Sunday, January 3, 2021

Konsep Smart Home Mendukung Pembelajaran Daring di Rumah

 
Ibuuu... yang ini cara mengerjakannya gimana?

Gedebuk.... gedebuuukk... gedebuuukk...

Ibuuu... kalau Palembang tuh ikutnya provinsi mana?
*** lalu suara desiran angin berkecepatan tinggi terdengar.

Begitulah kira-kira ilustrasi yang terjadi ketika Adek sedang mengikuti pembelajaran daring dari ruang depan. Bolak-balik datang ke kamar untuk menanyakan sesuatu kepada Ibu. 

Kalau masih tenang dan kalem sih gapapa ya, ini yang ada lari kayak mau ikut kejuaraan atletik plus badannya nyenggolin barang melulu. Gedubrakan gitu deh.

Padahal Ibu di kamar juga enggak lagi bengong aja. Biasanya duduk di depan meja lipat dan sudah gelar laptop beserta bahan-bahan referensi penyerta, sedang iwut bikin tulisan. 

Gara-gara mendengar gedubrakan yang tiada henti tadi, ide yang sudah mulai menghampiri kayak terpental gitu deh. Idenya langsung ikutan lari tunggang-langgang alias menguap lagi.

Duh Deeekkkk...

Tapi ya mau gimana lagi ya, kalau bukan Ibu yang ditanya trus siapa lagi ya Dek? Mau tak mau Ibu memang harus bisa membagi konsentrasi antara menyusun ide tulisan dengan meladeni setiap pertanyaan bocil terkait pelajaran. Nggak cuma pelajaran sih, kadang pertanyaan kayak "Punya jajanan apa di rumah, Bu?" atau "Tadi bajuku dimana?" sudah jadi santapan setiap hari. 😁

Namanya juga ibu kan yaaa... si serba tau di antara seluruh anggota keluarga. Sembarang hal selalu ditanyakan kepada ibu, udah kayak ensiklopedia keluarga aja. 

Di saat mengikuti pembelajaran daring di rumah tadi, tak jarang Ibu harus ikutan mondar-mandir dari kamar ke ruang tamu dimana Adek sedang mengikuti proses belajar melalui webinar. Selepas webinar, biasanya akan ada tugas yang diberikan oleh bapak atau ibu guru.

Nah, tiba saatnya deh berulang kali Ibu harus ngikut di samping Adek untuk membantunya mengerjakan soal. Adaaa aja pokoknya yang ditanyakan. Kadang gampang saja, namun ada juga yang memang membutuhkan pendampingan agak lama. 

Lebih seringnya pertanyaan kayak gini nih : 

"Sebelum dikalikan, harus dicari FPB dulu ya?"

Iya. Entah berapa lusin kali harus menjawab pertanyaan ini.

"Di bacaannya ga ada nih Bu, jawabannya apa dong?" 

Ibu pun jadi ikutan membaca buku bahan ajar, seperti biasa, tidak lebih dari 5 menit sudah menemukan jawaban dari pertanyaan di pelajaran Tematik tadi. Lalu Adek bakalan senyum-senyum dengan wajah innocent, sedangkan Ibu harus menahan diri agar tanduk tidak keluar di jidat. 

Antara pengin ngakak atau gemes, entah harus menerapkan metode parenting yang gimana lagi coba. Ya udah gitu aja terus Dek, bagus untuk uji kesabaran Ibu ya. πŸ˜‚

Susahnya tuh untuk menambah kadar kesabaran, Ibu harus mengonsumsi lebih banyak jajanan agar menciptakan efek healing. Yang ada bukannya tambah sabar, tambah melar iyaaaa...

Gemes kan ya tiap hari harus kayak gitu. Jadi mikir deh, ada nggak sih perangkat yang bisa bantu Ibu untuk tetap mendampingi Adek tapi enggak mondar-mandir gitu?



