Sunday, May 10, 2020

Suasana Ramadan dan Persiapan Lebaran 2020


Lebaran mau mudik kemana?

Biasanya pertanyaan ini rutin diajukan oleh teman-teman, tetangga maupun keluarga. Setiap kali masuk bulan Ramadan, yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang sedang merantau adalah kegiatan mudik yang terasa meriah.



Kangen dong ya dengan keluarga besar yang ada di kampung halaman. Setelah setahun tidak berjumpa, bakalan menggunung deh kangennya. Bisa peluk-pelukan, bisa seseruan bareng keluarga, hal yang sangat didambakan bagi mereka para perantau.


Tapi apa daya, ketika virus Covid-19 ini tak jua segera berlalu, maka mudik pun tinggal impian. Bagi yang udah duluan nyolong start untuk mudik, ada yang beruntung sudah sampai di kampung halamannya. Hanya saja nggak tau deh mereka bakalan melakukan karantina mandiri ataupun tes Covid-19, kalik aja membawa 'oleh-oleh' untuk keluarganya. Kali ini oleh-oleh yang sangat tidak diinginkan dan amat berbahaya. πŸ˜”

Suasana Ramadan di rumah BocahRenyah juga terimbas kondisi pandemi ini deh. Kakak yang biasanya baru pulang ke rumah pertengahan Ramadan, kali ini lebih cepat dipulangkan dari pondok. Jika biasanya dia seseruan puasa bareng santri-santri yang lain, kali ini harus puas ngendon di rumah. Ga bisa mengaji ataupun sholat jamaah di masjid. 

Adek pun merasakan hal yang sama. Selama ini dia kan yang paling hepi menanti saat-saat jelang buka puasa. Bakalan seseruan dengan teman-teman sebayanya di masjid. Mengaji sambil menunggu waktu berbuka puasa. Menanti dapet jatah takjil kiriman para jamaah masjid yang biasanya akan bergantian menunya setiap hari, tergantung siapa yang ngirim takjil. 

Ya, semua tak sama lagi ketika Covid-19 mampir di bulan Ramadan ini. Semua aktivitas ibadah jamaah yang biasanya disambut suka ria, kini dihadapi masyarakat dengan segala kebingungan. Mau nekat berangkat ke masjid, tapi kok ya sudah diberi anjuran pemerintah untuk sementara waktu ibadah saja di rumah. Sholat wajib bisa berjamaah dengan ayah dan ibu, begitu juga sholat tarawih.

Iya sih katanya sholat di masjid sudah diberlakukan pengaturan jarak, enggak dempet-dempet gitu. Tapi pada kenyataannya, tetap saja ketika sholat hendak mulai, para jamaah tetap merapatkan shaf sebagai syarat sah sholat. 

Tak hendak menyalahkan, tidak ada yang salah dalam hal ini. Hanya saja jika kita bisa berikhtiar untuk menjauh terlebih dahulu dari kemungkinan paparan virus Covid-19, alangkah lebih baiknya. Soalnya kita kan tak pernah tahu ya siapa saja yang menjadi carrier virus ini. 

Tak terasa ya saat ini kita sudah melewati separuh bulan Ramadan. Yang biasanya udah pada beli baju baru dan aneka kue kering, gimana nih persiapan lebaran kali ini?

Ibu sih tetap biasa saja ya aktivitas dalam menyambut lebaran. Tetap merencanakan masak-masak bersama Uti. Toh keluarga kami memang tidak ada aktivitas mudik. Istilahnya masak sendiri dimakan sendiri. 

Jika biasanya Ibu sudah merencanakan akan membagi 'sesuatu' dalam amplop lucu-lucu untuk Kakak, Adek dan para sepupu, kali ini rasanya bakalan berbeda. Kondisi pandemi membuat pendapatan Ayah lumayan berkurang. Jadi sepertinya ntar bagi-bagi angpau skip dulu. Semoga kalian tidak kecewa ya, Nak. 😘😘

Untuk persiapan lebaran kali ini Ibu udah merencanakan hendak memasak menu yang berbeda dari menu mainstream lebaran. Gara-garanya nih Ibu kan beberapa bulan yang lalu beli food processor, yang bisa digunakan sebagai juicer, blender dan pembuat santan dari kelapa mentah. Naahh.. ketika ngobrol bareng Uti, Ibu jadi ada ide untuk bikin daging giling sendiri. Ibu bakalan beli daging ayam fillet, ntar akan dimasukkan ke alat blender yang tabungnya kecil, yang khusus untuk pencacah daging.

Cobaaa... kira-kira moms & dads, juga aunty & uncle serta kakak-kakak semua, ada yang bisa menebak kah Ibu BocahRenyah mau bikin apa? Bisa juga kasih saran dong enaknya masak apa saja dengan menggunakan daging giling tadi.

Boleh yaa tinggalkan tanggapan dan saran tentang menu resep lebaran tadi di kolom komentar. Terima kasih. 

