Monday, August 30, 2021

Siap Bikin Cemilan Sehat Berkat Yummy App

 
Beberapa kali Ibu melihat Adek (anak kedua) tak henti-hentinya mengikuti video di salah satu platform media sosial. Seriusss banget nontonnya. Jadi penasaran deh.

Setelah ditengok apa yang ditonton, eeeh ternyata video masak-masak. Ketika Ibu tanya kok ngeliatin video masak gitu kenapa, jawabannya sungguh bikin JLEB.


“Kapan Ibu buatin aku jajanan kayak gini?”

Duh lah, hati ibu mana yang tidak tersayat-sayat ketika ditanya seperti ini. Kayak Ibunya sibuk banget tidak sempat masak saja. *mulai lebay

Yah, namanya juga anak muda jaman now ya, intensitas memegang gadget memang cukup tinggi. Apalagi dengan alasan pembelajaran daring, waahh… makin ada alasan aja deh memperpanjang screen time. Ibu ingin menghela napas panjang sebentar deeehh…

Sepanjang hari di rumah terkadang membuat anggota keluarga bosan. Rutinitas dari pagi hingga malam ya itu-itu saja. Adek pun mungkin merasakan seperti ini. Pagi hari harus bantu Ibu buang sampah ke tong di luar rumah sebelum bapak tukang sampah lewat, mengambil air dari galon untuk persiapan memasak, terkadang bantuin nyapu rumah juga. Setelah itu baru deh urusan sekolah dimulai pada pukul 08.00 pagi.

Iya, gitu aja terus. Meskipun sudah diselingi dengan nge-games dan nonton film, masa 2 tahun pandemi ini membuat rutinitas di rumah terasa membosankan bagi Adek.



Aktivitas Online Penghilang Kebosanan untuk Si Bujang


Tingginya screen time bagi anak-anak di masa pandemi memang memiliki efek tersendiri. Terutama jika dikaitkan dengan issue kesehatan, mulai dari kesehatan mata, lemahnya otot dan tulang punggung hingga kegiatan fisik yang minimal. 

Suka kesel nggak sih Mom saat menghadapi hal ini? Anak sudah diminta untuk membantu pekerjaan rumah tapi malah memilih untuk tetap memelototi gadgetnya melulu. 

Ibu BocahRenyah tadinya juga kesel banget. Tapi lama-kelamaan kepikiran juga, daripada stres memikirkan screen time yang tak kunjung berakhir, mendingan aktivitas online Adek diarahkan ke hal yang lain saja di luar kegemarannya nge-game

Ada beberapa aktivitas online yang bisa dilakukan Adek agar tidak mengalami kebosanan selama berada di rumah terus menerus. Selepas pelajaran daring, Adek bisa melakukan hal-hal berikut ini:


1. Bimbingan Belajar via Aplikasi di Smartphone 


Saat ini banyak sekali aplikasi di smartphone yang menawarkan bimbingan belajar. Kita bisa mengaksesnya secara bebas, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Tentunya varian pembelajaran akan lebih lengkap dan lebih bagus untuk yang berbayar. Tapi jika moms & dads penginnya yang gratisan saja udah lumayan kok. Tinggal pilih saja aplikasi bimbingan belajar yang disukai.

Bukan rahasia umum lagi kan jika pelajaran yang diterima dari sekolah tuh biasanya membosankan. Rata-rata anak hanya akan menerima materi tertentu, selanjutnya akan diberi latihan soal. 

Anak jaman sekarang sudah lebih melek teknologi dan telah melihat banyak sekali kreativitas yang tersaji secara online. Mereka akan lebih tertarik jika pembelajaran disajikan dengan cara yang kreatif juga. Nah, beberapa aplikasi bimbingan belajar ini sudah memenuhi kebutuhan anak yang ingin belajar dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi pembelajaran itu menyajikan materi sekolah plus latihan soalnya melalui video maupun permainan interaktif yang menarik. Diharapkan dengan mengikuti bimbingan belajar online ini, screen time anak tidak sia-sia. 



