Sunday, October 16, 2022

Belajar Public Speaking Sejak Dini, Perlukah?

 
Gampang nggak sih berbicara di depan umum, Mom?



Selama ini sudah mencoba untuk berani berbicara di depan umum nggak sih, Mom? Yaaa misalnya saat ikutan seminar kita berusaha mengajukan pertanyaan.

Jangan-jangan para mama pembaca blog ini malah udah jago berbicara di depan umum ya. Jadi narasumber di dalam webinar juga termasuk dalam kategori berani bicara loh. Meskipun audiensnya mengikuti secara online, tetap saja dag dig dug kalau tidak melatih diri untuk berani menyampaikan sesuatu di depan umum. 

Yang jadi pembahasan berikutnya adalah : perlukah kita mengajarkan public speaking kepada anak? 

Ngapain sih anak kecil diajari berani bicara di depan umum?




Tips Melatih Anak Berani Public Speaking


Berbicara di depan umum memang tidak mudah untuk dilakukan. Jangankan untuk anak-anak, kita yang orang dewasa aja seringnya 'grewelan' alias gemetaran jika mendadak ditunjuk untuk bicara di hadapan orang banyak.

Public speaking merupakan salah satu keterampilan hidup yang bisa dipelajari. Penguasaan keterampilan ini penting untuk dimiliki. Ketika seseorang mampu berbicara dengan lancar di depan umum, maka hal itu bisa menjadi salah satu daya tarik. 

Kemampuan berbicara dan menyampaikan gagasan di muka umum ini perlu dilatih sejak dini. Anak-anak memang masih memiliki kemampuan berbahasa yang terbatas. Namun bukan berarti keberaniannya untuk berkomunikasi tidak bisa dipupuk. 

Kebanyakan anak merasa gugup jika ia harus melakukan sesuatu sendiri atau tanpa campur tangan orangtuanya. Mau tanya dong kalau gitu, Moms & Dads sudah mengajarkan anak untuk mandiri atau belum? 

Semoga saja Moms & Dads bukan tipe orangtua yang gemar menyalahkan anak-anak ketika mereka melakukan sesuatu yang kurang tepat. Bisa jadi hal ini memicu rasa takut mereka untuk mencoba hal-hal baru. 

Dari berbagai sumber yang ada, Ibu BocahRenyah ingin mengajak Moms & Dads untuk mengajari anak agar berani berbicara di depan umum. Beberapa tips yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:


1. Menonton orang berpidato 


Jika Moms & Dads merasa belum bisa menjadi pembicara yang baik di depan umum, bisa loh ajak anak untuk melihat orang lain ketika sedang berpidato. Media yang digunakan bisa bermacam-macam, bisa menonton di acara televisi ataupun mencari tayangan video di youtube.

Di antara teman atau kenalan Moms adakah yang pernah menjadi narasumber suatu acara? Nah, putarkan saja rekaman video tersebut untuk ditonton anak kita, sembari diajak berbincang tentang tema yang sedang dibawakan. Tuh, kayak Tante A itu loh, berani ya bicara di depan orang banyak, kereeenn...  


2. Banyak membaca 


Dalam masa pertumbuhannya, anak-anak akan melalui fase ingin tau segala macam hal. Rasa ingin tau yang berlebih ini bisa kita fasilitasi dengan menyediakan beragam buku bacaan. Membaca merupakan cara terbaik untuk mempelajari kata-kata dan ide-ide baru. 

Anak-anak tuh tidak otomatis memiliki kemampuan untuk merangkai kata loh, Moms. Dia juga harus belajar merangkai berbagai kalimat dalam frasa tertentu. Kita sebagai orangtua juga memiliki kewajiban untuk membantu mereka memahaminya. 

Sudah pernah mengajak anak untuk membaca nyaring? Biasa kita kenal sebagai read aloud itu loh, Moms. Cara ini bisa dilakukan untuk menambah diksi, menunjukkan ekspresi tertentu, dan juga belajar berbicara dengan jelas.  



3. Bersosialisasi dengan teman sebaya


Anak-anak akan lebih nyaman berbicara saat berada di antara teman sebayanya. Usahakan tumbuhkan keberaniannya untuk ngobrol dengan teman-temannya.

