Sunday, November 1, 2020

Melatih Anak Mandiri


Kali ini Ibu ingin flashback pada kejadian sebelum pandemi, tepatnya sekitar dua tahun yang lalu saat pertama kali dalam hidup, Ibu berhenti bekerja kantoran dan memutuskan untuk di rumah saja. 


Ibu, aku maunya ke sekolah dianter sama Ibu.

Lhoo... kemarin-kemarin kan sudah berangkat naik sepeda.

Tapi kan ujan bu, mau dong dianterin lagi.

Hari ini kan terang, Dek. Nih, udah Ibu bawain jas hujan juga ya.


Begitulah percakapanku dengan si Adek selepas enggak ngantor. Adek udah seneng banget karena sekarang sekolah udah ga harus dianter sama orang lain lagi.

Jadi dulu sebelum Ibu resign, Adek ke sekolah naik semacam 'ojek' gitulah. Ada tetangga yang sekalian anter anaknya ke sekolah dan mau dititipin untuk mengantar Adek juga. Kebetulan si ibu yang dititipin ini orangnya sayang banget sama Adek. Sering beliin ini itu meskipun kadang berujung diare. Hahahaa...

Iya, saking baiknya tuh, sampai Adek sering dibeliin jajan. Jenis jajanan yang sebenarnya larangan banget untuk dimakan Adek. Demi menghindari kejadian diare terulang lagi, Ibu pesan pada Adek untuk menerima saja jajanan tersebut tapi enggak usah dimakan. Bawa pulang aja ntar buang.

Ya emang sih jadinya mubazir. Maafkan Ibu ya bumi, Ibu lebih takut menyakiti hati si ibu baik hati tadi. Daripada hubungan pertetanggaan jadi enggak enak, akhirnya solusi itu yang Ibu pakai. Orang Jawa memang mungkin gitu ya, banyak nggak enaknya daripada bicara terus terang. Iya, selemah itu memang hati Ibu. Rapuh bagaikan parutan keju yang meleleh terkena panas. πŸ˜€

Nah, saat naik kelas 3 SD, Adek ingin berangkat sekolah sendiri naik sepeda. Jadi enggak dianterin lagi gitu oleh si ibu ojek tadi. Latihan mandiri gitu ya ceritanya. 

Namun di saat yang hampir bersamaan, di tahun itu Ibu berhenti bekerja. Melihat ibunya santai woles kayak di pantai, Adek jadi berubah niat, maunya dianterin saja oleh Ibu. Enak diantar jemput sama Ibu, gitu katanya. 

Duh, batal dong ya ini jadinya latihan mandiri untuk bisa berangkat dan pulang sekolah naik sepeda. Gimana ceritanya bisa gini coba?

Lah udah ngapah to Buuu... mbokya dianter, tega amat sih sama anak ndiri?

Gitu kalik ya pemikiran orang lain ketika akhirnya Ibu memutuskan Adek harus tetap belajar berangkat sendiri ke sekolah naik sepeda. Bukan tanpa pertimbangan sih, lha wong jarak rumah ke sekolah enggak sampai 5 menit naik sepeda.

Kalau maunya tampil sempurna, maunya sih anterin aja Adek ke sekolah. Biar enggak digosipin ama tetangga. Udah nggak kerja aja loh, males amat nganterin anak sekolah. πŸ˜„

Untungnya nih Ibu udah terlatih untuk tidak memperdulikan apa kata tetangga. Ada hal-hal lain yang mungkin terlewat untuk mereka pikirkan. Atau lebih tepatnya ada hal prinsip yang ingin Ibu tanamkan kepada anak-anak. Suatu prinsip yang mungkin bagi ibu atau orang tua lainnya berbeda-beda.


That strong mother doesn't tell her cub, Son, stay weak so the wolves can get you. She says, toughen up, this is reality we are living in.
(popular proverb by Lauryn Hill)


Mungkin di mata orang lain, Ibu ini kelihatan kejam dan tidak sayang pada anak-anaknya. Padahal mana ada kan ya seorang tidak sayang kepada buah hatinya. Hanya saja cara menyalurkan rasa cintanya berbeda-beda.

Ibu BocahRenyah hanya ingin Adek dan Kakak bisa melakukan banyak hal sendiri, mulai dari hal-hal yang paling mudah dan paling sederhana. Mulai dari mencuci sendiri piring makan mereka, membereskan tempat tidur, menata baju di lemari, hingga berangkat ke sekolah sendiri.