2. Melakukan Percobaan Ilmiah dengan panduan video


Secara alami anak-anak tuh memiliki naluri selalu ingin tahu. Ibu melihat kecenderungan ini pada Adek juga. Adek selalu penasaran mengapa gunung berapi itu bisa meletus, mengapa air selalu bergerak dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, mengapa sendok yang masuk ke panci dengan air mendidih bisa ikutan terasa panas, dan berbagai hal lainnya.

Jujur saja Ibu bingung untuk menjelaskannya dengan kata-kata. Selama ini tahunya ya udah memang gitu….hahahaa bukan jawaban yang cerdas kan seperti itu. 

Agar Adek makin memahami berbagai reaksi alamiah di semesta, Ibu mengajaknya berburu video di Youtube yang berisi berbagai percobaan ilmiah. Terbukti Adek jadi lebih mudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaannya di atas tadi melalui percobaan tersebut.

Sederhana saja sih percobaannya. Asalkan mengikuti petunjuk yang ada di video itu, nantinya hasil akhirnya akan sesuai dengan alur yang ditunjukkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak terlalu sulit. Mudah didapatkan di sekitar rumah.

Moms & Dads sudah coba cara ini untuk menghilangkan kebosanan anak-anak di rumah? Kalau belum, cobain deeh.. beneran menyenangkan loh. Tidak sia-sia mantengin gadget dan mencari video tutorialnya karena kesenangan yang didapatkan memang luar biasa. Happy sekaligus mendapatkan wacana baru yang memperkaya pengetahuannya.



3. Berburu Resep Cemilan Sehat Kegemaran Anak


Seperti yang sudah Ibu tulis di atas tadi, salah satu kesukaan Adek di waktu luangnya adalah mantengi video masak-memasak di berbagai media sosial. Kan banyak tuh resep cemilan kekinian yang sedang viral. Banyak orang nyobain masak dengan variasi resep yang diolah agar tampak menarik bagi penonton.

Sebenarnya resepnya biasa saja. Terkadang narasi videonya saja yang terkesan meriah. Yah namanya juga adu kreativitas untuk menaikkan trafik yaaa… Ibu sih paham dengan hal ini. Hanya saja untuk Ibu secara pribadi kurang nyaman mengikuti video yang kebanyakan narasinya.

Sepertinya lebih efektif mencari resep makanan menggunakan aplikasi yang terpercaya dan menarik tampilannya. Misalkan ada videonya pun kalau bisa yang tidak terlalu banyak narasi sehingga tidak membuyarkan konsentrasi saat mantengin resepnya. 

Sudah jodoh nih kayaknya ketika Ibu bisa bersama-sama dengan Adek memilih-milih resep makanan kegemaran melalui aplikasi Yummy App. Memang kayak gimana sih aplikasi ini kok bisa Ibu sampai segitu percayanya?




Yummy App, Aplikasi Andalan untuk Mencari Resep Cemilan Sehat


Saat Ibu mengajak Adek mencari aplikasi memasak yang ada di playstore, ketemu dong dengan Yummy App. Aplikasi besutan IDN Media yang dirilis pada tahun 2019 ini adalah salah satu multi-platfrom food-focused media digital yang membahas mengenai resep, tutorial, dan tips memasak yang berguna banget buat kegiatan memasak. 

Ga pake lama, Ibu langsung terkesan deh dengan aplikasi ini. Setelah download aplikasi di smartphone, Ibu mengikuti prosedur untuk membuat akun baru di Yummy App. Eehh… langsung disapa dengan sebutan Chef cobaaa… Bangga dong.
 
Begitu disapa dengan sebutan Chef Uniek, Ibu langsung semangat untuk mencari resep cemilan kekinian. Ternyata di halaman depan, di bagian yang trending Ibu temukan yang cocok nih untuk Adek. Cemilan sehat penuh gizi yang bisa Ibu buat dengan mudah. Apa tuh?



