Friday, April 10, 2020

Hobi yang Menyenangkan dan Menghasilkan


Apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan hobi?

Ketika kita bertanya tentang hobi kepada anak, terkadang dia mengalami kebingungan untuk menjawab apa. Akan lebih mudah jika kita bertanya, "Adek senang melakukan apa kalau pas enggak sekolah?"



Menurut wikipedia, hobi memang diartikan sebagai kegiatan rutin yang dilakukan untuk kesenangan, dilakukan pada saat waktu luang, bukan pekerjaan profesional dan tidak dibayar. Walaupun pada perkembangannya banyak orang kemudian mengembangkan hobinya menjadi hobi yang menghasilkan.

Adek punya hobi apa?

Pertanyaan ini pernah Ibu sampaikan ke Adek dan dia kebingungan menjawabnya. Konsep hobi masih belum jelas baginya. Kalau ditanyakan apa yang senang dilakukannya di waktu luang, baru deh dia bisa menjawab dengan tegas : nge-game. πŸ˜€

Terutama di saat harus mengikuti anjuran pemerintah untuk #SchoolFromHome gini ya, selepas mengerjakan tugas yang bertumpuk-tumpuk, Adek sudah menanti hingga tiba waktunya diijinkan untuk bermain game kesukaannya di smartphone. Ya sudah tak apa lah ya, sebagai penyeimbang Ibu ijinkan Adek untuk melakukan kegemarannya itu.

Dek, punya hobi tuh bisa dapet duit juga lho...

Mosok sih, Bu?

Ketika Ibu mengajaknya berbincang tentang hobi yang menghasilkan, Adek serasa nggak percaya. Menurut pemikirannya yang namanya hobi itu kan bersenang-senang, kayak nge-game, minum es krim, main bola, bersepeda dan aktivitas lainnya yang senada. 

Adek belum begitu paham bahwa hobi yang menyenangkan itu bisa berupa aneka aktivitas terkait mengumpulkan benda bertema (koleksi), kegiatan yang mengandung unsur kreatif dan artistik, bermain dalam berbagai cabang olahraga, maupun mencari aneka jenis hiburan lainnya. 

Ketika seseorang menggemari hobi yang terkait dengan unsur kreatif dan artistik, dia akan menggali banyak informasi untuk meningkatkan kemampuannya dalam menekuni hobinya itu. Misalnya saja ketika seseorang gemar merajut, setelah menguasai ketrampilan dasar merajut, dia akan terus berusaha untuk mendapatkan kemampuan yang lebih lagi setiap kali selesai mengerjakan hasil karyanya. 

Lalu hobi apa saja sih yang kira-kira bisa menghasilkan?



Hobi yang Menghasilkan


Menurut perkiraan Ibu, setiap orang pasti punya hobi ya, termasuk hobi ngepoin urusan orang lain. Hahaha.... ih ibu julid deh. Enggak kok, bercanda saja. Semoga memang tidak ada yang punya hobi seperti ini. Biar Ibu aja deh. *lhoooo....

Bagi sebagian orang, mengerjakan sesuatu berdasarkan hobi itu memang menyenangkan. Apalagi ketika dari hobinya tersebut bisa memperoleh pendapatan. Uwoooww..

Emang ada ya hobi yang menghasilkan gitu? Ada dooonkk... Ini dia beberapa hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, baik itu hobi anak muda jaman now maupun hobi orang jaman dahulu yang tetap disukai oleh anak jaman now. πŸ˜‰ 


E-Sport


Siapa yang bakalan menyangka kalau hobi nge-game di komputer bisa menjadi sarana untuk mendapatkan penghasilan. Ibu juga baru ngeh saat Sea Games 2019 ternyata nge-game bisa juga dijadikan salah satu cabang olahraga. Mana mainannya ya sama dengan yang dimainkan Adek. Ada Mobile Legend, Arena of Valor, Heartstone, Starcraft 2, Dota 2 dan Tekken 7. 

