Tuesday, June 14, 2022

5 Rekomendasi Wisata Alam Menarik di Jogja Mirip Bali

 

5 rekomendasi wisata alam menarik di jogja

Libur telah tibaaa... Siapa nih yang lagi pada nungguin liburan sekolah kali ini? 

Alhamdulillah, segala urusan ujian sekolah memang sudah banyak yang kelar nih. Si Kakak sedang menunggu pengumuman SBMPTN dan Adek sedang nungguin saat-saat masuk ke sekolah barunya, masuk SMP sekaligus mondok.

Mumpung anggota keluarga lagi lengkap di rumah semua nih, keidean untuk piknik ke tempat-tempat yang asoy. Kebayang sih pengin banget menikmati keindahan Bali. Tapi apa dayaaa... selain jauh, kepikiran juga nih biayanya. Sementara ini keluarga BocahRenyah masih harus menabung banyak untuk biaya kuliah Kakak dan biaya sekolah plus mondok untuk Adek.

Gimana kalau piknik ke Jogja aja yaa... kan nggak jauh-jauh amat nih dari Semarang. Lagipula, kota pelajar ini selalu menebar kerinduang untuk selalu datang dan datang lagi. 

Kota pelajar Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Jogja adalah kota di Indonesia yang masih mempertahankan nuansa tradisional Jawa yang cukup kental. Banyak juga peristiwa besar yang terjadi di sini. Seperti tempat kelahiran organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Muhammadiyah, dan juga munculnya Taman Siswa. Bahkan, dulunya Yogyakarta pernah menjadi ibu kota negara sebelum Jakarta. 

Selain peristiwa sejarah dan tokoh besar yang lahir dari kota Gudeg ini, ternyata banyak juga tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Bahkan, tidak kalah dengan panorama yang disuguhkan Bali. Jika Moms & Dads ingin pergi berlibur bersama anak-anak ke Jogja dengan budget minim, namun waktu perjalanan yang tidak terlalu memakan waktu, bisa jadi pertimbangan untuk eksplor Jogja dengan kereta.

Berikut ini, terdapat 5 Rekomendasi wisata alam menarik di Jogja, yang mirip dengan Bali


1. Pantai Drini 


Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bali, untuk merasakan panorama indah Tanah Lot yang terkenal. Kita hanya perlu datang ke Pantai Drini yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari sini, akan terlihat bukit karang di lepas pantainya. Seolah membelah pantai yang indah ini menjadi dua bagian, yaitu timur dan barat. 


Pantai Drini, sumber : pantainesia.com

Bagian timur berair tenang, sedangkan barat aliran air terlihat keras dan garang. Jika air sedang surut, ini adalah kesempatan baik untuk kita pergi ke bukit karang tersebut. Dahulu, pulau karang ini banyak ditumbuhi tanaman santigi, atau masyarakat di disini menyebutnya drini. Mungkin karena itulah, pantai ini disebut Pantai Drini. 



2. Puncak Segoro 


Puncak Segoro, artinya puncak dan "segoro" atau "laut". Laut yang dimaksud adalah Samudra Hindia. Pemandangan laut yang menakjubkan ini, dapat kita lihat dari depan puncak Segoro. Sedangkan jika menghadap belakang, terlihat kebun-kebun yang hijau. Di sini juga terdapat fasilitas lain, yaitu kolam ikan yang di dalamnya terdapat berbagai biota laut. 


Puncak Segoro, sumber : jogjakita.co.id

Yang istimewa tuh ada ikan hiu karang dan pari. Bagi yang senang berswa foto, tempat ini cocok banget lah karena menyediakan beragam spot foto yang instagramable. Selain itu, terdapat kolam renang yang memiliki view panorama keindahan laut.  Jika lapar, datang saja langsung ke cliff bar yang sedang viral. Di sini kita dapat membeli aneka makanan dan ikan yang ditangkap langsung oleh nelayan. 



3. Chandari Heaven, Mirip Lempuyang Bali


Destinasi wisata lainnya yang mirip dengan Bali adalah Chandari Heaven. Desain dan arsitekturnya sangat mirip dengan Pura Lempuyang di Bali lho! 

Selain terkenal karena gapuranya yang yang estetik bernuansa tradisional, Chandari Heaven juga menyuguhkan panorama keindahan alam Gunung Agung Merapi. Nuansa hijau dengan udara segar khas pegunungan di sini, cocok banget untuk healing. Oiya, ada juga banyak spot foto menarik lainnya yang wajib kita abadikan dengan kamera. 


Chandari Heaven, sumber : today.line.me


4. Air Terjun Kembang Soka


Jika Bali memiliki air terjun unik, yang aliran airnya berundak atau bertingkat bernama Banyu Wana Amertha, Jogja juga punya lhoooo.... Air Terjun Kembang Soka adalah salah satu air terjun yang memiliki daya tarik yang berbeda dengan air terjun yang lain di Yogyakarta. Aliran air terjun berasal dari tiga mata air sekaligus yaitu mata Air Kembang Soka, Tuk Jaran, dan Kalimiri. 