Itulah kenapa Ibu memilih menyekolahkan Adek dan Kakak di sekolah dasar yang dekat rumah saja. Paling tidak ketika mengajarkan kemandirian untuk berangkat sekolah sendiri jadinya enggak terlalu deg-degan. Hari pertama dan kedua masih diikuti lah dari belakang sembari naik motor, sesudah melihat bagaimana kesiapan anak naik sepeda sendiri ke sekolah, baru deh dilepas.

Tentu saja ini tidak berlaku ya bagi para ayah dan ibu yang menyekolahkan anak di sekolah yang jauh dari rumah. Ibu hanya ingin bercerita saja bagaimana harus terpaksa 'tega' memandirikan Adek dan Kakak sejak kecil. 

Hal ini Ibu lakukan karena sebelumnya Ibu kan harus bekerja di luar rumah, harus bisa memutuskan banyak hal terkait dengan nasib anak-anak. Gimana caranya semua urusan kelar walaupun secara fisik Ibu tak ada di rumah. Salah satunya ya urusan berangkat sekolah naik sepeda tadi. 

Adakah para ayah, ibu ataupun mba yang punya pengalaman melatih kemandirian anak begini? Boleh dong sharing pengalamannya di kolom komentar yaaa... Terima kasih. 


44 comments:

  1. Kalau dulu aku pernah melepas si kakak naik sepeda ke sekolah. Kalau untuk adiknya baru berani melatih kemandirian belanja ke warung aja mbak, soalnya cewek adiknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di sini malah kakaknya yang cewek mba. Sama aja ngelatihnya karena lambat laun tetap harus mandiri. Sekitar kelas 3-an juga dibolehin sekolah sendiri naik sepeda.

      Delete
  2. Pernah waktu Pasal SD dia mau naik sepeda ke sekolah aku bolehin, eh yang protes orangtua yg lain katanya tega amat sama anak. Biarin aja wong anaknya mau belajar kok. Buktinya skre SMO anakku udah mandiri bisa sekolah sendiri juga gak harus diantar

    ReplyDelete
  3. Setuju, latihan mandiri memang harus sejak kecil dan meski harus ditega-tegain ya.
    Karena sdh ada beberapa contoh di.lingkungan kami, atas nama rasa sayang ke anak, pada akhirnya ortu kerepotan karena anak sana seksli tidak mandiri meski sudah jelang dewasa. Hiks.. semangaaat ibukbya Bocah Renyah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak jadi gak mandiri & agak terlambat menghadapi dunia luar ya kalau gak dilatih mandiri dari kecil

      Delete
  4. Untuk belajar mandiri biasanya aku jauh lebih keras dibanding bapaknya nih bulik. Misal, belajar makan sendiri. Meski lamaaaaaaaaaa... Atau mandi sendiri meski sampo sama sabun dituangin di bak mandi. Hahaha. Namanya juga masih proses belajar ya.


    Nah untuk sekolah, karena masih SFH dan hanya seminggu sekali tatap muka, mau ga mau ya ditungguin. Awalnya ya nempel gith ga mau sama temen. Tp lama2 mau. Nah nantinya kalau sudah berjalan normal, karena sekolahnya jg agak jauh dr rumah, yg bertugas nganter bapaknya. Aku tugasnya jemput. Hehehe.

    ReplyDelete
  5. aku juga merasakannnya kok mba Uniek.. kalau mau mendidik anak mandiri memang harus tega. Harus tau capek, sakit, susah dan berusaha yang terbaik. Semangaat selalu

    ReplyDelete
  6. anakku yang cowok sudah sering ke sekolah naik sepeda sih, tapi suamiku masih setengah hati melepasnya. padahal menurutku, anak laki-laki harus mandiri lebih awal daripada anak perempuan. lagipula, sekolah deket aja cuma 1 kilo. terkadang memang harus ada kesepakatan antara ayah dan ibu agar anak beneran mandiri.

