Monday, January 24, 2022

Memilih Kampus Impian untuk Masa Depan

 

Pernah nggak sih ikutan galau ketika ditanya oleh anak sebaiknya dia nanti milih kuliah jurusan apa?

Jika ada yang pernah merasakan hal ini, yuuk sini kita bergandengan tangan, Moms... Saat ini Ibu BocahRenyah sedang mengalami hal tersebut.

Kali ini Ibu pengin cerita tentang perjalanan Kakak (si sulung) yang sedang memasuki tahap hendak masuk kuliah setelah nanti lulus dari sekolah menengahnya. Saat ini Kakak masih di kelas 3 SMK jurusan multi media.

Beberapa saat yang lalu Kakak sempat mengabarkan pada Ibu bahwa nilai rapornya bisa masuk kualifikasi untuk mendaftar SNMPTN. Bagi Moms & Dads yang seangkatan dengan Ibu, jika tidak tahu apa itu SNMPTN, itu tuh semacam penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri lewat jalur prestasi nilai akademik sekolah, dulu nyebutnya PMDK di tahun 90an yaaa... *genk ubanan dan koyoan mari merapat

Alhamdulillah... Kakak masih punya kesempatan awal untuk memilih kampus yang sekiranya sesuai dengan kemampuannya di kesempatan masuk lewat jalur prestasi ini. Mohon dibantu doanya yaaa pembaca blog BocahRenyah. πŸ™πŸ™

Kayaknya hal seperti ini biasa aja kali yaaa... Anak sekolah, mulai dari SD hingga ke sekolah menengah, lalu lanjut kuliah, apa sih istimewanya?

Bagi tiap keluarga, perjalanan hidup memiliki kisah tersendiri. Satu dan yang lain punya dinamika yang berbeda-beda. Tak terkecuali keluarga BocahRenyah nih. 

Kakak harus mengikuti persaingan masuk bangku kuliah di PTN melalui cara yang cukup berat. Beberapa hal yang bikin perjuangan belajarnya harus ekstra dibanding anak-anak lain adalah:
  • Saat ini Kakak menempuh sekolah kejuruan yang notabene pelajarannya jauh berbeda dengan pelajaran anak-anak SMA umum. Hal ini membuat Kakak punya faktor kesulitan yang cukup tinggi ketika mengerjakan latihan-latihan soal UTBK. Banyak pelajaran yang tidak Kakak dapatkan di bangku SMK.
  • Rata-rata jelang persiapan kuliah, banyak anak yang mengikuti bimbingan belajar secara intensif. Kakak tidak bisa melakukan hal ini karena dia masih tinggal di pondok pesantren yang jauh dari rumah. Kapan bisa lesnya kan, untuk belajar matpel sekolah saja waktunya sangat sedikit. 
  • Kan masih bisa ikutan kursus online? Helooo... dikira mondok di warnet apa? πŸ˜€ Jangankan bisa akses internet, menggunakan smartphone aja tidak bisa. 

Alhamdulillah, Kakak masih punya beberapa jam waktu bisa online ketika sedang berada di lab komputer. Untuk anak SMK dengan jurusan yang related dengan penggunaan metode daring untuk mendapatkan bahan ajar, tentu saja hal ini bisa menjadi nilai tambah. 

Setiap kali bisa online, Kakak punya sedikit waktu untuk bisa chatting dengan Ibu. Beberapa bulan terakhir ini perbincangan singkat antara Kakak dan Ibu ya isinya tentang jurusan-jurusan apa saja yang bisa menjadi pertimbangan untuk dipilih, disesuaikan dengan kondisi persaingan di jurusan tersebut.

Kakak sedang praktik jadi host acara talkshow di televisi

Katakanlah, mau ambil jurusan A di kampus A, perlu dilihat nih data tahun lalu, daya tampung yang disediakan versus jumlah peminatnya berapa. Cukup bikin deg-degan nih saat tau jurusan yang ingin diambil oleh Kakak, ternyata tahun lalu yang diterima hanya sekitar 60an saja dari sekitar 2500 pendaftar. 

Dalam kondisi normal, misalnya Kakak sekolah di SMA dan mendapatkan pelajaran yang sama, tentu tidak segalau saat ini dalam mengikuti persaingan perebutan bangku kuliah ini. Mengingat kondisi spesial jalur pendidikan yang ditempuhnya saat ini, kudu lebih tricky lagi dalam menentukan prioritas pilihan kuliahnya. 

