Thursday, November 12, 2020

Perusahaan Kecil Perlu Server? Yuk Pahami Beberapa Istilah dalam Dunia Server dan Cara Berlangganan




Bu, bisnis tuh apa sih? Trus kalau jadi pebisnis apa saja yang harus disiapkan?

Pertanyaan yang sepertinya mudah ini ternyata susah juga ya menjawabnya ketika yang mengajukan pertanyaan adalah seorang anak, yang notabene kosa kata dan wacananya masih belum begitu banyak. Harus pelan-pelan dan menggunakan istilah yang mudah dipahami.

Bagi orang dewasa tentunya sudah paham ya tentang dunia bisnis. Juga kondisi dimana seorang pebisnis pemula sering kali harus menghadapi berbagai permasalahan. Terkait dengan dunia digital nih, salah satu dilema yang harus dihadapi adalah pilihan untuk berlangganan layanan server atau tidak. 

Apalagi jika pebisnis pemula ini harus menghadapi persaingan dengan bisnis serupa yang sudah lebih dahulu menjadi terkenal. Ini membuat pebisnis harus bisa mengambil keputusan secara tepat. 

Faktanya sebagian besar bisnis kecil sampai menengah yang baru, harus berjuang lebih keras bila tidak memiliki server. Ini sangat mempengaruhi kinerja karyawannya yang sudah pasti akan berimbas langsung pada tingkat produktivitas perusahaan. Memang ini membuat pebisnis harus rela mengeluarkan uang lebih dalam rangka pendanaan di bidang IT. 

Sebelum berlangganan, alangkah baiknya kalau kita mengetahui seluruh istilah yang mirip dengan web server dahulu. Bagi anak-anak, bisa ikutan belajar yuk istilah-istilah di bawah ini.



File Server


Bagian yang paling utama dalam suatu server adalah sharing server. Server tersebut memang didedikasikan untuk karyawan dari suatu perusahaan dan ini disebut File Server. Teknologi tersebut memungkinkan kita menyimpan berbagai informasi bisnis yang penting. Beberapa jenis file yang biasa disimpan adalah file akuntansi, template dokumen, gambar, video, file proyek, dan lain-lain.

Hal yang lebih menarik dari suatu file server adalah kita dan pengguna lainnya dapat mengaplikasikan sistem keamanan khusus. Hal ini sangat bermanfaat ketika suatu perusahaan harus menjaga file rahasia miliknya. Hanya orang atau pihak manajemen saja yang berkuasa atau berwenang membuka bagian informasi tersebut.

Ini memungkinkan penggunaan dari server yang bisa diakses oleh banyak karyawan, tetapi tetap ada file tertentu yang hanya dapat diakses oleh orang yang berwenang saja. Menggunakan server mampu mempermudah kinerja antar karyawan dalam perusahaan. Bila tidak terdapat server, maka kinerja antar karyawan akan menjadi sedikit terhambat.

Kita pasti bisa membayangkan dimana deadline sudah menumpuk sangat banyak, tetapi kinerja dan koordinasi antar karyawan tidak dapat diperbaiki. Alhasil ada kemungkinan akan menggeser deadline yang sudah ada. Melakukan pembagian file hasil kerja menjadi kurang efisien tanpa adanya server.


sumber : freepik.com



Web Server


Istilah lainnya yang perlu kita ketahui adalah web hosting terbaik yang merupakan bagian untuk melakukan penerimaan dari permintaan yang dikirim oleh browser. Kemudian perangkat tersebut akan memberikan tanggapan terhadap permintaan dalam bentuk menampilkan halaman situs website yang berupa dokumen HTML.

Web server tersebut sendiri bisa merujuk pada dua hal yang berbeda yakni hardware dan software. Bagian server hardware adalah perangkat yang melakukan penyimpanan data mirip HTML dokumen, gambar, file CSS, dan JavaScript. Sedangkan bagian server yang merujuk pada software adalah pusat kendali terhadap proses permintaan yang sudah didapatkan oleh browser. Sebuah website akan selalu memiliki kaitan dengan web server. 




Database Server


Database server adalah suatu program komputer yang bertugas untuk menyediakan layanan pengelolaan yang berbasiskan data dengan menggunakan server atau klien.  Sebagian besar dari bisnis kecil menjalankan database server dan file berbasis database yang biasanya terlibat langsung adalah File Maker maupun Microsoft Access. 

Layanan lainnya yang juga menggunakan basis database adalah Microsoft SQL Server. Hal penting yang berkaitan dengan database server adalah potensi akses yang bisa dilakukan dari berbagai komputer yang menggunakan jaringan. Setiap perusahaan kecil yang menggunakan database server bisa mendapatkan beberapa keunggulan berupa seluruh data perusahaan dapat disimpan pada satu tempat dan bisa dipakai dengan mudah dalam melakukan pencarian dan pengambilan data.