Adek bisa tuh mainnya yang Mobile Legend. Tapi saat ini dia sedang menggemari Free Fire. Jika tiba saatnya diijinkan memegang smartphone, udah deh dia asyik mabar (main bareng dengan orang lain secara online) dan sibuk berkomunikasi dengan teman bermainnya di situ. Ibu hanya bisa gedek-gedek saja melihat polahnya itu. Secara yaaa Ibu cuma bisa mainan Dinner Dash dan segala macam game masak-masak lainnya. πŸ˜‚

Tak hanya terjun sebagai pemain E-Sport saja, ternyata ada juga lho kursus untuk menjadi E-Sport trainer. Ibu juga baru tahu saat salah satu keponakan bercerita kalau dia akan mendaftar menjadi trainer E-Sport di salah satu lembaga kursus. Ealaaahh.. cukup menjanjikan juga ya berarti hobi nge-game ini. 



Menjahit


Menjahit itu kan pekerjaan profesional, mosok masuk ke hobi sih?

Kali ini Ibu pengin menceritakan tentang Uti yang dalam kesehariannya tidak berprofesi sebagai penjahit. Beliau hanya senang saja utak-atik kerajian dari kumpulan perca yang dimilikinya. Dari limbah kain ini beliau bisa menyulapnya menjadi tas cantik seperti ini : 


Tu kan manis sekali ya tas buatan Uti yang bahannya dari potongan kain alias perca. Dari limbah kain pun bisa ternyata dijadikan tas yang memiliki nilai jual. Padahal pembuatan tas ini diawali dari bersenang-senang saja lho. Ternyata bisa juga kan punya nilai ekonomis.

Penjelasan tentang hal ini bisa mudah dipahami oleh Adek. Dia jadi tahu bagaimana melakukan hobi yang menyenangkan sekaligus bisa menghasilkan. 



Olahraga


Bagi anak-anak yang memiliki hobi berolahraga, sudah banyak contohnya ya yang berprestasi dan bisa memperoleh pendapatan dari sana. Jika serius mengikuti salah satu cabang olahraga, termasuk ikutan klub olahraga, sangat besar kemungkinannya dia nantinya akan menjadi atlit profesional. 

Mengikuti berbagai kejuaraan, diajak bekerja sama dengan salah satu klub olahraga ataupun menjadi pelatih, semuanya bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Ketekunan menjalankan hobi yang berorientasi pada aktivitas fisikal ini akan menuai hasilnya seiring dengan tingkat kemahiran yang makin tinggi.



Memasak


Paling mudah saat menjelaskan hobi memasak ini kepada Adek. Dia paham banget seputar memesan makanan online karena kerap melihat Ibu pesan makanan via ojol. Bahkan tak jarang Adek pun meminta untuk dipesankan jajanan kesukaannya.

Dari situ Ibu bisa menjelaskan kepada Adek bahwa orang yang punya hobi memasak tuh bisa juga loh jualan. Tak harus punya warung, bisa saja masak di rumah lalu jualannya ditawarkan secara online. Selain menyalurkan kesenangan memasak, dapat uang juga kaaann...

Yuk Bu kita jualan cimol, Ibu kan seneng makan cimol...

Oh tidak Dek, itu lain perkara. Ibu hanya suka makan doang, enggak hobi memasaknya. πŸ˜πŸ˜‚



Menulis dan Bikin Video  


Siapa yang menyangka kan ya, hobi Ibu yang sejak kecil berkhayal dan menuliskan berbagai cerita itu di buku tulis bisa mendukung aktivitas saat ini. Saat ini Ibu sering menghabiskan waktu di depan laptop untuk mengetik. Sampai-sampai Adek pernah bertanya, "Ibu ngapain aja sih di depan laptop?"