BARDI Smart Indoor Static IP Camera


Saat dipikir-pikir lebih lanjut lagi, misal ada teknologi yang bisa bantu Ibu untuk mengatasi masalah di atas tadi, tentu bakalan lebih nyaman lagi ya. Bukan tidak mungkin loh ada piranti yang jadi solusi bagi Ibu.

Ternyata bukan hanya harapan kosong nih apa yang Ibu bayangkan. Baca-baca beberapa review teman terkait piranti pendukung Smart Home lifestyle, akhirnya Ibu tahu apa yang harus diterapkan. 

Ahaaa... Ada nih perangkat kece dari BARDI yang bakalan memudahkan interaksi Ibu dan Adek meski terpisah ruang. Ibu tetap bisa bantu dengan jawaban yang dibutuhkan, sedangkan Adek tak perlu mondar-mandir ke kamar dan gedebukan kayak tadi. 

Apa sih Bardi tuh?

Bardi Smart Home telah dikenal sebagai produsen berbagai perangkat yang mendukung gaya hidup pendamba smart home. Udah kayak di film itu loh, semua perangkat di rumah bisa dikendalikan melalui smartphone. Barang-barangnya ready stock dan bersertifikasi Indonesia, plus memiliki masa garansi 1 tahun sejak kita membelinya. 


Smart indoor static IP Camera merupakan salah satu produk dari Bardi yang langsung menarik perhatian Ibu nih. Apalagi setelah membaca keterangan detailnya di Tokopedia, salah satu e-commerce yang ada Bardi Official Store-nya.  

Di lapak tersebut disebutkan bahwa Bardi Smart Indoor Static IP Camera merupakan kamera pintar 1080p yang dapat menyalurkan video dan suara ke smartphone, begitu juga sebaliknya dapat mengirimkan suara dari smartphone (Support IOS & Android OS) ke perangkat kamera tesebut. 

Perangkat ini dapat memberikan notifikasi ketika ada gerakan yang tertangkap oleh sensor kamera pada jam tertentu. Pada posisi gelap akan otomatis switch ke night vision. Kamera ini hanya perlu dicolok ke listrik dan dapat di posisikan menggantung dari plafon maupun diletakkan pada meja. Orientasi video dalam aplikasi tersebut bisa di putar 180 derajat sesuai penempatan.

Canggih yaaaa... IP Camera ini bagus banget dijadikan kamera pengawas layaknya CCTV. Hasil rekamannya pun bisa disimpan dalam perangkat tersebut, asalkan kita menambahkan micro SD Card di dalamnya. 

Misal butuh ilustrasi visual tentang cara kerja Bardi Smart Indoor Static IP Camera ini, boleh banget ya tonton video berikut ini : 


Gimana, jelas banget kan ya bagaimana pertama kali instal IP Camera ini dan cara memasangnya di tempat yang kita inginkan. Mau dipasang berdiri ataupun terbalik bisa, mau ditaruh di atas meja ataupun menggantung di plafon tak masalah. Super fleksibel. 

Sini deh Ibu juga bakalan tunjukin apa saja yang didapat dalam 1 paket Bardi Smart IP Camera ini. Pertama kali membuka kotaknya, maka yang akan terlihat sebagai berikut : 


Dalam kemasan Bardi Smart Indoor Static IP Camera ini terdapat perangkat kameranya sendiri, lengkap dengan kepala dan kabel charger. Ada juga buku petunjuknya tuh, tapi Ibu lupa memotretnya sekalian. 

Susah nggak sih instal IP Camera ini tanpa harus dibantu orang lain?

Tadinya Ibu rempong banget deh panggil-panggil Ayah untuk bantuin pasang kamera ini. Berhubung Ayah sedang sibuk ada kerjaan, akhirnya utak-atik sendiri deh. Bisaaaaa... Iya, ternyata memang mudah, seperti yang sudah kita lihat di video di atas tadi.