Yeaayy… Ibu menemukan resep Bola Kentang Isi Keju nih. Adek pun girang ternyata mudah menemukan cemilan yang bisa dimasak oleh Ibu di rumah.

Sehat nih Bu, ada kentang, ada kejunya jugaaa..

Oke Dek. Ibu sudah lihat resep dan tutorialnya, sepertinya sih mudah banget. Hayuuk lah kita praktikkan. 

Video tutorialnya sangat mudah dipahami. Ibu senang sekali nih mengikuti videonya, terlihat gampaaangg sekali. *gaya banget si Ibu 😁

Coba lihat yuuk video berikut ini :


Gimana, beneran gampang kan yaaa... Biasanya Ibu sering bingung kalau baca resep saja. Ternyata di Yummy App lengkap banget ada tutorialnya juga. Memudahkan sekali untuk pemahaman Ibu yang ga pinter masak gini. 

Pada resep Bola Kentang Isi Keju ini, selain dilengkapi dengan video, ada juga cara memasak resepnya dalam bentuk foto. Waahhh... makin lengkap yaaaa... suka banget deh Ibu saat mencoba membuat cemilan ini.


Itu lihat resep doang atau nyobain beneran, Bu?

Huhuuyy jangan meremehkan Ibu BocahRenyah yaaa... Meskipun tidak pintar memasak, namun Ibu punya tekad yang kuat untuk mewujudkan keinginan Adek yang minta dibuatkan cemilan sehat. 

Jadi, tunggu apa lagi. Mari sini lihat Ibu BocahRenyah in action yaaa...


Membuat Bola Kentang Isi Keju


Yang pertama kali harus disiapkan tentu saja bahan-bahan untuk membuat bola kentangnya ya. 

Bahan-bahan:
5 buah kentang, potong dadu
4 sdm maizena
3 sdm keju parmesan
200 gr mozarella, potong dadu
300 gr tepung roti
3 sdm bubuk paprika
3 buah telur, kocok
air secukupnya 
minyak goreng secukupnya

Di atas tadi adalah bahan-bahan sesuai resep asli di Yummy App. Berhubung Ibu tidak punya keju parmesan dan mozarella, ya menggunakan keju cheddar yang ada di minimarket saja. Dari segi tekstur keju memang sangat berbeda, tapi tetap sedap sampai berkejap-kejap koq. 😁

Selain itu Ibu juga menambahkan daging giling dan irisan seledri untuk menambah cita rasa agar yummy yummyyyy... Sedangkan bubuk paprika tidak ditambahkan karena tidak punya stoknya.

Cara membuat :
  1. Kukus kentang dengan api besar hingga kentang benar-benar matang dan lunak.
  2. Haluskan kentang kukus, campur dengan maizena, keju parut, daging giling dan irisan seledri.
  3. Ambil kentang, pipihkan, isi dengan keju. Bulatkan.
  4. Balur adonan kentang yang sudah dibulatkan tadi dengan telur, lalu tepung roti.
  5. Goreng dengan minyak dalam api sedang saja. Sajikan setelah matang



Gimana, gampang kan yaa... Dipuji enak lhooo sama Adek tuh bola kentang isi keju buatan Ibu. Meskipun bahan-bahannya tidak sama persis dengan yang di resep, tetap enak kookk.. Kan udah ditambahi daging giling di dalamnya juga, makin kaya dengan protein yang bagus untuk pertumbuhan badan anak. 

------------------------

Kesan Ibu setelah mencoba mempraktikkan resep yang ada di Yummy App, ada 5 kelebihan utama dari aplikasi ini, yaitu:
  1. Informatif dan sangat mudah digunakan
    Jika kita melihat aplikasi dengan kategori masak-memasak, Yummy App merupakan yang paling mudah untuk digunakan. Aplikasi ini sangat informatif dengan banyaknya tips dan cara masak praktis, misalnya tips menghilangkan rasa pahit pada pare. Pengemasan video dan infografis sangat jelas diuraikan baik dalam aplikasi dan sosial media Yummy.

