Thursday, March 21, 2024

Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa

 


Halo moms... Selama bulan puasa ini, apakah terlihat tanda-tanda beberapa bagian di kulit terasa kering? Atau rasa lemas yang berlebihan di saat sedang melakukan aktivitas?

Bisa jadi itu merupakan pertanda kekurangan cairan dalam tubuh ya, Moms. Sepertinya sih sepele, namun jika dibiarkan begitu saja, bisa mengganggu kelancaran puasa.

Kebiasaan buruk yang menjadi pencetus terjadinya permasalahan kulit ini salah satunya adalah kurangnya asupan air putih dalam tubuh. Kadang memang terasa udah penuh banget ya Mom perut kita, minum dan makan sedikit saja sudah begah rasanya.

Lalu gimana dong kiat untuk menjaga kesehatan kulit selama puasa?



Menjaga Kesehatan Kulit Selama Puasa


Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan nih Moms untuk menjaga kesehatan kulit selama bulan puasa, di antaranya adalah:


1. Memenuhi Kebutuhan Air Minum

Perlu pengaturan saat minum air putih di antara waktu berbuka hingga sahur. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas sehari dengan cara : 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas di antara waktu berbuka hingga jelang waktu tidur.




Tercukupinya jumlah air putih yang masuk ke dalam tubuh dapat mencegah dehidrasi serta membantu menjaga kesehatan kulit saat puasa.



2. Tetap Lakukan Aktivitas Fisik

Moms, sebaiknya jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bmalas-malasan yaaa... Ada yang bilang, tidurnya orang puasa itu ibadah. Namun bukan berarti kita menghabiskan sepanjang hari itu untuk tidur terus yaa... Usahakan tetap melakukan aktivitas fisik, yang ringan-ringan aja boleh kok.

Bagi Moms yang sudah berusia 40 tahun ke atas seperti Ibu BocahRenyah nih, bisa memilih olahraga yang ringan saat puasa seperti ini. Moms pernah melakukan wall pilates? Coba deeehh..



Ada berbagai tutorial wall pilates yang bisa Moms temukan di internet. Pilih mana yang paling ringan dan nyaman. Olahraga ini menyenangkan karena Moms tidak perlu keluar rumah, tidak perlu beli outfit yang aneh-aneh. Gunakan baju olahraga yang sudah Moms punyai, tinggal pilih sudut rumah mana yang terasa paling tepat untuk melakukan wall pilates ini. 


3. Merawat Wajah Secara Teratur

Sama seperti hari-hari biasanya, kita tetap perlu melakukan perawatan wajah lho Moms. Bahkan di bulan puasa ini, karena seharian kita tidak bisa minum banyak-banyak, perlu diimbangi dengan penggunaan skincare yang tepat untuk menjaga kelembaban.

Bersihkan wajah di saat pagi hari dan malam hari menjelang tidur. Usahakan tidak usah terlalu sering mencuci wajah ya Moms, agar kelembaban kulit tetap terjaga.

Selain itu, gunakan juga toner, pelembab dan juga tabir surya agar kulit senantiasa terlindung. 



Untuk perawatan wajah, setelah mencuci muka Ibu BocahRenyah menggunakan toner dan essence ini. Beda merk nih kebetulan, enggak satu set. Tapi tidak apa-apa yaa...

Tonernya sekalian pilih yang jenis essence toner agar mendapatkan fungsi melembabkan yang lebih maksimal.

Sedangkan untuk serumnya, saat ini sedang menggunakan seri Bright Complete dengan kandungan Vitamin C. Harapannya sih kulit wajah jadi lebih cerah.




Tidak hanya wajah saja yang perlu dioles-oles skincare loh Moms, badan pun jangan ketinggalan diberi pelembab juga. Sesuaikan dengan jenis kulit masing-masing yaa...

Kebetulan Ibu BocahRenyah masih punya body lotion hadiah dari kuis di instagram beberapa waktu lalu. Brightening body lotion dari jenama Swana ini tidak terlalu berat teksturnya, cepat meresap ke dalam kulit. Aroma pomegranate terasa harum dan menenangkan saat digunakan.

Nah, kalau Moms di rumah biasanya pilih skincare dan bodycare apa?


Dengan melakukan berbagai kebiasaan baik di atas, Moms bisa tetap memiliki kulit yang lembab dan glowing meskipun seharian berpuasa.


