Thursday, November 25, 2021

Popmama Parenting Academy 2021 : Parents Support Parents


popmama parenting academy 2021

Halo Moms, di masa pandemi gini sering nggak sih mendengar keluhan : capek banget sih, kerjaan setumpuk, masih harus mendampingin anak belajar. Ga ada habisnya nih kerjaan di rumah. Yang pernah mendengar keluhan ini, atau malah mengalami hal yang sama, sini kita berkumpul dalam lingkaran. πŸ˜€

Iya bener banget Moms, hampir sebagian besar kaum ibu mengalami hal tersebut. Baik ibu bekerja maupun ibu yang berkarya di rumah, harus menghadapi bertumpuknya kewajiban yang berkaitan dengan keluarga.

Lah mau gimana ya, sebagian besar aktivitas saat ini dilakukan di rumah. Anak-anak kita pun telah terbiasa berada di rumah sepanjang hari. Makan, bermain dan belajar semua dilakukan di dalam rumah. 

Dulu ketika anak-anak sering bermain keluar rumah, kita puyeng nyariin mereka. Sudah sore kok belum pulang, kemana saja? Eh sekarang begitu anak-anak 'anteng' di rumah, kita sebagai orangtua juga pening. Ini bocah kok kerjaannya pegangan gadget melulu yaa.. 

Generasi milenial yang bisa juga kita masukkan ke dalam kategori generasi pandemi (generasi yang tumbuh berkembang di masa pandemi) memang memiliki karakteristik tersendiri. Keunikan gaya hidup yang berkaitan dengan situasi pandemi tidak dialami oleh generasi sebelumnya.

Lalu siapkah Moms & Dads mendampingi si generasi pandemi ini dengan pola pengasuhan yang jelas berbeda dengan masa sebelumnya?



Tantangan Parenting di Masa Pandemi


Melalui masa pandemi ini tentu ada yang berbeda dibandingkan dengan saat-saat 'normal' dulu. Kita mengalami berbagai pembatasan dalam kehidupan sehari-hari. Ya terbatas dalam bepergian, juga terbatas dalam bertemu dengan orang lain.

Tak sedikit yang harus kehilangan pekerjaan di masa pandemi ini. Kesulitan ini masih harus ditambah lagi dengan problem pendidikan dan pengasuhan anak, dimana buah hati tidak bisa melangsungkan kehidupan bersosialisasinya secara tatap muka dengan lingkungannya. 

Makanya, nggak heran dong kalau di masa pandemi ini kita habis-habisan melakukan adaptasi, tak terkecuali dalam hal parenting


Mama yang biasanya bekerja di kantor, kini sebagian besar waktunya harus work from home. Anak terbiasa memahami bahwa kehadiran mama di rumah berarti adalah waktu kebersamaan yang tiada batas. Terkadang anak kurang memahami bahwa mamanya harus menyelesaikan pekerjaan kantor dari rumah, terutama bagi anak yang masih berusia balita dan sepantarannya. 

Mama di rumah, berarti bebas bermanja-manja dan diajak bermain dong... gitu kalik ya pendapat anak kita, Moms. Pendapat mereka ini tentu saja tidak salah. Sudah secara naluriah seorang anak begitu melihat mamanya tentu inginnya nempel terus. 

Itulah mengapa mama jadi sering kehabisan energi ketika WFH. Harapan bisa menyelesaikan 2 pekerjaan yang berbeda sekaligus tinggal menjadi harapan. Saat tugas dan deadline sudah di depan mata, sang buah hati bagai tak mau mengerti. Enggak digubrik kok ya kejam sekali, anak sendiri masak tidak diperhatikan. Tapi gimana nih dengan pekerjaan kantor. 

Lelah fisik dan psikis akhirnya menghampiri seorang mama di masa seperti ini. Padahal Moms & Dads tentu menyadari, perkembangan anak banyak dipengaruhi oleh kesehatan emosional keluarga dan cara mendidik yang tepat. Kalau mamanya saja tidak bahagia karena kehabisan energi gitu, bagaimana dong caranya?