Backup Server


Suatu file server ada yang mendapatkan modifikasi dan dibuat menjadi backup server. Jenis server yang satu ini memiliki kegunaan khusus dalam menyimpan data. Biasanya pemberi layanan ini akan mencantumkan secara spesifik tentang ruang penyimpanan yang disediakan. Kita tidak lagi perlu menggunakan server tradisional yang menghabiskan ruang tertentu.

Bisa mencoba beralih ke layanan backup berbasiskan cloud. Perusahaan tempat kita bekerja tidak lagi perlu susah-payah untuk menyediakan ruang khusus guna meletakkan perangkat penyimpan data. Alhasil semua karyawan dapat merasa tenang akan keutuhan data yang mereka simpan melalui server jenis ini.



Cara Berlangganan Server yang Aman


Ada banyak orang yang berada dalam kondisi baru saja memulai bisnis berskala kecil dan berminat untuk menggunakan web server. Nah, mengapa tidak berlangganan di DomaiNesia saja? Pelanggan akan bisa memilih untuk menggunakan Nginx atau Apache.


1. Apache


Salah satu web server yang terkenal di seluruh dunia adalah Apache yang pertama kali dikeluarkan pada 1995. Apache dapat dijalankan dengan memanfaatkan berbagai macam sistem operasi, seperti Microsoft Windows, Linux, dan BSD. Apache memiliki banyak penggemar, karena memang bersifat open source.


2. Nginx


Selain Apache, terdapat Nginx yang juga sama populernya. Nginx ini pertama kali rilis pada 2004 dan dibuat oleh Igor Sysoev yang berbasiskan pada pemrograman C. Sebagian besar penggunaannya terjadi pada server yang berkapasitas rendah. Nginx web server banyak bersifat stabil dan tidak perlu banyak resource.
 


Gimana mom, dad, aunty & uncle, bisa memahami berbagai istilah dalam dunia server ini? Semoga bermanfaat yaaa...

14 comments:

  1. Wah di kantor paling sibuk kalo dah memilih server , soalnya banyak data2 web/toko onlen klien yang penting.
    Pemilihan server pun mesti hati2, Alhamdulillah masih aman tentram sentosa ,meski kadang kudu bawel

    ReplyDelete
  2. Eh aku baru tahu loh soal web server ini. Makasih banget infonya, mbaak. Jadi penyimpanan data dan akses lebih mudah ya kalau menggunaka web server kaya gini. Jadi inget jaman dulu tu di kantor, komputer suka lemoott banget karena data diakses orang banyak secara serentak. Jadi kerjaan terhambat karena buka data harus gantian

    ReplyDelete
  3. Hm, ternyata banyak istilah yang belum semuanya kupahami hihi..Maklum, agak roaming sedikit. Tapi sangat bermanfaat bagi yang mau belajar..

    ReplyDelete
  4. Agak kurang paham sih dengan istilah-istilah di atas, huhuhu, masih awam, harus sering belajar lagi sih

    ReplyDelete

  5. in the digital age like now these terms are things that many people should know. inevitably must be understood too

    ReplyDelete
  6. ah berhubung da lama g ntantor jadi g mengikuti dunia per serveran hahah
    tapi bnr bgt mbak, pilih server harus hati hati y

    ReplyDelete
  7. Ternyata saya juga belum tahu banyak tentang istilah dunia server. Baru tercerahkan setelah membaca postingan di blog ini. Terima kasih penjelasannya ya, Mbak

    ReplyDelete
  8. Iya ya harus pintar memilih server apalagi kantor, kalau sering down, umat sekantor bisa berdemo haha..ingat zaman ngantor dulu..

    ReplyDelete
  9. Sudah sering denger istilah-istilah ini kalau ada yang ngomongin soal server tapi baru sekarang tahu artinya.

    ReplyDelete
  10. Istilah-istilah teknis gini dulu sering aku dengar dari teman di bagian IT. Dan baru paham apa yang dimaksud setelah baca artikel ini..

    ReplyDelete
  11. Kenal istilah-istilah ini dulu pas zaman kuliah. Terus lupa, terus diingatkan lagi. Hahahaha. Emang penting banget untuk memilih server terbaik, mesti hati-hati, jangan sampai salah. Yaa..demi keamanan kan~

    ReplyDelete
  12. Wah..aku baru tau ini.., jadi bisa.nyimpen data lebih banyak...ya..,
    Apalagi kalo berkaitan dwngan bisnis..pentong banget ini

    ReplyDelete
  13. Iya bermanfaat banget, beberapa istilah atau nama itu aku baru tahu pas baca hehehe

    ReplyDelete