Makin Asyik Belajar Secara Daring di Rumah dengan Bardi Smart IP Camera


Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Bardi Smart Indoor Static IP Camera ini seperti disebutkan di lapak Tokopedia yaitu:
  1. Flexible Stem
    Tampilan IP Camera Bardi sangat ramping dan modern sehingga akan mudah menyesuaikan desain ruangan apapun. Perangkat ini dirancang khusus dengan menggunakan Flexible Stem, IP Camera Bardi dapat di tempatkan pada sudut yang diinginkan, mau di atas meja,i d tembok, ataupun dipasang pada plafon.

  2. Crystal Clear HD Night Vision
    Smart IP Cam juga dilengkapi dengan fitur Night Vision yang akan otomatis aktif ketika ruangan berubah menjadi gelap dan otomatis kembali ke Normal Vision ketika ruangan terang.
    Kita tidak perlu susah menyetel fitur ini karena IP Cam Bardi dipastikan terus merekam ruangan dengan jelas di saat malam maupun siang tanpa melewatkan 1 detik pun.

  3. Smart Motion Detection Alert
    Smart IP Camera Bardi dapat mendeteksi gerakan dan memberikan notifikasi pada aplikasi smartphone. Kita bisa mematikan dan menyalakan notifikasi dengan mengatur jadwalnya atau pada jam tertentu sesuai keinginan.
    Untuk menghemat memory, IP Camera Bardi sudah dibuat dengan teknologi pintar untuk merekam bila hanya ada pergerakan yang ditangkap oleh kamera.

Adapun spesifikasi detailnya bisa dilihat di bawah ini:
- Dapat dikontrol melalui 1 aplikasi dengan semua barang BARDI
- HD Camera & Night Vision
- Encryption Protection
- Smart Motion Detection Alarm
- Sound Sensor Detection
- App Message Push
- Two Way Audio
- Built-in Mic and Speaker
- Remote Monitoring
- Multi-User Viewing
- Multi- Platform View
- Support memory up to 128GB




IP Camera yang kece ini Ibu letakkan di meja belajar Adek. Ibu jadi lebih mudah memantau Adek saat dia belajar, baik itu saat webinar ataupun di sore hari ketika menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. 

Bardi Smart IP Camera ini bisa digunakan untuk komunikasi dua arah lho, nggak cuma merekam dari kameranya saja. Adek bisa langsung bicara di depan kamera, gerakan dan suaranya bisa Ibu dengarkan meskipun Ibu berada di ruangan lain. 

Yang perlu diingat tuh pengaturan di smartphone yang telah dihubungkan dengan IP Camera tadi. 


Untuk tombol SPEAK, pastikan tidak sedang aktif ketika kita ingin suara dari kamera bisa terdengar pada smartphone pengendali. Ketika tombol SPEAK diklik, maka giliran suara kita dari smartphone yang akan ditransmisikan ke kamera Bardi. 

Lebih mudah kan jadinya, Ibu bisa memantau Adek yang sedang belajar dari ruangan lain. Ketika butuh bertanya, Adek tak harus mondar-mandir lagi ke tempat Ibu. Cukup bertanya dari ruangannya sendiri, nanti Ibu tinggal jawab melalui smartphone saja. 

So simple... Benar-benar smart solution untuk mengatasi permasalahan yang sudah Ibu tulis di atas tadi. Thank you Bardi untuk teknologi canggih yang sudah kaubuat. 

Beneran deh, konsep smart home gini mendukung pembelajaran daring di rumah. Fungsi kamera pengawasan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga. Setelah ini, Ibu jadi pengin memasang IP Camera ini menghadap bagian luar rumah. Fungsi pengawasan rumah bisa sekaligus dituntaskan. 

Bagaimana pengalaman moms & dads lainnya yang sudah nyobain Bardi Smart Indoor Static IP Camera ini? Bagi yang belum pernah nyoba, boleh juga berbagi pendapat. Bisa langsung tulis pendapatnya di kolom komentar ya. Terima kasih. 


