Thursday, December 10, 2020

Belajar Lebih Terarah dengan Kelas Pintar


“Bu, ini gimana sih cara mengerjakannya?”


Selama pembelajaran di rumah ini, hampir setiap hari pertanyaan seperti ini terlontar dari Adek, si nomer dua. Terutama jika jadwalnya pelajaran matematika. 

Jika mengajarkan cara penyelesaian soal baru, oke oke aja sih, Ibu masih bisa memahami. Tetapi pada kenyataannya, Adek sering sekali mengulang pertanyaan untuk pelajaran-pelajaran yang lalu, yang seharusnya sudah dikuasainya. 

Akhirnya mau nggak mau ya harus menjelaskan kembali mulai dari awal lah. Pelan-pelan, step by step mengerjakannya Ibu jelaskan. Terkadang bisa smooth sih, tapi lebih seringnya Ibu jadi pening dan darting (darah tinggi). 

Hahahaa… lah gimana ya moms/dads, kapan hari sudah dipelajari, diulang-ulang dengan cara mengerjakan soal latihan, eeehh… besoknya sudah hilang dari ingatan Adek lagi tuh. Gimana enggak gemes ya. Kalau kejadiannya hanya satu hingga dua kali oke lah, mungkin memang belum paham. Tapi begitu pertanyaan ulang ini dilakukan ketika telah hampir sepuluh kali mengerjakan soal dengan metode yang sama, wah waaah… sepertinya ada yang salah nih dengan cara Ibu mengajarkan matematika kepada Adek.



Bagaimana Cara Belajar Matematika yang Menyenangkan?


Ibu coba flashback bagaimana jaman dahulu waktu masih sekolah. Sebenarnya more or less sama ya, belajar matematika bagi sebagian besar anak memang bikin pening. Terutama kalau tidak mendapatkan mentor yang benar.

Duh lah rasanya jleb kalau ingat ini. Dulu Ibu saat belajar di rumah selalu diajarin oleh Budhe sulung yang galak. Rasanya memang kayak tertekan banget gitu belajarnya. Ntar kalau salah pasti ditoyor.

Huhuu.. jangan-jangan Adek juga ga mudeng-mudeng gara-gara Ibu juga galak kayak Budhe. Maafkan Ibu ya Dek apabila memang seperti itu kejadiannya.

Selain itu, untuk menghindari miskonsepsi alias salah pemahaman tentang logika matematika, sebaiknya diperbanyak mengerjakan latihan soal. Dulu Ibu gitu deh, sampai beli buku khusus yang isinya latihan soal. Belajar pelan-pelan dari catatan yang berisi rumus matematika, terus menerapkannya di berbagai soal yang ada di buku latihan tersebut.

Ya, ketemu sebenarnya dimana letak kelemahan pembelajaran selama di rumah ini. Adek tidak pernah mencatat informasi-informasi penting terkait rumus matematika. Padahal sebaiknya ada buku tersendiri yang berisi rumus-rumus tersebut. Jika menemukan suatu soal yang agak sulit, tinggal buka aja buku rumusnya. Otomatis akan menemukan bagaimana cara mengerjakannya. 

Rasanya rindu banget deh masa-masa Adek berangkat ke sekolah. Ada guru di sana yang bisa membantu mengajarkan cara-cara penyelesaian soal matematika. Guru pasti punya panduan yang lebih terarah untuk membangun pemahaman si anak, plus membuatnya tertib untuk mencatat secara rapi.

Kalau di rumah seperti ini, dengan sistem pembelajaran jarak jauh, gimana caranya guru menerangkan toh? Selain kendala ketersediaan gawai dan sinyal, kalau pas dapet guru yang sudah sepuh, tentu tidak bisa terlalu mengharapkan beliau bisa membuat video pembelajaran sendiri.