Kelelahan yang teramat sangat tadi bisa jadi disebabkan kurangnya andil anggota keluarga yang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas di rumah. Melihat mama di rumah, ya sudah berarti semua tugas harus mama yang menyelesaikan. 

Padahal jika dibantu sedikit saja, misal dalam hal mencuci piring bekas makan, menyapu dan mengepel lantai rumah, atau menjemurkan baju yang sudah dicuci, seorang mama akan sangat bahagia dan merasa terbantu. Efek bahagia dari merasa diperhatikan dan dibantu ini memiliki dampak positif yang signifikan untuk kesehatan mental sang mama. 

Hayooo para papa dan anak-anak yang sudah remaja nih, sudah pada bantuin mama atau belum? πŸ˜‰

Jangan-jangan nih yaa... anak-anak malah lebih sibuk di depan gadget. Iya sih, tadinya digunakan untuk mengikuti pelajaran daring. Habis itu malah kebablasan untuk nge-games ataupun mainan media sosial. Hal ini memang jadi tantangan tersendiri untuk orangtua dalam parenting di masa pandemi. 

Lalu apa kabarnya 'me time' nih, Moms? Di antara hectic-nya tugas yang harus dikerjakan, ada hak untuk diri sendiri yang butuh terpenuhi. Mengapreasiasi diri sendiri penting juga dilakukan agar jiwa dan raga tetap seimbang kebahagiaannya. 

Namun bisakah hal itu tercapai dengan kondisi yang kurang ideal seperti saat ini?


Sejarah Munculnya Popmama Parenting Academy


Jika jenjang pendidikan dan perolehan ketrampilan bisa dicapai melalui tahapan khusus, mengapa menjadi orangtua tidak pernah ada sekolahnya ya?

Bahkan ada yang menyatakan jika menjadi orangtua adalah proses belajar seumur hidup. Pada tiap jaman, hal yang harus dihadapi belum tentu sama dengan apa yang dihadapi oleh generasi sebelumnya.

Saat ini orangtua dihadapkan dengan kondisi harus mendidik dan mengasuh generasi milenial dalam melalui era yang sedang berjalan seiring dengan bergeraknya pandemi Covid-19. Berbagai tindakan dan kebiasaan yang dilakukan merupakan hasil dari adaptasi keluarga dalam melampaui masa-masa sulit ini. 

Salah satu cara yang harus dipelajari oleh seorang mama, sebagai madrasah pertama bagi putra-putrinya, adalah bagaimana mendapatkan berbagai informasi terkait dunia parenting yang terpercaya. Kemajuan teknologi mempermudah para mama dalam mendapatkan akses informasi seputar pendidikan dan pengasuhan anak.

Bak gayung bersambut, hadirlah Popmama.com sebagai media online yang menyajikan berbagai konten worth-sharing yang trending dan relevan untuk para millennial mama di Indonesia.


Mengapa mama harus 'berteman' dengan media online yang satu ini?

Popmama.com lahir sebagai teman bagi mama generasi millennial untuk berbagi informasi, tips, dan trik agar menjadi mama terbaik. Di sini tersaji berita-berita terhits tentang mama dari seluruh dunia, informasi mengenai dunia parenting, dan saran-saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya.

Kelebihan utama dari Popmama.com terletak pada kreativitas dari konten yang disajikan dengan sudut pandang dan cara penyajian yang berbeda dari media konvensional. Popmama.com menggunakan banyak visual, video, list, dan humor dalam penulisan artikelnya.

Portal berita parenting ini hadir sebagai bagian dari IDN Media, perusahaan media multiplatform untuk millennial dan generasi-Z. Visi utama yang diusung oleh Popmama.com adalah menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan millennial mama dalam menjalani kehidupannya sebagai orangtua.

Ada apa saja sih di Popmama.com ini?



Sesuai dengan visi yang sudah tertulis di atas tadi, beragam topik bahasan tersaji untuk memenuhi kebutuhan millenial mama dalam mendapatkan informasi parenting yang lengkap. Melalui Popmama.com semua fase sebagai mama dapat dijalani secara tangguh berkat informasi yang aktual dan solutif. 

