Sunday, February 27, 2022

Menjadi Ibu yang Kuat Saat Pandemi

 
Hai Moms & Dads, semoga sehat selalu ya di masa penuh serbuan virus gini. Jika dulu batuk dan pilek dirasa sebagai penyakit yang ringan, saat ini tampaknya begitu gejala ini muncul, udah parno aja deh yaaa...

vitamin isoman

Hampir tiada henti kabar teman, tetangga, dan keluarga silih berganti jatuh sakit. Rata-rata mengalami demam, radang tenggorokan dan batuk. Ada yang berinisiatif langsung cek ke dokter untuk memastikan dirinya terpapar virus Covid atau tidak dan langsung membekali dirinya dengan vitamin isoman yang banyak direkomendasikan. 

Ibu BocahRenyah pun mengalami gejala yang sama dengan sebagian besar orang yang jatuh sakit saat ini. Pertama-tama rasanya badan nyeriiii banget gitu. Berlanjut dengan demam, radang tenggorok, dan setelah sekitar 3 hari semua rasa ngilu di tubuh lenyap, maka batuk pun datang menjelang.

Ndilalah... kalau kata orang Jawa gitu ya, kebetulan ketika Ibu terserang demam ini, Ayah sedang dinas keluar kota. Jadi untuk pergi berobat Ibu tak kuat kalau harus sendirian naik motor kesana kemari. Andalan dong akhirnya semua-semua lewat online.

Yang jadi pikiran banget tuh si Adek, ntar gimana nih dia ya. Ibu belum bisa memastikan apakah saat itu terkena virus atau enggak. Keputusan untuk isolasi mandiri jelas harus diambil, entah itu positif ataupun tidak. Adek tak boleh dekat-dekat dengan Ibu dulu. 

Semua urusan makan akhirnya harus pasrah pada ojek online, atau kadang-kadang Adek bisa membeli lauk di warung dekat rumah. Lokasi rumah keluarga BocahRenyah ada di tengah keramaian para penjual makanan. Alhamdulillah untuk urusan ini aman yaaa...

Namun tetap saja jadi pikiran dong, urusan beres-beres rumah yang lain gimana. Sudah dua tahun ini keluarga BocahRenyah tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga lagi. Si bibik yang telah sepuluh tahun lebih membersamai keluarga tampaknya sudah lelah. Beliau memang lumayan berumur dan sepertinya butuh istirahat. Jadi akhirnya semua urusan pekerjaan rumah tangga dikerjakan bersama-sama.

Porsi terbesar melakukan pekerjaan rumah tangga tentu saja ada pada seorang ibu kan yaa... Anak-anak selalu membantu, hanya saja porsinya ya sebagian kecil. Adek, yang saat ini duduk di bangku Kelas VI SD sudah bisa diminta tolong membuat teh, mencuci piring, membuang sampah, menyapu dan ngepel. 

Ibu tuh nggak boleh sakit.... Pernah mendengar kan ya ucapan itu. Namun perlu diingat, seorang ibu bukanlah robot. Dia tetaplah seorang manusia yang memiliki rasa lelah dan pada suatu ketika kondisi fisiknya nge-drop.

Coba deh bandingkan jika kaum bapack yang sakit, bakalan bisa tenang tuh beristirahat. Nah ketika sang ibu yang sakit, bisakah tidur tenang ketika mengingat ada tumpukan cucian baju yang mulai menggunung, kamar mandi yang sudah tampak kotor belum dibersihkan lantai dan baknya, barang-barang tampak serampangan di mana-mana, dan lain sebagainya. Coba, ibu-ibu di seluruh dunia, mana sini yang relate banget dengan hal ini?

Belum lagi ketika si Kakak yang sekolah di luar kota chat, minta tolong dikirimi berbagai barang ke pondok pesantrennya. Mau jalan saja susah karena pusing hebat dan rasa ngilu di sekujur tubuh, gimana bisa menyiapkan pesanan Kakak ini? Huhuhuuu.... Rasanya tak berdaya banget. 

Kalau sudah gitu tuh rasanya pengin nangis deh. Terjepit di antara kondisi sedang sakit dan harus membereskan semua urusan keluarga. Tak ada pilihan lain : IBU HARUS SEHAT DAN KUAT. 