Akhirnya andalannya ya video-video di youtube deh. Linknya dishare melalui grup whatsapp wali murid, diberikan ke anak, lalu disertai soal-soal yang harus dikerjakan apa saja. Teteup dooongg… akhirnya orangtua juga yang harus jadi guru di rumah.

Duh laahhh…. *tenggak puyer sakit kepala terus

Tapi ya mau gimana lagi kan, kondisi masih tidak memungkinkan seperti ini untuk berangkat ke sekolah dan mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Entah sampai kapan deh harus terus begini.

Mana di rumah terus berarti terlalu banyak waktu luang yang dimiliki Adek. Soal dari Bu Guru tak seberapa banyak, palingan dikerjakan dua jam kelar. Setelah itu seharian Adek kembali asik dengan gamesnya. Ibu hanya bisa merintih : kumenangiiiisss…

Pasti ada solusinya nih bikin Adek belajar dengan cara yang menyenangkan melalui media gawai yang dipegangnya tiap hari.



Belajar Matematika di Kelas Pintar


Ibu pun sibuk dong mencari referensi sana sini, metode dan media apa nih yang bisa memaksimalkan Adek untuk belajar matematika. Kalau pelajaran lain Ibu masih bisa lah handle, tapi kalau math, hiks… 

Bu, kemana aja sih sampai nggak tahu kalau ada bimbel online terbaik saat ini?

Benar juga ya, ketika berburu di mesin pencarian plus bertanya kepada beberapa teman yang sudah berlangganan terlebih dahulu, salah satu solusi anti pening untuk mendukung pembelajaran anak ya melalui kelaspintar.id ini. 

 
Ini dia yang Ibu cari, kenapa nggak dari kemarin-kemarin gitu ya nemunya, duuhh… 

Jadi di kelaspintar.id ada beberapa pilihan yang bisa direkomendasikan. Bisa pilih yang Kelas Pintar, Tanya, Soal atau Guru. Berbagai fitur yang disediakan oleh kelaspintar.id sesuai untuk membimbing anak belajar secara online, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. 

Ibu lalu mencari informasi dong misal mau ikutan yang pembelajaran khusus mata pelajaran matematika saja bisa apa enggak.

 


Ternyata ada pilihannya sesuai dengan tabel di atas. Per mata pelajaran ada biaya tersendiri ya. Menu ini akan keluar jika kita klik menu Kelas Pintar. Nanti bisa dimasukkan data anak kelas berapa untuk melanjutkan berlangganan.

Jika memilih yang ada fitur Guru nantinya akan dibimbing langsung oleh guru online dari kelaspintar.id tersebut. Orangtua bisa memantau perkembangan hasil pembelajaran anak melalui rapor online

Sip banget lah kalau ada solusi pintar belajar online gini, Adek bisa belajar lebih terarah plus menyenangkan. Metode yang digunakan ada macam-macam soalnya, termasuk tampilan visual melalui video yang menarik.


Terbiasa nge-games membuat Adek jauh lebih sigap menerima informasi melalui media yang kaya akan content audio visual. Pas banget kan kalau didaftarkan untuk langganan Kelas Pintar ini.

Menurut moms & dads gimana, punya pengalaman yang sama kah dengan Ibu BocahRenyah ini?

33 comments:

  1. AKu sih masih berharap ada bimbel tatap muka - ga online aja karena kalau online kecenderungannya anak anakku suka disambi liat ini itu, deh

    tapi coba aku tawarin si abang deh untuk bimbel Kelas Pintar!

    ReplyDelete
  2. I Feel youuu, Mak.

    Masih SD pelajaran jaman now syusyaaahh, dan makin puyeng ketika anak SMP. Nih kayak anakku, aku juga ga mudeng2 tuh pelajarannya macem gimana :D

    Makanya aku bersyukur bangettt ada kelaspintar, karena bisa meringankan beban ortu ye kan.

    semangaatt buat kita semuaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepuyengan ini semakin menjadi2 manakala jelang UAS.