Sejak mulai fase pregnancy, mama muda yang sedang menyiapkan kehamilannya bisa memperoleh aneka informasi yang bermanfaat di sini. Tahapan dari trimester 1 hingga trimester 3 pun bisa dipantau melalui aneka artikel yang benar-benar mendampingi mama. Hingga tahap kelahiran pun juga tersaji berbagai panduan yang bisa bikin millenial mama tenang dalam menjalani prosesnya.

Millenial mama yang memiliki putra-putri di rentang usia 1-5 tahun bakalan memperoleh banyak informasi khusus, yang jelas berbeda kebutuhan dengan mama yang punya anak di rentang usia 6-12 tahun. Masing-masing bisa mengakses informasi parenting yang berbeda sesuai tahapan usia anak.

Nah, yang paling menarik nih ada di fitur yang diberi judul #POPAC2021. Membahas tentang apa ya fitur tersebut?

POPAC merupakan singkatan dari Popmama Parenting Academy dimana tahun 2021 ini menjadi tahun ketiga atas kehadirannya mendukung mama millenial terkait parenting di era pandemi. Semua hal yang harus dilalui dan dihadapi mama di masa pandemi ini jelas berbeda dengan era sebelumnya. 

Popmama.com menjadi sahabat spesial mama dalam menjalani proses mendidik dan mengasuh anak selama pandemi. Bukan hal yang mudah loh menjalani masa pandemi ini.  Namun kita semua harus bisa bangkit dan menjadikannya sebagai langkah awal demi masa depan generasi penerus yang sangat berharga.

Ya, pandemi memang mengubah banyak hal dalam kehidupan. Keluarga adalah yang terdampak dan anak-anak menjadi "silent victim", korban yang tak bisa bersuara. Dari sisi tumbuh kembang anak, kesehatan, dan pendidikan mereka terhambat. Dari sisi keluarga, ekonomi dan kualitas hidup aman dan nyaman pun terdampak. Karena pandemi pula, catatan kekerasan pada anak meningkat.

Optimisme harus selalu dibangun, terutama untuk mengatasi berbagai permasalahan di atas. Lalu apa yang bisa dilakukan para mama untuk memperbaiki hal yang muncul dan terpicu oleh pandemi? 

Banyak loh yang tetap bisa dilakukan mama hebat di Indonesia. Hal inilah yang mendasari munculnya Popmama Parenting Academy. 2021 ini menjadi tahun ketiga bagi hadirnya Popmama Parenting Academy. 

Tahun 2021 ini temanya Parents Support Parents. Popmama.com yakin jika kita, orangtua bersatu, dampak pandemi pada anak-anak bisa segera dipulihkan. Putra-putri kita harus tetap bertumbuh dengan baik dan menyongsong masa depan dengan penuh kemenangan. 




Aktivitas Popmama Parenting Academy 2021 


Popmama Parenting Academy (POPAC) memiliki 4 pilar utama dalam mengusung informasi yang dihadirkan bagi millenial mama.


Sesuai dengan infomasi yang tercantum di website popac.popmama.com, terhimpun data dari unicef.org, terhitung sejak pandemi ada, 25.430 anak-anak di Indonesia kehilangan salah satu atau kedua orangtua mereka akibat Covid-19. Data ini dihimpun melalui pemetaan nasional yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) bersama dengan UNICEF.

Mayoritas anak (57 persen) kehilangan Papanya, lebih dari sepertiga (37 persen) dan kehilangan Mamanya. Pada data ada sekitar 5 persen kehilangan kedua orangtua. Anak-anak tersebut saat ini diasuh oleh anggota keluarga besarnya, sementara ada juga anak yang tidak menerima pendampingan ataupun pengasuhan dari orang dewasa.

Popmama.com menangkap permasalahan ini sebagai sesuatu yang harus dijembatani. Ada permasalahan, ada pula jawabannya. Oleh karena itu pas sekali jika dalam POPAC 2021 fokusnya ada pada 4 pilar utama berikut ini:

Alhamdulillah, banyak hal positif terkait hal di atas yang diselenggarakan dalam rangkaian Popmama Parenting Academy 2021. Berbagai aktivitas tersebut bisa diuraikan seperti di bawah ini:


1. Popmama.com Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19


Gerakan Popmama.com pun ikut menginisiasi penggalangan dana bagi anak-anak yang kehilangan orangtuanya akibat Covid-19. Tingginya angka kematian ketika gelombang pertama dan kedua menyerang membuat banyak anak terpaksa kehilangan orangtuanya.

