Sunday, April 17, 2022

KRAFT Crolette Penyemarak Menu Ramadan

 
Di saat bulan puasa gini, kadang-kadang terasa horor ga sih Mom kalau ditanya melulu seperti ini: 

"Ntar buka puasa pake apa, Bu?"

"Makan sahurnya nanti pake lauk apa, Ma?"

kraft crolette

Gituuu aja terus berulang-ulang selama sebulan. Bukan mengeluh ya ini, namun ketika hampir setiap hari ditanya plus harus memikirkan menu sahur dan berbuka untuk keluarga, ada kalanya bingung juga.

Kemarin sudah masak sayur bening, sayur asam, soto, sambal goreng, bla bla blaa... nah, besok masak apa ya? Belum lagi untuk cemilannya, muteeer saja antara aneka buah potong, puding, tahu bakso, mendoan, aneka jajan pasar dan sebagainya.

"Pengin sahur dan buka pake makanan yang enggak kayak kemarin-kemarin dong, Bu...."

Duh, Nak, ibumu ini kan bukan koki andal yang bisa masak sembarang menu dengan mudah. Harus bongkar-bongkar resep masak nih kalau caranya seperti ini.



Rekomendasi Resep Berbahan Keju


Jika orangtua punya prinsip makan apa aja deh yang penting sehat, terkadang ada yang terlupakan, bahwa untuk menyertai perkembangan buah hati, prinsip seperti ini kurang detail. Yup, sehat yang seperti apa coba yang hendak diwujudkan bagi anak-anaknya.

Aneka bahan pangan banyak tersedia di sekitar lingkungan, mulai dari toko kelontong, pasar, tukang sayur yang lewat depan rumah, hingga di supermarket. Apa saja bisa kita beli untuk menuruti keinginan anggota keluarga. Ada si ayah yang pengin dimasakin ini, ada juga keinginan anak-anak yang maunya beda lagi. 

Namun pernahkah terpikir oleh para ibu, sudah cukupkah bahan pangan tadi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak kita?

Dalam fase tumbuh kembangnya, anak-anak sangat membutuhkan nutrisi yang mendukung pertumbuhan tulang, gigi dan sistem pencernaan. Salah satu bahan pangan yang mudah didapat dan jelas memenuhi syarat pemenuhan nutrisi harian adalah keju. Mengapa harus keju?

Pertama, hampir semua anak menyukai rasa gurih yang ada dalam keju. Hal ini terbukti loh Mom, setiap kali Ibu BocahRenyah membuat roti bakar toping keju, sisa parutan kejunya selalu laris manis dimakan oleh Adek. Langsung lhep, tiada bersisa. πŸ˜€

Kedua, ada banyak manfaat keju yang akan didapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Kandungan yang ada di dalam keju dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anak, terutama untuk kesehatan tulang, gigi, serta sistem pencernaan.

Di toko-toko kecil dekat perumahan, keju yang paling mudah untuk ditemukan adalah jenis keju cheddar. Nah, mengonsumsi keju cheddar ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anak secara menyeluruh loh, Mom. 

Keju cheddar yang merupakan produk olahan susu ini memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, kalsium, protein, zinc, magnesium, dan fosfor. Keju juga mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12. Makanya nih Ibu BocahRenyah tak ragu lagi untuk memberikan keju kepada anak-anak di rumah.

Kembali lagi ke pertanyaan si kecil tentang menu sahur dan buka yang tidak biasa tadi, kepikiran doong untuk membuat berbagai makanan berbahan dasar keju. Lalu Ibu BocahRenyah pun sibuk mencari rekomendasi resep dari sana sini deh. 

Dapet resep apaan saja, Bu?

Beberapa rekomendasi masakan berbahan dasar keju yang bisa dicoba adalah sebagai berikut:
  1. Kroket keju
  2. Cheese cake
  3. Sate nasi keju
  4. Nugget wortel keju
  5. Gabin keju goreng
  6. Bola-bola keju
  7. Cheese chicken
  8. Tteokbokki keju
  9. Mac n cheese
  10. Dadar keju
Banyak juga ya varian masakan keju, semuanya sedap dan pastinya kaya akan nutrisi. Hanya saja, butuh aneka macam bahan yang menurut Ibu cukup ribet deh, kecuali yang nomer 10 sih. 