Beberapa hal yang Ibu lakukan untuk cepat kembali pulih antara lain:
  • Melakukan pengobatan awal pada demam dengan paracetamol
  • Mengonsumsi vitamin isoman yang bisa diperoleh secara online
  • Memperbanyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin C
  • Mengurangi asupan karbohidrat dan mempertinggi konsumsi protein
  • Melakukan olahraga ringan setelah demam reda
Udah deh, sakit aja masih mikir olahraga, ngapain?

Ada beberapa teman Ibu yang menyarankan untuk banyak-banyak istirahat, tak usah terlalu ngoyo untuk olahraga. Namun yang Ibu rasakan ketika berbaring terus-menerus tuh badan malah rasanya loyo. 

vitamin isoman

Setelah demam reda dan rasa ngilu di tubuh sudah jauh berkurang, Ibu mencoba untuk olahraga ringan di rumah. Beberapa hari kemudian mencoba untuk sepedaan tapi di sekitar rumah saja, tentu dengan protokol kesehatan yang ketat plus enggak mampir-mampir di tetangga. Ketika ada tetangga menyapa, ya udah mengangguk aja untuk kesopanan, tapi tidak pake acara ngobrol-ngobrol segala.

Alhamdulillah, beberapa ikhtiar untuk menyembuhkan diri tadi berhasil. Badan jadi terasa lebih fit dan tidak loyo lagi. Keringat yang keluar saat olahraga membantu untuk mengeluarkan toxin yang ada dalam tubuh. 

Saat sakit boro-boro bisa berkeringat yaaa... sudah selimutan tebal saja tetap kedinginan dan tak ada keringat yang keluar. Benar-benar bersyukur deh Ibu bisa kembali sehat secara cepat gini. Meski tumpukan baju seterikaan makin meninggi, kesehatan yang sudah kembali membaik menjadi anugrah yang tiada terkira. Semoga dalam waktu dekat sudah bisa 100% fit kembali. 

Bagaimana dengan Moms & Dads lainnya, apakah mengalami hal yang sama juga dengan Ibu BocahRenyah? Semoga yang saat ini sedang sakit bisa cepat pulih yaa... Semangat yuuk untuk kembali sehat. 

58 comments:

  1. Iya nih lagi hari nggregesi nasional..Kena juga ya Ibu Bocahrenyah akhirnya. Semoga kini sudah sehat kembali, beraktivitas seperti biasa lagi. Alhamdulillah semua dimudahkan ya, meski sedang berdua aja sama Adik.
    Sehat selalu.
    Saya, suami dan si bungsu sudah lulus S1 Covid Juli tahun lalu...Delta yang sungguh luawrbiasa. Semoga enggak sampai kena dan lulus S2 Omicron.
    Semangat sehat kita!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ya...Ibu tuh enggak boleh sakit. Sekalinya sakit ambyaar rumah
      Waktu kena Delta tahun lalu juga saya pas enggak ada Mbak, keluarga besar jauh semua. Jadi beneran bahan makanan beli online, makanan matang ada bantuan dikirim dari RT (tiap siang dapat lauk dan sayur), dapat kiriman dari sahabat, dan sisanya pesen by ojol.
      Huhu..semoga semua Ibu dikuatkan baik kala sehat maupun sakit untuk menjaga keluarganya!

      Delete
  2. Di Indonesia nggak dijual tes antigen mandiri kah Bun? Kalo di sini iya, jadi bisa langsung tahu positif ato negatifnya. Untungnya pas positif kmrn, suami udah sembuh tapi masih hrs stay di rumah, jadinya gak kerepotan alhamdulillaah.
    Stay safe ya bun...

    ReplyDelete
  3. Setuju banget "...Ibu tuh gak boleh sakit". Tapi kenyataannya Ibu, manusia yang juga bisa sakit. Dan pandemi kali ini bikin semua ortu lebih aware. Banyak masukan dari catatan kamu yang bermanfaat buat saya terapkan Terima kasih, salam sehat.

    ReplyDelete
  4. Apalagi di bulan februari ini banyak banget yang jatuh sakit dengan gejala yang sama. Jadi kita harus pandai menjaga kesehatan yaa karna ibu itu kunci kesehatan bagi keluarga. Soalnya kalau kita yang sakit pasti semuanya bakal keteteran.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah sehat Mbak. Saya udah pernah sakit begitu di tahun lalu, rasanya nano-nano ya? walau agak happy BB berkurang Mbak, he..he...tapi tetep aja harus sehat yaa. Sehat selalu Mbak.