Sesuai dengan tagline “Parents Support Parents”, maka pada POPAC 2021 ini dilakukan gerakan dari para orang tua saling mendukung satu sama lain untuk mengawal generasi anak Indonesia yang harus tumbuh di tengah situasi pandemik. 

Penggalangan dana tersebut dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan nantinya akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19. Periode penggalangan dana berlangsung hingga 31 Desember 2021.


2. Meluncurkan Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi


Generasi pandemi tumbuh menjadi generasi yang unik. Anak-anak yang tumbuh di masa pandemi ini mengalami hal-hal yang tidak dialami oleh anak-anak dari generasi sebelumnya. Segala hal yang terjadi terkait kondisi ini membuat segala rangkaian tumbuh kembang, perilaku, dan karakter mereka unik.

Orangtua perlu memiliki panduan untuk memahami dan mengerti cara memberikan stimulasi terbaik bagi generasi millenial dengan karakter unik tersebut. Popmama.com menginisiasi pembuatan buku Parenting Guide for Pandemic Generation.

Buku dengan format e-book ini nantinya bisa didownload dari website Popmama.com. Tunggu saja kehadirannya yaa...

Mengapa buku ini penting bagi kita para millenial mama?

Kondisi pandemi membuat anak-anak kita menghabiskan sebagian besar waktunya dengan di rumah saja. Sebagian besar interaksi dilakukan bersama orangtua atau keluarga dekatnya. 

Nah, yang paling crucial nih, anak-anak generasi pandemi ini sangat akrab dengan teknologi. Tiap harinya mereka harus belajar melalui gadget. Bahkan berkomunikasi dengan temannya pun harus dilakukan melalui gadget.  

Ada satu masa dimana anak-anak ini mulai mengalami rasa bosan dengan sekolah daring yang dijalaninya. Kelamaan di depan gadget pun bisa menjadi salah satu sebab sulitnya berinteraksi dengan orang lain. 

Para mama millenial butuh banget nih informasi untuk mengurai berbagai masalah yang dihadapi oleh anak-anak generasi pandemi. Sesuai banget dengan materi dalam buku ini yang penyusunan materinya dibantu oleh pembaca-pembaca Popmama.com yang tergabung di dalam Whatsapp Group Komunitas Popmama.com.

Para mama memberikan masukan, ide, dan juga menceritakan pengalaman mereka selaku orangtua dari generasi pandemi. Dari pengalaman mereka itulah Popmama.com memetakan kondisi yang dialami generasi pandemi, tantangannya, dan apa yang diperlukan oleh orangtua untuk mendapatkan solusi bagi permasalahan yang dihadapi di masa pandemi ini. 



3. Apresiasi Komunitas melalui Community Award POPAC 2021


Community Awards adalah ajang penghargaan komunitas dari Popmama.com di acara POPAC 2021. Acara ini diadakan untuk mendukung komunitas yang sudah berusaha mengedukasi serta memberikan dampak positif ke masyarakat.


Ada 2 kategori komunitas yang mendapatkan award sesuai dengan infografis di atas. Nah, komunitas yang Moms ikuti sudah mendaftar atau belum?



4. Popmama Little Star 2021


Kemampuan sang buah hati bisa ditunjukkan melalui ajang Popmama Little Star 2021. Sayang dong Moms kalau bakat si kecil disimpan begitu saja.  
 

Cara mengikuti Popmama Little Star ini bisa dibaca langsung di link ini ya Moms : 


Selain mengasah kemampuan dan bakat anak, nantinya si kecil bisa mendapatkan banyak hadiah sebagai wujud apresiasinya loh Moms. 


Beberapa rangkaian kegiatan Popmama Parenting Academy ini menunjukkan concern Popmama.com terhadap perkembangan dunia parenting yang terus bergerak menyesuaikan dengan jamannya. Moms & Dads pembaca blog bocahrenyah.com wajib nih mengikuti terus update dari web kesayangan ini.

