Thursday, March 23, 2023

Bercak Putih di Wajah Anak, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

 


Halo moms & dads, kali ini Ibu BocahRenyah ingin membahas tentang masalah kulit yang sering dialami banyak orang maupun anak-anak, yaitu bercak putih di wajah. Terutama Moms nih, sebagai perempuan kita ingin selalu tampil cantik dan percaya diri dengan kulit yang sehat dan bersih bukan? Begitu pula dengan anak-anak, lho.

Tak dapat dipungkiri, bercak putih di wajah memang dapat membuat anak menjadi minder dan kurang percaya diri. Hal ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan rasa percaya diri anak dalam berinteraksi sosial di lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, sebagai orangtua, sudah seharusnya kita memberikan perhatian ekstra pada kesehatan kulit anak, dan memberikan solusi terbaik jika si kecil mengalami masalah seperti bercak putih di wajah. 

Bercak putih di wajah sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, dan perubahan hormon. Bercak putih di wajah juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti vitiligo atau infeksi jamur.

Yah, apapun penyebabnya, bercak putih di wajah dapat membuat kita merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Tapi jangan parno duluan ya. Ada beberapa cara kok yang bisa dilakukan untuk mengatasi bercak putih di wajah. 



Fun Fact tentang Bercak Putih di Wajah


Moms & dads, tahukah kalian jika kulit berminyak atau salah skincare bisa menyebabkan panu yang menimbulkan bercak putih di wajah? Yup, moms & dads tidak salah baca kok. Faktanya, panu di wajah bisa terjadi pada siapa saja, tidak hanya orang-orang yang kelebihan aktivitas di luar ruangan, tapi juga anak-anak.




Panu di wajah ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan tidak hanya terjadi di area kulit yang lembab seperti selangkangan atau lipatan tubuh lainnya. Infeksi jamur di wajah bisa sangat mengganggu penampilan kita apalagi anak-anak, plus bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri.

Kalau moms & dads sudah yakin bahwa bercak di wajah anak adalah panu, ketahui dulu penyebabnya. Panu sendiri disebabkan oleh infeksi jamur, jadi ya harus diobati dengan anti jamur. Misalnya, sekarang di apotek sudah ada Canesten, obat anti jamur yang ampuh untuk mengatasi masalah ini. Canesten Pro mengandung bifonazole, yang dapat membantu menghilangkan infeksi jamur dan mengembalikan kulit yang sehat.

Ingat ya: BUKAN hanya orang dewasa, bercak putih di wajah juga bisa dialami oleh anak-anak. Sebagai orangtua, tentunya kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk untuk kesehatan kulitnya. Nah, jika si kecil mengalami bercak putih di wajah, Canesten juga bisa menjadi solusi yang ampuh. Namun, sebelum menggunakan Canesten pada anak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan, ya!

Mungkin saja ada beberapa dari kita yang menganggap remeh permasalahan bercak putih ini. Tapi percayalah, jika tidak diatasi dengan baik, bercak putih ini bisa menyebar ke seluruh wajah dan sangat sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mencegah dan mengatasi bercak putih di wajah agar kulit wajah anak tetap bersih dan sehat.

Pertama-tama, sangat penting untuk melindungi kulit wajah kita dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya setiap kali kita beraktivitas di luar ruangan. Selain itu, kita juga bisa mencoba menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C dan E, yang dapat membantu mengurangi bercak putih dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Namun pastikan juga produk ini aman untuk anak-anak ya.

Salah satu cara lain yang bisa kita terapkan untuk mencegah bercak putih di wajah adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah dan menjaga keseimbangan pH kulit. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian, terutama sebelum tidur.



Selain itu, pastikan juga produk skincare untuk anak yang digunakan tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi merusak kulit atau menyebabkan iritasi, seperti alkohol atau pewangi yang kuat. Namun, jika bercak putih di wajah sudah muncul, jangan panik! 