    ReplyDelete
  6. Aaamiin... Speedy recovery ya bun... Kalau ibu sampai sakit emang bisa berabe sih ya.. makanya h]kita kudu cari cara biar cepet sehat. stay healthy ya bocahrenyah family...

    ReplyDelete
  7. Kalau di rumah makmin, malah Bapake yang sempat ketar ketir karena tenggorokan sakit dan badan agak anget. Untungnya sudah rutin minum vitamin dan madu, jadi Alhamdulillah pas ditest negatif.
    Sehat-sehat selalu ya, Ibu BocahRenyah

    ReplyDelete
  8. Semoga segera sembuh ya, Mbak. Memang seorang ibu itu luar biasa, ya. Di usia kepala empat ini, saya masih terkenang masa kecil ketika sakit, ibu saya juga sakit, tetapi dalam sakitnya beliau masih mennggendong saya yang juga sakit❤.
    Semoga segera sehat kembali ya Mbak.

    ReplyDelete
  9. Semoga selalu diberi kesehatan ya mak, sama nih aku juga sekeluarga sedang S2 Sars-Cov. Anehnya kita sedang tidak kemana-mana dalam 7 hari kebelakangan hanya di rumah, mungkin ya karena faktor masih terima paket dan jajan makan online yang sesampainya di rumah gak disemprot lagi padahal biasanya ku disinfektan dulu.

    ReplyDelete
  10. Aku mom 2x mengurus 2 anak anakku yang covid. Puji Tuhan sampai sekarang sehat. Selain ProKes makanan sehat dan olahraga aku tingkatkan.Supaya imun tetap terjaga

    ReplyDelete
  11. Waktu booster ketiga aku menderita demam, Mbak. Sudah sakit kepala rasanya badan linu semua. Aku membayangkan yang kena covid beneran dengan virus hidup di dalam tubuh mereka. Pasti rasanya sengsara banget. Apalagi ditambah perasaan ingin memberestkan semua urusan rumah tangga. Memang kalau ibu yang sakit kelancaran rumah tangga akan terganggu. Jadi semoga selalu sehat ya mbak. Setelah ini semoga tidak mampir lagi virus yang menyebalkan itu tu

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah sudah sehat lagi ya mbak.
    Iya nih beberapa teman kantorku juga mengalami deman dan batuk, saya sendiri alhamdulillah masih sehat sampai sekarang.

    Buat yang lagi sakit dan memutuskan untuk isoman, emang asupan makanan dan juga vitamin mesti di jaga

    ReplyDelete
  13. Emang beberapa pekan ini memasuki hari nggreges se-Indonesia yah mba. Temen2ku juga keluhannya sama sih demam, bapil, tenggorokan ngga enak, nyeri badan gitu. Bener sih jargon ibu ngga boleh sakit huhuuu. Tetep semangat dan sehat selalu yah.

    ReplyDelete
  14. Semoga bocah renyah family selalu diberikan kesehatan ya mak dan semoga yang sedang sakit segera disehatkan kembali.

    ReplyDelete
  15. Pandemi memang menyedot segala energi dan perhatian kita. Kita harus bisa maksimal dalam menghadapi tantangannya. Dan yang terpenting harus dalam keadaan sehat. Kesehatan adalah hal yang utama sekarang. Jika tidak maka semuanya akan terasa lebih sulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju nih di masa pandemi bukan cuma fisik yang berisiko terganggu tapi juga mental dan pemikiran karena virus Corona yang masih menghantui. semoga saja kita semua bisa menjaga kesehatan yaa

      Delete
  16. Alhamdulillah kami sekeluarga sehat. Tetapi, memang lagi banyak banget yang sakit di bulan Februari ini, ya. Lebih repot lagi kalau ibu yang sakit. Semoga kembali sehat bagi yangs edang sakit. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Akhir-akhir ini emang banyak banget keadaan yang bikin badan nggregesi ya mbak, padahal jadi ibu tuh kayak nggak boleh sakit. Sekalinya sakit kadang rumah jadi berantakan ga karuan. Jadi jaga kesehatan buat ibu tuh sebuah keharusanπŸ˜…

    Semoga ibu bocah renyah sekeluarga selalu diberikan kesehatan yaa

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah aku dan keluarga sehat2 belom atau jangan sampe merasakan gejala2 sakit, terus di doping sama multivitamin kalo memang diperlukan tubuh. Tapi beneran loh di komplekku juga banyak yg sakit pada isoman, temen2 jugak. Ahh semoga cepet pulih buat yang sakit jangan lupa vitamin isomannya dan buat yang sehat ditingkatkan lagi kesehatannya.
    makasih loh tips sehatnyaaa, kbayang kalo ibu sakit duuh..