Berbagai jenis masakan di atas paling tidak membutuhkan lebih dari 2 jenis bahan baku. Padahal tau sendiri kan Mom, terkadang di bulan puasa ini adaaa saja saat-saat kita tidak sempat berbelanja. Palingan di rumah yang wajib ada tuh telur. Harus banget kalau ini yaaa...


Tteokbokki Keju, sumber foto : briliofood.net

Sedangkan, untuk membuat beraneka menu di atas harus sedia kentang, sosis, roti, bumbu gochujang (untuk tteokbokki keju), dan lain sebagainya. Rata-rata ada 10 bahan yang harus disediakan untuk satu masakan. Haduduuu... kok ribet banget ya.

Ibu BocahRenyah yang tidak seberapa pintar masak pun nyerah deh kalau harus memasak yang super rempong gitu. Akhirnya, dari beberapa pilihan tadi, Ibu pilih deh yang pakai telur saja. Sudah pasti ada kalau itu mah di kulkas.

Nah, tinggal tambahkan keju saja tuh ke dalam telur. Hanya saja, dadar keju seperti apa ya kira-kira yang istimewa untuk teman si kecil bersantap sahur agar nanti dia kuat seharian berpuasa?



KRAFT Crolette, Menu Istimewa Penuh Nutrisi


Ahaaa... melalui pencarian penuh keteguhan, akhirnya ada ide nih untuk Recook resep KRAFT Crolette. Crolette ini akronim untuk crown omelette, waahh cantik yaaa...

Oya, sebelumnya Ibu ingin memberikan informasi nih, mengapa kok pilih kejunya yang merk KRAFT. Para mommy di seluruh dunia perlu banget untuk tahu nih kriteria keju yang bagus untuk keluarga melalui prinsip #KejuAsliCheck. Yuk kita lihat pada komposisi yang tertera di kemasan kejunya, yang pertama tertulis apa tuh?

Coba dong Mom cek di kemasan KRAFT Cheddar, baik yang ukuran mini 30 gram ataupun yang ukuran besar 160 gram, pada keterangan komposisi kejunya, di urutan pertama ada KEJU CHEDDAR, bukan air ataupun tepung. Selain itu klaim nutrisinya pun pada kemasan tertulis dilengkapi oleh Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein dan Vitamin D. Tuh kaann... semua sumber nutrisi tadi sudah terbukti bagus untuk kekuatan tulang dan gigi.

Makin mantap dong Ibu BocahRenyah saat memilih keju KRAFT ini. Di toko kelontong dekat rumah selalu ada tuh yang KRAFT Cheddar ukuran mini. Kemasan yang seukuran gini paling praktis tuh digunakan, tak perlu ada sisa setelah pemakaian. Langsung habis sekali santap. Alasan utama Ibu pilih yang ukuran mini ini adalah : HARGA SUPER EKONOMIS.

Namanya juga ibu-ibu, maunya semua-mua serba murah. Tapi murahnya bukan yang murahan dong tentunya. 

Balik lagi ke KRAFT Crolette tadi ya, memangnya enggak sulit kah cara memasaknya?

Kalau dibayangkan saja tentunya semua akan sulit dong. Namun setelah dicoba dan merasakan hasilnya, hmmm... Ibu BocahRenyah bakalan merekomendasikan ke para ibu untuk menyajikan hidangan ini untuk anak-anak. Yuk langsung aja kita bikin KRAFT Crolettenya yaaa.. Bahan dasarnya cukup telur dan keju saja loh.