Tak hanya itu, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C dan E juga dapat membantu mengatasi bercak putih di wajah. Kedua vitamin ini sangat penting untuk memperbaiki kondisi kulit dan mencegah timbulnya bercak putih. Selain itu, konsumsilah buah-buahan seperti jeruk, kiwi, dan mangga yang kaya akan vitamin C atau sayuran hijau dan kacang-kacangan yang kaya akan vitamin E



Jadi, jangan anggap remeh permasalahan bercak putih di wajah ya, karena kulit wajah yang sehat dan terawat akan membuat anak kita semakin percaya diri dan cantik alami. Yuk, mulai sekarang jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit wajah dan konsumsi makanan yang sehat untuk mendukung pertumbuhan anak.

Tetapi, jika bercak putih di wajah terus muncul dan tidak kunjung hilang, sebaiknya moms & dads berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Dokter kulit dapat memberikan diagnosis dan saran perawatan yang tepat sesuai dengan kondisi kulit kita.  

Jadi, jangan biarkan bercak putih di wajah mengganggu penampilan anak-anak kita. Yuk mulai melakukan perawatan kulit yang tepat dan berkonsultasi dengan dokter kulit jika diperlukan.

29 comments:

  1. Baru sadar kalau memang ada bercak putih di wajah anak, biasanya di punggung kalau panu. Dalam hal ini memang perlu perawatan tapi kalau untuk wajahh anak agak bingung menggunakan krim apa. Wah, solusi banget sih ini apalagi kandungannya bagus untuk kulit anak. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Iya juga ya, anak-anak yang suka kena bercak putih di wajah. Entah itu panuan atau katanya kalau panas-panasan terus langsung mandi bisa gitu juga (belum mengkonfirm kebenarannya). Was-was pasti ya sebagai orang tua kalau anak-anak mengalami seperti itu.

    ReplyDelete
  3. Setujuu. Kita harus aware banget nih dengan kondisi kulit anak. Jangan sampai bercak putih yang menganggu di wajah hinggap terlalu lama.

    ReplyDelete
  4. Aku kayanya dulu pernah deh pas SD kan yaa, aslii malu banget rasanya wkwkwk. Emang bener deh harus dapet penanganan yang tepat biar ngga makin nyebar ya.

    ReplyDelete
  5. Wah iya bercak putih itu dulu disebut sama mamaku sebagai panu wkwkwk
    Makanya langsung deh kaget dan ikutin semua petunjuk biar panunya cepat hilang

    ReplyDelete
  6. Kebetulan baru aja menemukan bercak putih di wajah anak walaupun samar. Jadi tahu salah satu solusinya dengan canesten. Bercak putih ini memang belum jelas penyebabnya untuk saya, karena kebetulan anak pun gak pakai apa-apa di wajahnya secara rutin. Terpapar matahari pun gak terlalu sering. Jadi mungkin memang perlu konsul ke dokter dulu ya.

    ReplyDelete
  7. Aku dulu waktu TK sama SD sering banget punya bercak putih ini. Kalau difoto jadi malu banget karna kan jadi nggak oke ya.

    ReplyDelete
  8. Apalagi sedang shaum seperti ini, kebutuhan akan vitamin dan serat dari buah dan sayur sangat perlu diperhatikan. Agar kulit tetap terjaga kelebapan, jauh dari bercak putih yang bisa jadi menurunkan percaya diri pada anak.

    ReplyDelete
  9. iya ya jangan menyepelekan bercak putih di wajah, anaknya nanti malu juga diolok teman

    ReplyDelete
  10. Anakku pernah bercak di wajahnya, tapi ternyata karena "kejilat matahari", terus disuruh kalau aktifitas outdoor pakai sunscreen

    ReplyDelete
  11. Oh iya, kayanya anakku juga ada bercak putih di wajahnya. Makin lama dari yang ukuran kecil jadi agak besar. Saya cuman pakai krim biasa aja. Kayanya perlu diobatin deh biar nggak makin lebar bercaknya.