      RAMBUT EIKEH PADA RONTOOOKKK MAK WKWKWKWK

      Beneran deh, kudu pakai KelasPintar biar makin oke oce!!

      Delete
  3. Aduh klo matematika sm IPA nyerah deh aku ...KLo masih SD sih bolehlah meskipun pasti pusing, tp klo udah tingkat SMP mungkin mmg kita perlu bantuan pihak lain yg memang ahlinya kayak kelas pintar ini

    ReplyDelete
  4. anak - anak jaman sekarang memang digital native ya mba.. jadi cepat belajarnay kalau pakai multimedia yang seru dan penuh warna

    ReplyDelete
  5. Asik banget ya kalau ngerjain matematika bisa menyenangkan seperti ini, ingat zamanku dulu... matematika bagaikan pelajaran menakutkan...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau ikut belajar lagi dah kalau gini. Pas lagi ngajarin matematika suka keluar tanduknya, hahaha

      Delete
  6. Keponakanku diajak ikut kelas pintar juga ah. Aku kadang udah Gedeg pas ngajarin. Diulang-ulang hari ini paham,eh besok lupa. Mau nyari gimana belajar yang enak tapi anak juga paham. Nasib belajar saat pandemi

    ReplyDelete
  7. wah aku kok jadi teratrik buat ikutan kelas pintar ya, buat chacha biar makin asyik belajarnya
    apalagi ntar lagi liburan, biar mengisi liburan dgn belajar di kelas pintar

    ReplyDelete
  8. Akhirnya aku nyerah, Nai ikut les Matematika, aku ngga bisa ngajarin..huhu...bagus nih kelas pintar bikin Mamak ngga bertanduk lagi..

    ReplyDelete
  9. Bimbel ini membuat si kecil juga menjadi lebih PD saat ketemu pelajaran tersebut.
    Aku ngerasain banget dulu saat ikut bimbel sama engga.
    Etapi sekarang bimbel online begini, makin seru yaa...sama-sama mengkaji soal bersama ananda.

    ReplyDelete
  10. iya bener banget mba, dilema belajar online itu gimana membuat anak-anak terarah, jadi tahu mereka tuh sbenarnya outputnya apa. sama juga memang harus membuat mereka tetap menyenangkan ya belajarnya

    ReplyDelete
  11. Mau nyoba ini dari kemaren lupa mulu. Padahal lumayan banget itu semua mapel sebulan terjangkau

    Soalnya ngajarin anak itu sesuatu emang πŸ˜‚

    ReplyDelete
  12. Baru tau aku tentang kelas pintar iniii, kebetulan kayanya aku emang perlu bimbel online tambahan nih karena makin njelimet bener pelajaran anak anak..

    ReplyDelete
  13. Memang media dan juga model belajar anak-aanak itu beragam ya mba. Makanya salut bangetttt buat para Moms yg sampai sekarang bertahan buat dampingi anak belajar d rumah.

    ReplyDelete
  14. Jadi inget dulu pengen banget bisa ikut bimbel tapi ga ada biaya. Hehe akhirnya aku ga pernah ikut bimbel. Untung sekarang ada bimbel online yang memudahkan anak waktu sekolah daring ya Mbak. Kayaknua adekku perlu ikutan bimbel online seperti di kelas pintar ini deh soalnya dia jarang nyatet rumus dan pelupa.

