Monday, April 20, 2020

Beberapa Kebiasaan Baik pada Anak Terkait Pandemi Covid-19




Sudah beberapa saat semua anak harus belajar di rumah untuk menghindari makin meluasnya paparan virus Covid-19. Kita semua tak pernah tahu gejala orang yang membawa virus ini dalam tubuhnya, jadi sedapat mungkin semua orang menerapkan jarak antar orang. 

Telah melakukan apa saja selama berada di rumah moms & dads?

Ada yang bilang jika nantinya after covid-19 ini bakalan banyak kebiasaan baru yang akan dilakukan oleh masyarakat. Terlepas dari segala keterpurukan yang saat ini amat terasa, Ibu rasa memang benar adanya ya.

Selama ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, para orangtua jadi lebih ketat lagi mengawasi kesehatan keluarga. Mulai dari mencuci tangan selepas bepergian, tidak dekat-dekat dengan sembarang orang, serta yang paling penting adalah membatasi diri berada di dalam kerumunan.

Apalagi sebelum kondisi menyedihkan terkait masifnya pergerakan virus Covid-19 ini, di Indonesia sudah digaungkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) oleh pemerintah. Jadi diharapkan dengan kejadian ini kita bisa mengambil hikmah.

Berikut ini beberapa kebiasaan baik yang bisa kita terapkan pada anak-anak dan diri kita sendiri untuk selalu menjaga kesehatan:


1. Melakukan aktivitas fisik agar tetap bugar


Makin tingginya aktivitas penggunaan teknologi dalam bekerja. membuat kita sering abai pada aktivitas fisik. Berada di depan laptop seharian bikin kita lupa untuk olahraga, ye kan moms & dads?

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, saat ini kita mulai rajin berolahraga di rumah. Sungguh akan lebih baik jika mengajak serta anak-anak untuk melakukan aktivitas fisik tersebut agar tetap bugar. Olahraga sembari berjemur kira-kira 10 hingga 15 menit bagus tuh untuk kesehatan.




Jika wabah Covid-19 ini nantinya berlalu, semoga saja kebiasaan baik ini bisa terus terjaga yaaa.. Kita tak pernah tahu kan kapan bencana kesehatan seperti ini bisa terjadi. Menjaga kesehatan merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan setiap saat. 


2. Makan buah dan sayur secara teratur


Makan buah dan sayur setiap hari dalam jumlah yang cukup itu penting dilakukan loh, Moms. Berbagai macam buah dan sayur telah terbukti punya segudang manfaat. Bila kekurangan, tubuh akan mengalami masalah kesehatan, seperti: permasalahan BAB, peningkatan risiko penyakit tidak menular, tekan darah tinggi dan lain sebagainya.

Jika Moms memiliki anak yang susah makan, bisa mulai dibiasakan mengkreasikan makanan yang akan disajikan untuk si kecil. Saat Corona gini kan orangtua sudah memberikan pengertian kepada anak agar makan makanan yang sehat, tidak sembarangan jajan biar enggak tertular virus Covid-19. Nah, setelah pandemi Covid-19 ini berlalu, maka anak akan terbiasa dengan makanan sehat yang disediakan orangtuanya.




Sudah waktunya moms & dads menghentikan pemberian makanan siap saji dan minuman bersoda kepada anak-anak. Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng, tinggi gula, garam dan lemak.


3. Jauhi rokok


Nah, ini dia pesan khusus untuk kaum ayah yang masih sering merokok ya. Ayolah Dads, segera hentikan kebiasaan merokok ini.

Seperti yang kita tahu rokok memberi banyak dampak buruk bagi kesehatan, baik bagi perokok aktif maupun pasif. Bayangin saluran napas harusnya oksigen malah asap rokok. Sungguh tidak adil kan ya membagi-bagi penyakit dengan orang tak bersalah yang kebetulan berada di dekat orang yang sedang merokok. 

Apabila dirasa sulit untuk menghentikan kebiasaan ini, coba minta bantuan ahli melalui hipnosis atau metode lainnya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Merokok membuat sirkulasi udara di paru-paru tidak baik karena menyebabkan iritasi.


4. Konsumsi minuman yang sehat dan rendah gula


Mengolah aneka minuman kesehatan dengan menggunakan rempah-rempah berkhasiat sangat dianjurkan. Tak hanya ketika wabah Corona melanda saja, namun sepanjang waktu bisa kita praktekkan.