    ReplyDelete
  19. Nah iya, jadi ibu itu katanya gak boleh sakit, padahal kan kita juga manusia, hiks.

    Pada kenyataannya memang urusan rumah bakalan jadi kacau kalau ibu sedang sakit. Gak ada yang bisa menangani semuanya. Memang kadang ada beberapa pekerjaan yang bisa dibantu oleh anak-anak tapi tetap saja ada yang harus dilakukan oleh emak-emak, ya...

    ReplyDelete
  20. Sakit itu emang ga enak. Sekarang tahu banget rasanya kalau sakit tapi di rumah ada tanggung jawab huhuu. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan yah kak :3

    ReplyDelete
  21. Aku juga dooong. Alhamdulillah hanya meriang 3 hari & ngilu2. Nggak ada batpil. Sama kayak ibu nih, langsung paracetamol. Tambahan aku minum wedang rempah biar keringetan. Sejak delta, aku juga menambah vitamin d3 400iu selain vit c tapi hanya kuminum kalau badan agak nggak enak atau mau ketemuan orang. Selebihnya, berusaha makan sehat. Semoga kita para ibu sehat terus ya. Aamin.

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah baru sembuh juga Buu.. kemarin semingguan dah tumbang jugaa. Alhamdulillaah si anak ngga rewel, justru dia 2 hari aja demam dan pileknya, alhamdulillah bangett bersyukur kalau anak sehat2 mah hhuhuh

    ReplyDelete
  23. Semoga sehat selalu ya, Kak. Tapi memang nih, saat ini memang banyak yang nggreges sepertinya ya, bahkan saat ini pun sudah 3 hari badan ngilu dan kedinginan mulu. Btw, mamaku juga sering ngomong lho ke anak-anak perempuannya. Katanya, Ibu gak boleh sakit. Kalau sampai sakit, rumah buyar semua... hahaha

    ReplyDelete
  24. Belum sampai nggregesi, kak Uniek..
    Tapi beberapa kali kepala pusing kliyengan.. Kayanya aku ini kurang bisa mengukur diri, kapan harus makan yang bener. Soalnya sekali makan enak, aku bisa makan banyak. Tapi sekalinya engga makan, aku skip.
    Darah rendah kumat dan ujung-ujungnya kudu rebahan juga sih..

    Hiiks~
    Kalo BB uda naik tuh, aku jadi super strict sama diri sendiri.

    Sehat-sehat selalu yaa, kak Uniek sekeluarga.

    ReplyDelete
  25. Iya benar itu mbak
    Sejak pandemi, pekerjaan ibu makin banyak ya
    Makanya ibu harus selalu sehat
    Caranya ya dengan menetapkan pola hidup sehat ya mbak
    Semoga mbak dan keluarga sehat selalu ya

    ReplyDelete
  26. Samaan saya juga mengalami gejala sama dan gak kuat pergi ke klinik/puskesmas. Untungnya tuh sekarang serba daring. Minum paracetamol, minum vitamin, makab makanan tinggi protein. Nyuci bajunya jadi 3 hari sekali. Selama sakit ga ngepel rumah seminggu lebih. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mba, cucian udah menggunung deh selama tepar kemarin itu. Salah satu yang menyemangati diri utk lekas sembuh ya antrian cucian itu heheheee... dasar ya ibu-ibu, sakit aja yang dipikirin cucian loh.

      Delete
  27. kalau saya malah sering sakit gara-gara ketularan anak-anak, mbak. jadi kalau anak saya yang bungsu itu sakit biasanya nggak lama saya ikut-ikutan sakit. untung sakitnya cuma pilek. hehe

    ReplyDelete
  28. Quote ibu nggak boleh sakit itu emang bener juga sih, kalo sakit repot bener deh. Masih ditempelin anak, diajak main, minta dimandiin, malah kadang lebih menjeh kalo emaknya sakit dibanding sehat. Gimana mau istirahat? Haha. Biarpun ada papanya, kadang anak tetep maunya sama ibunya. Saya selalu boost vitamin tiap ngerasa nggak enak badan..