69 comments:

  1. waa ini menarik banget yaa jadinyaaa, jadi pengen punya juga nih buat di rumah, mau nyari juga aaah hihihi

    ReplyDelete
  2. Wah keren ya emang Bardi ini, IP camera-nya tidak hanya untuk pengawasan dan keamanan namun juga bisa bantu kita memantau anak saat PJJ.

    ReplyDelete
  3. kok asik banget sih ini benda mungil tapi banyak banget manfaatnya, sebelumnya aku pernah beli, kayanya 5 tahun yang lalu deh, butuh buat remoting anak bayi pas ditinggal kerja. tapi sekarang udah ngga pake hehe.

    ReplyDelete
  4. Saya sudah sejak beberapa tahun lalu pakai IP camera. Tetapi, Bardi ini yang paling bagus. Mungkin karena pakai teknologi terbaru, ya. Lebih jelas tangkapan layarnya dan bisa berkomunikasi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum coba maksimalkan.
      Baru sebatas cek berfungsi atau tidaknya
      Tapi sejauh ini baca review teman semuanya positif

      Delete
  5. aku juga pakai IP Cameranya Bardi mbak, asli ngebantu banget tapi buat ngajarin anak tidur sendiri dikamarnya hahaaa

    ReplyDelete
  6. canggih juga yaa ini produknya bardi dan membantu aktivitas kita di rumah, aku belum pernah pakai, mba.. jadi ngerasa kudet wkwk makasih yaa informasinya mba..

    ReplyDelete
  7. haha Ibu ikutan rempong ya jadinya, memantau anak belajar, nyediain camilan juga :D
    Bardi Smart IP Camera ini keren banget, jadi bisa memantau anak belajar dari ruangan lain, menarik sekali. Kualitas gambarnya juga terlihat bagus.

    ReplyDelete
  8. Cucok bingitts ini mbak untuk apalagi kalau rumahnya banyak penjuru jadi semua bisa terpantau apalagi anak muda skrg kudu extra pantau hihi

    ReplyDelete
  9. Yaampun, sama aja ternyata kondisi rumah selama pembelajaran daring, wkwk. Kepala emaknya ngebuuul kalau nggak pinter-pinter manage stress. Kalau aku ketambahan satu lagi, Mba Uniek: tangisan bayi. Wes, bubaaar segala ide di kepala.

    Bardi ini lho ya, bikin mupeng dengan kecanggihan produk-produknya. Kan aku jadi pengen adopsi :v

    ReplyDelete
  10. Dengan IP Camera segala kegiatan anak2 dan semua anggota keluarga bisa dipantau dengan baik ya mbak. Canggih deh sistem smart home BARDI ini :) Buat ngeker naka2 PJJ boleh juga nih hahaha :D Jangan lupa snack nya yang banyak mbak wkwkwk :D

    ReplyDelete
  11. Huaa liat riview Bardi ini jadi pengen punya deh jadi ortu bisa pantau anak-anak juga yes apa kan mereka belajar apa ga. Terus ya untuk cameranya juga menghasilkan gambar jelas juga.

    ReplyDelete
  12. Iya yah smart camera-nya bisa dipakai pantau anak yang lagi belajar online di ruangan lain.

    ReplyDelete
  13. Jadi kayak digital home di masa depan ya.. all digitalized and electronically control

    ReplyDelete
  14. Kayanya cocok juga ni buat ditaruh di kamar anak anak yang baru belajar bobo sendiri ya mbak.... Nice insight!

    ReplyDelete
  15. IP static camera ok juga nih, jadi bisa memantau kondisi di ruangan yang berbeda. Seperti yang mbak posting di sini, memantau anak belajar. Bardi smart home bener-bener smart.