Anak-anak yang semula kita bebaskan untuk membeli aneka minuman kekinian tinggi gula, perlahan-lahan bisa mengubah pola minumnya dengan yang sehat seperti saat ini. Toh tidak minum yang kekinian itu juga enggak apa-apa kan?


5. Secara rutin cek kesehatan


Perhatikan juga kebutuhan keluarga untuk secara rutin mengecek kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini.

Yuk moms & dads bisa ajak keluarga untuk periksa: tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah, kadar gula darah. Lalu, fungsi mata dan telinga, kolesterol, deteksi dini kanker leher rahim hingga payudara.


6. Disiplin menjaga kebersihan


Yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan menjaga kebersihan. Seperti pengelolaan sampah dan rutin mencuci tangan untuk mencegah perkembangan berbagai penyakit yang ada di lingkungan sekitar.


Anak diajarkan hidup bersih, misalnya mencuci tangan dengan cara yang benar, menggunakan sabun di air mengalir kemudian mengeringkan tangan dengan tisu atau lap kering yang bersih.


7. Tertib memanfaatkan fasilitas toiletris


Bagi yang masih memiliki anak usia balita ke bawah, mengarahkan anak agar tertib menggunakan fasilitas MCK tentu menjadi tantangan tersendiri. Tapi jangan lupa ya moms & dads, sanitasi juga menjadi hal penting dalam gerakan masyarakat sehat.

Terutama terkait dengan buang air besar dan buang air kecil, ndak boleh sembarangan ya tempatnya. Gunakan jamban untuk membuang kotoran. Kenapa? Karena apabila dilakukan di luar jamban dapat meningkatkan resiko penularan berbagai jenis penyakit sekaligus menurunkan kualitas lingkungan.

Bagaimana, adakah lagi yang perlu ditambahkan dari berbagai kebiasaan baik di atas, Moms & Dads?






------

Referensi bacaan : 
- kumparan.com
- alodokter.com

64 comments:

  1. Bener banget nih jadi anak lebih teratur menjaga kebersihan dan kesehatan selama Pandemi ini dan semoga bisa selalu terbawa sampai kapanpun kebiasaan baiknya. Anakku juga yang kecil awalnya dia berat banget suruh olahraga dalam rumah hehehe tapi sekarang udah biasa

    ReplyDelete
  2. iyes bener banget. dampak positif dari pandemi ini, kita jadi lebih peduli terhadap kesehatan tubuh dan lingkungan :) semoga wabah lekas berlalu dan kita semua bisa beraktivitas normal kembali aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pandemi segera berakhir tapi kebiasaan baik tetap dilanjutkan jangan berakhir sampai di sini.. Sehat selalu untuk kita semua

      Delete
  3. Kalau aku, membiasakan mereka hapalan ayat lagi jeng Uniek, selain juz 30 yang wajib dan sudah hapal (hanya diulang ulang lagi aja terus biar nggak lupa)

    satu hari setengah ayat juga ndak apa apa, kalo bisa satu ayat ya bagus, tidak ada paksaan, tapi so far si bontot (kelas 6) dalam tempo 5 hari sudah apal Al Baqarah ayat 1- 5 .. berharap minimal bisa lanjut terus dan ga bosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget nih Mba, bakalan kuterapkan nih ke si bungsu. Rada kebanyakan main games nih saat SFH ini.

      Delete
  4. Aku banget. Di depan lepi seharian setelah tugas rumah rampung. Nih bikin nggak sehat banget. Harus lebih rutin lari muter halaman depan nih mbak

    ReplyDelete
  5. Nomer 4 dan 5 yang masih agak susah banget, hehehe, padahal ya biar kita insya Alloh sehat selalu ya

    ReplyDelete
  6. Sekarang saya dan keluarga rutin membuat wedang empon-empon, Mbak. Terdiri dari jahe, kunir, sereh, daun jeruk, pandan dan garam dikit, minumnya pakai madu bukan gula. Katanya bisa menambah stamina tubuh biar gak gampang kemasukan virus, semoga bisa menangkal covid-19 hehe.

