Wednesday, October 21, 2020

5 Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Terbaik Saat Hendak Menidurkannya

5 cara perawatan bayi baru lahir

Sudah lama nih kayaknya enggak tilik bayi. Dulu pas jaman sebelum ada pandemi, senang setiap kali ikutan menjenguk teman yang baru melahirkan. Menatap wajah imut bayi baru lahir tuh berasa damai yaaa.. 

Pengin punya bayi lagi, Bu?

Hahahaa... enggak deh, Ibu udah hampir 50 tahun nih. Cukup lihat dan menimang bayi teman atau saudara aja deh, menikmati harum aroma badannya dan lucunya ekspresi bayi ketika sedang tidur.

Umumnya bayi menghabiskan waktu sekitar 14 hingga 17 jam atau bahkan lebih hanya untuk terlelap setiap harinya. Walaupun demikian, mommy yang punya baby perlu membangunkannya sekitar 2 hingga 3 jam sekali untuk menyusuinya. Hal ini perlu dilakukan, agar kebutuhan gizi bayi tercukupi dan meminimalisir terjadinya dehidrasi. 

Agar si kecil lebih cepat tertidur kembali, dibutuhkan serangkaian perawatan bayi baru lahir tepat untuk bisa melakukannya. Yuk ikuti ya tipsnya berikut ini:


5 Cara Tepat untuk Menidurkan Si Kecil dengan Mudah 


1. Posisikan Bayi Telentang 

Berbeda dengan orang dewasa yang memiliki berbagai posisi nyaman untuk terlelap, posisi terbaik untuk menidurkan si kecil adalah telentang. Sebenarnya hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya Sudden Infant Death Syndrome atau yang lebih dikenal dengan kematian mendadak. Dengan memposisikan bayi telentang, dipercaya mampu menurunkan resiko terjadinya kematian secara tiba tiba. 


2. Matikan Lampu ataupun Menggunakan Lampu Tidur 

Saat terlahir di dunia, bayi masih belum bisa membedakan mana siang hari dan malam hari. Untuk membantunya mengenali perbedaannya, mommy bisa membantunya dengan cara mematikan lampu saat sebelum tidur, ataupun menggunakan lampu tidur yang redup sebagai alternatifnya. Secara otomatis, tubuhnya akan mengenali bahwa gelap merupakan waktu untuk beristirahat. 


3. Meningkatkan Aktifitas di Siang Hari

Selama si kecil terlelap di malam hari, pastikan tidak melakukan aktifitas yang mengeluarkan suara berisik agar baby tidak mudah terbangun. Cara perawatan bayi baru lahir sederhana ini, membantunya untuk tetap terjaga di siang dari dan melakukan lebih banyak aktifitas ketika matahari masih terbit. Ketika menjelang malam hari, maka tubuhnya akan merasa lelah dan lebih cepat tertidur dengan cepat dan lelap tanpa menangis. 




4. Menggunakan Pakaian yang Lembut 

Bayi umumnya lebih mudah mengeluarkan keringat bahkan ketika mereka sedang tertidur pulas, sehingga mom perlu menyiapkan pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik. Selain menyerap keringat, pastikan bahannya cukup lembut untuk kulitnya yang sangat sensitif. Ketika pakaian yang dikenakan terasa nyaman, kemungkinan si kecil lebih mudah tertidur pulas tanpa merasa rewel. 


5. Menjauhkan dari Mainan maupun Bantal 

Untuk mempercantik tampilan tempat tidur, seringkali orangtua menambahkan mainan maupun boneka. Meski tampak menggemaskan, ternyata aksesoris tersebut dapat membuat si kecil susah bernafas. Sebab gerakan bayi tidak bisa diprediksi, sehingga ditakutkan akan menindih tubuh mungilnya saat tidak ada yang mengawasinya. 

Sebagai langkah antisipasi dalam perawatan bayi baru lahir, dianjurkan untuk menyimpan aksesoris di tempat yang lebih aman. 



Meski terlihat sepele, ternyata sebagian orangtua khususnya pasangan baru, mengaku jika kesulitan untuk menidurkan si kecil. Untuk bisa melakukannya, para bunda/mom perlu memperhatikan lebih detail mengenai kenyaman dan bagaimana kebiasaan si kecil dalam keseharian. 

Bisa loh dimulai dari mengenakannya pakaian yang nyaman hingga membantunya mengenali siang dan malam. Langkah sederhana ini bisa menjadi pilihan cara perawatan tepat bagi si bayi yang baru datang ke dunia.