    ReplyDelete
  7. anakku nggak bisa naik sepeda mbak hahaa karena memang jarang banget keluar rumahnya, apalagi selama pandemi, ga pernah keluar sama sekali :) boro2 latian sepeda jadinya

    ReplyDelete
  8. Anakku diusia 8thn skg sudah mandi sendiri dan bisa beres-beres, serta mencuci piring sendiri padahal anak cowok, tipsnya sih tidak terlalu banyak..krn banyak yang lebih pakar...tipsnya adalah sedikit ngomong, banyak bertindak. Ajarin anak harus rajin,,yah ortunya melakukan hal tersebut dahulu..hehe

    ReplyDelete
  9. Anakku baru kelas 4 SD bisa naik sepeda, cuma untuk sekolah masih saya antar, karena sekolah terdekat dengan asrama harus melewati jalan raya. Bahkan sampai SMP kelas 2 masih saya antar, saya tidak tega berangkat sendiri karena lalu lintas di Denpasar padat banget. Banyak pengendara motor dan mobil yang suka ugal2an....tapi alhamdulillah anakku bisa mandiri sekarang.

    ReplyDelete
  10. klo aku pribadi dilepas naik jemputan waktu kecil sejak kelas 2 sd. kakaku juga kelas 3 sd sudah disuruh sepedaan sendiri ke sekolah, adekku juga sejak kelas 2 sd dibiarin naik jemputan sendiri.
    Alhasil kelas 4 sd aku yg jarak sekolahnya mayan jauh udah berani naik angkot sendiri klo ikut ekskul atau ada pelajaran tambahan. tp itu dulu ntah mengapa mamaku biarin aja gtu. ahahahaha..

    ReplyDelete
  11. Lho mbak Uniek sudah resign dari kerjaan? Bumi asik dong sekarang bisa seharian ketemuan sama Ibu. Yaa biarpun ada Ibu di rumah, jadi lebih gampang mantau kemandirian mereka ya mbak. Lapar, ambil makan sendiri. Sekolah, berangkat sendiri. Hebaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho tante Yuni... Bumi itu anaknya Om Belalang Cerewet lho :)) BocahRenyah tuh Vivi dan Faris namanya. Salam dari Semarang ya untuk Tante Yuni di Surabaya, muaachh

      Delete
  12. Benar Mbak, anak harus dilatih kemandiriannya sejak dini.
    Kalau saya sih sekarang mulai biasain si Kakak untuk beresin mainannya sendiri setelah bermain, kumpul perlengkapan belajarnya juga kalau udah belajar dan rapikan tempat tidurnya juga, walau masih sekamar sih tapi beda kasur hihihih

    ReplyDelete
  13. Aku suka berpikir ke masa depannya aja jadi kasian banget kalau aku manjain sekarang. Jadi meski perang batin antara pengen bantu dengan mengajarkan kemandirian aku selalu memilih berbuat tega aja hehe... walau kadang abinya nih yg malah suka ga tega an..

    ReplyDelete
  14. Aku dulu juga sekolah bersepeda, Awal-awal bareng ibuk lama-lama sendirian mba. Allhamdulilah ingin juga menerapkan kemandirian untuk anak nanti

    ReplyDelete
  15. Sekolah anakku jauh krn yg sreg itu dan blm bisa lepas ma org lain, entah mungkin kalau corona usai dan bisa disuruh naik antar jemput hehe
    Kalau di rumah anak2 udah makan sendiri dr kecil, nyiapin dan makai baju sendiri sesudah mandi, yg msh gampang2 dulu. Termasuk bobo sendiri hehhee

    ReplyDelete
  16. Sungguh melatihkan kemandirian ini membutuhkan konsistensi yaa..
    Gak bisa sim salabim...dan jadi orangtua juga mesti tega.
    Seringnya aku masih belum konsisten, kak Uniek. Jadi pelan-pelan lagi melatihkan anak mandiri sesuai usia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya..
      Ketika anak sudah mandiri, pasti ia menjadi lebih bisa bertanggung jawab terhadap apa yang dimilikinya.