    Lainnya tetap cuci tangan, pakai masker dan menghindari bepergian, meskipun anak saya udah ngeluh bosan di rumah :)

    ReplyDelete
  7. Paling kerasa di anakku yg tengah Mba... Rajin cuci tangan, mandi dll padahal biasanya susah. Aku pilih bakal susah kasih pengertian soal stay at home, ternyata juga bisa paham. Semoga kebiasaan2 baiknya bisa bertahan

    ReplyDelete
  8. Dari wabah ini aku juga belajar banyak hal baru. Cuci tangan yang biasanya asal basah dan kena sabun sekarang pake 6 langkahnya WHO terus jadi rajin yoga hihi. Ponakanku juga gitu jadi pada lebih aware sama yang namanya kesehatan

    ReplyDelete
  9. Kerasa banget sih bedanya sejak pandemi ini, banyak kebiasaan2 baik yg dilakukan oleh anak sih, salah satunya anakku doyan makan sayur and bebersih terus setiap saat :) yg tadinya makan sayur kalo diingetin doang, sekarang malah minta sayur, katanya suoaya bisa jaga kesehatan tubuh biar tetap sehat menangkal Corona :p

    ReplyDelete
  10. Dibalik kejadian selalu ada hikmah, meski kita pun tentu berharap wabah ini lekas berlalu. Tapi kebiasaan menerapkan pola hidup bersih dan sehat semoga selalu terjaga bahkan hingga saatnya nanti masa Pandemi benar-benar berakhir

    ReplyDelete
  11. Nice tips mbak. Yang perlu di rutinkan adalah olahraga yaa meski di rumah aja. Biasanya kan pada mager yaa di rumah. Maunya gegoleran aja hehehe

    ReplyDelete
  12. Anak-anak jadi nyetrika baju sendiri, saat sekolah biasanya berangkat mruput dan pulang jelang Maghrib. Sekarang full di rumah, jadi urusan strika baju di take over oleh anak-anak, Alhamdulillah kuota setrika ke laundry jadi berkurang. hehehe

    ReplyDelete
  13. Bener mbak semoga kebiasaan baik yang dilakukan saat pandemi bisa terus dilakuka, kyk cuci tangan, dll ya. Sama satu lagi mbak, pakai masker kalau batuk. Kalau di Jepang, Korea, itu anak kecil udah dibiasakan pakai masker kalau batpil supaya temennya gak ketularan.

    ReplyDelete
  14. Kebiasaan baik yang terjadi pada anakku adalah pada mau minum madu padahal awalnya ya emoh banget minum madu hahaha

    ReplyDelete
  15. Sedih tapi juga ada hikmah dari adanya pandemi ini ya mbak. Kayak suamiku tuh dulu belum terbiasa cuci tangan sepulang dari luar rumah. PAdahal dari awal nikah udah aku ajak kebiasaan baik ini. Anak-anak sih udah biasa kalo dari luar selalu cuci tangan. Itu lah napa di luar disediakan kran untuk cuci tangan dan kaki agar mereka terbiasa. Eh sejak ada covid, suami rajin cuci tangan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju..ada kebiasaan2 baik yg perlu dilestarikan a.l menjaga kebersihan ini fan juga makin intens dengan keluarga ya..

      Delete
  16. Nah iyaa..setuju banget nih. Kebiasaan baik yg sudah terkondisi untuk dilaksanakan hendaknya tetap dilakukan meski covid19 telah terusir..

    ReplyDelete
  17. Betul mbk, sejak Covid 19 jadi rajin banyak hal. Terutama kebiasan cuci tangan yang mungkin dilakukan pas mau makan aja, sekarang lebih sering cuci tangan pake sabun dan dengan teknik cuci tangan yang semestinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, mbak. Jadi rajin cuci tangan pake sabun.

      Anak bungsu saya yg paling rajin tuh. Tapi ya itu, trus lanjut main air.

      Delete
  18. semoga pandeminya segera berakhir dan kebiasaan baik tetap berlanjut seterusnya. Mereka lebih menjaga kebersihan dan tetap enjoy banget

    ReplyDelete
  19. Anak2 yg tadinya susah banget disuruh cuci tangan zekarang jd rajin cuci tangan. Makan buah2an dan sayur juga manut. Alhamdhulilah

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah memang selalu ada sisi positif dari segala musibah dan cobaan ya maaaaak.. semoga segala kebiasaan baik ini tetap bertahan setelah corona usai ya maaaak.. aamiin

    ReplyDelete
  21. Lanjut trs ya mb..mmg covid ini memberi byk pelajaran kita u lbh menjaga kesehatan dan makan makanan yg halal.

    ReplyDelete
  22. Tapi bener deh itu cuci tangan ga brenti anak-anakm sekarang tanpa disuruh pun cuci tangan.