  2. Banyak resep kekinian dan murah meriah
    Yummy App nih sangat mengikuti tren yang sedang hits loh. Terlihat ketika membuka halaman awal langsung yang pertama kita lihat adalah resep yang sedang trending.
    Yang tak kalah menarik, resep kekinian tadi dibuat versi yang menggunakan minim modal alias murah meriah. 

  3. Promo dan poin untuk pengguna
    Ada banyak promo dan bonus poin untuk pengguna yang tersedia di Yummy App. Aplikasi ini bisa menjadi wadah penyaluran bakat bagi mereka yang gemar memasak. Penggunanya bisa mengikuti promo bulanan dan mendapat bonus poin. Poin tersebut nantinya bisa ditukar menjadi uang.

  4. Resep mudah dicoba  
    Rata-rata resep yang kita temukan di internet biasanya penjelasannya agak rumit, sehingga kita yang masih pemula jadi malas untuk mencobanya sendiri di rumah. Iya kan?
    Melalui Yummy App kita semua bisa mencoba resep masakan yang mudah dan dijamin enggak ribet. Yummy App mengemas langkah-langkah memasak jadi lebih sederhana #MasakItuGampang

  5. Gratis tanpa perlu berlangganan
    Kebanyakan aplikasi yang memiliki fitur bagus tuh membuat kita harus mengeluarkan dana khusus untuk menginstalnya dalam mendapatkan layanan premium. Yummy App beda dong. Penggunanya bisa memanfaatkan semua 

Yuukk Moms & Dads yang ingin memenuhi keinginan buah hati dibuatin makanan kesukaan, instal saja Yummy App. Bisa dicari di playstore bagi pengguna android dan di appstore untuk pengguna iOs.




Jangan sampai ketinggalan keseruan memasak berbagai resep kekinian dan kesukaan keluarga. Yuk pakai Yummy App untuk mewujudkannya. Selamat mencoba...

46 comments:

  1. Anak2 memang lebih kritis ya mba, kadang kita sebagai org tuanya suka bingung mau jawabnya hehe

    ReplyDelete
  2. Wah seru juga ya banyak resep yang bisa kita cari di yummy. Boleh juga nih rekomendasi, buat cari2 resep camilan.

    ReplyDelete
  3. Duh senangnya ya bisa bikin bola bola keju dari resep Yummy App
    Saya juga senang ada aplikasi ini
    Bisa masak untuk anak picky eater

    ReplyDelete
  4. Yummy bisa jadi andalan inspirasi snack untuk anak ya mam. Apalagi proses masaknya juga bisa jadi aktivitas seru untuk anak kita ya.

    ReplyDelete
  5. Seu ih aplikasinya, kok aku baru tau ya mbak. Coba pas kemarin nadia masih di rumah kita bisa praktek macem2 resep camilan. Ntar kalo pas kakak pulang cobain download ah biar dia bisa berkreasi di dapur

    ReplyDelete
  6. Waah aku belum nyobain resep bola kentang keju ini. Rasanya enak ya. Apps Yummy ini juga penyelamat aku dikala bingung mau masak apa loh hehehe.

    ReplyDelete
  7. Selama pandemi,anak-anak jadi sering minta cemilan. Daripada beli mending bikin sendiri aja, ya. Resepnya nyontek di Yummy App. Jadi ingin bikin bola kentang isi keju juga, deh. Bahan dan cara buatnya cukup mudah

    ReplyDelete
  8. Keinget zaman ibu2 kita kalau mau bikinin camilan anaknya nyontek buku resep, kalau zaman sekarang mah bisa langsung searching via web atau yang praktis dengan aplikasi macam Yummy app ya mbak.
    Krn aktivitas banyak di rumah emang jd lbh banyak ngemilnya ya, khususnya anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih semenjak banyak di rumah stok cemilan harus banyak dan harus rajin2 cari resep baru. Harus nyobain aplikasi ni kayanya supaya ga mumet mikirin ml bikin camilan apa lagi

      Delete
  9. Bener banget. Siap² ditodong oleh anak kita, mereka mau kita masak apa. Kalo udah ada yummy app mungkin bisa membantu ya. Nggak bikin pusing deh.