    ReplyDelete
  15. Nah, anakku yanh smp kayaknya perlu ikut kelas pintar nih karena dia gak suka matematika karena cara belajarnya katanya gak asik. Kalau aku sudah nyerah matematika smp wkwkkw..lupa semua

    ReplyDelete
  16. anakku juga nggak suka matematika, mungkin perlu diarahkan mencoba kelas pintar ini ya mbak :)

    ReplyDelete
  17. Kemarin jelang PAS, aku fokus ngajarin matematika ke si sulung. Rasanya? Aaarrrggghhh, mama jadi "lionita" alias singa betina. Hahaha.. Anakku sampe benci sama matematika, Mbak, padahal mamanya seneng banget sama pelajaran ini. Tapi bener kok, ngerjain matematika bakal lebih mudah kalau sering berlatih. Kalau udah paham konsep, pasti lebih gampang cari jalan penyelesaian. Cuma ya itu, kalau udah kadung benci, jadi susah dari awal. :(

    ReplyDelete
  18. Diajarin kayak apa, dikasih soal kayak apa, urusan matematika tetap bikin pusing mbaak. Salut dengan anak-anak sekarang yang canggih mengerjakan matematika. Bisa juga pengaruh guru yang pinter menjelaskan dan menguraikan soal

    ReplyDelete
  19. Semangat ya, belanjarnya! Sedih sebenarnya lihat anak2 nggak bisa ke sekolah. Semoga dg berbagai penyajian menarik bikin anak2 tetap semangat belajar di rumah.

    ReplyDelete
  20. bolehlah ntar aku coba Kelas Pintar. aku udah mulai kebingungan sama materi matematika anakku, padahal baru kelas 3 SD dia, hiks.

    ReplyDelete
  21. Saya kalo disuruh ngajar matematika juga nyerah, Mba, hehehe. Untungnya sekarang udah ada kelas pintar ini yaa, jadi buat ibu-ibu yang gak jago matematika bisa sedikit "bernapas lega" 😁

    ReplyDelete
  22. Saya penasaran, Mbak Uniek. Disebutkan ada fitur Tanya ... kayak Brainly ya?
    Btw blajar menggunakan teknologi seperti ini bikin anak lebih betah ya.

    ReplyDelete
  23. Di masa pandemi ini, kadang-kadang kalau anak saya nanya sekali masih ga masalah, kalau udah nanya terus-terusan hal yang sama bikin saya sedih dan cepat letih haha... Ternyata ada kelas pintar ya yang bisa menjawab keingintahuan anak.

    ReplyDelete
  24. banyak banget skg pilihan utk belajar online tggal bagaimana kita mencocokkan sesuai kebutuhan anak kita

    ReplyDelete
  25. Penasaran sama raport online nya mba apakah seperti yang disekolah kah ? Ada nilai tugas dan nilai ulangan, soalnya banyak sekarang bimbel yang terkadang untuk penilaian anak tdk diperhatikan jadi gak bisa menilai apakah anak sudah ada kemajuan atau belum

    ReplyDelete
  26. menarik banget kelas pintar ini, jadi selama belajar online orang tua juga bisa ikut memantau dan mengakses perolehan nilai anak.

    ReplyDelete
  27. sebelum bikin video pembelajaran, aku lihat2 dulu video yang ada di kelas pintar ini. semacam cari reverensi gmn biar anak juga mudah menerima pelajaran meski lewat video yang aku buat.

    ReplyDelete
  28. Aku udah nyoba pakai kelas pintar juga mba. dan anakku jadi terbantu pakai kelas pintar :)

    ReplyDelete
  29. Waah sampai Bimbel pun sudah virtual ya Mbak. Tentunya kehadiran Kelas Pintar ini sangat membantu sekali di masa pandemi seperti sekarang. Apalagi anak2 juga masih PJJ

    ReplyDelete
  30. Ya ampuuun, aku jadi bayangin nanti kalau anak anakku gede dan ngajarin mereka belajar gimana. Apakah aku cukup sabar, hehehe.... Tapi bersyujurnya sekarang uda banyak fasilitas ubtuk belajar online seperti ini ya Mbaaa....

    ReplyDelete
  31. Menarik sekali yaa..
    Kalau anak-anak bisa belajar secara efektif dengan bantuan Kelas Pintar, maka semua masalah PJJ bisa teratasi. Semoga pandemi segera berakhir.

    ReplyDelete