      Delete
  17. Aku melatih dia mandiri tuh kemarin sebelum pandemi dengan ajarin dia pergi sendiri latihan taekwondo krn lokasinya juga lumayan dekat sama rumah, walopun tetap aja was-was sih, gak kaya jaman dulu waktu kita kecil, skrg orang-orang jahat makin ajaib

    ReplyDelete
  18. Mbak, kita samaan nih, Audiku kelas 2 SD malah udah kami izinkan naik sepeda sendiri ke sekolah, tapi waktu itu Pewe yang gak tega, jadi dia diem-diem ngikutin Audi dari belakang. Ngajarin anak mandiri sejak kecil bagus kok, anak jadi bisa mengambil keputusan2 yang lebih baik untuk hidupnya di masa depan (cuma tetap sih, kita sebagai orangtua bantu arahin mereka juga. Dipegang saja ekornya, dilepas kepalanya. Hahaha)

    ReplyDelete
  19. Jadi inget dulu Osama naik sepeda kalau mau latihan di wisma atlet pas kelas 6 SD. Sama pelatihnya malah dipuji2. Emaknya yang ndredeg

    ReplyDelete
  20. Halo mba. Aku juga kadang mungkin kok ama anak tegas. Tapi menurutku itu bekal buat masa depannya mba. Dan anak juga diberikan pengertian bahwa ini semua demi anak juga

    ReplyDelete
  21. Anak2ku slm SD kan pake antar jemput. Pas kelas 6 anak2ku tuh mencoba belajar mandiri belajar naik angkot dari sekolah ke rumah kira2 7 km. AKu deg2an buangeet sampai aku tungguin depan pagar rumah. Was2 superrrrr deh. Begitu anakku sampai, udah salim, anak sih kelihatan biasa aja ya eh akunya mau mewek gitu sambil bersyukur tiba dg selamat. Ada yg gitu juga ga yach? hehehe :D

    ReplyDelete
  22. Kalau soal sekolah sih anakku haeus antar jemput karena memang agak jauh sekolahannya dari rumah. Tapi anakku sudah bisa goreng telur sendiri sejak dia umur 5 tahun, mau bantu nyapu, ngepel, dll. Sengaja ku ajarin bisa mengerjakan kerjaan rumah meski laki-laki

    ReplyDelete
  23. Melatih kemandirian anak memang harus berkelanjutan dan konsisten. Kadang-kadang harus tega. Biarin aja apa kata orang. Tega kan bukan berarti jahat

    ReplyDelete
  24. kadang memang harus ada komitmen antara ibu ayah dan anak ya mbak, agar proses melatih kemandirian ini berjalan sesuai rencana. saya pun pernah mau mengijinkan anak sekolah naik sepeda, tapi ayahnya melarang karena khawatir. ya sudah jadinya anak juga bingung, anak udah berani, eh ditahan. tapi alhamdulillah setelah itu, akhirnya bisa juga anaknya naik sepeda ke sekolah, setelah kita semua sepakat dan siap.

    ReplyDelete
  25. Anakku dari umur 4 ku biasakan mengaji berangkat sendiri. Dekat dan jalurnya termasuk aman. Dia kadang bawa sepeda atau jalan kaki.

    Awalnya emang ragu ya tapi ku lihat teman-temannya bisa, so kenapa enggak dicoba.

    ReplyDelete
  26. Semenjak anakku sudah mengerti, aku langsung mengajari dia untuk belajar mandiri walau sampai hari ini kadang masih suka dituntun juga karena bundanya suka gak sabar. Heheheeee

    ReplyDelete
  27. Kalau untuk urusan sekolah saya belum bisa lepas, Mbak, karena harus nybrang jalan gede meskipun sebenarnya hany 10 menit dari rumah. Tapi untuk urusan manajemen waktu, saya sudah mulai sedikit2 memberikan tanggung jawab pada Najwa (9). Najib pun (6) mulai saya ajari soal waktu ini. Selain itu urusan makan, mencuci sepatu, mandi, semuanya saya mulai lepas, hanya sesekali supervisi karena takut kurang bersih, Ya memang caranya beda2, tapi insyaallah tujuannya sama-sama membuat anak belajar mandiri.

    ReplyDelete
  28. Plusnya pilih sekolah yang dekat dengan rumah, kita bisa ngajarin anak belajar mandiri ya mbk. Salah satunya berangkat sekolah sendiri, bisa dengan jalan kaki atau sepedaan

    ReplyDelete
  29. Melatih kemandirian emang harus tega ya mbak..hehe Anakku 2 cewek2 kadang aku biarin berangkat sendiri latihan renang karena jaraknya emang deket, di belakang rumah. Kalo sekolah karena lumayan jauh 1km+ kadang naik sepeda untuk yang SMP, kadang dianter. Kalo yang SD masih full dianter mbak.