13 comments:

  1. Dulu aku pernah berobat dengan shinshe dan dia bilang darahku kental mba. Jd memang hrs banyak minum malah 3 liter sehari. Sejak itu, aku jd paksain utk selalu minum air putih. Bhkan sampe ada gelas khusus, yg besar, dan itu hrs 4x aku minum supaya 3 liternya tercukupi.

    Alhamdulillah jd terbiasa ampe skr.

    Kalo lagi puasa gini tinggal aku bagi aja supaya ttp 3 liter.

    Kalo olahraga dan skincare, ini udh hobi dan kebiasaan sejak sekolah. Jadi puasa pun aku ttp olahraga beban biar otot ga menciut πŸ˜„. Justru enak badan dan mood sehabis olahraga yg berat. Palingan durasi aja yg aku kurangjn. Kalo biasanya 1 jam, pas puasa 30 menit

    ReplyDelete
  2. wah aku nonis, jadi takjub sama saudara2 umat muslim yang sangat taat beribadah namun tetap menjaga kesehatan dan kebugaran di masa puasa ini

    ReplyDelete
  3. Olahraga yang terkadang suka terlewatkan kalau bulan puasa ini, padahal sambil berburu takjil bisa sembari jalan santai, tapi malas, hiks.
    Kalau skincare masih disempat-sempatin, karena setelahnya badan terasa segar. Kalau bulan puasa waktu tidur juga berkurang, kudu dijaga agar lingkaran hitam di mata gak semakin parah.

    ReplyDelete
  4. samaan kita Kak Uniek itu toner dari Wardahnya, wkwkwk
    Kalau gak dirawat dengan apik, kulit memang mudah kering pas berpuasa, apalagi cuaca juga panas kan

    ReplyDelete
  5. beneer banget mba... aku tuh mencoba untuk tetap menjaga asupan air selama puasa walaupun tidak mudah karena suka sering kembung dan juga mudah kenyang. Tapi jalan ringan, naik turun tangga dan pakai produk yang membantu akan sangat menolong

    ReplyDelete
  6. Aku pakai toner Wardah juga mbak ringan di wajah nggak bikin pedih dan kering jadi cocok banget

    ReplyDelete
  7. Selama Ramadan ini tumbenan banget wajah saya gampang jerawatan. Apa karena lagi kurang rajin pakai skincare juga, ya? Kayaknya memang harus mulai rajin lagi. Termasuk minum air putih lebih banyak.

    ReplyDelete
  8. Bener banget ini selama puasa keluhan pasti di kulit karena memang kan kurang cairan, terus kalau buka dan sahur gak bisa minum banyak banget, hasilnya pipis terus. Bener deh perlu perawatan biar ga terlalu kering

    ReplyDelete
  9. Kerasa banget karena kemarin sempet awal Ramadan ujan teruuss.. jadi seger. Makin ke sini, makin masuk musim kemarau, jadi kudu tetep fit dan terpenuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi mineral lebih banyak dan disesuaikan waktunya agar gak mengalami hiponatremia.

    ReplyDelete
  10. Karena seharian berpuasa, tidak makan dan minum, kita harus ekstra menjaga asupan cairan ke tubuh ya. Harus tetap minum 8 gelas sehari, dan diatur selama buka puasa dan waktu sahur supaya kulit gak kering.

    ReplyDelete
  11. Udahlah lagi puasa trs juga cuaca kadang panas banget, sekalinya hujan bisa seharian, jd kudu banget nih peduli sama kesehatan kulit. Kalau aku pakai Viva. Wardah yg kayak mbak uniek belum ada di sini. Hiks.

    ReplyDelete
  12. Untuk yang lainnya aku rutin, tapi skincare-nya, aduh aku malah banyak skip. Pemalas banget huhu. Ayo ah dirajinkan lagi biar lebaran kinclong. 😁

    ReplyDelete
  13. Aku kalau olahraga ringan2 aja kyk yoga, biasanya nyontek video yoga buat pemula hahaha. Kalau gak aku jalan kaki aja. Kadang abis pulang event aku jalan kaki dari stasiun ke rumah, lumayan bakar kalori.
    Nah kalau soal skincare saat ramadan aku jadi rajin soalnya khawatir minumku kurang dan bikin kulit kering hehe.

    ReplyDelete