Saat sedang bermain dengan teman, berikan motivasi agar bersedia menyapa temannya terlebih dahulu. Keberanian ini tidak dimiliki oleh semua anak loh, Mom. Bagi anak-anak yang lebih cenderung pemalu, bisa banget dilatih sejak dini agar rasa percaya dirinya lambat laun bisa tumbuh.



4. Menceritakan kegiatan sehari-harinya 


Terkadang orangtua yang super sibuk lupa bahwa anak butuh didengar dan ditemani. Yuk sisihkan waktu barang sebentar untuk menanyakan apa saja yang dilakukan anak dalam sehari.

Anak akan belajar merangkai kata ketika diminta oleh orangtuanya untuk bercerita. Jika anak kesulitan memilih kata-kata, kita bisa bantu loh, Moms. Tunjukkan kata-kata baru yang bisa mewakili perasaan yang saat itu ingin disampaikan anak tapi dia belum tau apa namanya. 



5. Aktif ikut kegiatan di sekolah


Salah satu cara memantik keberanian anak untuk berbicara di depan umum adalah dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan di sekolah. Tak perlu harus jadi anak paling menonjol juga sih, Moms. Yang penting ketika ada kesempatan untuk ikutan lomba apa saja yang sesuai dengan minatnya, dorong si kecil untuk turut berpartisipasi.


Gimana, enggak sulit kan mencoba kelima tips di atas, Moms? Hayuuk cobain deehh.. Siapa tau si kecil bakal jadi orang yang mahir membawa diri depan umum berkat kemampuan public speaking yang diasah sejak dini. 

Ibu BocahRenyah sudah membuktikan sendiri loh. Si Kakak yang dari kecil aktif ikut berbagai kegiatan di sekolah dan gemar membaca, Alhamdulillah saat di bangku kuliah ini telah memiliki keberanian pidato di depan banyak orang. Di depan rektornya pula.




Sedikit cuplikan nih dari sesi instagram live perayaan Maulud Nabi di Pesantren Besongo, pondok tempat Kakak nyantri di wilayah kampusnya. Pada acara tersebut, ada 4 santri putra dan putri yang ditunjuk untuk membawakan pidato dalam bahasa yang berbeda-beda : Inggris, Arab, Jawa dan Indonesia. Kakak dapat jatah membawakan pidato dalam Bahasa Indonesia.

Beneran loh, jelang Kakak hendak tampil, Ibu deg-degan banget. Alhamdulillah, ketika muncul dan menunjukkan kemampuannya, Kakak lancar-lancar saja pidatonya. 

Great job, Kak. Semoga anak-anak lain pun punya kesempatan untuk belajar memberanikan diri bicara di depan umum sejak dini sehingga nantinya banyak putra-putri Indonesia yang menjadi generasi muda cerdas dan pemberani. Berani membawa negaranya ke arah kemajuan dan kejayaan dunia akhirat. Aamiin aamiin...

50 comments:

  1. public speaking emang menjadi peranan penting yaa mba buat masa depan anak-anak. next mau aku cobain buat anakku.

    ReplyDelete
  2. Masya Allah kakak hebat.. ibunya apalagi 😍. Aku paling tatut ngomong depan orang banyak karena memang dari kecil nggak terlatih dan yaa gitu deh πŸ˜†
    Tapi semakin tambah usia hrs belajar..makasih ya mba tulisannya

    ReplyDelete
  3. Keren sekali anak2 pondok yang mahir berpidato dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Inggris dan bahasa Arab. Salut buat kakak yang pandai berpidato. Practice makes perfect ya :) Berbicara di muka umum bagi sebagian orang memang bisa bikin gugup, deg-degan, berkeringat dll wajar saja. kalau banyak latihan pasti bisa.

    ReplyDelete
  4. Mbak Uniek, anakmu hebat sekali. Ini pasti karena ibunya sudah mempraktekkan Tips Melatih Anak Berani Public Speaking di atas ya. Jadi ilmu juga nih buat aku share ke orang-orang yang aku kenal, yang anaknya masih pemalu. Makasih Mbak Uniek.