Mohon dibantu doa yaaa Moms, Dads, Aunties & Uncles... semoga Kakak bisa berhasil mendapatkan bangku kuliah sesuai pilihannya. Insya Allah yang paling tepat dan penuh berkah untuk meniti masa depan. Saat ini Kakak penginnya bisa melanjutkan ke jurusan broadcasting ataupun jurusan lain yang mirip-mirip gitu.

Semoga anak-anak Moms & Dads lainnya juga diberikan kelancaran dan keberkahan juga ya. 







Semarang, pagi hari yang cukup hangat, namun hati diselimuti pergolakan....

68 comments:

  1. semangat untuk kakak ya, anak smk juga nggak kalah cerdas na dengan anak sma, menuju bangku kuliah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sih, hanya saja ada bbrp matpel yg si Kakak ga dapat nih. Belajarnya untuk UTBK harus ekstra keras. Mohon doanya yaaa utk Kakak.

      Delete
  2. Semoga menemukan jalan terbaik, dimudahkan meraih yang diidamkan Nak Vivi.

    ReplyDelete
  3. Anakmu kok soyo mirip dikau, semoga tumbuh jadi anak salihah dan dimudahkan jalan studinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin... Matur nuwun doanya, Pak Soedjono bin Jola Joli.

      Delete
  4. Wah, Kakak sudah mau duduk di bangku kuliahπŸ‘πŸ‘
    Saya berdoa semoga Kakak berhasil di terima di Universitas idaman dan jurusan yang diincar. Gapapa lulusan SMK, yah walaupun materinya beda dengan SMA. Sesama lulusan SMK, percayalah kita punya kompetensi dan ketrampilan yang gak kalah dengan lulusan SMA kok Kak😁
    Semangat belajar, Kak!

    ReplyDelete
  5. Semoga Kakak bisa kuliah di tempat dan jurusan sesuai keinginannya yaa, soalnya kalo kita sesuai sesuai keinginan hati hasilnya pasti memuaskan karena kuliahnya pasti serius

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Tante, maunya juga gitu, ketrima di jurusan sesuai dengan yg diidam-idamkan. Terima kasih bantuan doanya ya. πŸ™πŸΌ

      Delete
  6. Anakku juga lolos masuk jalur SNMPTN mbak, Alhamdulillah keterima di univ negri sesuai yang dia pengen. Sekarang jadi ketua divisi, tutor jadi tenaga pengajar mahasiswa baru dll. Semoga anaknya juga sukses dan terkabul apa yang diinginkan ya ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah, luar biasa anak Tante Dessy. Semoga Kakak nanti juga terkabul doanya masuk ke jurusan sesuai yg didambakan via SNMPTN ini.

      Delete
  7. Aduduuu..lihat fotonya, ini fotokopimu banget lho Dik..plek ketiplek..haha.. Semoga berhasil kuliah di jurusan yg paling sesuai dengan minatnya yaa.. Semoga sukses selalu, cah ayu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matur nuwun, Budhe Tanti. πŸ™πŸΌπŸ™πŸ½

      Delete
    2. Haha iya bener, mirip banget sama Mbak Uniek versi muda ya

      Makin besar, udah kayak kakak adik dan bisa diajak sahabatan

      Delete
  8. Saran mpo pilih di luar dki. Saingan sedikit, tetap berdoa dan belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jateng aja udah luar biasa saingannya, Mpo Ratne. Terima kasih dukungannya ya.

      Delete
  9. Pilihan kampus dan jurusan yang tepat tentu akan menunjang cita cita apalagi sekarang kriteria kampus juga harus memenuhi akreditasi. jadi kudu dipilih dengan baik

    ReplyDelete
  10. Dulu juga gitu mbak, sebelum pilih, cari info tentang peminat, daya tampung, trus alumninya kerjanya ditrima di mana, tapi sekarang semakin banyak jurusan baru di kampus idaman, karena era digital semakin berkembang

    ReplyDelete
  11. Aamiin ya Allah, semoga kakak bisa kuliah di tempat yang sesuai keinginan ya. Saat ini anakku kelas 2 SMP tapi udah mulai aku kasih tau SMA atau SMK yang akan dipilihnya nanti jadi ada gambarannya. Aku sendiri ya terserah anaknya sih mau dimana yang penting bener dan happy hehe.

    ReplyDelete
  12. Semangat ya,setiap anak akan ada jalannya sendiri moms,jadi kalau gak masuk yang diingunkan insyaallah masuk sekolah yang terbaik ya,semangat kakak.