    ReplyDelete
  30. Cerita tentang anak yang mandiri, alhamdulillah anakku termasuk yang agak lambat buat mandiri, kayak mandi sendiri, makan sendiri, dan sebagainya, tapi aku nikmati prosesnya, karena perkembangan setiap anak kan beda-beda ya.

    ReplyDelete
  31. Kalau soal berangkat ke sekolah, selama anak saya sekolah di tempat yang sekarang kayanya saya bakal antar jemput terusl, soalnya beda komplek dan harus nyebrang jalan raya... Tapi sekolahnya sendiri udah menghimbau buat anak-anak yang rumahnya dekat, mulai kelas 4 pergi sendiri aja...

    ReplyDelete
  32. Kalau kata ibuku, saat anak udah keluar rumah sendiri, pasrahkan sama pemiliknya yaitu Allah
    Kemandirian itu penting ya sejak kecil, jd keinget zaman sekolah dulu ya disuruh jalan aja bareng teman, sejak TK.
    Kalau mau nyeberang jalan kami minta tolong tukang becak utk nyeberangin hahaha

    ReplyDelete
  33. Sekarang anak-anak juga sekolahnya deket rumah, Mbak. Paling cuma 500m. Tapi mereka nggak mau disuruh berangkat sendiri sebelum pandemi. Males katanya. Kebiasaan sekolah dianter jemput ibunya. Tapi kayanya setelah sekolah normal lagi bakal disuruh berangkat pulang sendiri deh.

    ReplyDelete
  34. Iya mba, kalo sekolahnya deket berangkat sendiri lbh mengasah kemandirian ya. Kalo bekal lupa bawa suruh balik lg. Whaha. Ini aku waktu kecil gini banget. Skrg anak aku sekolahnya gak bs jalan kaki krn lumayan jauh. Capek jg kalo antar jemput. Heu

    ReplyDelete
  35. Jadi ingat sama keponakan, saat dulu sekolah bareng sama ibunya temennya yg kebetulan nganter. Jadi sekalian nebeng gitu. Tapi baik sih ibunya, dan berhubungan baik sampai sekarang ini.

    Trus pengalaman sama ponakan juga, saat Sd, sekolahnya emang deket dari rumah. Tapi menjelang kelas 5 atau kelas 6 maksa sepedaan sendiri. Ya walau tetap dipantau terus, karena jalanan raya desa nggak seramai kota, tetap aja ada perasaan was, was.
    Alhamdulillahh walau sekali kecelakaan di jalan, tapi kemudian dia jadi lebih berhati-hati lagi saat naik sepeda

    ReplyDelete
  36. Saya menunggui anak sekolah TK hanya di hari pertama, selanjutnya langsung ditinggal. Dan ya, ternyata anak jauh lebih mandiri. Memanglah ya, mengajarkan kemandirian pada anak memaksa ibu untuk tega melepas.

    ReplyDelete
  37. Wah kerennyaaaa, mau nyoba buat berangkat sendiri naik sepeda aja udah kaya sebuah nilai plus untuk kemandirian anak ya maaaak. hehe

    ReplyDelete
  38. Kemandirian memang harus diperkenalkan dan dilatih sejak kecil, ya, Mbak. Biar menjadi kebiasaan hingga dewasa kelak. Butuh kekompakan kedua orang tua, nih πŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  39. Ngajarin kemandirian ke anak-anak, aku beda-beda. Sesuai dengan sifat mereka masing-masing. Ada yang dengan banyak ngomong, ada yang dengan stimulus aksi langsung, dan ada yang dibiarin begitu aja. Anak ketiga nih yang aku rada susah. Anaknya yang sensitif kadang bikin dilemma. Aku masih belajar nih ngajarin kemandirian ke anak ketiga. Adiknya malah lebih mandiri dari dia.

    ReplyDelete
  40. Wah tema kemandirian ini yg saya alami belakangan tinggal di Taipei mbak.. Lihat anak-anak lokal yg mandiri luar biasa bahkan dari masih batita (contoh kecil makan sendiri) ini kadang bikin hati saya merasa receh banget jadi Ibu. Dan lain sebagainya bisa buat perbandingan anak lokal dengan anak saya (dan anak expat yg lain yg baru datang). Orang tuanya ya terlihat tegaan gitu. Padahal sebenarnya demi masa depan anaknya. Jadi bikin saya ingin banyak meniru mereka..

    ReplyDelete