    ReplyDelete
  5. waaaa kereeeeeen, aku mana berani wkwkwk kalau meeting disuruh ngomong aja bawaannya pengen melesak ke dalam bumi

    ReplyDelete
  6. Yap, public speaking itu skill yg berhargaaaa bgt.
    Aku mulai ngajak anakku utk berani jadi host d acara Halal bi halal RT.
    Trus klo ada tamu, aku juga encourage dia utk ikut jagong tamu. Ini part public speaking juga ya mba

    ReplyDelete
  7. Aktif kegiatan sekolah ini memang ngaruh banget ya Mba.
    Saya sejak kecil selalu ngga kebagian kegiatan sekolah apapun, maklum sekolah di daerah yang hanya anak pegawai atau pejabat yang dikasih kesempatan ikut kegiatan sekolah :D

    Alhasil, saya jadi malu untuk sekadar bicara di depan banyak orang.
    Padahal sering ikut kegiatan itu ngaruh banget buat ngatasin nervous di depan umum :D

    ReplyDelete
  8. Wajib banget sih skill public speaking tuh. Sederhananya bisa menyampaikan apa yg kita maksud ke lawan bicara aja udh termasuk public speaking. Thanks tipsnya mba Uniek, bisa jg nih dipraktekkan buat diri sendiri.

    ReplyDelete
  9. Wah kebayang sih pasti anaknya yang mau tampil, emaknya ikut deg-degan gak mau kalah yah hehe. Keren sekali nih Kakak! Emang public speaking penting banget dan harus dipupuk sedari kecil supaya bisa makin percaya diri yaah

    ReplyDelete
  10. Kemampuan publik speaking emang perlu banget dilatih sejak dini. Aku yang nggak pernah dilatih publik speaking sama orang tuaku merasakan banget gimana gemetaran nya harus mengajukan pertanyaan di sebuah forum euy...

    ReplyDelete
  11. keren banget mba. menurutku perlu banget latihan sejak kecil.. bisa dari hal2 sederhana seperti membaca cerita dan meminta dia menceritakan kembali. biasanya emang kalo anak2 banyak lomba pidato gitu ya

    ReplyDelete
  12. Waah..kereen anak wedok!! Semoga sukses selalu yaa.. Terima kasih tips2nya dik, bisa kuteruskan utk ponakan2ku nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi sekarang kuliahnya di jurusan komunikasi penyiaran Islam insyaallah ilmu pu blic speakingnya.bakalan makin terasah ni si kakak

      Delete
  13. menurutku public speaking wajib sekali dibiasakan sedini mungkin pada anak, dan perlu dilatih setiap hari karena manfaatnya banyak lho terutama ketika saat bekerja

    ReplyDelete
  14. jaman sekarang wajib banget ya mbak menguasi public speaking kalua bisa sedini mungkin diajarkan. dulu jamanku sih baru mo naik panggung aja telapak tangan udah basah kuyup. eh pas ngajar dapet juga jatah mata kuliah public speaking jadi ya harus belajar basic ilmu dan perbanyak tampil di depan public lama2 ya bisa juga

    ReplyDelete
  15. Belajar dari diriku yang nggak pede kalo disuruh public speaking, aku berharap anak-anakku bisa lebih speak up. Tipsnya membantu banget ini, Mbak. Insyaallah bisa dipraktikkan.

    ReplyDelete
  16. pengen banget belajar public speaking, soalnya ngerasa kalo harus ngomong depan banyak orang apalagi orang yang ga kenal atau baru kenal tu susah banget heheheh

    ReplyDelete
  17. Baru aja dengar podcast Kemal yang dulu radio announcer Gen FM.
    Yes, public speaking itu skill berharga. Brand pun harus punya brand communication - dan itu semua butuh skill public speaking!

    ReplyDelete
  18. Kakak keren loh public speaking nyaa, bakat yang dipadukan dengan latihan pasti sukses nih mbak. Anak-anak sekarang wajib punya ketrampilan public speaking ya mbak. Alhamdulillah anakku yang sulung sejak SMP udah biasa tampil, jadi dia biasa gitu kalo di depan publik. Beda sama adiknya yang mesti disuport untuk berlatih.

