Saturday, December 5, 2020

Mengapa Ibu Mudah Marah Saat Datang Bulan?

 
Apa sih yang biasa dirasakan para ibu menjelang datangnya si tamu bulanan atau haid?

Dulu ketika Kakak dan Adek masih kecil, seringnya mereka heran kenapa di waktu-waktu tertentu Ibu kok uring-uringan melulu. Apaaa saja salah yang mereka lakukan sepanjang hari di mata Ibu. 😊


Maafkan Ibu ya, Nak, seringnya kurang bisa mengontrol emosi jika sedang mendapatkan haid atau menstruasi. Badan yang terasa tidak enak, pegal dan risih komplit menjadi satu, membuat emosi serasa turun naik kayak roller coaster


Mengapa Ibu jadi lebih sering marah ketika haid?


Ketika masa haid datang, sering kali perempuan merasa lebih sensitif dari biasanya. Sadar atau tidak, di saat-saat seperti ini ada banyak perubahan yang terjadi dalam dirinya. Mulai dari mood yang naik turun dan lebih sensitif, payudara yang terasa sakit, pinggang terasa pegal luar biasa, hingga nafsu makan yang meningkat tajam.

Yang paling sering Ibu rasakan tuh nyeri di pinggang loh. Rupanya hal ini terjadi karena adanya penyempitan pada pembuluh darah. Mood jadi ga keruan deh kalau kayak gini. Belum lagi harus merasakan perubahan pada payudara yang cenderung membengkak dan sakit, ngaruh juga tuh pada suasana hati Ibu.

Perubahan-perubahan yang terjadi pada Ibu dan hampir banyak perempuan lainnya menjelang maupun saat sedang haid itu memang sangat wajar terjadi. Hal ini terkait dengan hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh yang meningkat secara drastis. Peningkatan hormon ini turut berpengaruh pada seluruh sistem tubuh, yang mana memicu terjadinya perubahan sikap yang jadi lebih sensitif. 

ngeri keleus kalau lagi PMS 😨

Masih ada nih penyebab lain yang dapat menyebabkan perempuan jadi lebih sensitif saat haid, yaitu gara-gara menurunnya serotonin. Serotonin merupakan hormon yang dipercaya dapat memberikan rasa nyaman dan senang. Produksi hormon serotonin yang menurun saat haid dapat menyebabkan naik-turunnya hormon lain. Akibatnya, perempuan yang sedang haid jadi lebih sering marah, sensitif, kesel, tertekan, bahkan ingin makan terus-menerus. 

Dulu Si Kakak nggak percaya tentang hal ini. Ketika sudah merasakan sendiri kedatangan tamu bulanan, baru deh ngeh apa yang terjadi pada Ibu ketika sedang keluar tanduk dalam waktu tertentu. 😁 

Maafkan Ibu ya, Kakak dan Adek. πŸ™πŸ™πŸ˜˜



Tips Mengatasi Rasa Tak Nyaman Saat Haid


Meskipun badan terasa sakit ketika sedang datang bulan, mau nggak mau Ibu harus bisa mengendalikan diri sekuat mungkin. Nggak adil juga kan untuk Kakak dan Adek kalau harus menerima omelan Ibu sepanjang hari selama kurang lebih seminggu. Eneg banget ya Nak?

Untuk Ibu secara pribadi maupun bekal pengetahuan Kakak yang sudah menjalani haid dari kelas 1 SMP hingga kelas 2 SMK ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar rasa nyeri dan tak nyaman itu bisa mereda.

Berikut ini tips mengatasi rasa tak nyaman saat haid :


1. Makan Dark Chocolate


Kayaknya lebay dan jadul banget ya tips yang satu ini. Tapi beneran deh si  dark chocolate atau cokelat hitam memang dipercaya mampu meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh. Bagi penggemar cokelat, sediakan saja  dark chocolate untuk saat-saat istimewa ini.