Nggak salah doong kalau bisa dibilang Popmama.com ini sebagai : A parenting guide for millenial mama, ye kaaan... 









Sumber referensi:
  • https://www.popmama.com/life/health/greg-bima/bersama-popmama-com-bantu-anak-yatim-piatu-akibat-covid/
  • https://www.popmama.com/life/health/sandraratnasari/popmamacom-segera-luncurkan-buku-panduan-pengasuhan-generasi-pandemi/5
  • https://www.popmama.com/life/health/putri-syifa-nurfadilah/apresiasi-komunitas-di-community-awards-popac-2021-yuk-daftar/3
  • https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/devi-ari-rahmadhani/unjuk-bakat-di-popmama-little-star-2021-raih-hadiah-jutaan-rupiah/2

59 comments:

  1. Wahh aku baru tau banget ada popmama.com ini, segala hal dalam dunia parenting bisa kita pelajari disini. Bahan hal itu bersumber dari orang-orang yang tentu sudah berpengalaman di bidangnya.. Walaupun saya laki-laki juga penting nih buat belajar hal seperti ini, apalagi menyangkut soal anak dan pengasuhannya dirumah.

    ReplyDelete
  2. setuju, nih. para orang tua harus saling dukung untuk bersama mengasuh anak. it takes a village to raise a child, right?

    ReplyDelete
  3. Wah iay, ya. Orang tua, terutama ibu, adalah sosok yang paling rentan stress semasa pandemi. Apalagi kalau anaknya masih butuh bimbingan semua dan lebih dari satu. Penting lah ya saling support di antara sesama orang tua.

    Sejujurnya saya tak merasakan itu sebab anak cuma satu sudah ABG. Saya stresnya di lain hal...hihihi ...

    ReplyDelete
  4. Aku tau web POPMAMA udh lama sebenernya pas lagi butuh2nya artikel mengenai ibu muda dan parenting perihal anak. Giliran udh pada gede, lupa baca web ini lagi. Ahaha. Kayaknya tetep harus gali ilmu perihal parenting di sini. Jadi inget lagi web kece buat para Mama

    ReplyDelete
  5. Menjadi orang tua ternyata gak mudah. Apalagi sejak saya punya anak dua yg jaraknya berdekatan, bisa emosi tiap hr bahkan suka nangis sendiri. Syukur banget nih ad parenting academy di Popmama, wajib ikutan nih saya

    ReplyDelete
  6. Kalau ingin jadi mama terbaik, tampaknya membaca popmama ini adalah pilihan yang tepat, Terima kasih rekomendasinya ya mba. Aku akan sering membaca artikel artikelnya :)

    ReplyDelete
  7. Asik nambah lagi media informasi yang menyenangkan untuk disimak

    ReplyDelete
  8. Banyak tantangan bagi ibu dimasa pandemi ini, kalau saling support pasti akan memberikan efek lebih bagus dong. Ditambah bacaan bermanfaat, makin cakep deh

    ReplyDelete
  9. betul mb, setuju sih kalo tagline popmama sebagai parenting guide. pelayananya lengkap banget mulai dari kehamilan, lho ya. apalagi ada even parenting academy, makin mantul popmama..

    ReplyDelete
  10. wah, beruntung deh hidup di zaman digital kaya sekarang, ada popmama , banyak ilmu pengetahuan tentang parenting yg bisa kita dapatkan disana.

    ReplyDelete
  11. Bagus acaranya nih semoga bisa ikut rangkaian acara-acaranya nanti. Menarik banget soalnya. Websitenya juga bagus ya...

    ReplyDelete
  12. Bagus nih tema yang diusungnya pas banget dengan kondisi masa pandemi seperti sekarang ini ya..Semoga banyak yang terbantu. Aamiin Allohumma Aamiin...

    ReplyDelete
  13. Popmama memang andalan kalo yang mau cari informasi seputar ilmu parenting yaaaa, mulai dari di kandungan, bayi, balita sampai usia sekolah

    ReplyDelete
  14. aku sering banget nih baca artikel di popmama.com, sangat informatif dan bikin aku belajar banyak hal..

