Sunday, November 27, 2022

Persiapan Menjelang Penilaian Akhir Semester

 
persiapan menghadapi penilaian akhir semester

Siapa di antara pembaca blog BocahRenyah yang saat ini sedang mengawal putra-putrinya dalam hal belajar jelang Penilaian Akhir Semester (PAS)? Cung sini tinggi-tinggi barengan dengan Ibu BocahRenyah. 😁

Jika dulu ketika Kakak dan Adek masih SD, Ibu bisa mendampingi langsung di saat mereka belajar untuk persiapan PAS. Kadang-kadang ada beberapa pembahasan di dalam pelajaran yang masih belum mereka mengerti.

Pada satu sesi, lancar saja tuh komunikasi Ibu dengan Kakak dan Adek. Misal nih penerapan rumus matematika dalam salah satu soal, bagaimana cara menjabarkannya, terkadang Ibu masih bisa menjelaskan dan memberikan beberapa soal lagi untuk dikerjakan.

Namun ada kalanya saat-saat belajar gini berubah jadi ajang 'pertempuran', terutama ketika si bocah tidak kunjung mengerti, malah ngeyel dan mengajak berdebat. Hahahaa... sekarang kalau diingat-ingat, Ibu jadi geli sendiri. Bisa-bisanya kayak gitu yaaa... Moms & Dads lainnya ada yang kayak gini juga kah?



Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Jelang PAS/UAS?


Besok Senin saatnya para orangtua yang punya anak usia sekolah bakalan deg-degan, menunggu cerita sang buah hati tadi di sekolah bisa mengerjakan tesnya atau tidak. Dulu saat Ibu masih sekolah, enggak pernah kepikiran kayak gini. Taunya ya udah belajar sebaik mungkin, mengerjakan tes di sekolah, lalu menunggu hasil penilaian dalam bentuk rapor.

Ternyata setelah jadi orangtua baru tau deh gini rasanya. Meskipun percaya Kakak dan Adek bakalan belajar sebaik mungkin, tetap saja ada rasa galau dan harap-harap cemas. Oooo ternyata dulu Kung dan Uti gini juga pastinya ya saat Ibu masih duduk di bangku sekolah. 

Kondisi kedua BocahRenyah agak berbeda dengan anak-anak lainnya yang bersekolah di kota yang sama dengan rumah. Jika anak-anak lain bisa belajar di rumah dengan didampingi oleh orangtua secara langsung, kakak beradik BocahRenyah harus mandiri dalam mengatur waktu belajar di antara rutinitas mengaji di pondok.

Alhamdulillah Ibu masih bisa berkomunikasi dengan mudah dengan Kakak yang saat ini duduk di bangku kuliah semester 1. Saat ini Kakak tetap mondok, hanya saja masih di dalam Semarang. Dalam keseharian Kakak bisa menggunakan smartphone, kecuali pukul 18.00-22.00 saat-saat sedang mengaji di pondok. 

Lain halnya dengan Adek yang mondok di luar kota dan tidak boleh membawa smartphone. Ibu sama sekali tidak bisa memantau secara detail tiap harinya, sudah belajar apa saja, apa yang kira-kira belum paham. Hanya sesekali saja Adek bisa melakukan video call via wartel ataupun menggunakan smartphone milik pengurus pondok. Di saat itulah Ibu bisa mengingatkan Adek untuk terus belajar meskipun orangtua tidak bisa mendampingi secara langsung.

Jadwal PAS sudah Ibu dapatkan dari grup WA khusus sekolah. Insya Allah besok Senin mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia dan PAI (Pendidikan Agama Islam). Semoga lancar ya, Dek. 


Secara umum, beberapa persiapan yang harus dilakukan jelang PAS adalah:
  1. Belajar secara rutin, terutama beberapa hari menjelang PAS. Hindari sistem kebut semalam dalam belajar. Bakalan keteteran akibat materi yang berjejal-jejal harus dibaca dalam satu malam. 
  2. Perbanyak latihan soal agar lebih mudah memahami materi pelajaran. Saat ini sudah banyak tersedia buku LKS yang bisa dipilih sesuai dengan budget yang tersedia. 
  3. Siapkan alat tulis yang sekiranya digunakan untuk mengerjakan soal-soal tes. Jangan sampai ketika hendak berangkat ke sekolah baru teringat ada alat tulis yang belum tersedia. 
  4. Menjaga kesehatan dengan baik. Tubuh yang sehat adalah anugerah terindah dalam hidup. Oleh karena itu, jaga pola makan dan istirahat yang cukup. Tak mau kan kondisi tubuh drop saat harus mengerjakan PAS di sekolah?
  5. Perbanyak berdoa dan minta doa restu orangtua. Insya Allah doa orangtua dan perkenan dari Allah SWT bisa memperlancar proses menjalani PAS. 