Yo mosok lagi bercermin sih Dek. πŸ˜€

Sudah bukan rahasia lagi ya saat ini aktivitas menulis di blog bisa menjadi salah satu ladang pendapatan. Kegiatan yang diawali dari hobi menulis ini lama-lama menemukan jodohnya. Tulisan yang diposting di blog, kemudian ditemukan oleh agensi bisa jadi disukai dan kemudian akan dihubungi untuk diajak bekerja sama.

Selain dalam bentuk tulisan, saat ini pembuat video juga memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan. Video yang diupload ke Youtube bisa memperoleh penghasilan ketika ditonton oleh ribuan orang dan memiliki jam tayang yang tinggi. Sudah banyak contohnya youtuber sukses di Indonesia. Bagi penggemar videografi, lahan ini bisa banget dijadikan sumber pendapatan. Bersenang-senang dengan mainan video bisa jadi duit kan?


Itu tadi ya beberapa contoh hobi yang menyenangkan sekaligus bisa menghasilkan. Kayaknya masih banyak lagi yang lainnya yaaa... Coba dong mom, dad, aunty, uncle dan kakak-kakak sebutin hobi lain yang sekiranya belum masuk. Biar nanti bisa Ibu ceritakan juga ke Adek agar dia makin paham tentang hobi positif yang bisa mendatangkan penghasilan. 

Terima kasih. 

48 comments:

  1. ibukk, kalo si adek suka cimol aku sukanya cilok, gimana kalo aku kolaborasi sm adek , terus ibuk yang bikin videonya ya,nnti kita upload di youtube buk cara bikinnya, nah komposisi resepnya nnti aku bisikin ke ibuk, biar ibuk yang ngetik diblog. Sapa tau jadi duit beneran buk... :)

    ReplyDelete
  2. Ibu nggak hobi masak cimol tapi kan hobi makan, kali aja bisa dijual ya Dek ya?
    :* :* :*

    ReplyDelete
  3. benera banget tuh Mom, semua hobi itu dapat menghasilkan. Masih banyak sih ya sebenarnya kayak koleksi perangko, hobi pelihara love bird, hehehe.

    ReplyDelete
  4. Hahaha jadi dari bercermin bisa menghasilkan duit ya, eh. Memang asyik ya dari hobi bisa menghasilkan uang.

    ReplyDelete
  5. Hahaha. Jadi ngaca juga bisa menghasilkan ya? Eh hehehe. Memang asyik ya kalau melakukan hobi terus dapat duit juga

    ReplyDelete
  6. Aku pernah ngomongin hobi ini ke krucilku Mbak, tapi belum ngeh yang kecil, hihihi. Mungkin belum sampai ya pikirannya tuh. Apalagi kubilang kalau suka lihat youtube yawes sering-sering nyuting yang disukai. Nanti diedit, terus diuplot tuh dibantuin si kakak. Biar dapat dolar, manthuk-manthuk krucils

    ReplyDelete
  7. we have so many wonderful hobbies that will certainly bring income to those who practice them. aku hobinya apaa yaaa... ngeblog kayaknya yaaa

    ReplyDelete
  8. Apapun hobi jaman now mah bisa menghasilkan asalkan ada kemauan dalam diri kita ya Mank.
    Aku lagi mencoba memberanikan buat menjahit niih, buat orang lain, semoga waktunya pas hahhahaa..Soalnya biasanya jahit celana gombrang sendiri, ada yang suka diembat diganti sama duit langsung hihii.

    ReplyDelete
  9. Hi Mom, ditengah pandemi dan harus stay dirumah aja saat ini saya jadi tambah skill memasak nih, yang tadinya jarang banget masak, saat ini mau ngga mau dan suka tidak suka harus masak, dan satu hal lagi yaitu olahraga.. jadi bagian keseharian aku saat ini

    ReplyDelete
  10. Asyik bgt sih Mbaaa, cara berkomunikasi antara dirimu dan buah hati.
    Bisa menambah wawasan, dan kelihatan kalian berdua pasangan ibu-anak yg inspiring bgt

    ReplyDelete
  11. Eh mbak, aku kok penasaran cimol tuh kayak apa, hahaaa... suwer aku belum pernah beli jadi nggak tahu.