    ReplyDelete
  15. Komplit banget ya mbak Uniek, materi-materi worth-sharing di popmama.com

    Siapapun yang ingin update ttg dunia Millenials Mama, ya sudah paling bener njujugnya ke web ini.

    ReplyDelete
  16. wah ini tuh keren banget ya event nya. jadi ga sabar deh pengen ikutan popmama parenting academy desember nanti, tinggal beberapa hari lagi nih menuju desember ^^ hihi

    ReplyDelete
  17. Informasi di web Popmama sangat lengkap.
    Senang sekali ada pencerahan bagi para orangtua yang senantiasa ingin selalu update masalah rumah tangga.
    Lengkap banget, Popmama Parenting Academy.

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah ya mbak, aku juga belajar banyak nih dari pop mama dari mulai seputar parenting, pendidikan anak, finasial juga. Bener-bener andalan untuk ibu-ibu seperti saya yang perlu bimbingan dalam mengasuh anak

    ReplyDelete
  19. Aah...ini portal berita favoritku sejak jadi orang tua, Bun. Aku suka baca di sini artikel2 yang aku baca mudah dipahami dan enggak bikin was2 karena rata2 ada risetnya. Tapi btw, aku baru tahu detail tentang POPAC ini.

    Bagus programnya, saling support!

    ReplyDelete
  20. Aku banget nih mba.. Di masa pandemi kudu ngurusin anak remaja, batita, dan bayi sekaligus πŸ˜„πŸ˜„ Alhamdulillaaah..
    Popmama ini salah satu andalanku kalo nyari artikel parenting di google. Bermanfaat banget..

    ReplyDelete
  21. Parents Support Parents bagus sekali ini temaya juga keempat pilar yang jadi concern Popmama Parenting Academy 2021. Di antaranya bantu yatim/piatu akibat Covid
    Jadi ingat sepupuku berpulang sebagai korban Covid, meninggalkan dua anak yatim - SMA dan SMP. Juga ortu di kelasnya kedua anakku, masing-masing ada 1 yang Ibunya berpulang.

    ReplyDelete
  22. Aku dulu kenal Popmama dari IDN Media, mbak. Ternyata ada kompetisi juga untuk lomba blog, Litle star, bahkan komunitas di PopMama Parenting Academy tahun ini.

    ReplyDelete
  23. "Parents support parents". Wah, aku suka banget nih, judul dan isinya. Semoga inisiatif ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan dampak baik juga bagi siapa saja. :D

    ReplyDelete
  24. Popmama emang keren banget isinya. Sangat membantu kita memenuhi 4 kriteria di atas. Siapa pun pemenangnya, salut!

    ReplyDelete
  25. Anakku suka bantuin aku mbak, umurnya mau 3 tahun tapi demen banget bantuin emaknya. Bangun paling pagi diantara kakak2nya, lalu kalau aku lagi ngapain penginnya dibantuin, kadang akunya yang gimana gitu, wuakakakak

    Anyway POPAC 2021 acaranya keren² dunk, udah daftar dunk satu diantara lomba nya, asyiiiik

    ReplyDelete
  26. 5% dari 25ribuan. Berarti ada seribuan anak yang jadi yatim piatu akibat pandemi ini ya :( Dan mereka bukan angka. Mereka anak-anak yang butuh didampingi, butuh kasih sayang.

    ReplyDelete
  27. Nggak cuma orang tua aja yg terdampak covid, nyatanya anak anak juga banyak bahkan ada yg kehilangan kedua orangtuanya.

    Kayaknya ini portal wajib banget sih sering sering dikunjungi, mumpung masih single harus banyak banyak belajar parenting

    ReplyDelete
  28. BAGUUUSS BANGET ini program2nya Mbaaa
    Ya ampun, PopMama bener2 memahami kebutuhan ortu jaman now ya.
    Selain bisa mendapatkan banyak manfaat edukasi dgn tema parenting, kita pun diberikan kesempatan utk beramal. Aseliik, keren!