    ReplyDelete
  12. anakku sempat nih mbak ada bercak putih di wajahnya. akhirnya kukasih salep anti jamur gitu. memang nggak enak sih lihatnya kalau di wajah anak kita ada bercak putih gitu yaa

    ReplyDelete
  13. Dulu pas bayi anakku pernah ada bercak putih di wajah, tapi hilang setelah aku lakukan perawatan seperti memberi krim pelembab, handuk badan dan wajah disendirikan, dll

    ReplyDelete
  14. Kayaknya waktu kecil saya pernah punya masalah bercak putih ini deh yang bikin saya jadi gak pede gitu, hehe. Emang gak boleh disepelehin ya apalagi kalau munculnya di wajah

    ReplyDelete
  15. Konsumsi makanan yang sehat dan kaya nutrisi emang penting banget nih apalagi anak karena sangat mendukung tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  16. Aku jadi inget sama temenku jaman SD mba, aku kira yang sering panas-panas ga pake sunscreen jadi muncul bercak di kulit. Ternyata kekurangan nutrisi ya.

    ReplyDelete
  17. bercak putihnya tuh kayak gimana sih?
    kok gak kebayang di aku
    apakah yang dimaksud itu seperti milia?

    ReplyDelete
  18. Dulu sempat ada mitos karena ketetesan asi hehe. Ternyata penyebabnya hal lain ya mba. Mencerahkan sekali tulisan ini

    ReplyDelete
  19. Aku jadi mengingat-ingat, pas bayi anakku ada bercak putih nggak di wajahnya. Kayaknya sih enggak. Aku juga jarang menemui kasus bercak putih di anak-anak yang aku jumpai. Mungkin pas ketemu yang enggak aja ya (atau lupa hehehe)... Makasiih ya Mak Unik sharingnya..Eh jadi ingat kalau penyakit kusta juga diawali bercak putih yaa...Tapi beda sih sama panu.

    ReplyDelete
  20. Dulu waktu Giandra bayi, ada berca putih di dekat alisnya. Kelihatan jelas sehingga agak gimana gitu karena orang kan nganggap itu panu. Padahal bukan. Nutrisi yang bagus memang jadi solusi, karena setelah lahap makan, wajahnya bersih dari percak putih gitu, meski tanpa diobati.

    ReplyDelete
  21. Ternyata panu atau bercak putih di wajah tak sesimple yang saya bayangkan ya. Bener-bener harus ditangani dokter kalau baca tulisan mba Uniek nih.

    ReplyDelete
  22. Kayaknya pernah melihat bayi punya bercak putih di pipinya, tapi itu kayak kena ASI. Tapi kurang tahu ya pastinya. Ternyata anak-anak juga bisa kena bercak putih ya?

    ReplyDelete
  23. justru akuuuu saiki yg risau dgn bercak di mukaku mbaaa

    coba2 skincare melulu sih yhaaa🤔

    ReplyDelete
  24. Kalo bercak coklat titik-titik di wajah anak, itu biasanya kenapa ya Mbak? Sudah muncul sejak balita, seiring anaknya bertambah usia makin lebar titik-titiknya. Mau dikasih krim anti-flek, tapi takutnya bahaya ke kulit wajah anak.

    ReplyDelete
  25. Anakku pernah bercak putih di wajah gitu tapi semakin besar anaknya, bercaknya pun hilang. Kata orang sih karena percikan ASI. Entahlah tapi sepertinya gak gatal sih. Kalo panu kan gatal.

    ReplyDelete
  26. Bercak putih pada bayi yg masih Asi biasanya terjadi karena Asi yg belepotan atau ketika hbs Asi sisanya masih nempel di wajah tdk dibersihkan dengan kain basah.
    Kalau sdh remaja burasen kata orang jawa ya

    ReplyDelete
  27. Harus gerak cepat pengobatan kalau mendapati bercak putih pada anak ya, Bun. Repot juga kalau smpe menyebar

    ReplyDelete
  28. Jaman aku kecil dulu temenku ada yang punya bercak putih gini di wajah . Tapi kayaknya nggak hanya satu, tapi beberapa anak. Jaman dulu dipakaein obat namanya Hazeline langsung ilang..

    ReplyDelete
  29. Zaman aku SMP sering banget mengalami putih besar di wajah sampai ke dokter kulit, tapi makin besar udah enggak ada lagi

    ReplyDelete