    ReplyDelete
  16. wahh asik ya mbak uniek , klo pake IP Camera dari Bardi ini bisa memantau pjj anak ya
    aku kok jadi pengen punya IP Camera dari Bardi ini

    ReplyDelete
  17. Mba Uniek love banget dengan gaya berceritamu, hasilnya bardi cakep loh bening banget. HHehehe andalan banget nih untuk jadi sahabat di rumah si bardi

    ReplyDelete
  18. Bardi membuat menjadi lebih mudah dan terintegrasi dengan baik bersama teknologi.
    Suka banget sama Crystal Clear HD Night Vision.
    Biar anak lebih mandiri juga yaa, kak Uniek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamera Bardi ini bisa menghantarkan suara juga kah?
      Hihii..kebayang kaya di rumah-rumah Korea gitu yaa..Smart home smart living.

      Delete
  19. Wah baru tahu fungsi lainnya. Kupikir hanya untuk cctv dan menggantikan remot ayng terselip. ternyata bisa digunakan untuk komunikasi dua arah ya. jadi, misal aku di kamar depan. Bardinya ada di kamar belakang dan mau panggil anak-anak, tinggal say hello ke mereka dan manggilin bisa yaaa. Gak perlu aku teriak teriak dong yaaa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah....bisa mudah begini yaa..
      Jadi ingat zaman dulu itu, rumah ada interkomnya saking besarnya. Biar Mamak gak capek menggil. Hehhee..
      Inovasi Bardi sungguh keren.

      Delete
  20. Beneran kek di film-film aja ya..dengan BARDI Smart Home ini, perangkat dikontrol dari smartphone bisa , sungguh jadi nyaman hunian kita. Bahkan dengan IP Camera bisa bantu PJJ anak baik dari ruangan lainnya atau dari tempat berbeda, wah senangnya. Memudahkan hidup iniiii

    ReplyDelete
  21. Hmm..asik baget ya..kalau dikeseharian didunkung pirati berbasis smarthome
    ip camera nya multi fungsi udah gitu kualitas videonya HD. Inovasi yang bagus dan sangat menarik

    ReplyDelete
  22. mirip banget kayak di luar negeri terutama korea selatan ya, semuanya bisa di cek via smartphone, emang udah secanggih ituh dah ini Bardi

    ReplyDelete
  23. Wah pengen beli ini buat di rumah. Bagus nih teknologinya. Mana hasilnya lebih jernih ya

    ReplyDelete
  24. kepo banget aku jadi pengen beli juga nih buat di atas, soalnya lumayan sering kemalingan, mau coba cari juga ah semoga harganya terjangkau nih heheheh

    ReplyDelete
  25. Ternyata Bardi ada Smart Indoor Camera juga. Makin praktis nih kalau mau tanya-tanya dalam satu rumah, enggak perlu kedubrukan ke ruangan mana. Gambar yang dihasilkan juga cukup bening. Bagus nih Bardi.

    ReplyDelete
  26. waah zaman digital yaa, makin banyak alat teknologi yg bs mempermudah hidup kita. smart home for smart mom with smart bardi nih kayaknya

    ReplyDelete
  27. Mbaaa, aku beneran jadi pengen nyobain juga. Apalagi saat kerja jadi berasa nyaman dan aman saat anak di rumah dan kita di kantor

    ReplyDelete
  28. Haha kameranya dipakai buat mantau Mas Faris belajar atau nggak ya, siapa tahu lagi PJJ malah main game kayak Alde, videonya dimatikan wkwkw

    ReplyDelete
  29. Ngga perlu teriak-teriak lagi sih ini mah kalo manggil orang yang jangkauan rumahnya agak luas (hahahah) Bardi ini memang buat smart home bgt

    ReplyDelete
  30. Keren nih BARDI aku juga pakai produknya mbak, puas banget bisa di remote pakai smartphone aja

    ReplyDelete
  31. mupeng ini sama smart ip cameranya bardi. aku punya lampu dan remotenya. pokoknya kita makin smart ya kalau pakai bardi

    ReplyDelete
  32. Wah, menarik sekali mbk. Nggak perlu mondar mandir, cukup dipantau lewat hp aja. Canggih banget, jernih banget

    ReplyDelete
  33. Waaah untung ada Om Bardi yah. Emak gak bakalan super riweh lagi kalo adek lagi belajar atau butuh sesuatu. Praktis banget nih

    ReplyDelete
  34. Kayak anak pertamaku mbak, udah sering dibilangi nggak usah lari di dalam rumah, tetap aja gitu dari kamar ke dapur lari, dari dapur ke ruang depan lari. Kadang sampai bikin kaget.