    ReplyDelete
  29. Kemarin aku sempat sakit sehari, rebahan seharian aja rumah sudah g karuan bentuknya
    Hehehe, emang ibu nggak boleh sakit ya mbak

    ReplyDelete
  30. Biasanya kalau selmutan tebal trus minum teh panas tuh keringat keluar basah mba. Semangat semangat sehat dan tetap aktif ya mbaa

    ReplyDelete
  31. alhamdulillah badan udah lebih segar ya mbak
    Awal Februari aku tuh tepar, oleng lah badan. Pusing plus flu. Huhu ... padahal buibu kan ga boleh sakit. Ya jadinya tetap ngurusin anak dan selalu pakai masker. tidur pun pakai masker karena aku masih menyusui. Kudu semangat sembuh!

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah udah bisa diandalkan ya pergi beli lauk di warung. Syukurlah banyak yang jualan ya mbak jadi gak harus maksain masak pas sakit.
    Ibu lagi sakit aja tetap mikir itu ini kepeerluan rumah ya. Sehat-sehat trus ya

    ReplyDelete
  33. Sheat-sehat selalu kak Uniek..
    Menjadi Ibu itu bahagia dan bahagia bangetnya di saat-saat begini yaa..
    Rasanya memang tiap hari, selalu dilewati dengan aktivitas yang sama. Tapi itulah letak kebahagiaan sang Ibu. Melihat rumah dan segala yang tinggal di dalam bahagia.

    ReplyDelete
  34. Kemarin ada yang lagi rame di jagad Maya, masa nggreges2 nasional. Aku sekeluarga merasakan isoman juga akhirnya. Meski hasil tes antigen aku dan suami enggak positif, tapi kedua anakku positif jadi serumah dikurung deh, mba.

    Pilihan tetap bergerak aktif juga aku lakukan ketika sedang tidak enak badan. Karena semasa tubuh masih kuat, dengan tetap olahraga ringan, keringat jadi gampang muncul. Rasanya sakit pun mulai mereda. Semoga sekarang udah sehat ya mba

    ReplyDelete
  35. Setuju bu, kita harus kuat selalu yaaaa.. Kalo mamanya tumbang, serumah bingung nantiiii.. hihi. Sehat-sehat selalu ya Maaaak

    ReplyDelete
  36. Ibu gΓ k boleh sakit.. maunya sih y mba.. yg terpenting hrs jaga banget pola hidup sehat...

    pun biarpun ketika kita jatuh sakit tetep Aja kepikiran anak2 gimana.. selalu sehat2 ya mba...

    ReplyDelete
  37. Ya Allah Mbak salut aku. Aku kira kalau anak-anak sudah besar bakal lebih santai. Ternyata sama aja ya. Kemarin aku juga kena omicron. Yg pertama kena sopir. Terus aku kena dan Art juga. Suami dan tiga anak alhamdulillah negatif. Aku lmyn pusing juga krn yg kerja malah pd sakit kan ya. Smntra ya tetap hrs masak, tetap hrs bantu jaga yg bungsu. Yang ga dikerjakan cuma kluar rumah misal belanja jelas ga bisa

    ReplyDelete
  38. Sama Mbak kenalanku juga banyak yang pada sakit sekeluarga sekeluarga. Sedih banget. Ini di keluarga kami juga pada kena tapi secara bergilir. Sehat sehat selalu ya Mbak. Semoga ujian ini lekas berlalu.

    ReplyDelete
  39. Iya mbak, ibu mah gak boleh sakit, ya. Kalau sait sedikit aja, kitanya malah kepikiran sama kondisi anak dan suami yaa.
    btw syafakillah mba, moga lekas sembuh yaa. Kalau sakit tenggorokan, coba berkumur dengan air garam atau minum minuman yang hangat. semoga bisa meringankan sakit.

    ReplyDelete
  40. Bulan lalu saya sempat kena covid mba. Gejalanya mirip flu biasa, tp bawa enjoy saja ya. Manusiawi mah sakit, yang penting sugesti dalam diri, sakitnya ga boleh di pelihara

    ReplyDelete
  41. Setuju banget sih mbak, ibu kan juga manusia, kalau pas waktunya sakit ya gmn lagi. Memang yang namanya keluarga tu support system utama yang siap menerima kondisi kita apa adanya yaa.
    Tp emang siapa sih yang mau sakit, pasti gak ada, makanya ya ikhtiarnya jaga banget kesehatan, makan makanan bergizi secara teratur dan minum suplemen2 jg ya.