    ReplyDelete
  29. PopMama nih paling lengkap ya membahas tentang parenting jadi bisa diaplikasikan pada kegiatan sehari2

    ReplyDelete
  30. bagus bgt ini PopMama benar2 info yg harus disebar ke para ortu. banyak ilmu dan edukasi untuk parenting. nice info

    ReplyDelete
  31. Bagus banget program-programnya, paket komplit gitu. Pasti seru banget jadi bagian dari program dan event-event itu. Bisa di keep nih infonya buat pasangan nanti, siapa tau minat ikutan juga

    ReplyDelete
  32. Akhirnya jadi tahu kenapa Popac kali ini temanya parent support parent. Iya juga ya, kalau pada orang tua bersatu, kita jadi bisa sama-sama mengatasi dan melewati masa pandemi ini.

    ReplyDelete
  33. Aku baru tau kalo Pop Mama punya program parenting yg keren bgt. Aku pikir cuma bahas tentang trend fashion, skincare, dll yg berhubungan dgn penampilan aja hehe

    ReplyDelete
  34. Mama jaman now terwajib ikutan acara ini ya Mba.
    Banyak faedah dan keseruan yg bisa kita nikmati.
    siap belajar jadi ortu yg lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  35. Hevatnya PopMama, semua terangkum jadi satu

    kalo dulu kan langganannya kudu minimal 10 buletin - majalah - sampe tabloid dan koran!
    masih inget jaman tukang koran datang dan bawain femina - dewi - kartini - intisari - tempo - home - dan entah apalagi

    ReplyDelete
  36. Menurut saya pribadi belajar parenting memang penting banget, karena ada banyak hal yang kita butuh support untuk mengatasinya, dengan belajar parenting ortu bisa lebih bijaksna dalam bersikap dan menyikapi masalah dalam proses pengasuhan. Popmama.com menjadi salah satu media pilihan untuk belajar parenting secara komplit, saya juga kadang ambil referensi dari sini mbak.

    ReplyDelete
  37. Popmama ini konsepnya menyeluruh banget ya Mbak Uniek. Mulai dari mamah muda eh mulai dari kehamilan sampai anak-anak bertumbuh dan berkembang, bisa mencari referensi di Popmama. Popac juga konsepnya keren apalagi di tahun 2021 ini diselenggarakannya secara daring.

    ReplyDelete
  38. Hiyaaa bener banget mbak. WFH ini malah sering membuat saya nggak bisa berkutik kala di rumah. Baru mau buka laptop, si kecil udah nempel aja. Cerita, ngajak main, ngajak ngobrol, minta dibacain buku.

    Sangat menantikan nih tayangnya e-book Parenting Guide for Pandemic Generation.

    ReplyDelete
  39. dari tahun 2014, pop mama ini jadi sumber aku dalam mencari artikel kesehatan anak, tumbuh kembang anak, dan pola asuh anak

    ReplyDelete
  40. Walaupun baru tahu, saya setuju banget mbak kalau Popmama.com ini sebagai a parenting guide for millenial mama. Situsnya kaya akan informasi seputar parenting, pastinya selain belajar juga ada ajang kompetisi yang menarik. Mengesankan!

    ReplyDelete
  41. Jadi pingin ikutan Popmama Parenting Academy nih, soalnya berasa banget kurang ilmu seputar parenting, terutama untuk menguatkan mental yang sering down karena kelalahan antara bekerja di rumah dan menyelesaikan pekerjaan rumah. Apalagi bener banget, anak-anak kalau lihat ibunya di rumah meskipun ibunya bekerja bawaannya pingin manja-manja.

    ReplyDelete
  42. Jadi orangtua ga ada sekolahnya, jadi butuh panduan banget kalau lagi bingung mengambil langkah2 pengasuhan. Saya paling suka sama portal2 pengasuhan semacam Popmama ini, jadi ada tambahan referensi kalau lagi galau sama anak & suami 🀣

    ReplyDelete
  43. Keren banget Popmama Parenting mengeluarkan buku parenting di masa pandemi seperti ini. Ini dituasi yang tak diinginkan dan semoga dengan buku Parenting Guide ini, banyak yang terbantu ya mba

    ReplyDelete
  44. Sukaa banget sama Pop Mama Academy. Bakal bermanfaat banget bagi para orangtua untuk mendidik anak2nya. Btw yang masih single kayak Molly boleh ikut?