    ReplyDelete
  13. Foto yg jd host itu pas ditutupi separuh mirip banget ma Mbak Uniek gesture tubuh dan matanya hehe.
    Aamiin semoga nanti bisa masuk jurusan sesuai yang diminati.
    Beberapa teman sekolahklu dulu jg ada yang sekolah kejuruan trus kyk dibantu ikut les gtu mbak, zaman dulu.
    Kalau zaman skrng kyknya lbh mudah krn banyak aplikasi online buat bantu belajar kali ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mudah klo anaknya di rumah, te April. Arek iki kan di pondok dan ga setiap saat bisa online. Mohon dibantu doa biar berhasil melampaui tahapan masuk kuliah ini dengan lancar ya, Te. πŸ™πŸΌ

      Delete
    2. Yes mbak sebagai ortu hanya bisa kasi semangat, dukungan, dan mendoakan ya. Semoga bisa masuk jurusan yang sesuai dengan harapan. Mereka yang udah tahu apa yang mau ditujunya biasanya lbh mudah, gak hanya saat mempersiapkan diri saat akan masuk kuliah tapi juga pada saat menjalani proses perkuliahan itu sendiri ya.

      Delete
  14. Duh mbak..anakku mau masuk SMA aja udah bingung mau masuk mana..haha Antara SMK, SMA , atau MAN..Apalagi ntar ya masuk kuliah..huhuhu... Semangat buat kakak ya.. Semoga keterima di jurusan sesuai pilihannya...

    ReplyDelete
  15. Kak Uniek...
    Aku jadi keingetan. Nanti aku cari dulu...kemarin ada temen yang wapri dan kasih kabar, katanya "Oh, ternyata ada kampus PTN di Surabaya yang gak pakai tes, bisa langsung diterima karena jumlah follower sosmednya."

    Seandainya berkenan, kampusnya aku spill yaa.. ITS.
    Dan jurusan multimedia. Kebetulan masku salah satu dosen di sana, meski gak jurusan yang sama, tapi informasi mengenai kampus ini, sering banget di broadcast di grup keluarga. Mengingat keponakan aku banyak yang sudah mulai mempertimbangkan akan kuliah di mana.

    Sukses untuk kakak.
    Hwaitiing...

    In syaa Allah kakak bisa menggapai mimpi besar masa depan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Tante Lendy. Kayaknya si Kakak penginnya dekat2 Semarang aja, klo ITS kejauhan, Te.

      Delete
    2. ehm..si kakak atau ibuknya nih yg pengennya deket2 saja?? hehe.. Apapun..semoga sukses selalu ya kak..

      Delete
  16. Kakak mirip banget sama kak Uniek yaa..
    Aku berdoa semoga kakak bisa menemukan passionnya dan dibimbing di kampus yang tepat.
    Karena anak sekarang pastinya sangat kritis dan kreatif.

    ReplyDelete
  17. Halo kaka. KLiatan sudan aktif juga. Dan harapannya semoga bisa diterima di kampus idamannya :) Dan juga makin sukses dan selalu penuh karya

    ReplyDelete
  18. Semoga Kak Vivi diterima di kuliah impiannya aamiin. Perasaan terakhir ketemu pas vivi masih SD, sekarang sudah mau lulus SMA yaa

    ReplyDelete
  19. Kak Vivi bisa banget daftar ilmu Komunikasi, nih.
    Mirip sama jurusan mba Uniek wkt kuliah kan ya?
    Udah kentara itu talentanya mbaa, Alhamdulillah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satunya memang mau pilih Ilmu Komunikasi nih, Tante Nurul. Mohon doanya yaaa.. suwun

      Delete
  20. Semangat kakak InsyaAllah bisa, jangan lupa mamm doa ibu dikuatin karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

    ReplyDelete
  21. Wah kita seumuran nih. Untungnya dulu aku ada peluang masuk PMDK 3 kampus besar dan negeri. Namun sepertinya yang peluang masuknya lebih besar ada di 1 kampus.

    Akhirnya ama guru BK didaftarkan krn persyaratannya cm fotokopi raport. Nah sementara yg lain repot cari kursusan/les2an hingga try out kesana kemari, aku udh langsung lolos masuk PTN di Bali.