    ReplyDelete
  19. Wah masyaAllah, keren banget! Memang kalau dilatih sejak kecil, jadi bisa lebih percaya diri yaa mbak.

    Sekarang di SD juga sudah mulai dilatih nih public speaking anak, dengan aktif presentasi di depan kelas gitu.

    ReplyDelete
  20. Iya ya penting banget deh ..mendidik anak dari kecil itu lebih mudah dan besarnya jadi kebiasaan yang membentuknya menjadi karakter.

    ReplyDelete
  21. Nah anak pertama ku untuk public speaking mulai ada sedikit bakat tinggal diasah saja, klo ngomong kadang muter-muter hahaha

    ReplyDelete
  22. Sedini mungkin bisa kita ajarkan ke anak - anak ya mbaa..Jadi mereka terbiasa dan tidak canggung lagi saat berhadapan dengan publik

    ReplyDelete
  23. Jadi ingat kak lagi aku masih kecil sampai SMA masih takut tampil di depan umum.,bawaannya grogian. Nah setelah kuliah komunikasi baru berani. Untungnya anak-anakku tidak seperti ibunya pemalu. Mereka punya keberanian untuk tampil berbicara di depan umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih krn zaman kita dulu kyknya gak banyak yang diajari presentasi. Sepertinya presentasi2 tuh bartu mulai saat SMA/ kuliah jdnya kyk terlambat kagok gtu. Makanya klau bisa sedini mungkin lbh baik ya mbak.

      Delete
  24. Skill public speaking dan presentasi di zaman sekarang penting banget lho dan better memang dimulai sejak dini. Salah satu penyebab orang susah public speaking (katanya) adalah rasa takut dan canggung saat tampil di depan umum. Makanya, mesti biasain anak juga untuk berani tampil di depan banyak orang kali ya

    ReplyDelete
  25. Menarik banget nih mbak topiknya...bisa diasah ya ternyata. Kujuga pingin nanti bujukin si kakak ikut kegiatan2 sekolah biar bisa belajar public speaking. Kadang dia grogi klu bicara di depan byk org

    ReplyDelete
  26. Menurutku anak perlu diajarkan public speaking sedari dini. Ke depannya mungkin untuk berani bicara di depan umum. Tapi dari sekarang anak juga sudah perlu untuk menyampaikan informasi ke orang lain, biar menyampaikannya dengan baik dan benar gitu loh. Tapi aku belum pernah ngajarin secara khusus, sih. Pernah aku ajak dia nonton webinar, narasumbernya Psikolog Anak yang dia kenal.

    ReplyDelete
  27. Public speakingku kurang bagus. Pernah pidato dan agak gagap. Emang hal kaya gini kudu dilatih sejak dini. Jadi lebih berani saat dewasa nanti

    ReplyDelete
  28. Public speakingku kurang bagus. Pernah pidato dan agak gagap. Emang hal kaya gini kudu dilatih sejak dini. Jadi lebih berani saat dewasa nanti

    ReplyDelete
  29. Wah iya nih anak2 zaman skrng kyknya lbh berani speak up, gk kyk zaman dulu. Apalagi skrng materi di sekolah2gk kebanyakan hafalan, melainkan anak SD pun juga udah disuruh presentasi ya mbak.
    Menurutku belajar public speaking saat msh anak2 penting, udah banyak jg kursusannya sekarang yaa.

    ReplyDelete
  30. WArren buffet pernah bilang kalau salah satu hal yang paling membuat dia sukses adalah public speaking! Jadi skill ini memang harus dimiliki sjk kecil.

    ReplyDelete
  31. MashaAllah~
    Barakallahu fiik, kakak..

    Senang sekali dan bangga menyaksikan anak berdiri dan berbicara di depan banyak audience dengan lancar.
    Semoga terus terasah dengan baik dan menjadi salah satu skills yang ditekuni kakak. Sukses, kakak.

    ReplyDelete
  32. Kereen kalau bisa menguasai public speaking. Dan iya, bener banget, itu skill yg sebaiknya dilatih sejak dini. Semangat terus ya, Kakak untuk semua kegiatannya di pondok.