Adakah poin persiapan yang bisa ditambahkan, Moms & Dads? Jangan ragu untuk menyampaikannya melalui kolom komentar. Semoga anak-anak kita dapat menghadapi PAS dengan baik dan diberikan kelancaran. 


27 comments:

  1. Hiyaaa sekarang anak-anak udah PAS semua, enggak kerasa proses sekolah ini singkat banget memang tiba-tiba sudah di akhir semester aja. Apalagi dengan kurikulum merdeka yang membutuhkan penyesuaian ini persiapannya harus ekstra. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persiapan jd ekstra apalagi bagi anak2 di pondok pesantren. Sebab di pondok kan jadwalnya padat, eh ditambah ujian ya pasti makin padat dan kudu pintar2 bagi waktu. Orang tua pasti ikut galau memikirkan bagaimana kondisi anak2 yg jauh di mata namun dekat di hati dan hanyalah doa yg bs dipanjatkan semoga ujian berjalan lancar dan anak2 bs mengerjakan dengan baik

      Delete
  2. Wah, samaan kita mbak Uniek, anak2 sedang PAS nih. Anakku yang kelas 12 sih sudah selesai sejak Senin kemarin. Anak bungsu yang kelas 9 nih masih PAS sampai besok hehe. Persiapan yang dilakukan sih kayaknya biasa aja ya. Mereka sudah abg sih bisa belajar mandiri. Kita dukung mereka dengan meyiapkan makanan dan minuman bergizi. Peralatan sekolah, mengingatkan laptop dan HP sudah dicas atau belum (PAS menggunakan laptop) dll. Tentu saja doa semoga dilancarkan semua dan mendapatkan nilai terbaik aamiin.

    ReplyDelete
  3. idem, anakku juga sedang PAS dan hari ini adalah hari terakhir dengan mata pelajaran Matematika. Persiapannya sih seperti biasa, belajar dan menguatkan mental anak

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tips persiapan jelang PAS nya, Mbak..
    kendalanya anakku SMP dan SMA jadwal PAS beda. Yang SMA duluan jadi sekarang dah santai, adiknya baru minggu depan..jadi hawa ujiannya ga barengan emaknya di rumah mesti jadi penengah hahah

    ReplyDelete
  5. Amiin.. aku jg nih mba. Mendampingi anak yg PAS itu sambil ditarik adiknya yg paling kecil haha disuru nemenin di tempat beda. Pastinya aku udah bilang klo mau ngobrol sama teman setelah sekolah selesai. Biar masuk dulu di otak, nggak kayak aku slalu sks hehee. Oia biasanya setelah perut aman udah makan secukupnya lanjut belajar..sukses untuk bocah besar di sana ya mba Uniek, semoga Allah mudahkan

    ReplyDelete
  6. Aamiin... semoga anak-anak lancar mengerjakan soal-soal PAS nya, dengan persiapan yang baik tentunya.
    Hihi iya ya, anak-anak yang ujian santai aja, malah kadang orang tuanya yang gedubrakan

    ReplyDelete
  7. Saamaaa, ini anak2 baru kelar PAS. Iya yah kalau anak mondok jadinya gimana ngga bisa mendampingi. Yah percaya aja ama anak2 hehehe.
    Yang paling penting poin menjaga kesehatan, biar bisa ikut PAS. Sisanya tinggal ikhtiar dan berdoa. Smoga lancar adek-adek semuaaa.

    ReplyDelete
  8. Anakku yang kecil hari ini terakhir PAS mba. Agak deg degan juga tapi senang lihat semangatnya belajar walau kadang harus ingetin dia buat belajar :D . Penting juga anak istirahat walau sedang PAS biar ga stress

    ReplyDelete
  9. Emm, kalau di sekolah anakku tipenya gak tau nih, kek terlalu santai gitu.
    Jadi sebelum ujian, malah program outingnya beruntun. Ke Lembang, main dan penelitian kecil-kecilan di alam. Terakhir Jum'at kemarin berenang.
    Jadi semoga dalam kondisi santai, anak-anak tetap bisa mengerjakan PAS degan baik. Bekalnya dibaca ulang aja kali ya.. Soalnya tipe belajar anak pertama dan kedua beda banget..

    Semoga diberi kemudahan dan kelancaran dalam mengerjakan soal.
    Tawakkal dan berusaha meminta ridlo Allah.