Air Terjun Kembang Soka, sumber : travel.kompas.com

Bentuknya yang tinggi dengan debit air yang bertumpuk-tumpuk, membuat air terjun ini terlihat unik. Bagaikan keajaiban alam, aliran air yang bening sewaktu-waktu dapat berubah menjadi biru tosca. Menghirup udara segar dan ditemani nuansa pepohonan, akan meluluhlantakkan rasa lelahmu. 

Air Terjun Kembang Soka terletak di di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 




5. Pura Vaikuntha Vyomantara


Terletak di Pangkalan TNI AU Adisucipto Yogyakarta, pura Hindu ini menyuguhkan keindahan alam dan keanekaragaman budaya setempat yang unik. Tidak kalah dengan pura lain yang berada di pulau dewata. Pura Vaikuntha Vyomantara memiliki arti alam dimana Dewa Wisnu mencapai kesempurnaan yang tinggi. 


Pura Vaikuntha Vyomantra, sumber : yanacircle.com

Saat memasuki area pura, kita akan merasa seperti di Bali. Pasalnya bentuk bangunan dan gapura yang eksotis dan elegan terlihat sangat mirip dengan pura di Bali. Setiap setahun sekali, upacara Pawedalan Pura Vaikuntha Vyomantara dilakukan bersamaan dengan purnama. Konon katanya, tempat ini memiliki energi dari Gajah Minah. Hewan ini dipercaya warga setempat sebagai sosok makhluk laut seperti gajah pada bagian kepala dan ikan pada bagian ekor.



Nah, itu dia rekomendasi liburan ke Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Jika rumah Moms & Dads jauh dari Bali, atau tidak memiliki budget lebih untuk kesana, mungkin 5 destinasi wisata di Jogja tersebut bisa menjadi pengobat rindu liburan di Bali. Selain menyuguhkan panorama alam yang luar biasa, biaya yang dihabiskan untuk berlibur ke Jogja pun relatif lebih murah. 

Untuk pemesanan kereta ke Jogja dengan harga terbaik, Moms & Dads bisa memesannya melalui aplikasi dan website Traveloka, kapanpun dan dimanapun.

32 comments:

  1. Ternyata banyak tempat wisata di Jogya yang indah-indah dan menarik untuk dikunjungi ya. Aku taunya cuma Malioboro dan pastinya sudah berubah keadaannya sekarang. Lha ke Jogya terakhir saat masih kuliah haha. Pengin nih liburan ke Jogya lagi bersama keluarga.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih rekomendasinya. Ternyata ada destinasi menarik di Jogja dengan view seperti di Bali.

    ReplyDelete
  3. nah iya mba banyak pantai di Jogja yang cantik dan mirip kayak pantai di Bali.. akupun belum semua pantai di Jogja kusambangi

    ReplyDelete
  4. Wah banyak juga destinasi wisata Jogja yang mirip dengan Bali ya. Yang sangat menarik itu tuh, Puncak Segoro, mirip banget dengan Uluwatu. Tebingnya yang dahsyat, kalau sedang sunset romantis banget kali ya Mbak. Benaran deh destinasi wisata Jogja enggak ada matinya, mirip banget dengan Bali. Dari Serpong masih bisa dicapai dengan mobil. Pos ini sukses bikin rindu pada kota gudeg :)

    ReplyDelete
  5. Penasaran lihat hiu karang dan pari di Puncak Segoro. Indah ya ... semuanya indah tempat2 wisata di Yogya ini.

    ReplyDelete
  6. Wah, banyak ya tempat yang bagus di Jogja. Sepertinya memang Jogja ini surga tempat wisaya ya mbak. Makasih rekomendasinya mbak, next kalau ke Jogja pingin ke salah satu atau dua wisata diatas

    ReplyDelete
  7. Selain Drini, ke-4 tempat wisata lain yg disebutkan di sini blm pernah kukunjungi..hiks.. Terima kasih rekomendasinya yaa..asli jd penasaran pengen ke sana juga, euy..

    ReplyDelete
  8. Wah, ternyata di Yogyakarta Ada tempat wisata bernuansa Bali. Baru tahu saya. Kalau nanti berkunjung lagi ke Yogyakarta mau ah ngunjungin Chandari Heaven, Pantai Drink, ama Air terjun Kembang Soka

    ReplyDelete
  9. Banyak destinasi wisata yang keren-keren ya di Jogja. Aku pernah ke pantai Drini di tahun 2016. Saat itu masih sepi karena belum banyak yang tahu tentang pantai Drini. Pantai Drini memang cakep dan keren.

    ReplyDelete
  10. Yang mirip Bali banget tuh Chandari Heaven dan Pura Vaikuntha deh :) Puncak Segoro juga ga kalah cantiknya, berasa wisata ke Bali. View-nya beneran menyejukkan hati yach, betah berlama-lama di tempat2 tersebut. Wah, semoga si kakak dapat universitas yang dicita2kan ya demikian juga adiknya dapat SMP yang oke aamiin.

    ReplyDelete
  11. Whuaahh.. Jogja rasa Bali.
    Aku penasaran yang mirip Lempuyangan itu...
    Dua minggu lagi aku ke Jogja sih, tapi nggak tahu sempet apa nggak tuh ke tempat-tempat ini.