2. Tetap Berolahraga 


Haid tidak menghalangi seseorang untuk berolahraga. Selain membuat badan menjadi bugar dan sehat, olahraga juga bisa meningkatkan kadar hormon rileks yang nantinya akan berpengaruh pada mood kita.


Tentunya bisa diatur ya kapan waktunya bisa mulai untuk olahraga. Di saat haid sedang banyak-banyaknya tentu kita tak bisa memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang cukup menguras tenaga dan makan waktu. 


3. Melakukan Hal yang Menyenangkan


Ketika hari pertama haid tiba, moms sebisa mungkin menghindari aktivitas yang menyusahkan dan memberatkan beban pikiran. Lakukan banyak hal yang menyenangkan sesuai hobi masing-masing.

Ibu BocahRenyah paling suka rebahan sambil baca novel atau melihat film ketika hari-hari awal menstruasi. Namun jika moms yang lain tidak sempat melakukannya, duduk sejenak sambil menyesap minuman favorit pun sudah oke loh.

Ingat, hormon serotonin sedang menukik drastis, jadi kemungkinan untuk merasakan tidak nyaman akan sangat mudah terjadi. Oleh karena itu dengan kesadaran penuh lakukan hal-hal yang menimbulkan rasa senang bagi diri sendiri.  



4. Makan yang Bergizi dan Minum Rempah Kunyit 


Bisa jadi moms yang sedang menstruasi menghadapi nafsu makan yang meningkat, tapi ada juga yang jadi enggak doyan makan. Ibu BocahRenyah nih mengalami hal yang kedua. Melihat nasi aja sudah bikin mood menurun drastis. Makanya asupan gizi tetap harus terpenuhi walaupun tidak makan nasi. Banyak sumber kalori lainnya yang bisa dikonsumsi agar badan tetap fit di saat haid.

Yang tak bisa ketinggalan tuh dari rutinitas Ibu saat haid adalah minum ramuan kunyit. Ibu suka banget campuran kunyit, asam dan sirih. Kunyit diyakini mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Penting nih bagi moms yang sedang haid dan kondisi badan jadi drop. 

Selain itu kunyit juga memiliki sifat analgesik, yaitu mengurangi rasa nyeri saat haid. Minum ramuan kunyit di saat haid jadi lancar haidnya dan tak terasa begitu nyeri lagi.



Sehat Saat Haid dengan Minum Kunyit Asam Sirih


Ramuan kunyit bisa membantu moms mengatasi rasa tak nyaman ketika sedang haid. Kebiasaan Ibu untuk minum ramuan kunyit asam ini sudah Ibu tularkan pada Kakak. Saat ini Kakak masih di pondok sih, jadi Ibu tidak bisa rutin mengontrol apakah di sana Kakak masih rutin minum kunyit asam juga.

Di kebun belakang, Uti punya tanaman kunyit tuh. Kalau mau repot sih setiap kali membutuhkan bisa saja langsung mengambilnya dari tanah dan mengolah menjadi minuman kunyit asam, bisa juga ditambah sirih dan madu agar makin maksimal manfaatnya. 

Beberapa manfaat kunyit bagi perempuan yang sedang haid yaitu:

1. Mengurangi Nyeri Haid


Tak cuma perut yang terasa sakit deh ketika haid. Beberapa bagian tubuh lainnya seperti punggung bawah, panggul, atau payudara juga bisa terasa sangat nyeri. 

Kunyit memiliki sifat analgesik yang bisa mengurangi nyeri pada berbagai bagian tubuh. Kandungan curcumin bisa menghambat produksi prostaglandin, yaitu hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. 


2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Masa-masa jelang haid biasanya diwarnai dengan beberapa sindrom pramenstruasi (PMS). PMS ini bentuknya beda-beda pada tiap perempuan, ada yang pusing, lemas, pilek, atau muncul jerawat. 