Resep Recook KRAFT Crolette:


Bahan utama: 
  • 2 butir telur 
  • 1 KRAFT Cheddar mini (30 gr)
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan pelengkap:
  • daun bawang
  • wortel 
  • tomat
  • kol

Cara membuat:
  • Kocok telur, beri sedikit garam dan merica. Sesuaikan dengan selera keluarga, tambahkan daun bawang secukupnya bila perlu.
  • Panaskan wajan (tidak punya pan teflon), masak omelette, gulung rapi.
  • Parut KRAFT Cheddar mini di atas wajan. Letakkan omelette di atasnya, masak dengan api sedang selama 2 menit.
  • Angkat dengan spatula sambil dibentuk menjadi crown hingga keju kaku.
  • Sajikan sesuai selera. Ibu BocahRenyah menambahkan salad sayuran di atas crown sebagai penyeimbang rasa segar untuk mendampingi rasa gurih dari telur dan keju yang digunakan pada resep di atas.

Ini dia foto bahan-bahan yang Ibu gunakan:



Seperti apakah jadinya recook resep KRAFT Crolette yang dihasilkan?


Hasil bikin crown-nya memang masih jauh dari memuaskan sih, belum bisa rapi banget. Tapi alhamdulillah Adek dan anggota keluarga yang lain suka dengan rasanya. Crown keju yang tipis dan kering (namun tidak gosong) ini cita rasanya memang luar biasa. 

Paduan omelette dengan crown kejunya sangat cocok. Bagi penyuka salad sayuran seperti keluarga BocahRenyah bisa mencoba salad dengan dressing yang berbeda jika ingin mendapatkan sensasi tersendiri. 

Jadi gimana, Mom, kapan nih mau nyobain bikin KRAFT Crolette ini. Bahannya sangat mudah didapatkan, tidak ribet, kandungan nutrisinya pun memenuhi 50% kebutuhan protein harian, serta mencukupi 40% kebutuhan kalsium. Sangat bagus dikonsumsi saat berpuasa karena protein yang terkandung di dalamnya menjaga kita untuk tetap kenyang selama seharian menjalankan ibadah puasa.

Layak dicoba kan, Mom? Cuzz segera eksekusi yuukk.. Boleh banget loh kalau mau berbagi pengalaman recook resep KRAFT Crolette masing-masing, siapa tau nih Ibu BocahRenyah bisa ikutan nyontek ntar. 

41 comments:

  1. Horror pakai banget karena ga tahu lagi apa menu yang memuaskan lapar seharian sementara di pasar yang tersedia bahannya ya itu-itu aja. Ini inspirasi menu baru telur dan keju mantep kayaknya ini bisa jadiin menu buka.

    ReplyDelete
  2. dan anakku jadi ketagihan sama ttopokki eh bener gak tuh tulisannya heheh dia suka banget apalagi ditambah keju di atasnya wah makin enaakk

    ReplyDelete
  3. Keju dan telur itu emang dua bahan makanan yang disukai anak-anak ya mbak, kaya nutrisi pula. Tampilan KRAFT crolette nya menarik banget, kalau tampilan menarik gini, anak-anak pasti bakal makin suka

    ReplyDelete
  4. Persis banget nih kelakuannya kayak Fathir setiap hari nanya2 terus menu buat buka atau sahur apa aja, terus ngeluh bosen hahaha

    Resep Kraft Crollete ini mudah tapi enak yaaah, cucok buat menu sahur nih

    ReplyDelete
  5. Valid bangeett mba Uniek :)
    Aku juga sering mati gaya dan dag dig duggg kalo nak kanak plus bapake nanya "apa menu buka dan sahur nanti?" wkwkwkw
    Alhamdulillah kok adaaaa aja ide dari olahan telor dan KRAFT ini ya
    Siap recook!

    ReplyDelete
  6. Banyak juga ya inspirasi menu berbahan keju, yang pastinya banyak banget yang suka. Apalagi omelete keju seperti KRAFT Crolette...omelete yang dibikin istimewa, enak banget cocol saos sama mayones

    ReplyDelete
  7. kemarin lihat ig reel mbak unik lagi buat kraft crolette ini dan sekarang baca step by stepntya. auto bikin pingin makan tapi lagi malas masak. so, what should I do?