    Nah soal nge-game itu, di kampus nya si bungsu ada juga loh ekstrakulikuler untuk mahasiswa gamers. Tapi Naufal malah gak mau ikutan, katanya ribet ntar banyak urusan kalo ikutan ekstrakulikuler

    ReplyDelete
  12. Kulihat totebag bikinan uti jadi terinspirasi untuk buat juga di rumah, Mbak. Kebetulan mesin jahit ibuk baru kuperbaiki dan bisa dipakai lagi. Mau cari tutorialnya di youtube ah.

    ReplyDelete
  13. E-sport yang dulunya dipandang sebelah mata sekarang malah jadi hobi yang menghasilkan, kalau bisa ngelolanya. Ternyata ada profesi trainer e-sport juga ya... Baru tahu aku Mbak.

    Kalau anakku suka masak, entahlah nanti2 masih suka masak apa nggak. Hehe

    ReplyDelete
  14. Setujuuuuu 😍 Awalnya aku ga nyangka dari nulis bisa dapet duit hehehe... Niat aja dulu karena memang hobi kan ya. Kalau ga dikerjakan rasanya kangen banget tuh. Jadi ga ada beban. Apalagi bisa memperoleh penghasilan dari hobi itu senang dan bangga tentunya 😘

    ReplyDelete
  15. Senang bisa menjalankan hobi, dan senangnya berkali kali saat hobinya menghasilkan. Hehe..

    ReplyDelete
  16. Setuju banget. Aku ngalami sekarang kalau hobi bisa menjadi pekerjaan. Dari nulis di blog dan buku dapat duit yang alhamdulillah banget. Enaknya hobi jadi kerjaan nggak terasa capek dan bosan. Kerjanya senang ahti soalnya hehe. Hobi mengambar dan berkebun juga bisa mendatangkan duit.

    ReplyDelete
  17. Memang sih hobi yang paling menyenangkan adalah yang sekaligus mendatangkan penghasilan. Saya sangat terkesan dengan tetangga, yang dari hobi berkebun sekarang sudah bisa jual buah-buahan dari hasil kebunnya.

    Pernah juga pengen bisa jahit seperti Bulek, yang setiap jelang Idul Fitri pasti pesanannya banyak dan banyak dapat uang juga. Terus saya belajar menjahit deh, tapi gagal terus karena ternyata susah banget menjalankan mesin jahit itu, hehe.

    Akhirnya ya udah deh, saya bekerja saja. Tapi alhamdulillah, disela-sela jam istirahat masih bisa ngeblog. Gitu aja udah sangat bersyukur aku tuh, Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Masya Allah, salut sama Uti dan hobinya menyulap limbah kain menjadi tas yang cantik. Saya pun tak mau ketinggalan untuk membeli karya Uti. Tas itu memang benar-benar cantik, apalagi dikerjakan dengan sepenuh hati. Salam untuk Uti, ya Mak Nik. Semoga Uti sehat selalu dan terus menciptakan karya istimewa meski usia tak lagi muda. Salut buat Uti dan Mak Nik. Juga si Adik yang kreatif. Wah, saya juga penyuka cimol, Mak. Suka makan tapi gak suka bebikinannya, ponakan biasanya yang bikin-bikin pas dia main ke rumah. Hehe

    ReplyDelete
  19. Hobi ngepoin urusan orang lain, hahaha. Saya ketawa baca itu. 🀣🀣

    Tentang hobi yang saat ini bisa menghasilkan uang itu sudah banyak ya. Hobi ngegame aja sekarang udah bisa masuk E-Sport kalau mau menekuninya.