Untuk melawan berbagai gejala PMS tersebut, kunyit dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh ini penting untuk melawan gejala pilek dan infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, tubuh yang daya tahannya kuat juga akan terhindar dari berbagai keluhan rasa sakit maupun sensasi rasa lemas.  


3. Melancarkan Siklus Haid


Ada sebagian perempuan yang siklus haidnya tidak normal. Jika biasanya siklus haid ada pada kisaran 28 hari, ada beberapa orang yang lebih lama siklus haidnya. 

Moms yang siklus haidnya tidak teratur, yaitu lebih dari 35 hari biasanya akan mengalami nyeri yang lebih parah dari biasanya. Ramuan kunyit sanggup memicu haid secara aman dan alamiah karena kunyit merupakan salah satu sumber estrogen yang baik bagi wanita haid.


4. Mengurangi Mood Swing


Kunyit memiliki khasiat sebagai antidepresi alami yang bisa membantu moms mengendalikan emosi saat haid. Curcumin pada kunyit akan menyeimbangkan berbagai zat kimia pada otak sehingga moms terhindar dari mood swing, depresi, dan gangguan tidur yang kerap terjadi saat wanita mendapat haid.


5. Mencegah Infeksi


Ketika sedang haid, berbagai resiko dapat dialami oleh perempuan, termasuk terkena berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina. Kunyit bisa dijadikan andalan untuk menghentikan dan mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur tersebut. Kunyit berfungsi sebagai agen antijamur dan antiseptik alami yang ampuh menjaga kesehatan vagina.



Minuman Praktis Kunyit Asam Sirih plus Madu


Ketika sedang membincangkan pentingnya minum ramuan kunyit ini, tentu ada yang bakalan bertanya, repot banget nggak sih kalau harus mengiris-iris kunyit setiap hari untuk dijadikan minuman. Mana badan sedang tidak enak, masih harus bersih-bersih, iris-iris, merebus dan menyaring air kunyit tersebut.

Alhamdulillah tak perlu repot lagi ya moms & girls. Ibu sudah menemukan andalan untuk masa-masa 'berat' perempuan : Herbadrink Kunyit Asam Sirih plus Madu. Minuman herbal yang memadukan resep tradisional Indonesia dan diproses melalui teknologi modern ini memudahkan kita untuk mendapatkan semua manfaat dari bahan-bahan alami tadi. Tinggal tuang dan seduh, beres deeehh...


Selain mendapatkan semua manfaat kunyit tadi, dalam 1 sachet Herbadrink Kunyit Asam Sirih plus Madu ini, kita juga bisa memperoleh manfaat tambahan dari : 


ASAM


Asam memiliki khasiat mengurangi rasa nyeri di perut saat haid. Rasanya yang asam dan segar bisa membuat pikiran terasa rileks dan badan terasa ringan. 


SIRIH


Daun sirih bermanfaat untuk mengatasi bau tak sedap pada vagina, mengurangi rasa gatal dan menghambat tumbuhnya jamur di area kewanitaan. Selain itu rebusan daun sirih juga membantu untuk melancarkan haid.


MADU 


Madu memiliki kandungan zat besi yang berguna untuk memacu produksi sel darah merah sehingga mengurangi resiko terjadinya anemia. Kandungan asam askorbat (vitamin C) di dalam madu membantu proses penyerapan zat besi dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan kuman penyakit.


Lengkap sekali ya manfaat keempat bahan ramuan minuman Herbadrink Kunyit Asam Sirih plus Madu ini. Sudah beberapa saat Ibu menyediakan minuman tradisional khas Indonesia ini di rumah. Setiap kali membutuhkan, tinggal seduh saja. Praktis banget, bahkan untuk dibawa bepergian.


Yang paling bikin Ibu senang dengan Herbadrink Kunyit Asam Sirih plus Madu ini, setiap menyeduh dan minum ramuan tersebut, tak ada ampas yang tertinggal. Jadi semua ramuan rempah tradisional ini bisa terserap sempurna ke dalam tubuh.