    ReplyDelete
  8. Saya udah beberapa kali bikin omelette untuk sahur. Karena mengemat waktu dan pasti disuka. Tetapi, belum pernah bikin dikasih keju gini. Kayaknya mau praktekin juga. Anak-anak saya juga suka ma keju

    ReplyDelete
  9. Aku dong penggemar keju banget. Ntah lah, smpe selalu stock keju terus di rumah. Kraft juga salah satu kesukaan aku sih. Aku ke sini buat cari inspirasi masak keju jadi apalagi hee.. thank kak.

    ReplyDelete
  10. Aduh, pada bikin Kraft Crolette begini aku jadi penasaran. Kepengen bikin juga. Telurnya jadi seksi begitu. Anak-anakku juga bakalan suka nih. Mereka pada suka telur sama keju soalnya. Nanti nyobain ah. Walopun agak pesimis bakalan gagal gak secantik ini Crolette-nya. :D

    ReplyDelete
  11. lihat tampilan KRAFT Crolette jadi semangat nih ya anak-anak mom untuk buka puasa.Bentuknya seperti mahkota,renyah ya mom.Aku juga suka

    ReplyDelete
  12. wah banyak juga ya kreasi yang bisa dihasilkan dari keju mau yang melted maupun yang crunchy anak anak pasti suka nih

    ReplyDelete
  13. Mauuuuuu dong! AKu jadi kepengen buru2 memasaknya besok ah :D Bahan2nya mudah didapat dan terjangkau juga harganya. Omellete pakai Kraft pasti kres3x pas digigit nih dan bisa menjadi favorit baru anak2 serta keluarga. AKu ikutin ya resep mbak :D Ga cuma buat Ramadan tapi hari2 biasa juga cocok ya mbak. TFS.

    ReplyDelete
  14. Huaaa semua yang serba keju daku doyan, anak-anak juga doyan!
    baru tau singkatannya crolette - tak pikir croffle plus omelet

    ReplyDelete
  15. waah pengen bgt nih nyobain masak kraft crolette ini mba, telur emang menu andalan keluarga nih mba . thanks bgt resepnya mba

    ReplyDelete
  16. Waa ini niih yang lagi bikin aku penasaran pengen bikin jugaaa, sempet lewaf beberpaa kali di tiktok soal challengenya jadi pengen buat juga deh akh hihi

    ReplyDelete
  17. Duh, jadi mupeng nih sama kraft crolette-nya. Kalau menu yang praktis dan simple gini aku suka. Kayaknya ntar perlu nyobain juga buat menu berbuka.

    ReplyDelete
  18. Telur dadarnya jadi unik yaa ada mahkotanya, ini bisa jadi menu sahur yang bergizi untuk anak-anak

    ReplyDelete
  19. Kadang emang Bingung mau masak apa . Dengan inspirasi resep yang bahannya mudah diperoleh dan juga cara buatnya gampang, ini pilihan banget

    ReplyDelete
  20. weww, hari ini udah berapa kali nih menu keju crolette menginspirasiku. apakah artinya nanti harus bikin keju crolette juga hahaha
    kayaknya anak2 pasti suka sih sama menu keju satu ini

    ReplyDelete
  21. Keliatannya enak niih. Kalo aku sendiri suka banget keju dan telur. Ini telur dadar tapi tambah keju ya. Cobain bikin kira-kira anakku suka gak. Kebetulan ada keju juga di rumah.

    ReplyDelete
  22. Baca ini pagi-pagi tuh bikin mupeeeng banget. Pun mudah ya bikinnya jadi pengen recook!

    ReplyDelete
  23. Bikin Crown Keju ini cukup tricky mba.
    Kelihatannya gampang, pas udah praktik lumayan juga ternyata.
    Udah habis 8 telor sama beberapa bungkus keju kraft cheddar. Wwkwk
    Akhirnya berhasil setelah bikin pakai 2 Kraft Cheddar Mini. Presisi sama tampilan 2 telor. Hihi

    ReplyDelete
  24. Wah bener nih KRAFT Crolette dipadukan dengan salad dressing berbeda sensasinya makin istimewa. Bahannya simple nutrisinya baik, apalagi bisa kandungan protein bikin kenyang lebih lama. Pas buat sajian di bulan puasa

    ReplyDelete
  25. Makanan berbahan dasar keju memang paling diminati karena selain sehat juga tanpa perlu menambahkan garam, rasa gurihnya diperoleh dari si keju ini..
    Aku diam-diam juga ikutan bikin menu KRAFT Crolette loo, kak Uniek.
    Hehhee...buat menu sahur, praktis.