    Dan senengnya selama lfh ini bantu pekerjaan rumah

    ReplyDelete
  23. anak - anakku juga mbaa...jadi kaya germafobia hehehe eh ada ngga sih istilah itu. Pokoknya selalu ingat cuci tangaaan setelah melakukan berbagai aktivitas

    ReplyDelete
  24. Kebiasaan baik yang paling terasa selama pandemi ini memang kesadaran utk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat mbak. Tdk terkecuali utk anak-anak. Emak2jdlebih cerewet sekarang pd anak-anak utk cuci tangan pake sabun dN bersih2 rumah hehe...

    ReplyDelete
  25. Anakku jadi ga mau jajan sembarangan, hehe alhamdulillah, banyak positive nya juga ya dibalik semua ini.

    ReplyDelete
  26. Salfa jadi rajin cuci tangan, ga minta keluar rumah lagi, dia doyan makan, bisa bentuk bonding sama adeknya. Pokoknya sisi positifnya Covid-19 banyaklah

    ReplyDelete
  27. Sebenernya sisi posotif dari pendemi ini adalah kehidupan yang lebih baik dan teratur, apalagi buat anak-anak mungkin akan lebih membekas karena bisa diambil pelajaran untuk dilakukan terus-terusan,, semoga bisa menjaga kebiasaan baik ini sih,, aku pun sebagai orang tua juga berharap yang sama

    ReplyDelete
  28. Selalu ada hikmah dalam setiap kejadian ya, Mbak. Termasuk saat wabah begini. SEmoga kebiasaan-kebiasaan baik tidak hilang saat wabah ini berlalu.

    ReplyDelete
  29. Semoga pas puasa ini selain semakin patuh pada diem di rumah dan rajin bebersih, juga bakal ada keajaiban dariNya ya Mbaa.. .Badai berlalu dan semoga bisa sholat ied

    ReplyDelete
  30. Anakku baru 4 tahun mb , tapi sangat kritis terhadap apa yang didengar oleh telinganya termasuk tentang hubungan cuci tangan dengan virus corona. Jadi saya jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dan Tarraa.. sekarang cuci tangan bukan lagi sesuatu yang harus diperintah, Jadi semacam sudah sadar dan paham gitu mbk, bahwa cuci tangan itu perlu, penting, dan harus.

    ReplyDelete
  31. Alhamdulillah anak-anak jadi lebih rajin cuci tangan dan mau pakai masker kalau keluar.
    Setiap peristiwa memang ada hikmahnya ya, termasuk adanya pandemi cobid 19 ini. Semoga segera berlalu dan tak memakan banyak korban. Biar setelah covid 19 bisa pulkam. Hehe

    ReplyDelete
  32. Apapun yang terjadi tetap harus disyukuri ya Mom, terbukti dengan adanya ujian ini, hikmahnya turut dirasakan oleh anak-anak, dan lainnya, meskipun ujiannya juga cukup berat bagi banyak orang.

    ReplyDelete
  33. Corona ini memang memberikan perilaku baru yang relatif lebih sehat. Tidak hanya ke anak, ke orang tua juga ya.

    ReplyDelete
  34. Anak-anakku yang biasa susah makan buah dan sayur jadi mau. Plus konsumsi vitamin C tanpa disuruh. Untuk cuci tangan mereka yang paling heboh deh. Tiap ibunya dari luar mereka yang jadi polisi ibunya dah cuci tangan bener belum. Wkwkww

    ReplyDelete
  35. Aku pun berharap banget semua kebiasaan baik yang sudah kita lakukan, akan tetap dilakukan nanti setelah pandemi ini berakhir. Bisa jadi ini afalah cara untuk membuat bumi tetap sehat.

    ReplyDelete
  36. Salah satu hikmah corona ya mba anak2 jd lbh aware soal kesehatan kebersihan

    ReplyDelete
  37. Nah kan, ini kebiasaan baiknya dari corona ini ternyata bermanfaat. KIta jadi lebi aware dan meningkatkan semuanyaaa.

    ReplyDelete
  38. Suamiku selama pandemi nggak bisa merokok karena di rumah terus wkwkkwwk. Kalau buah2an nih aku suka kesel karena kalau nggak aku kupasin pada nggak mau nyentuh, di kulkas terus akhirnya busuk :(( Bikin repot deh.