Semua ini berkat pemrosesan ramuan herbal dengan teknologi modern. Tak ada lagi ampas yang tersisa di dasar gelas. Semua bisa masuk ke dalam tubuh ketika diminum tanpa sensasi sepet di mulut. 

Moms & girls, apakah kalian punya kisah juga tentang kondisi kalian ketika sedang datang bulan? Boleh dong bagi ceritanya di kolom komen ya. 

Keep healthy, stay safety....

24 comments:

  1. AHAAAA!! Akhirnyaaaa aku menemukan tips mantul bin jitu, gimana cara mengatasi mood swing dan baperan parah jelang datang bulan.
    Makasiii mak Uniek.
    Aku selama ini nyetok Herbadrink sari jahe, ini mau nyetok yg rasa lain jugaaa

    ReplyDelete
  2. Saat haid memang bawaannya esmosi ya. Aku pun begitu. Yang biasanya sama suami nurut, pas PMS bisa ngegas lho kalo kesinggung dikit. Sensi banget haha..Btw, aku juga suka nih konsumsi kunir asem, rasanya jadi lebih nyaman and terkendali :)

    ReplyDelete
  3. Terkadang saya berpikir bahwa saat haid itu adalah hari-hari tergelap dalam sebulan. Sudah perut sakit, semangat turun, mood gak enak, bawaan pengen marah aja..Rasanya saya berubah jadi devil banget deh untuk anak-anak. Kalau ingat rasanya pengen nabokin diri sendiri. Namun dengan bertambahnya usia, efek hormon itu bisa lebih dikendalikan kok :)

    ReplyDelete
  4. Ini favorit saya juga :) paling enak dibikin versi dingin, pake es batu segeeeer.. dulu sebelum tau produk herbadrink suka bikin rebus2 kunyit dkk nya, ribet! hahahha.. tapi skr udh tau cara yg lbh praktis dan enak tentunya :)

    ReplyDelete
  5. Herbadrink Kunyit Asam Sirih plus Madu ini nih yang saya butuhkan. Saya masih sering uring2an saat PMS. Semoga Herbadrink Kunyit Asam Sirih plus Madu bisa membantu meredakan. πŸ™ˆ

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata rempah kunyit ini berguna banget ya Mba, nggak cuma buat daya tahan tubuh tapi juga untuk menstruasi. Aku kalau PMS malah bawaannya sedih mba, tapi nggak pingin marah marah, Cuma sedih aja sama pingin liat drama Korea hahahah

    ReplyDelete
  7. Aku baca ini pas lagi menstruasi. Dan aku biasnaya merasa agak mudah marah malah pas jelang menstruasi. TRus kayak lemes mudah galau. Sip harus minum deh :)

    ReplyDelete
  8. Kalau saya seringnya sakit kepala menjelang haid. Biasanya dibawa lebih santai atau banyak tidur. Untungnya suami juga paham deh kalau istrinya lagi PMS

    ReplyDelete
  9. Aku kalau lagi haid kata suami aku suka cari gara-gara wkwkwk πŸ˜‚. Jadi hal kecil aja jadi besar, jadi sensitif terus gampang mewek lagi wkwkwk *ga jelas pokoknya 🀣. Dulu aku tu nggak sadar aku begitu, terus sadar2 pas udah dikasih tahu PakSu πŸ˜‚.

    Ngomong-ngomong aku jadi penasaran mba ama Herbadrink. Kayaknya itu ada banyak jenis varian rasa sesuai kebutuhan kita ya. Termasuk buat haid. Jadi pengen nyobain juga aku

    ReplyDelete
  10. Makin praktis aja ya minum kunyit sirih ini, tinggal seduh aja udah beres melawan emosi yang tak terkontrol saat haid

    ReplyDelete
  11. Saya juga merasakan hal yang sama, Mbak. Sering kali bad mood kalau lagi menstruasi. Mungkin memang karena gak enak badan,ya

    ReplyDelete
  12. wakakaka betul banget Mbak Uniek, ibu jadi mudah marah walau kesalahan yang dibuat anak itu ringan. Ternyata serotonin menyebabkan itu semua. *blame the hormone!