    ReplyDelete
  33. wah keren banget menurutku sih ilmu public speaking tu penting banget dimiliki karna kaalau sudah terbiasa dari kecil sampai besar akan lebih mudah buat dia

    ReplyDelete
  34. Public speaking salah satu hard skill yg harus dilatih sejak kecil. Seiring dengan kemajuan zaman, kemampuan komunikasi pun harus jadi perhatian untuk bekal anak di masa depan

    ReplyDelete
  35. Dulu waktu SMP bisa lancar banget public speakingku, pas kuliah sampe sekarang malah jadi ngang ngeng ngong ajaπŸ˜† karena gak terbiasa lagi. Kudu diasah memang ya...

    ReplyDelete
  36. Masya Allah si Kakak hebat...berani berbicara di depan orang banyak bahkan di depan rektor. Semoga makin sukses ya buat Kakak. Senangnya dapat tips tentang belajar public speaking sejak dini, makasih sharingnya Mbak Uniek

    ReplyDelete
  37. Alhamdulillah disekolah anak-anak sudah dibiasakan sejak.kelas 1 SD gantian berbicara didepan atau presentasi.
    Memang itu salah satu skill yg harus dikuasai jaman sekarang yaa

    ReplyDelete
  38. Aku aja kalau present masih belepotan ngomongnya nih, Mbak. Keren deh si kakak berani pidato. Kalau dilatih sedini mungkin sepertinya nanti bakalan lancar jaya di dunia kerjanya.

    ReplyDelete
  39. Public speaking adalah salah satu kemampuan penting yang harus dikuasi ya mbak
    Akan sangat baik jika belajar public speaking semenjak dini
    Biar gedenya anak jadi jago public speaking

    ReplyDelete
  40. Betul sekali Mbak Unik. Pengalaman saya ini soal Fahmi, tahu kan dia itu anak pemalu berat. Tapi ketika ada tugas sekolah dan pengajian harus tampil, ya mau gimana lagi. Saya temani dia belajar ngomong, belajar bergaul, lihat contoh di tv, dll. Sampai akhirnya dia berani tampil meski masih banyak kekurangan tapi setidaknya dia susah mau berusaha

    ReplyDelete
  41. Menurut aku penting publick speaking ini dilatih sejak kecil, karena bisa jadi skill yang sangat bermanfaat nantinya. Aku sendiri merasa lemah di publick speaking

    ReplyDelete
  42. Saat saya sekolah, aktif di OSIS dan kegiatan ekstrakurikuler memang membuat kemampuan public speaking saya menjadi terasah dan makin bertambah.

    ReplyDelete
  43. Aku pernah ikutan workshop Public speaking.. Tapi karena gak pernah dipake, jadi lupa lagi..
    Memang skills yang baik ketika bisa menyampaikan apa yang perlu disampaikan ketika berada di depan umum. Jadi anak yang luwes dalam bergaul.

    ReplyDelete
  44. kaaaak, masya Allah aku kagum padamu. Apakah Mbak Uniek sampai menitikkan air mata bahagia?
    akupun yang anaknya masih kelas 1 lihat dia presentasikan gambarannya di depan teman sekelas udah bangga. Alhamdulillah berani. Justru kalau didorong-dorong karena ambisi orang tua itu yang buat si anak bisa kurang PD, gak nyaman.

    ReplyDelete
  45. Lanjutkan dek semoga jadi ustad jadi sudah terbiasa tausiah dari kecil. Gak gerogi lagi

    ReplyDelete
  46. Setuju banget mbak dari kecil terbiasa anak aktif dan senang membaca maka akan melatih public speaking. Bersyukur anak-anak lebih terlatih dan public speaking nya mantap ya mbak.

    ReplyDelete
  47. waah kereen mba un, masyaAllah.. pengen aku tuh ngelatih anak berani bicara di depan umum, seperti dai cilik itu ^^ anakku berani bicaranya masih antar personal, perlu banyak berlatih

    ReplyDelete
  48. Aminnnnn semoga terwujud mbak... Belajar public speaking sejak dini mnrtku penting banget.. Apalagi skr tu tugas sekolah anak2 kebanyakan presentasi dan bikin vlog.. Udah pasti wajib belajar public speaking.. 😁

    ReplyDelete