonton video kartun di Youtube

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah udah beberapa kali bawa ank naik keretam baik yang paling bagus maupun yang kelas ekonomi. Biasanya selain bawa perlengkapan juga aku sounding mbak, khususnya kalau perjalanannya lebih dari 10 jam, mereka jdnya tau kalau akan lama di jalan, jd gak rewel deh.

    ReplyDelete
  15. Aku baru sekali ajak anak naik Kereta jarak jauh. Alhamdulillah gak ada masalah. Memang butuh persiapan ya biar anak gak rewel di jalan.

    ReplyDelete
  16. Fix deh aku bakal bawa anak2 naik kereta buat next libur lebaran, pasti seruuu banget apalagi udah ada tipsnya disini

    ReplyDelete
  17. Memang harus kreatif banget ya jadi orangtua biar perjalanan jadi gak bosan-bosan ya di jalan

    ReplyDelete
  18. Klau lagi melakukn perjalanan jauh, apalagi bareng anak2 pastinya maunya nyaman ya mbak dan anak2 gak rewel. Dan, dsinilah trkadang kita sbg orangtua dituntut utk bisa menciptakan kenyamanan tsb

    ReplyDelete
  19. BERDOA banyak banyak mbaaa :D
    Karena anak itu unpredictable bgt dah.
    Termasuk berdoa supaya mereka ngga kebelet pup di KA hahahahah
    O iya, sama udah sounding sedari awal sih, kalo di KA tuh begini dan begitu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  20. bekel emang kudu banyaaakk, aku kalo kemana2 rempongnya sama bekel, ya rempong budgetnya ya rempong bawanya

    ReplyDelete
  21. Ya ampun, baca ini jadi ingat plan kami mau naik bus dan kereta ke Jogja biar anak-anak lebih dekat dengan perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum.
    Tapi sampai sekarang belum terealisasi hahaha.

    Sekarang agak deg-degan kalau ajak anak, soalnya yang nomor dua pas lagi aktif-aktifnya, nggak kebayang kalau bepergian naik kereta dan lama.

    Tapi kalau ke Jogja mungkin bisa dicoba kali yak, nggak lama-lama amat.
    Noted banget nih tipsnya buat ajak anak naik kereta api :)

    ReplyDelete
  22. anak-anak juga bisa diajak jalan-jalan di kereta, mbak. bisa juga mampir ke restoran, makan dan ngemil sedikit di suasana yang berbeda :D

    ReplyDelete
  23. Saya belum pernah ajak Palung berkereta jarak jauh, paling dari Stasiun Cic alengka ke Bandung yang gak makan waktu lama banget, cuma 1 jam kurang lenih.
    Dia menikmati perjalanannya. Tapi entah kalau diajak ke tempat yang jauh banget, kayaknya harus bikin persiapan juga seperti buku, mainan, dan makanan kesukaan.
    Naik kereta itu asyik.

    ReplyDelete
  24. Kalau pergi sama anak-anak pakai kendaraan umum tuh emang kudu banyak persiapan. Yang pasti harus banget bikin mereka nyaman selama perjalanan biar gak kapok pakai transportasi umum

    ReplyDelete
  25. Eh mba aku mau nambahin. Kalau anakku tak bawain busy book gitu. Jadi dia sibuk dengan kreasi bukunya. Lumayan gak ketergantungan gadget. Kalau lg bobo, biar tangan kita ga pegel (apalagi klo msh nyusuin), bawa bantal. Itu ngaruh banget spy emak gak capek haha

    ReplyDelete
  26. Nggak ribet lah. Udah standar itu buat yang bawa anak ya. Kalau anak nyaman, perjalanan pun terasa lebih tenang

    ReplyDelete
  27. Pokoknya bekal makanan kesukaan anak dibanyakin, hehe.

    Pas balik ke Bali sudah trial naik kereta Smrg-Sby. Alhamdulillah anak-anak senang. Semoga next kesampaian mudik sekalian main, naik kereta juga

    ReplyDelete
  28. Terakhir naik kereta itu pas aku hamil gede menghitung hari kelahiran bawa anak sulung dan betul sekali kudu banyak cemilan dan mainan jadinya anteng walau dari Cimahi ke Bekasi cuman 3 jam tapi waktu segitu ga enak aja kalau anak rewel hahaha

    ReplyDelete
  29. Zaman anak2 kecil aku jarang banget berpergian pke transportasi publik jd ga pernah riweuh dgn urusan ini itunya.. beruntung banget anak2 skrg sdh mulai dikenalkan dr sejak dini.. eh aku aja yg kali yg jarang..hehe

    ReplyDelete
  30. GAk ribet sih menurut aku bawaannya, misalnya mainana pilih yang favorit anak aja gak usah semuanya. Paling prattis menurut aku perjalanan sama anak naik kereta, bisa jalan2 juga kalau bosen dibandingkan naik bis atau pesawat

    ReplyDelete
  31. Paling senang itu kalau bepergian naik kereta api. Nyaman tapi tetap dapat berinteraksi dengan sesama. Nggak kayak di pesawat semua nafsi nafsi

    ReplyDelete
  32. memang susah - susah gampang ya mba bepergian dengan anak - anak nih. Soalnya diperlukan trik khusus untuk pastikan perjalanan dengan mereka aman dan nyaman

    ReplyDelete
  33. Tipsnya penting nih untuk aku yang belum pernah mengajak berpergian anak menggunakan kereta api, bismillah aku ada rencana ajak anak anak ke cirebon menggunakan kereta api, tips ini bisa aku terapkan

    ReplyDelete
  34. Punya pengalaman ajak anak naik kereta api mbak dan memang mereka cepat bosan. Untungnya Papanya bisa atasi dengan bermain di kereta hehe.

    ReplyDelete
  35. Noted banget ini ya Mba.
    Aku juga sering diperjalanan mendapati anak-anak yang merengek akhirnya yang lain ikutan tergangu. Edukasi tips bawa anak dalam perjalanan perlu juga nih disharing kemana-mana.

    ReplyDelete
  36. noted nih Mbak tipsnya.
    kebeneran belum pernah ngerasain naik kereta bareng anak-anak, secara disini belum ada kereta sih, heheheh.
    pokoknya mah, kalau bawa anak-anak walaupun kita harus banyak bawaan dan lebih repot ketimbang pergi sendiri sih gak apa-apa, yang penting anak bisa merasa nyaman dan enjoy dengan tripnya ya Mbak :)

    ReplyDelete