    ReplyDelete
  13. waah...benerrr tu mbak. saya tu tipe yg kalau pms pasti terjadi sesuatu. Tapi selalu ganti2 sih penampakannya. Pernah tiap pms selalu jerawatan. Pernah yang sakiiit banget perutnya. Pernah selalu sariawan. Nah belakangan ini yg kena mood. Ambyar total kalau pms. Daaaan....yahaa..malah lupa sama si kunyit asem ini. Wah besok2 perlu digalakkan lg nih minum kinyot asem. thanks ngingetin mbak :)

    ReplyDelete
  14. suka merasa bersalah sama anak dan suami kalo mendekati PMS, saat mens dan 2 hari sesudahnya, emosi labil hahaha esmosi muluk

    ReplyDelete
  15. iya mbak, aku klo kadang saat datang bulan juga suka nyeri perut makanya jadi gampang emosi...nah buat mengatasinya aku biasanya makan cokelat sama mimum jamu kunyit asam

    ReplyDelete
  16. Aku banget mba mudah emosi kalo lg dapet. Dulu inget temen yg kalo lg dapet tuh perutnya sering sakit. Minum jamu kek hernadrink gini ampuh meredakan sakitnya. Dia sering ngiri ke aku yg jarang sakit kalo lg dapet. Tp dia gak tau mood swing aku parah full walau gak pernah sakit. Wkwk

    ReplyDelete
  17. Iya, kalau PMS apapun rasanya salah hihihi ternyata mbak H penyebabnya, aku juga suka kunyit asam ternyata khasiatnya banyak ya Mbak...apalagi ada Herbadrink Kunyit Asam yang praktis tinggal seduh..

    ReplyDelete
  18. Nah, its me lagi mens, hahaha, pemgen banget dark chocholate tapi lum kesampaian jadi makin spanning

    ReplyDelete
  19. Bener banget, kunyit asam bisa membantu mengurangi PMS. Kalau ada yang instan lebih enak, nggak repot ngeracik sendiri.

    ReplyDelete
  20. Hahaha aku gitu selalu pe em es dan jadi sensian kalau datang bulan. Ths tipsnya.
    Suka minum herbadrink juga yang kunyit asem. Paling suka takcemplungin es batu banyak2 jd seger deh rasanya.

    ReplyDelete
  21. Naah...ini favoritoo..
    Minum kunyit asam yang hangat dan merasakan manfaatnya.
    Soalnya aku kalau lagi mens juga selain galak jadi pen gogoleran teruuss..

    ReplyDelete
  22. Haduh iya, anakku sampe pada heran dengan ini. "Mah, kenapa mamah jadi lebih galak kalo gak ikut sholat berjamaah." Wkwkwk. Gimana ya, memang kerasa banget badan gak enak kalo lagi haid. Tapi iya deh, minum kunyit asam itu sedikit mengurangi rasa sakit. Kalo dulu, mamah sering bikinin. Sekarang untung ada yang udah jadi kayak dari Herbadrink ini ya. Praktis jadinya.

    ReplyDelete
  23. Serasa baca curhat sendiri, malah daku sampai sekarang uring-uringan pms dan selama haid, sampai anak-anak paham kebawelan emaknya kalau mens.
    Aku juga makan dark chocolate dan minum kunyit asam, Uniek. Malah itu jadi booster banget setiap merasakan lelah.

    ReplyDelete
  24. Hiks memang ya kalo PMS semua jadi serba salah. Minum rimpang kunyit sungguh membantu sekali. Aku jarang olahraga nih kalau lagi mens

    ReplyDelete