    ReplyDelete
  12. Iya. Jogja memang suka memunculkan kerinduan. Aku masih seputaran malioboro dan beberapa pantai di jogja doang. Semua rekomendasi tempat yang mirip Bali ini malah belum ku kunjungi satu pun. Tapi emang epik banget sih tempatnya. Beneran mirip sama Bali kalau liat di foto-fotonya, kak. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Makin ngangenin aja nih Yogyakarta. Udahlah ke Bali jauh, eh di Yogya ada juga wisata mirip di Bali ya. Makin komplit deh nih betah berlama-lama

    ReplyDelete
  14. Lho pas aku ke Jogja kemaren kok ngga mampir ke 5 tempat mirip Bali ini yah? sayang banget! Penasaran ama Pura Vaikuntha Vyomantara, beneran deh vibesnya Bali banget.

    ReplyDelete
  15. Jogja tuu banyak pilihannya. Pantes deh selalu jadi klangenan banyak orang. Save dulu sebelum melancong ke Jogjaa πŸ₯³

    ReplyDelete
  16. Jadi ingin balik liburan ke Jogja dan meyambangi ini semua, duh semuanya indah gini beneran berasa di Bali yah

    ReplyDelete
  17. Masih belum kesampean nib mbak eksplor pantai2 di gunung kidul. Cantik2 banget ya krbayang hunting foto di sana pasti seruuu

    ReplyDelete
  18. Yogyaa selalu dihati hampir tiap 2 bulan ke Yogya serasa belum semuaa di jelajah, s3lalu ada yang baru untuk di coba mulai dari penginapan sampai destinasi wisatanya.

    ReplyDelete
  19. Ku penasaran juga sama Puncak Segoro ini. Lihat laut dari atas, asyik bener. Emang nih rekomendasi tempatnya agak mirip sama Bali

    ReplyDelete
  20. Lah ... Aku yang deket ke Jogja kok ga ngerti ada tempat wisata yang keren-keren gini ya? Mosok dari sekian tempat cuma tahu Pantai Drini tok. Kebangeten banget aku ki πŸ˜†

    ReplyDelete
  21. Wah iya, tempat tempatnya mirip seperti yang ada di Bali ya mbak
    Ini kebanyakan terletak di Yogyakarta bagian selatan ya mbak?
    Aku ke Jogya cuma sekitaran kota nih, next pengen juga ke tempat tempat ini

    ReplyDelete
  22. Bagus-bagus banget tempat wisatanya, paling suka Puncak Segoro dan Chandari Heaven. Tapi meskipun nggak ada nuansa Bal-balinya, aku akan selalu kangen sama kota Jogja.

    ReplyDelete
  23. Dari daftar di atas, belum ada satu pun yang aku kunjungi, Bun. Hahaha. Jadi kangen ngereta ke Jogja, eh.

    ReplyDelete
  24. belum pernah ke chandari. iya kok mirip di bali ya mbak. belum nih mampir sini pengen juga jadinya kalau ke jogja mampir sini biar bisa kayak di bali sekalian

    ReplyDelete
  25. Cantik banget yah..
    Liburan ke Jogja tapi vibes Bali.
    Fotonya beneran jadi gak bisa bedain...Paling pengen ke Chandari Heaven.

    ReplyDelete
  26. Wih asyik banget yang ada di Yogya dan sekitarnya kalau pas lagi kangen Bali bisa mampir ke lokasi2 wisata itu ya mbak. Lebih hemat budget kalau lokasinya juga dekat rumah. Gak kalah indah dan gak kalah seru juga ya apalagi kalau jalannya sama keluarga :D

    ReplyDelete
  27. Favoritku pantai Drini mak. pantainya itu satu-satunya yang menurutku aman kalau bawa anak-anak. Ga kena gelombang laut selatan. Soalnya kayak ada teluknya gitu udah gitu pasirnya tuh putih dan gedhe

    ReplyDelete
  28. Kalau ngga baca judul artikel kusangka semua tempat wisatanya di Bali lho Mbak, Yogya makin bersinar aja ya dan makin banyak tempat wisata baru yang menarik dan indah

    ReplyDelete
  29. Yang Puncak Segoro jadi ingat pas kita ke Bali ke acara Asus ya mba lokasi wisatanya di tebing dengan pemandangan menakjubkan laut...

    ReplyDelete
  30. Duh duh makin pengen liburan ke Yogya ngajak anak-anak, wisata Yogya komplit ya alam dan budaya

    ReplyDelete
  31. Dari lima tempat di atas, aku baru pernah ke 2 tempat mbak. Yg pantai drini dan air terjun kembang soka. Bagus sih memang wisata Jogja. Apalagi kalau lihat sawah2, wah dijamin mirip Tegallalang Bali. Hehe

    ReplyDelete
  32. Ada tempat wisata kayak nama anakku, Sagara, Puncak Segoro. Banyak juga wisata a la Bali di Yogya. Semoga bisa main-main ke sana segera.

    ReplyDelete