    ReplyDelete
  45. Keren nih program-programnya. Benar banget pandemi ini bikin kita lelah fisik dan psikis, perlu banget ada wadah atau komunitas yang bisa saling berbagi atau support

    ReplyDelete
  46. saya seneng banget sama tema parents support parents. Di era media ssosial di mana koment sesama ortu malah jd terasa toksik dan menyakitkan, parents support parents ini sangat passsss

    ReplyDelete
  47. Selama pandemi di rumah aja ada plus minusnya ya mbak. Gak harus khawatir saat anak lagi di luar rumah, tapi di dalam rumah harus kontrol pakai gadegetnya. Butuh pembiasaan untuk belajar dari rumah juga.
    Lewat popmama kita bisa sharing dan belajar banyak tentang parenting yang relevan dengan zamannya

    ReplyDelete
  48. Walaupun di rumah saja, para Mama dan papa bisa tetap update masalah parenting ya dengan mengakses website popmama jadi kita bisa menambah ilmu seputar parenting, kesehatan anak dan lainnya..nggak ada lagi kata kudet..

    ReplyDelete
  49. Kegiatan Popmama Parenting Academy tahun ini banyak juga ya mbak. Bahkan saling suport antara orang tua dalam rangka penggalangan dana untuk anak-anak yang kehilangan orang tuanya karena covid. Keren kegiatannya, semoga sukses

    ReplyDelete
  50. zamn sekarang dengan kondisi gen Z yang kadang gak bisa diduga, para mama butuh saling support ya dala mengurusi anak, biar tetap warasa, kayak gabung ke popmama bisa jadi solusi

    ReplyDelete
  51. Banyak banget ya kegiatan di Pop Mama Academy ini mbak
    Suka banget sama temanya, memang yang namanya ortu khususnya mama2 tu sebaiknya saling dukung dan jangan saling nyinyir yaa, biar anak2 juga tumbuh dengan lingkungan yang baik.

    ReplyDelete
  52. Ini komunitas yang membangun sekaligus bertumbuh bersama anggotanya ya mbak Uniek. Mengedukasi sekaligus mengajak untuk mengasah skill bareng

    ReplyDelete
  53. Jiwa seorang orangtua itu harus siap dengan segala tantangan.
    Dan untuk mencari jawabannya di era digital begini, ada solusi paling cepat yakni mengakses Popmama.
    Salut dengan kebaikan dan parenting yang disebar luaskan. Sehingga menularkan kebaikan dan menciptakan generasi yang bahagia.

    ReplyDelete
  54. Popmama Parenting Academy ini adalah acara tahunan yang selalu dinanti para orang tua. Banyak informasi seputar parenting disini

    ReplyDelete
  55. Dari dulu suka banget baca artikel parenting dari Pop Mama apalagi sekarang ada pop mama academy, acaranya keren banget yaa. Jadi gak sabar membaca e-book parenting guidenya nih.

    ReplyDelete
  56. Suka nih saya sama tema Popmama Parenting Academy 2021 ini: Parents Support Parents. Ya emang sudah seharusnya begitu, jangan malah saling menjatuhkan. Hiks. Yuk bisa yuk, saling mendukung satu sama lain, belajar bareng kitanya biar jadi orangtua yang mengerti betul gimana mendidik anak zaman sekarang.

    ReplyDelete
  57. Aku pernah dengan sebuah pepatah bijak, "butuh orang sekampung untuk membesarkan anak"
    Nah ini pas banget dengan teman PIPAC tahun ini, parents support parents

    ReplyDelete
  58. Bener banget mbak, zaman pandemi gini makin banyak tugas ibu. Aku ngerasain banget, apalagi dapet baby juga. Lengkap sudah. Karena mesti butuh ilmu biar tetep waras. Eh, btw udah desember berarti popmama parenting academy udah mulai ya. Siap-siap belajar nih.

    ReplyDelete
  59. Sering baca Popmama yang memang lengkap ilmunya. Lagi nungguiin nih e-book, Pandemic Guide for Parenting Generation pas banget momennya saat ini. Berasa saling mendukung dengan ortu lainnya lewat POPAC 2021 ya, beragam temanya dan mengena

    ReplyDelete