    Wah sekarang mau punya rumah pintar jadi mudah ya, bisa memonitor kondisi rumah pakai bardi smart indoor static IP camera

    ReplyDelete
  35. Beneran ya di zaman ini tuh semua serba mudah, hanya kita nya saja yang harus lebih smart menghadapi kemajuan teknologi ini. Keren nih smart home persembahan Bardi

    ReplyDelete
  36. Liat ini jd merasa kepengen jg. Jadi gak perlu pasang mata galak di samping anak ktk belajar ya. Tinggal awasin aja. Emaknya bs kerjain yg lain. Wkkw

    ReplyDelete
  37. wah kece banget sih si bardi smarthome, kayanya aku.butuh semua produk ya.niiihhhh.. kece kece semuanya niiihhh. Sampe lampunya aja bisa pake remoteyaaaa.. super keren!

    ReplyDelete
  38. Oohh ternyata bs interaksi dua arah gt ya? Kirain cuma bisa buat mantau doang. Canggih juga nih. Harganya berapa sih mbak? Ada garansi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garansi 1 tahun seperti perangkat elektronik pada umumnya. Sekitar 300k an harganya, link ada di artikel ini.

      Delete
  39. Wuih makin canggih aja ya ada kamera Bardi gini, enggak usah mondar mandir lagi nanya sama ibu ya hehe

    ReplyDelete
  40. Keren banget ya teknologinya Bardi ini. Ngelihat ini, anakku jadi mupeng juga. Kepengen katanya punya. πŸ˜…

    ReplyDelete
  41. canggih juga nih Indoor cameranya..bikin kita makin mudah mantau anak-anak belajar..hemat energi emaknya gak perlu tereak2 ya mbak ..Hasil gambarnya pun oke banget tuh...

    ReplyDelete
  42. Wih keren yah. Kira-kira kalo dipake buat zoom meeting bisa nggak yah hihi 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kan kamera cctv mas, bukan kamera utk dipasang di dekstop dan laptop. :)

      Delete
    2. Wah jadi tertarik mau pasang di kamarnya putri bungsuku. Biar bisa kontrol waktu nontonnya. Doi suka ndrakor malam-malam, sementara emaknya tidur, anaknya belajar nyambung nonton. Kan jadi gemes. Kirain habis belajar langsung bobo, nyatanya tidak.
      Eh, malah curhat.

      Yah, inilah dramanya semua orang tua ya mbak. Mau anaknya masih kecil maupun sudah remaja, kayak putri bungsuku ini.

      Delete
  43. Suka banget sama IP Camera ini lucu bentuknya terus mungil tapi menghasilkan gambar cukup jelas ya.

    ReplyDelete
  44. iyaaaa Bardi IP Cam memudahkan banget untuk memantau yg terjadi di ruangan lain tanpa harus mondar-mandir untuk melihat, jadi si ibuk juga tetap bisa multitasking mengawasi ya mba.

    ReplyDelete
  45. Jadi tau cara masang Bardi Smart Indoor Static IP Camera nih Mbak... Tinggal hunting brgnya di marketplace deh... Tfs ya Mbak

    ReplyDelete
  46. keren sih ini, tapi anak2 itu kadang suka lebih pinter dari ibunya, dipasangin CCTV eh alatnya dimatiin, hadeuuuh

    ReplyDelete
  47. yes ingetin aku kayak di film hollywood ataupun drama korea yang keren dan canggih sistem pengamanannya. Kayaknya aku butuh konsep smart home Bardi juga deh

    ReplyDelete
  48. Aku juga pakai Bardi ini karena sangat membantu banget apalagi di rumah seperti ini ..sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  49. mupeng deh. tapi anakku belum full daring sih hehe. semoga suatu saat bisa punyaa

    ReplyDelete
  50. Menarik jg yaa jd kayak walkie talkie tp pake kamera. hahaha..
    kalau boleh tahu untuk harganya terjangkau atau nggak sih mbak?