    ReplyDelete
  22. Semoga Allah mudahkan ya mb dan semuanya lancar. Gak kerasa banget ya si kaka udah mau kuliah aja, InsyaAllah dapet yang terbaik

    ReplyDelete
  23. Semoga Allah mudahkan ya mb dan semuanya lancar. Gak kerasa banget ya si kaka udah mau kuliah aja, InsyaAllah dapet yang terbaik

    ReplyDelete
  24. Aamiin, semoga Allah mudahkan yaa Kak bisa masuk jurusan impian. Keren lho dapat jalur SNMPTN (yang ternyata zamanku dulu PMDK). Eh dulu aku juga coba masukin lewat PDMK tapi ga keterima. Yowes lanjuuuut perjuangan berikutnya lewat SPMB. Nah sekarang apa istilahnya kalau SPMB?

    ReplyDelete
  25. Apapun pilihan kampus impiannya, semoga menjadi yang terbaik untuk masa depan kakak. Semangat ya, Kak...

    ReplyDelete
  26. Wah, udah mau kuliah aja si Kakak. Ambil jurusan ilmu komunikasi aja mba...jd emak dan anak sama jurusan kuliahnya hehehe...Apapun jurusannya, semoga lancar semuanya dan diterima di jurusan yg diinginkan.

    ReplyDelete
  27. si kakak keren abis ini dan apapun pilihannya harus di dukung agar kemampuannya senantiasa terus berkembang gitu

    ReplyDelete
  28. Aku dulu pernah ngalamin mom saat si sulung mau kuliah.Sebelumnya dia mau kuliah di LPK supaya cepat kerja. Saya sudah bayar tanda jadi.Tiba saatnya mau masuk perkuliahan tiba-tiba dia gak mau.Katanya gak sesuai keinginan dia mau pindah ke kampus lain. Nyesek banget.Akhirnya 1/2 ancam saya bilang,"kak yang ini harus serius!" dan Puji Tuhan terbukti si sulung serius lulus jadi sarjana dengan nilai yang memuaskan

    ReplyDelete
  29. Insha Allah Kak Vivi dimudahkan dalam menemukan jurusan yang tepat ya mbak. Alief pun pernah ada di masa bingung mencari dan menentukan jurusan yang tepat, tapi ga berlangsung lama karena saat itu memang sudah tahu apa yang mmenjadi minat dan passionnya. Jadi fokus ke situ aja. Semangat selalu ibu dan Kak Vivi. Sukses ya!

    ReplyDelete
  30. Masyaallah kak vivi udah mau kuliah. Insyaallah kesampean ya kak masuk jurusan impian. Meakipun nadia masih beberapa tahun lagi tapi udah mulai aku ajak diskusi biqr dia mulai mikir2 dan aku ajakin browsing juga beberapa fakultas jd bisa ada gambaran apa yang bakal dipelajari nantinya

    ReplyDelete
  31. Masya Alla, semoga dilancarkan ya Kakak dalam memilih kampus dan jurusan yang sesuai dengan minatnya. Sekarang aku masih ngajarin anak baca tulis. Tapi pasti waktu cepat banget deh berlalunya, tahu-tahu anak udah minta saran jurusan kuliah aja deh nanti. Haha.

    ReplyDelete
  32. Saya tarik napas panjang dulu deh sejenak. Sama-sama sedang persiapan menghadapi ujian ke perguruan tinggi. Semoga kakak dapat PTN yang diinginkan, ya. Aamiin

    ReplyDelete
  33. Semoga SNMPTN nya dapet ya... AKu yang sulung masih mau masuk SMA nih..tapi udah mikir ntar kuliahnya apa..hehe Yang SMP juga udah nanya2 kalo kuliah ntar gemana ..

    ReplyDelete
  34. aku juga lagi banyak diskusi sama si Bo nih mba karena sudah mulai harus pilih jurusan yang disuka dan juga mintanya karena udah mau 16 tahun. Semoga anak - anak kita sukses semua yaa

    ReplyDelete
  35. bagus Mbak Vivi sudah ada bayangan mau kuliah di mana dan jurusan apa, aku tuh dulu pas mau kuliah blank akhirnya ikut-ikutan huhu jadi anak-anak sejak sekarang sudah kusounding dan kukenalkan jurusan kuliah biar ada bayangan dan lebih siap dari mamaknya dulu...sukses ya kak Viviiii...

    ReplyDelete
  36. semangat kak.. insyaaallah bisa kuliah di kampus yang dipilih dan lulus dengan nilai yang membanggakan.

    ReplyDelete
  37. Semoga kakak bisa lolos diterima di jurusan dan PTN pilihannya. Semangat kakak, pasti bisa. Seperti semboyannya kan kak, SMK BISA!