    ReplyDelete
  39. Harus ekstra jaga kesehatan dan lingkungan ya di masa2 ini. Sekarang jadi lebih rajin cuci tangan deh

    ReplyDelete
  40. sebenarnya dengan adanya pandemi ini banyak hikmah yang bisa kita petik yaa, Mba, salah satunya adalah orang yang sebelumnya jorok (malas mandi dan cuci tangan) kini mulai berubah karena takut tertular

    ReplyDelete
  41. Yang pasti anak - anakku ngga perlu disuruh 2 kali untuk cuci tangan yang bersih dan segera setelah melakukan aktivitas, terutama di luar. Semoga kebiasaan baik ini terus berlanjut yaa mba

    ReplyDelete
  42. untungnya anakku baru kelas 1 SD jadi semester 1 sudah di ajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar :)

    ReplyDelete
  43. Kebiasaan memeriksa kesehatan ini belum dilakukan sepenuhnya mbak karena memang agak sulit akhir-akhir ini ke luar rumah. Kalau merokok, bersyukurnya keluarga besar enggak ada yang merokok apalagi di dalam rumah.

    ReplyDelete
  44. Yup, bener banget Mbak, banyak kebiasaan baik yang bisa teruskan setelah pandemi ini berakhir, termasuk juga dengn anak2.

    ReplyDelete
  45. Selalu ada hikmah yang dapat diambil dari setiap peristiwa ya, mba. Bahkan masa pandemi seperti sekarang mengajarkan banyak kebiasaan baik, lebih rajin saling mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan.

    ReplyDelete
  46. yang paling bakalan terasa kayanya menjaga kebersihan ya mbak, selain kebersihan diri, kebersihan lingkungan juga hihi

    ReplyDelete
  47. Yang jadi kebiasaan baik sekarang ini jadi lebih rajin cuci tangan dan kaki. Kalo dulu kadang suka lupa dan mesti disuruh dulu Mba

    ReplyDelete
  48. Bismillah ya mbak, kebiasaan kebiasaan baik ini memang harus senantiasa kita ajarkan kepada anak anak, karena bagimanapun juga virus corona ini jadi virus yang sangat berbahaya dan mengancam kita semua.. harus serius menanganinya agar keluarga kita tidak tertular

    ReplyDelete
  49. bener banget mba.. dan gak cuma anak-anak aja, menurutku kita-kita ini yang dewasa juga jadi terbiasa melakukan kebiasaan2 baik,seperti makan-makanan sehat dan selalu jaga kebersihan..

    ReplyDelete
  50. Kita sampai adopsi treadmill demi tetap bisa olahraga di rumah.
    Soalnya biasanya kami sepedaan berempat sampai GOR.
    Sejak pandemi, dikabarin sama dokter di keluarga kalau jangan sepedaan dulu, karena penularan virus bisa lebih cepat daripada orang diam dan melakukan social distancing.

    ReplyDelete
  51. Iya ya salah satu hikmahnya adalah munculnya kebiasaan2 baik ini, mudah2an kebiasaan ini tetap dilakukan setelah semua berlalu

    ReplyDelete
  52. anakku nih sejak pandemi juga jadi lebih nurut mbak, dia mulai paham dan gak rewel kenapa gak dibolein keluar selama hampir dua bulan ini. oh ya, anakku juga sama nih makin suka makan buah hihi

    ReplyDelete
  53. Selalu ada hikmah dan sisi positifnya ya mba, anakku yang gede jadi mau konsumsi madu ga pilih makanan demi menjaha kesehatan tubuhnya hehee

    ReplyDelete
  54. Nah bener makin terjaga mba kebersihan anak, mba. Jadi makin sering cuci tangan juga. Hehhee.

    ReplyDelete
  55. Tentunya makin sayang satu sama lain, jadi ngerti banget karakter anggota keluarga kita. Itu mbak yang kualami.

    ReplyDelete
  56. Anak saya belum juga mau nih makan buah dan sayur. Tapi kalau saya buat salad jadi suka dia.

    ReplyDelete
  57. Anakku sekrang jd hobi cuci tangan dikit2 cuci tangan, sampai kyknya mengarah ke lebay, kebanyakan nonton iklan layanan masyarakat yang cuci tangan itu lho hehe.

    ReplyDelete
  58. Wah... banyak juga yang harus diperhatikan di daily acitivty anak.
    thank you sharingnya, Kakaakk....

    ReplyDelete
  59. Sekarang anak-anak jadi lebih sering cuci tangan. Memang kalo aku aktivitas fisik khususnya di luar berkurang, cuma di rumah sebisa mmungkin ada home workout ringan.

    ReplyDelete
  60. Kebiasaan baik ini harus terus dilakukan ketika corona udah berakhir ya mba
    semangaaatttt untuk kita semua

    ReplyDelete