    ReplyDelete
  51. Ternyata ngga butuh bantuan bapake ya untuk pasang kameranya saking mudahnya mba, membantu banget untuk awasi bocah di rumah kalau kita pergi sebentar

    ReplyDelete
  52. Belum pernah coba dan baru tau juga ada Bardi ini. Canggih ya mbak, jadi kita bisa mengawasi anak, nggak perlu duduk manis di samping mereka saat belajar daring. Kadang, saya juga kesulitan mesti stand by terus di samping si kakak saat belajar. Solutip bangeeet nih Bardi. :D

    ReplyDelete
  53. Wah keren banget ini mbak, kayanya bisa buat aku dan anakku yg kamarnya di lantai atas. Gak bolak balik naik ke atas kalo anakku membutuhkan aku ya

    ReplyDelete
  54. Auto nagakak di bagian ini:

    "... bukan tambah sabar, tambah melar!"

    Buahahaha.

    I feel you, Mba Un ;)

    Baiwei, subway,
    Aku baru tahu Bardi IP Camera ini.
    Kirain Bardi hanya berkisar di produk lampu-lampu saja.
    Langsung deh auto browsing.

    ReplyDelete
  55. wah bagus banget teknologinya si bardi ini, aku taunya cuma yang smart lamp ternyata banyak juga ya produk menarik lainnya, bisa kepake juga buat virtual meeting kalo buat aku yang work from home gini, thanks referensinya,,, pas banget butuh yang seperti ini

    ReplyDelete
  56. Cara memasang alat - alat ini juga ngga pakai ribet yaaa mba. Asyik juga punya di rumah

    ReplyDelete
  57. Waktu anakku lagi buka Youtube di gawainya, ada iklan Bardi. Ini yang kemarin aku baca-baca di artikel temen-temen nih. Manfaatnya banyak harganya terjangkau ya, Mbak. Ini bisa dijadikan alat untuk memantau anak di kamar sebelah nih.

    Jadi kepingin beli Bardi

    ReplyDelete
  58. wah iya juga ya.. jadi bagus juga buat pantau anak2 belajar... hihi... Aniwei memang yang saya suka dari Bardi IP Camera ini tampilannya bagus ya dan elegan..

    Rumah smart semoga mendukung tumbuh kembang anak2..

    ReplyDelete
  59. Harganya berapa nih? Aku penasaran deh mbak dengan Crystal Clear HD Night Vision. Nggak ribet kan ya, bisa dikontrol pake app juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar tiga ratus ribuan harganya. Semua fitur dari IP Camera ini dijalankan melalu smartphone.

      Delete
  60. Eh, jadi pengin punya juga nih Bardi Smart Indoor Static IP Camera. Pasti anakku noraknya bukan main. Hahaha. Jangan-jangan bukannya aku yang pakai buat ngawasin dia, malah kebalik dia yang ngawasin emaknya pakai ini. Wkwkwk. Aku kepoin dulu deh official storenya di Tokopedia :D

    ReplyDelete
  61. Kereeen neh produk BARDI Smart Indoor Static IP Camera, jadi semakin tertarik utk mencoba prdoduk Bardi setelah sekain kali baca ulasan tentang produk-produk bardi. Cusss ah lihat-lihat IG Bardi duluu

    ReplyDelete
  62. Smart IP camera aku juga punya mbak, sangat membantu sekali nih mengawasi anak-anak di dalam rumah. Selain itu bisa memantau mereka mengerjakan apapun di rumah

    ReplyDelete