    ReplyDelete
  38. Kakak semangat ya. Semoga kakak mendapat jurusan yang sesuai dengan keinginan kaka. Biasanya diskusi dengan guru d sekolah bisa jadi penambah informasi

    ReplyDelete
  39. Aamiin ya Allah mendoakan yang terbaik untuk kak Vivi. Sukses dan dimudahkan segalanya ya Kak. Aamiin

    ReplyDelete
  40. Doa yang terbaik buat Kakak yaaa

    Kebayang sih hebohnya jurusan SMK dan pilih kampus. Pelajarannya jelas beda kan sama SMA apalagi mondok juga. Tetap semangat!

    ReplyDelete
  41. Pernah mbak, kalau saya bukan anak saya melainkan adik saya. Anak masih TK...hahaha. Sebagai kakak kadang saya harus memberikan wejangan yg tepat saat adik curhat bingung mau kuliah jurusan apa...

    ReplyDelete
  42. Kalau Pascal udah punya pilihan sendiri, yang bingung itu Alvin katanya pilihin aja :-D

    Vivi gak berasa ya udah mau kuliah aja nih bentyar lagi.
    Sampai sekarang aku lupa trus tuh mbak nama terbarunya, jadi selalu nyebut PMDK tau kan angkatan berapa ini hahaha.
    Semoga Vivi dimudahkan & lancar ya masuk TN nya jalur PMDK eh SNMPTN

    ReplyDelete
  43. Semangat kakak. Ini ceritanya sama dengan anakku yang nomor 2 mbak uniek. Dia juga lagi ikhtiar ikut snmptn ke kampus vokasi di Bogor. Saling mwndoakan ya mbak uniek, semoga kakak dan teteh di sini dimudahkan jalannya kuliah di kampus impian. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... semoga tercapai keinginan anak-anak kita masuk di bangku kuliah sesuai yang diharapkan ya Mb Tuti.

      Delete
  44. Aku doakan yang terbaik ya mak berasa taulah gimana ya. Sebab anak aku juga sedang menuju ke jenjang kuliah. Moga mereka terpilih di kampus yang sesuai dengan harapan impian mereka. Aamiin

    ReplyDelete
  45. Aamiin ya robbal alamin. Semoga kakak dilancarkan semuanya hingga bisa kuliah di kampus impiannya. Anakku yang sulung juga nih tahun ini masuk. Harusnya tahun kemaren. Tapi break dulu. Aku lebih bersiap-siap ke dananya nih, Mak Uniek. Bikin dek-dek plas. Wkwkwkwk...

    ReplyDelete
  46. Kakak keren bgt praktik ngehost gt, semoga lolos kuliah di PTN sesuai dg jurusan yg diimpikan y kakak...

    ReplyDelete
  47. Aamiin, semoga dilancarkan ya si kakak memilih kampus yg sesuai dan diharapkan, nantinya pun aku akan seperti ini saat anakku sudah besar nantinya

    ReplyDelete
  48. Sukses buat kakak yah, semoga bisa menempuh pendidikan tinggi sesuai dg yang diidamkan..aamiin.
    Jadi ingat perjuangan-perjuangan masuk kuliah dulu. Persaingannya enggak lagi sama teman-teman sekelas tapi se-Indonesia..

    ReplyDelete
  49. Waaah kakak sudah mau kuliah .semoga selalu di lancarkan rezeki dan segala urusan. Dan bisa kuliah di kampus impian . Aamiin

    ReplyDelete
  50. Wah aku kepo mondok nya keren juga ya bisa praktik ala host2 gitu. Aamiin moga apa yang terbaik buat kakak akan didapatkan ya. Semoga bisa diterima oleh kampus impian

    ReplyDelete
  51. Semoga 'Sulung' bisa diterima di kampus impian, ya. Semangat belajar.

    Ya, begitulah kalau di SMK materinya beda ama SMA, dulu saya juga ngalamin. Pas latihan soal-soal kaget. Hahaha.

    ReplyDelete
  52. Semoga bisa melanjutkan pendidikan sesuai minat, kampus impian dan mencapai kesuksesan... sehat bahagia terus sekeluarga ya mak...

    ReplyDelete
  53. Bismillah, semoga bisa kuliah di universitas dan jurusan yang diinginkan. Jadi ikutan deh degan kalau gini. Ingat zaman masuk kuliah dulu.

    ReplyDelete