    Dan semua yang disebutkan memang benar adanya. Dan saya baru merasakan hobi menulis terus dibayar. Eh, sama olahraga, tapi itu dulu, suka main voli dan basket, masuk team di daerah, jadi ada tambahan uang jajan.

    *curhat jadinya. 😁😁😁

    ReplyDelete
  20. Hobi kalo mau ditekuni insyaallah bisa jadi ladang penghasilan ya mbak yg penting semangat. Mumpung masih kecil kalo udah tau hobinya apa bisa diasah sejak dini nih mbak ntar besar udah jd pro :)

    ReplyDelete
  21. Kalau dilakoni dengan sunguh-sungguh, hobi bisa cari uang jajan ya. Kemarin-kemarin saya juga asik dengan travel blog terus dibayarin jalan-jalan dan post berbayar di blog. Cuma akhir-akhir mulai malas, karena bisnis menuntut lebih banyak waktu :)

    ReplyDelete
  22. "Ibu hanya suka makan doang, enggak hobi memasaknya" >> jadi bisa customernya di Adek kelak, eaa.
    Ngeliat beberapa anak sekarang yang hobi ngevlog, mungkin ini bisa diarahkan dan dijadikan lahan bagi pengembangan dirinya

    ReplyDelete
  23. Saya lagi seneng bikin video belakangan ini dan memang menghasilkan kalau ditekuni dengan serius

    ReplyDelete
  24. Musim-musim pandemi ini memang saat yang tepat untuk menseriusi hobi yang selama ini banyak tersingkirkan karena kesibukan kerjaan ya mak. Akan lebih mengasyikkan lagi klo hobi itu berpotensi menghasilkan!

    ReplyDelete
  25. Adek sekrg pk kcmt ya mb?aku jg suka jahit dan lumayan menghasilkan klu ditekuni, cuman Krn sekrg ada bocil jd disuruh istirahat dl m suami.nt klu dia udh agak besar mulai jahit lg hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak, Mba, itu kaca mata buat gaya-gayaan doank. :)

      Iya, ayo Mb Ningrum jahit seprai lagi, halus lhoo buatanmu Mba.

      Delete
  26. Sampai sejauh ini menulis dan jualan adalah hobiku mba Uniek wkwkkw
    menyenangkan soalnya dapet cuan jadi semangat. Tapi sedih juga kalau jasa ekspedisinya telat, padahal kirimnya kita awalan. Semangat menghasilkan dari hobi

    ReplyDelete
  27. Bener banget yaah mbak. Hobby yang menghasilkan itu berkah banget. Contoh paling dekat yaah dari ngeblog yaa, dari nulis. Saya juga bersyukur banget hoby baca bisa jadi menghasilkan lewat review buku

    ReplyDelete
  28. Paling ngakak pas baca tentang cimol. Hahahaha, akupun setuju, mbak.

    ReplyDelete
  29. hihii... anak sekarang hobinya malah lebih variatif ya. Ada yang hoby motret dan bikin viceo padahal umurnya belum balik.. Sebagai ortu kita yang penting bisa support mereka ya, syukur2 nantinya bisa jadi lifeskill dan menghasilkan juga buat bekal mereka ngekos.. :-)

    ReplyDelete
  30. Anak-anakku yang besar sudah diarahkan untuk sekolah dan bekerja sesuai dengan hobbynya, karena hoby kalau ditekuni serius bisa jadi penghasilan juga.
    Awalnya anakku nggak paham, Alhamdulillah sekarang selaras hoby dan sekolahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia Mba, kenapa aku mengarahkan anakku untuk masuk SMK sesuai dengan kecenderungan hobinya. Biar nanti bisa langsung praktek dan melanjutkan ke jenjang berikutnya ya langsung yang spesifik dan benar-benar dia sukai.