19 comments:

  1. Dulu saya tidak mengerti kemarian bayi mendadak gara-gara tidur tengkurep. Karena anak-anak lebih cepat pulas dengan ditelungkupin aku telungkupin aja. Kalau celentang mereka mudah terkejut jadi tidurnya suka gak lelap. Duh untung mereka gak napa-napa ya dan sekarang sudah tumbuh besar. :)

    ReplyDelete
  2. Kangen banget punya bayi lagi di rumah. Moga-moga tahun depan sudah ada suara bayi. Biar bisa praktekin tipsnya ibu buat merawat bayi niiih

    ReplyDelete
  3. kalau baca tulisan ini dari atas sampai akhir, pernah kulakukan pada dua anak waktu mereka baru lahir. Nanti kurekoemdasikan ke adikku yang sekarang lagi hamil deh tips ini.

    ReplyDelete
  4. Anak-anaknya udah keburu gak bayi lagi nih sekarang hahaha. Saya telat bacanya. Bener sih, itu pas tidur, terutama anak perempuan yaa..ribet bener ada bantal ini itu plus boneka..ternyata malah bikin susah bernapas yaa :(

    ReplyDelete
  5. Untuk urusan perlengkapan bayi memang harus penuh kehati-hatiannya ya, Mbak. Bagus dan yang penting nyaman digunakan

    ReplyDelete
  6. Saya juga mematikan lampu saat tidur, mbak. Jadi gi sudah biasa tidur dalam kondisi gelap sejak bayi. Sampai sekarang juga belum mau tidur dengan bantal. Dia masih anak ASI dan ga enak nyusui anak yang pakai bantal. Beberapa kali dicobakan, cma tahan sebentar lalu dia menjauhi bantalnya. Hihi

    ReplyDelete
  7. Aku dulu hobinya mandiin baby sebelum jam bobok!.jadi jadwalnya mandi tuh jam 9 an abis makan, mimik asi, mandi bobok.

    Jam 14.00 abis lelah main, seka (ngga mandi) lalu bobok. Mandinya sore jam 4-5 gitu

    Jam 19.30 usai main makan dan ASI, seka lagi dan bobok!

    ReplyDelete
  8. bener banget Emang cara merawat bayi itu memang berbeda banget sama anak kecil yang sudah besar gitu jadi memang harus tetap hati-hati

    ReplyDelete
  9. Nah iya benar ya, dengan adanya boneka dan mainan di sekeliling bayi malah berbahaya karena bisa saja ketarik sama bayi dan menghambat pernapasannya.

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu baru punya anak aku juga kebingungan membuat anak2 tertidur mbak. Matiin lampu juga bisa buat mereka cepat tidur, terus ada pesan dokter,perasaan aku harus tenang supaya anak2 tenang dan ga rewel

    ReplyDelete
  11. Pengen punya bayi lagi tapi kok masih aras2en xixixi.
    Kalau dulu anak2 aku ayun pakai selendang diikat di atas kusen pintu atau ditidurkan di bouncer yang goyang jd serasa kyk diayun, kalau gk gtu ku tak bisa ngapa2in krn single fighter ngasuh anak tanpa bantuan, keluarga ya jauh hehe.
    Searang wes gede, turu ra turu karepmu, ngantuk tanggung dewe :D

    ReplyDelete
  12. waduh beneran kangen tilik bayi...suka harum bayi yang wangiiiinya mendamaikan hati.
    Memang cara perawatan bayi baru lahir mesti diperhatikan ya terutama buat orang tua baru. karena ada adaptasi dari di rahim dan saat dia dah menghirup udara bumi pastinya

    ReplyDelete
  13. Baca ini jadi ingat masa masa punya bayi..
    Manyan rempong tapi seru, hehe

    ReplyDelete
  14. Kita toss mbak, selalu suka wangi bayi tapi sudah tak bisa hamil. Kalau mbak sudah menjelang 50 saya malah sudah lewat 6 tahun. Tipsnya bagus nih saya rekomendasikan ke mantu, biar bisa belajar rawat bayinya nanti kalau sudah diberi amanah bayi.

    ReplyDelete
  15. Dulu takut banget sindrom bayi mati mendadak mba, jadi menyingkirkan mainan, bantal dll dari kasur..m

    ReplyDelete
  16. Now I try to remember the routines and habits that we used to have when the kids were very young. Babies are super cute but they can be very handful LOL

    ReplyDelete
  17. Kalau dulu pas anakku masih bayi dan rewel aku putarkan murotal Al Qur’an dan Alhamdulillah anaknya jadi anteng dan nggak berapa lama langsung tertidur.

    ReplyDelete
  18. Baca ini, jadi kangen punya bayi deh. Bagaimana merawat dan memeluk bayi setiap hari. Sekarang udah pada gede susah dipeluk juga hehe

    ReplyDelete
  19. Waaaah ku sudah mempraktekkannya ke si kecil waktu baru lahir Mbak. Jadi si kecil ga ribet kalau suruh tidur. mamaknya ini juga ga stress dengan pola tidurnya dia.

    ReplyDelete