18 comments:

  1. Sedih banget sihhh emang. Momen lebaran udah ditunggu2 buat kumpul keluarga. Berakhir dengan ambyarrr, pisah2 ini disana disini sekeluarga :')
    Aku nebak apa ya mbak Niek? Cuma kepikiran nugget aja nih hehehe.

    ReplyDelete
  2. Daging ayam cincang bisa buat isian siomay bisa buat bakso juga. Apa lagi ya? Memang suasana lebaran bakalan ga se happy biasanya ya mbak tp sebisa munkin kita sebagai ortu bikin suasana menyenangkan buat anak2. Seperti masak bareng bikin menu bareng gitu aja udah happy

    ReplyDelete
  3. Waduh, maaf ya, kalau soal masak memasak sih nggak bisa kasih saran wkwkwkwk lha aku aja masih amatiran lah

    ReplyDelete
  4. Lebaran tahun ini kami juga rencananya mau masak yang seger-seger aja mbak. Bahannya tetep ayam kampung namun dibuat sop, soto atau mi ayam. Pokoknya meminimalisir santan.

    Kalau daging giling ayam tuh yang simpel biasanya dibuat bola-bola kecil terus dimasak semur, bakso kuah segar atau sambal goreng bola-bola daging. Hhmmm ... cucok deh.

    ReplyDelete
  5. Iyaa Lebaran tahun ini berbeda sekali, nggak bisa mudik, tapi kudu tetap bersyukur kita semua sehat ya Mbak, rencana pesan opor dkk ke tetangga yang masak, belum senekad itu bikin sendiri hihihihi..

    ReplyDelete
  6. Memang ya Lebaran tahun ini tuh bener-bener anti mainstream...no mudik-mudik padahal tiap kalai v-call sama kung dna uti nya anak-anak pasti ditanyaian..jadi nggak pulang ya? sedih..

    oiya kelihatannya ibu mau bikin nugget atau daging bakso ayam ya?

    ReplyDelete
  7. Stay at home bikin emak2 kyk kita tambah kreatif y mb. Wuih keren sampai beli food processor

    ReplyDelete
  8. Hmmm nebak buah manggis, yang dimasak Ibu kayaknya antara siomay, pangsit, atau galantin. Dapat hadiah apa nih kalo bener πŸ˜„

    ReplyDelete
  9. Mau bikin Daging Sepur kah, Bu? Eh,nama itu umum gak ya? Itu sebutan kami untuk menu yg terbuat dari cacahan daging yg dibumbui lalu dibungkus daun dan dikukus. Atau tidak dibungkus daun tapi menggunakan wadah tahan panas lalu dikukus. Gadon. Ah ya..itu nama umumnya..haha.. Kami.menyebutnya Daging Sepur karena duluuu ibu buat itu untuk.bekal saat pergi jauh naik kereta api. Haha.. Lha malah nostalgia di sini, maafkaaan...

    ReplyDelete
  10. Asiik ada food processor baru yaa, bisa bikin ppempek, otak2 tapi itu umum ga ya buat menu lebaran, kayaknya lebaran tanpa kupat opor kok ada yg kurang ya Mba, biasanya selalu dimasakin mamaku, skrg kudu masak sendiri nih

    ReplyDelete
  11. sama mba, kami juga tidak ada mudik tahun ini huhu sedih sekali rasanya. wah punya food procecor bsa bkin bakso sendiri itu dan bsa bkin opor santannya alami dn higenis krna pke alat sendiri

    ReplyDelete
  12. Bikin bakso sapi sendiri ya mbak. . Seger tuh kayaknya jadi menu lebaran. Aku juga pengen punya food procecor jugaa

    ReplyDelete
  13. Tidak mudik, tidak beli baju baru, tapi kayaknya mau beli celana dan baju buat bocah udah pada sempit..kue kering nunggu kiriman dari Bogor, opor pesan di tetangga, mari bersukaria..lebaran sebentar lagi..

    ReplyDelete
  14. Kalau Maya biasa lebaran ada buat bakso juga mb. Soalnya kan klo lebaran ke tempat keluarga menunya pasti gak jauh dari santan kayak rendang, opor, gulai gitu. Jadi klo buat bakso buat seger2. Jadi food prosesornya bisa buat giling daging bakso

    ReplyDelete
  15. Kece beud mbak Uniek sampai kepikiran menu anti mainstream. Aku malah nggak kepikiran masak pas lebaran.. as usual.. maklum berempat doang.. Malas rempong.. kalau Pengen makan ngegrab aja deh wkwk.

    ReplyDelete
  16. wah apa ya kira kira? bikin bila-bola daging teriyaki kayaknya, nanti saya numpang boleh nyicip ya moms..hehehe

    ReplyDelete
  17. Asyikkk...ada mainan baru nih. Bisa makin sregep masak nih ibu. Jangan lupa kirim2 ya buuuu...πŸ˜„

    ReplyDelete
  18. daging giling enaknya uhm... bistik atau bakso gitu gimana mba bir ga terlalu mainstream kn biasanya kalau pebaran paling juga opor sama rendang

    ReplyDelete