    ReplyDelete
  26. Ah iya, anak anak itu paling suka makanan berbahan telur dan keju
    Kalau buat Kraft Crolette ini, ya pasti nggak akan ditolak oleh mereka
    Puasanya jadi makin semangat deh

    ReplyDelete
  27. Menu sehat dan praktis untuk ssahur nih, enak,. SAya juga suka hehe

    ReplyDelete
  28. Eeeh kirain anak dan suamiku aja yang tiap hari nanya. Nanti bukanya pakai apa Bu, sahurnya lauknya apa. Ternyata ada temennya juga ya yang nanya gitu. Hahaha

    ReplyDelete
  29. Waaaahhhh... ku mendapatkan ide baru nih dalam masak telur, karena anakku doyan banget sama telur dan keju. Ini tuh 2 bahan makan yang harus ada di rumah. Kalau bikinnya ala crolette gini kebayang kriuk kejunya tuh enak banget.

    ReplyDelete
  30. Nyaamm enak tu mbak toppoki ma keju, aku biasanya pakai toppoki instan trus aku parutin keju enak banget hehe
    KRAFT Crolette ini salah satu menu yang gampang dibikin ya mbak, bahan2nya jg tersedia terus di rumah, dan yang paling penting krn rasanya gurih jd pd suka.

    ReplyDelete
  31. kalau aku sih sampe sekarang juga keju tu harus ada di kulkas mba, soalnya anak2 suka banget ngemilin keju kraft. baik yang slice maupun balok.. kalau dipadukan ke aneka makanan juga enak

    ReplyDelete
  32. Sudah punya telur dan keju Kraft nih tinggal praktek buat menu berbuka bocahku sudah ribut dari kemarim pengen cobain Crolette katanya hihi

    ReplyDelete
  33. Bikin Kraft Crolette juga ah! Anak-anak senang banget kalau uminya bikin cemilan karena dengan begitu makin semangat esoknya berpuasa. Asli deh makin happy makan Kraft Crolette

    ReplyDelete
  34. Karena masih koki amatir, anggap saja KRAFT Crolette-nya cakep ya, Mbak. Yang penting kan rasanya dan semua anggota keluarga suka. Bahan dan cara buat gampang lagi

    ReplyDelete
  35. Mau coba bikin nih besok, kira-kira ank ku suka ga ya... ini dipastikan bernutrisi tinggi..enak pula, tapi aku yakin dia pasti suka

    ReplyDelete
  36. mahkotanya ini sering serah terima mba jadi kecapekannn. tapi jadi kepengen juga nyoba bikin kok seru ini gaya baru menikmati kejuuu kriuk pinggiran

    ReplyDelete
  37. Uenaaakkk~
    Aku ya doyan makanan-makanan berbahan keju gini.. Rasa giruh terlebih Keju Asli KRAFT ini memang bener-bener bikin semangat.
    Anak-anak langsung melek kalo mama masak menu keju.

    ReplyDelete
  38. Duuuh enak banget nih kayaknya. Soalnya telur dan keju adalah kesukaan anakku. Cocok nih buat jadi camilan di rumah

    ReplyDelete
  39. Makasih resepnya mbak, cocok ini buat sahur anak anak, karena mereka penyuka.omelet juga keju, jadi klop yaa. Thanks resepnya.

    ReplyDelete
  40. Ramadan tahun ini gak nyangka banget bisa dapat menu baru yang mudah, murah, enak dan bergizi. KRAFT Crolette sekarang menjadi andalan kami.

    ReplyDelete
  41. Ternyata cara bikin Crolette itu mudah ya, aku kira bakalan susah karena liat bentuknya.πŸ˜…

    ReplyDelete