      Delete
  31. aku sedang belajr bikin video mba, tapi ya kuota kok bolong terus ya. pas di cek ricek, ternyata akibat keseringan nonton drakor, hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... jatuhnya malah hobi yang bikin boros ya mbaaa... Tapi hati yang bahagia itu jauh lebih berharga kok mba, dinikmati ajah.

      Delete
  32. Hobi yang menyenangkan juga bisa menghasilkan. Aku juga lagi memotivasi si kakak yang hobinya nggambar/ bikin sketsa supaya dikomersilkan (emak matre), lha mosok o yang minta digambarin maunya gratis mulu, kan dia gambar juga butuh waktu, tenaga, dan duit buat beli kertas dan cat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho iyaa... bener itu bundanya. Sini tante bantuin untuk komersilkan. *jiwa broker meronta-ronta

      Delete
  33. hobi apapun selama digeluti dengan konsistensi tinggi, fokus, dan istiqomah, bisa menghasilkan ya mba. hmm aku kok ya gak punya hobi, bikin apa ya

    ReplyDelete
  34. Asik ya bisa ngobrol begini sama bocah. Eh sama juga hobby maen FF, dan saya suka jahilin kalau anak lg chat sama teman mabar FF hahaha. Bener ya Mbak, sejak kecil sudah harus diajari tentang ini. Jadi, akan membuka wawasan mereka.

    ReplyDelete
  35. Aku seneng lihat Uti masih produktif di usia beliau yang sekarang. Insya Allah usia beliau bermanfaat untuk orang lain

    ReplyDelete
  36. Asik yaa bisa melakukan hal yang disukai trus dapat uang juga dari situ. Awalnya dari hobi motret-motret makanan, sekarang sudah bisa motretin produk orang.

    ReplyDelete
  37. Kalau aku selain hobi nulis juga hobi makan. Hahaha. Eh siapa tau bisa dijadikan konten mukbang di Youtube kan mbak.

    ReplyDelete
  38. Sebagai orang tua kita memang harus bisa mengarahkan dan mendukung apa yang disukai oleh anak ya, Mbak. Syukur-syukur hobi mereka bisa menghasilkan.
    Saya juga baru sadar kalau main game juga bisa jadi penghasilan juga.

    ReplyDelete
  39. Zaman dulu udah sering denger katanya pekerjaan yang menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar. Beruntung zaman skrng udah mulai populer soal "freelanecer" jadi mereka yang punya passion di bidang tertentu bisa melakukan hobi sambil dibayar ya mbak.
    Apalagi main game itu, dulu dimarahin emak kalau main game mulu, skrng malah banyak jg emak yang mendorong anaknya main game buat jd atlet esport hehe

    ReplyDelete
  40. Aku dari YT baru pernah PO dua kali selama ini. Karena jam tayangku kurang. Semoga hobi2 ini bisa terus menjadikan salah satu peluang penghasilan

    ReplyDelete
  41. Hobi aku yang menghasilkan ya, menulis.

    ... dan putriku juga mewarisinya.
    Bahkan doi nulis dalam bahasa Inggris.

    Sudah dibujuk buat blog, belum mau-mau juga.
    Malah nulis di diary saja.

    ReplyDelete
  42. Kak Uniek iih...masak di depan laptop, bercermin.
    Hihii...kok aku jadi malu yaa...((sering banget pura-pura liat handphone, padahal benerin jilbab yang miring-miring))

    Aku jadi ingat salah satu hobiku dulu kecil yang di dukung kedua orangtua.
    Filateli.

    Mendadak kangen sama perangko-perangkoku zaman baheulaaa...

    ReplyDelete
  43. Aku dulu emng seneng nulis. Ga ngerti ini anakku sukanya apa ya kira2
    Lagi mencoba buat melihat seksama biar ga salah prediksi xD

    ReplyDelete
  44. Menulis dan bikin video hobiku juga nih. Masak jadi hobi juga, alhamdulillah menghasilkan juga, biarpun cuma bikin cilok hehe.

    ReplyDelete