    ReplyDelete
  10. Asyik ya dari aplikasi Yummi bisa bikin camilan enak bergizi bareng anak, sekalian bonding ya karena masak bareng dengan anak.. manfaatnya dobel..

    ReplyDelete
  11. Cocok banget nih aplikasinya buat aku yang sering bingung mau masak apa, biar gak monoton. Soalnya kalo bingung, ujung-ujungnya gak jadi masaka. hihihi. Kalo ada aplikasi gini kan kalo bingung, tinggal buka yummy app untuk cari insirasi.

    ReplyDelete
  12. Cantik banget bola-bola kentangnya, kak Uniek.
    Sukaa...anakku juga penggemar keju garis keras.
    Enaknya kalau menggunakan Yummy apps ini mikirnya jadi lebih simple dengan bahan yang sudah ada di kulkas.

    ReplyDelete
  13. wahh samaan nih kita bikin bola isi keju dari yummy app. aku bikin dari singkong dan rasanya seperti kentang :D
    yummy app asik yaa cari resep masakan apa saja ada dan gampang cara membuatnya

    ReplyDelete
  14. Iya bener banget. Kalo cuma sekedar baca resep doang tuh agak bingung. Bakal lebih gampang kalo ada video tutorialnya juga..

    ReplyDelete
  15. aku juga kalau kehabisa ide masak biasanya nyontek dari resep-resep gitu kalau ada aplikasi yummy enak ya mba tinggal buka keluar deh

    ReplyDelete
  16. Aku lagi senang masak nih Maak, setelah sekian Purnama, akhirnyaaaa, haha.
    Lagi banyak eksperimen di dapur, makanya perlu banyak panduan juga. Pas nih ya harus download Aplikasi Yummy App, pasti banyak bantu proses belajarku.

    ReplyDelete
  17. wah iya mbak Uniek, aku juga ajak anakku praktik resep resep camilan yang ada di Yummy App
    resepnya sangat mudah diikuti ya mbak

    ReplyDelete
  18. kalau ada banyak resep buat di coba gini pasti anak2 di rumah senang ya mbak :)

    ReplyDelete
  19. Bagus nih mengalihkan waktu screentime dengan yang bermanfaat seperti berburu camilan seperti ini. Sekalian anaknya diajak ikut praktek memasak pasti seru ya, sejenak teralihkan dari main gadget melulu..

    ReplyDelete
  20. Buat aku yg gg pinter masak, Yummy App ini ngebantu bgt, apalagi resepnya komplit, mau cari yg berbahan dasar apa, budget berapa sampai masaknya berapa lama, adaaa...

    ReplyDelete
  21. wah asyik bangte, aplikasi yummy app ini bisa buat emak-emak kayak saya jadi banyak ide buat bikin cemilan yaa. Jadi pengen nyobain buat bola kentang isi keju juga deh, kayaknya mudah deh, pas ada kentang juga

    ReplyDelete
  22. Wah kayaknya musti instal yummy apps nih. Kalau lagi buntu aku biasa nyari di mbah google. Kalau ada aplikasi kan ga perlu repot searching ya, tinggal buka aplikasi 🤣

    ReplyDelete
  23. Makasih ya mbak infonya…langsung klik link nya & instal… besok mau masak apa yaaa? Hmmm

    ReplyDelete
  24. wah menarik nih pengen coba juga nih appnya b=pengen juga bikin si kecil lebih produktif bikin camilan sehat gini

    ReplyDelete
  25. Akhirnya dek, terwujud impianmu dibikinin cemilan sama Ibuk. Hihi. Penampakannya mirip kroket ya :D

    ReplyDelete
  26. Ini nih penting buat yg suka bingung mau masak apa tiap hari…instal ah yummy apps nya…makasih mbak artikelnya…

    ReplyDelete
  27. Duh aku semakin jauh dari emak impian emang, anakku kalau tanya gitu, kujawab... "Kapan2 ya kak." Wwkwk. Akhirnya yang seneng buka aplikasi Yummy ya malah si kakak, sambil nudingin, mau dibikinin ini itu, meski belum pernah terealisasi.