    ReplyDelete
  42. hayo ibu kuaaaat semangat. ibu waras juga yang pentiing mba. kalau ibu sakit kesian huhuu. tapi bapak juga jangan sakit berabe di aku. huhu. sehat2 semua ya kita

    ReplyDelete
  43. Alhamdulillah ya Mbak, sekarang udah sehat lagi.
    Bener banget ya Mbak, Ibu itu gak boleh sakit, eehh tapi gimana doong, Ibu kan juga manusia, robot aja butuh istirahat apalagi Ibu ya.
    Tapi kalau sakit emang tetap harus semangat sih, semangat untuk sembuh demi orang-orang di sekitar tercinta. Olahraga itu kalau udah terbiasa, apapun keadaannya tetap semangat ya untuk dilakukan :)

    ReplyDelete
  44. Memang ya cuaca lagi ga bersahabat banget. Kata ibu ga boleh sakit menang bener ya, mbak. Pekerjaan yg mendasar dan paling penting aja hrs tetap dikerjakan saat sakit. Seperti memasak dan ngurus anak. πŸ™ˆ

    Sehat terus ya untuk kita semua 😍

    ReplyDelete
  45. Masuk tahun 2022 ini kami sekeluarga juga bergiliran sakit, dimulai dari saya kemudian bergantian anak dan suami. Semoga kita semua selalu sehat yaa, amiiin

    ReplyDelete
  46. Barusan baca kalau menkes akan berupaya mengubah status pandemi covid ini jadi endemi...baguslah jadi statusnya kayak flu biasa aja ga perlu bikin geger dan panik ya karena memang sekarang gejalanya mirip flu juga kan...

    ReplyDelete
  47. Ibu harus kuat..
    Dan Allah memang mengistimewakan perempuan yaa, kak Uniek.
    Ada kelebihan Ibu yang kalau dipikir-pikir...kaya gak masuk akal. Dengan kekuatan cinta, maka semua bisa.

    Sehat-sehat selalu, kak Uniek.
    Doa terbaik untuk keluarga kak Uniek.

    ReplyDelete
  48. Sehat selalu Mba Uniek. Aku juga loyo banget badan waktu sakit kemarin, boro-boro mikir olahraga Mba. Tapi yang penting sehat yah Mba Uniek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku olahraganya ya setelah demam, ngilu dan loyonya memudar, Num. Pas lagi sakit-sakitnya ya mana bisaaaa... mau duduk aja udah oleng.

      Delete
  49. Kalau ibu sakit, takutnya nular ke anak2, karena yang namanya bocah, apa2 nyari ibunya kan, hehe... Jaga kesehatan dengan minum paket vitamin emang penting banget ya mba...

    ReplyDelete
  50. Ibuk juga lagi sakit ni mba sedih banget. Aku yang lagi fase mual mutah jadi ikut kepikiran. Allhamdulilah ibubbocahrenyah udah pulih lagi. Semoga kita semua sehat selalu aamiin

    ReplyDelete
  51. ya ampun mba, tulisan ini kok bikin senyum2 ya. Kemarin saat anak sakit, disaat emak nggak boleh ikutan sakit malah aku positif hiks. Padahal gejalanya ya cuma pilek doang, hiks. Akhirnya nggak bisa nunggui anak di RS. Tapi dari semua itu aku bersyukur anakku nggak ikutan positif jadi dirawat di ruang perawatan biasa. Semoga ibu Bocah Renyah makin kuat, dan sehat ya mba :) Semangat :)

    ReplyDelete
  52. Walau saya belum jadi ibu, tapi kok sepertinya juga dituntut gak boleh sakit ya mbak. Akhirnya ya mau gak mau disehat sehatin. Memang tantangan menjadi seorang ibu itu sangat besar ya. Semangat juga untuk mba ya

    ReplyDelete
  53. Jadi emak-emak emang harus selalu strong, sakit sebentar aja, manajemen rumah jadi berantakan, hehe. Asupan Nutrisi yang baik, dan minum multivitamin memang jadi salah satu solusi. thankyou for sharing, mba.

    ReplyDelete
  54. Hey hey.... Ini ibuk-ibuk kuat idaman semua suami..

    ReplyDelete