    ReplyDelete
  10. Waah...sama mbak, anakku juga PAS senin ini. Mudah2an anak-anak kita bisa menjalani pas dengan lancar yaa.. Terima kasih sharing poin2 persiapan PAS-nya. Btw, kalau di pesantren, ada wartel handphone ya mbak? serius aku jadi pengen bertanya karena mb Uniek pakai istilah wartel. Sementara kalau dalam otak emak-emak ini, bayangan wartel adalah kotak biru dengan telepon kabel hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ada wartel yang telepon biasa, ada juga yang menggunakan hape, jadi bisa video call gitu. Hanya saja kalau yg video call ini antrinya luar biasaaaa...

      Delete
  11. anak-anaku yang di rumah juga udah mulai PAS nih mb Un. kalau abang2nya agak santai. ngajari Miqdad ki lo hahahaha. riweuh pisan

    ReplyDelete
  12. Saat ini malam mingguanku jadi satpamnya anak-anak yg lagi belajar buat ujian semesteran besok senin.
    Kebetulan kalau yg kecil ada latihan bersama guru dan teman sekelas jd happy dia belajar matk online.

    ReplyDelete
  13. Untuk aku yang memilki anak baru saja selesai penilaian akhir semester tuh rasanya lega gimana gituuuuu... Karena memang dalam 2 minggu terakhir kemarin aku banyak mengulang soal-soal ulangan dan pembelajarannya selama di sekolah.

    ReplyDelete
  14. Aku gak tahu ya perasaan Ibuku dulu kaya apa karena kalau tes gak pernah ditemanin. Kalau versi ku, pas hari H tes itu baca-baca soal aja dan santai. Mikir keras justru jauh hari sebelumnya

    ReplyDelete
  15. Masya Allah kedua anakmu mondok ya mbak.
    kalau udah SMP ke atas keknya lebih bisa manage waktu belajar
    anakku SD jadi perlu diingatkan tugas ini itu

    ReplyDelete
  16. Wah samaan anak2 jg lagi pekan project sumatif.
    Eh beneran mbak gak boleh bawa henpon? Kirain boleh bawa dan baru bisa cek2 tiap wiken atau apa gtu. Tujuannya biar fokus gtu yaaa?
    Semoga dilancarkan PAS-nya dan dapat nilai yang terbaik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain fokus, tujuannya juga biar enggak dikit2 nyari ortunya, belajar mandiri gitu deh. Rata2 klo mondok memang ga boleh bawa henpon.

      Delete
  17. Anak saya ujian akhir semester tuh mulai Senin besok ini mbak, seminggu. BTW, oh entah mengapa saya kok masih senang dengan penyebutan ujian akhir semester ya wkwkwk. Sesuai penyebutan di zaman saya. Kadang masih kagok sendiri kalau bu ibu nyebut PAS. PAS apaan? oalah ujian akhir semester..

    ReplyDelete
  18. Aku nyimak dulu, biar kelak jika anak-anak kami sudah waktunya mengikuti PAS, aku dah tahu tipsnya. Makasih sharingnya Mak.

    ReplyDelete
  19. Ternyata vibes PAS/UAS anak zaman now udah beda banget sama aku dulu hahaha. Inget aku ngafalin materi dari buku paket, sampai dirangkum poin-poin pentingnya. Kalau hafalan kuat banget tapi kalau MTK aku nggak banget wkwk. Nanti ada saatnya aku juga ngerasain dampingin anak-anak buat persiapan PAS/UAS ini.

    ReplyDelete
  20. Aduh, besok nih anak-anak udah mulai UAS atau PAS. Yang dek-dekan adalah emaknya. Aku punya dua bocil yang kudu dibimbing. Huhuhu bakalan repot banget. Tapi ya, enjoy aja :D

    ReplyDelete
  21. nah ini anak anak juga tak ajarin jembatan keledai - mind mapping

    dan itu ga bisa semalam kelar, kudu dicicil mbak, makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  22. Besok hari ketiga anakku UAS. Udah gak segugup dulu awal dia kelas 1 SD. Sekarang kelas 3 emaknya lebih enjoy. Yang penting pas hari hari belajar biasanya dia sudah paham materinya, jadi bener-bener cuma ngulang aja pas mau PAS. Tapi mungkin beda lagi kalo sudah nanti di kelas tinggi, atau bahkan SMP dan SMA, lebih berat euy.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah mbak, anakku sudah menyelesaikan PAS dari Jumat lalu. Tapi emang sih ini PAS pertama yang anakku jalani dan aku dampingi. Jadi masih pakai SKS alias Sistem Kebut Semalam :(

    ReplyDelete
  24. Seru ya mba uniek ngawal anak PAS ini, aku belum menikmati masa ini. Di rumah juga gak ada yang sekolah udah lulus semua hehehe, jadi ikutan tahu updatenya. Semangat mba Uniek mendampingi

    ReplyDelete