    Aku juga senengnya sama Yummy App ini ada videonya ya, jadi kalau jadwal nonton youtube nya anak2 habis, mereka seneng nongkrong di Yummy App liatin video masak hihi.

    ReplyDelete
  28. Aku baru tau ada yummy app ini , mau instal jg deh. Soalnya ak suka klo masak yg ga ribet2 gitu. Haha

    ReplyDelete
  29. Bahannya gampang banget ya, bs jd referensi snack vegetarian juga deh.

    ReplyDelete
  30. Ini aplikasi berguna banget buatku!! 🥺🥺🥺 Yang gak bisa masak ini. Buru install ah

    ReplyDelete
  31. Kok simple banget ya liat dan baca step by stepnya mba Uniek, aku belom pernah bikin nih jadi penasaran coba buat juga. Yummy banyak ya pilihan menunya jadi pengen belajar masak camilan ini

    ReplyDelete
  32. Yg ingin belajar masak harus download ini. Membantu banget, menu masakannya bnyk terus ada tutorial video jg.

    ReplyDelete
  33. asyiiiik...ibuk masakin adek enak2 niih.. jadi pengen masak juga aah.. BTW resep2 yummy memang kumplit dan relatif mudah dipraktekkan ya..

    ReplyDelete
  34. mbak, ini mpasi favorit bayiku btw hihi, btw aku juga pakai yummy nih mbak buat cari2 ide masak, lengkap soalnya

    ReplyDelete
  35. Aku baru tau kalau ada aplikasi yummy ini...maklum akubtim kalau gabisa masak order aja hihihi

    ReplyDelete
  36. Jadi pengin nyobain juga nih bikin bola kentang isi keju, kayaknya anak2 bakal suka. Mau coba download Yummy app juga ah,nyari resep yg murah meriah biar hemat budget...

    ReplyDelete
  37. Lengkap juga ya jenis resepnya bisa jadi panduanku buat masak nih secara newbie banget jadi kudu nyontek resep selalu..step by step pisan..

    ReplyDelete
  38. paling seneng berkreasi kalo pas ada kumpulan resep yang pas dan kekinian, eh ada aplikasinya ternyata

    ReplyDelete
  39. Aplikasinya bantu banget buat cari inspirasi masakan dan resepnya juga gampang di buat kembali. Unduh ah, kadang masih bingung mau bikin apa ya.

    ReplyDelete
  40. Wah bisa dicoba nih.. Intan suka olahan kentang.. Dan menunya biasanya stik kentang kejuuuu terus. Wkwkwk

    ReplyDelete
  41. Lama daeing bikin kecemut makin doyan main sama temen2nyaa. Keluar rumah pagi, baru pulang dzuhur, bun. Kalau sama gadget, sih, dia enggak begitu. Tapi ya jadi kenal beberapa games karena pandemi. Hahaha.

    Asyik banget, sekarang bikin camilan atau masak2 tinggal buka aplikasi YUMMY. Enggak repot browsing2 ya, Bun.

    ReplyDelete
  42. Aku baca review aplikasi yummi dari teman-teman langsung tertarik dong, karena ternyata ada beragam resep di sana. Mulai dari Mpasi, camilan, lauk pauk, sampai jejamuan loh, keren

    ReplyDelete
  43. Bakalan senang masak nih kalau ada banyak kreasi masak. Kadang kan masih aja bingung mau masak apa saking tiap hari selalu masak :D

    ReplyDelete
  44. bakalan jadi aplikasi idola nih kak, aku butuh juga buat masak biar nggak bosen kan gonta-ganti biar mertua suka

    ReplyDelete
  45. yummy app juga andalanku banget. kalau bingung mau masak apa atau kehbisan ide, langsung deh nyari inspirasi di yummy app

    ReplyDelete